17 February 2010

FEAST II: SLOPPY SECONDS


REVIEWED BY 'Z'.

Ketika fajar menyingsing di padang pasir antah-berantah tempat bar kite dulu dibuat porak-poranda, seorang survivor-kejutan dari seri pertama berbaring sekarat dengan sepenggal harapan buat meninggal dalam damai. Tentu harapannya buat menikmati sedikit ketenangan terakhir harus dipangkas pendek begitu orang itu sadar kalo dia cukup sial buat punya peran dalam sekuelnya pas satu wajah baru, yg sangat familiar, datang demi vendetta pribadi balas dendam buat nasib super-sial yg nimpa sodara-kembarnya. Tanpa disadari keduanya nganterin konsumsi daging mentah ke sebuah kota kecil antah-berantah yg jadi ladang perburuannye sekelompok karnivora luar angkasa. Bel ronde kedua berdenting pas kekacauan memuncak & organ tubuh beterbangan ke segala penjuru.




Ini judulnya Sloppy Seconds, seri II buat gorefest klasik John Gulager sekitar 2-3 tahun lalu: Feast! Kisah sekelompok orang tolol dalam sebuah bar serta usaha mereka buat bertahan hidup semalam di tengah badai gempuran predator2 tak dikenal. Feast pertama itu B-movie dengan produksi profesional. Penuh darah, gore ama humor sakit yg mungkin cuman bisa diterima dalam lingkaran ruang lingkup komunitas genre spesifik. Buat sesuatu yg sebegini memorable bagi mereka2 yg dulu nonton, gerakan marketing apaan yg lebih logis daripada bikin cast orang2 tolol baru buat ngisi slot peran expendable pada sekuelnya?


Ensemble tokoh yg berusaha menghindari kematian mengerikan kali ini terdiri dari gank biker all-grrrl bernama The Bleeders (gank cewe…bleeders, get it?), sepasang Luchadore kerdil sama neneknye, segitiga penjual mobil bekas-istrinya yg selingkuh-plus cowo yg doski tidurin, ama temen lama kita Bartender. Honey Pie, jezebel Babylon dari film pertama juga kembali. Tentunya, dengan cara gimane doski cabut dari seri pertama dulu die ngga dapet sambutan yg hangat dari yg laen & setelah sebuah reuni singkat, doski ngabisin sisa film ini buat berusaha nyelesaiin masalahnya sendiri. Dengan semua tokoh yg semuanye ngga bisa digolongin sebagai “orang baik2” ini, praktis panggung gore kita ini udah siap buat dilumurin darah. Pastinye darah tu cuman salah satu jenis santapan yg ada di daftar menu, masih ada sodomi binatang, cewe2 ber-tato buka baju, otopsi non-medikal, perlombaan muntah, balita pecah kaya jus tomat, monster ngencingin mulut cewe2 ber-tato buka baju, dll, dll. Asli, kalo semua itu bukan sesuatu yg pengen lo liat kalo nonton dvd...kayanya lo lagi baca review dari orang yg salah deh.



Benang merah semua kekacauan di atas adalah eksploitasi fantastis dari selera buruk dalam dosis tinggi. Ngga kaya kebanyakan film2 (yg katanya mah) "horror" di mana rentetan even yg terjadi cenderung berpihak kepada protagonisnye, di sini praktis apapun yg terjadi selalu naro para calon daging cincang yg disebut dengan “karakter”2nya ini dalam situasi yg sulit. Kaya gimane semestinya, kenikmatan dari nonton Feast II itu greget dari nungguin sapa yg bakalan mati di adegan berikutnya...serta seberapa gruesome hal itu bakalan terjadi.

Semua karakternya diperkenalkan secara acak lewat montase2 acak-acakan yg sebenernye ngga ngasih tau apapun yg signifikan, itu ditambah dengan fakta kalo ngga ada satupun diantaranya yg diperanin ama aktor/aktris kredibel, bikin nomor urut daftar terbunuh mereka jadi ngga kedeteksi, jelas sebuah nilai plus. Film ini juga padat berisi selera humor “kurang pantes”, cairan2 misterius sama gag kelas redah buat terkualifikasi sebagai film porno fetish, Sloppy Seconds boleh jadi adalah produksi Tromaville terbaik yg ngga dikeluarin ama Troma.

Dari sisi yg -relatif- negatif, ini dibikin dengan budget yg -juga relatif- rendah & dalam beberapa scene hal itu keliatan banget, terutama di bagian2 dimana sejenis sentuhan grafis komputer mulai dilibatin. Shot2 green-screen luar biasa keliatan green-screennye sampe pada tahap menggelikan. Tapi, kalo efek-visual a la Toxic Avenger adalah nilai minus buat satu jenis audiens, sejujurnya sih itu justru malahan jadi nilai plus buat jenis audiens yg lain, kaya yg gue bilang tadi: relatif.

................................................

Blood…guts…boobs…vomit…blood…urinal…blood…guns…guts…vomit…boobs. Feast II: Sloppy Seconds itu sekuel brilian dari film pertama yg brilian. Kabar2 belakang layar bilang kalo seri II ini sebenernya di-shoot bareng ama seri III-nya yg sekarang juga udah keluar dvdnye. Jadi keliatannya kita bakal punya franchise yg menjanjikan ke depan & kalo John Gulager tetep naro fokusnya di tempat yg bener, jangan heran kalo gue bakalan menghujani episode III nanti dengan puja-puji yg lahir dari fanatisme buta. Hell yeah,

MAKE FEASTS NOT SAWS!!!


1 comment:

  1. seri feast emang gebleg banget.
    yg ketiganya kacau tuh yg pala diberakin. hahahahahah

    ReplyDelete