19 March 2010

FEAST III: THE HAPPY FINISH ( 2009 )

REVIEWED BY 'Z'.

Konklusi dari saga B-movie paling diantisipasi saat ini. Jilid ketiga dari trilogi yg bakalan dijadiin acuan karya "klasik" buat taun2 mendatang. Ini klimaksnye, final, ngga aneh kalo hype buat ini segitu gede. Ini tuh semacem Return Of The Jedi...ngga ketang, itu mah scam, anjiss!! Sesuatu kaya gini cuman bisa punya ekuivalensi yg identik dengan keagungan, ini tuh semacem Army Of Darkness! 
Gue bisa ngebayangin kaya apa antrean di depan toko dvd dari orang yg ngga sabar buat nonton ini, tapi itu ngga kejadian. Semua orang malahan pada ngantre di depan loket Transformers 2, jangan tanya gue kenapa, kalo gue bisa ngejelasin itu maka gue pasti juga bisa ngejelasin kenapa sesuatu kaya Kuburan bisa dapet level popularitas yg segitu tinggi. Hal2 kaya gitu, kamerad, adalah misteri alam.


....................................................


Feast III ini nyamber tongkat estafet langsung dari akhir Feast II, dengan para cast-member yg nyisa masih berusaha buat nyari jalan keluar dari Smalltown (itu emang nama settingnye film ini: "Smalltown") tanpa harus ngalemin nasib buruk yg nimpa karakter2 expendable sebelonnye. Jadi mereka pun mulai mengendap, merangkak, ama berlarian kesana-kemari di dalam kepungan predator yg keliatan kaya GWAR minus stud & spike, saling ngorbanin satu sama lain demi kepentingan egois buat survival -biasanye- dengan tingkat kesuksesan minimal. Di jalan, mereka bersimpangan jalan dengan karakter2 baru yg sama ngga mutunye ama yg dulu2 dalam bentuk macho-man Shitkicker, master-Jedi Short Gus Bus, ama ahli beladiri Jean-Claude Seagal sementara bikin masalah baru ama segerombolan zombie-raver yg bisa ngomong.


The Happy Finish lebih ada dalam vibe ala Sloppy Seconds  daripada yg pertama, jadi kalo lo tergolong orang yg suka yg pertama dan yg kedua maka lo juga bakal demen yg ini, kalo lo suka yg pertama dan ngga suka yg kedua maka kemungkinannye lo ngga bakalan suka ama yg ini, dan kalo emang dari yg pertama aja lo udah kaga suka...terus ngapain lo buang2 waktu nonton yg kedua ama yg ketiga? Tapi buat mereka2 yg menikmati sentuhan Troma dari Sloppy Seconds maka cukup aman buat ngomong kalo Happy Finish punya segalanye dalam daftar menu buat menuhin selera rendah kalian! Cairan2 misterius masih muncrat kemana-mana, intestin masih ngeburai-burai secara eksplisit, mutilasi masih terjadi secara rutin, lo masih bisa liat CGI yg dibikin ngga niat, masih ada adegan pemerkosaan antar-spesies, dan Tit Girl ama Tat Girl masih tetep ngga pake bra. Jadi dari sudut "estetika cinematik", film ini ada dalam rangking “masterpiece”.

 Buat gue, Keindahan Feast sejak dari seri 2 itu glorifikasinye pada absurditas humor jorok dari tontonan murahan.

 Jadi absurditas total dari endingnya itu sesuatu yg bisa gue apresiasi. Asli, kalo ada cara paling idiotik buat mengakhiri satu "trilogi", ya pasti kaya gini ini! Di luar konteks plus sama sekali ngga ada hubungannye ama cerita secara keseluruhan, tapi, ngga tau gimana, malahan jadi ending yg sempurna. Gue bisa ngebayangin beberapa alternatif buat ngabisin ini, tapi sejujurnye, yg dipilih ama John Gulager malah ngga ada di dalemnya tapi justru itu yg paling keren. Kalo mau ngomongin twist, jelas ini versi yg paling twisted-nye.

...............................................

Jadi...kalo lo bisa nemuin humor dalam semua gore dari serial ini, Feast III bakalan jadi pengalaman yg sangat, sangat, menyenangkan. Jorok, kotor, murahan, apa adanya dengan tendensi perversi yg tinggi.. & senyum di muka gue kaga pernah ilang!!

2 comments:

  1. gan, kaga ada link dongdotnya nih?

    ane kemaren coba dongdot sendiri ternyata error dari sononya, salah convert gitu kayaknya, audio ama video kaga nyambung

    swt dah T.T

    ReplyDelete
  2. @doxa : coba link ini bro..

    http://nurcellmovies.blogspot.com/2010/03/feast-iii-happy-finish-2009-dvdrip-mkv.html

    ReplyDelete