18 December 2009

THE TRIPPER (2006)


REVIEWED BY 'M'.

Di cover DVDnya sih dibilangnya film ini ‘political horror’.
Duh, kata horror itu udah cakep. Tapi kalo digabungin sama kata politik, bisa dijamin bakal jelek dan nggak ada lucu-lucunya. Apalagi ngeliat covernya: orang pake topeng muka Ronald Reagan [jangan tanya saya dia presiden amerika yg keberapa, saya nggak tau!] lengkap dengan jas yg penuh percikan darah, lagi bawa2 kapak. Duh, jelek banget! Tapi sesuai dengan prinsip para reviewer di blog ini, makin jelek cover DVD sebuah film, makin memanggil-manggil pula film itu untuk ditonton! Hehehe.

Tadinya saya mikir ini pastilah film yg luar biasa jelek, semacam film2 kelas B yg dibikin dengan budget seadanya. Setelah ngeliat siapa sutradaranya, wo-hoo ternyata David Arquette emang pecinta horror sejati. Setelah maen jadi aktor di salah satu film horror terkeren sepanjang masa, Scream, dia mutusin untuk bikin film horror juga. Saya yakin, pasti jelek nih! Hehehe. Tapi mendadak ragu apa nih film bener2 jelek setelah ngeliat siapa yg ikutan nulis skenarionya, Joe Harris [Darkness Falls]. Well, kenapa nggak ditonton aja, mengingat saya nemu film ini di keranjang DVD diskonan dan membelinya dengan harga seribu perak saja! [harga mencerminkan kualitas, anyone?]

Dibuka dengan adegan seorang bocah yg lagi sibuk mantengin TV berisi berita perang, lengkap sama speech presiden amerika waktu itu, Ronald Reagan, yg dengan pedenya ngomong kalo perang itu jahat, tapi kadang emang diperlukan. Ckckck. Si bocah pun kemudian ngikut bokapnya yg semacam mandor proyek gitu, ke tempat kerja bokapnya yg bertugas nebangin hutan, entah mau dibikin apaan. Rupanya di sana lagi ada keributan. Para pendemo lagi ngalang-ngalangin orang proyek supaya nggak nebangin pohon dan terlibat adu mulut sama bokap si bocah yg bikin bokapnya ilang kontrol dan ngeluarin pistol. Polisi dateng dan nangkep si bokap yg sebenernya nggak ngelakuin apa2 juga. Nggak tau emang kalap atau terinfeksi adegan perang di kepalanya karena keseringan nonton TV, si bocah pun ngambil gergaji mesin dan dengan garangnya menghabisi salah satu pendemo. Darah pun muncrat, memenuhi kamera.
Wo-hoo.

Nah, cerita beralih ke masa sekarang, di mana sekelompok remaja hippies, dengan tipikal pake baju kedombrangan full aksesori, bepergian bareng-bareng naik van sambil cekikikan karena kebanyakan nyimeng dan nenggak pil plus alkohol, sedang menuju festival musik outdoor di tengah hutan suatu kota kecil. Berisik, emang. Dan kayak hippie laennya, mereka emang bener2 keliatan kayak Tarzan, dengan cara jalan sok-sok mirip Jane dan baunya cuman sebelas dua belas sama cheetah [ini bukan saya yg ngomong, tapi Ronald Reagan lho]. Dan udah kayak pattern film horror lainnya, sekumpulan remaja ngeselin ini adalah sasaran empuk buat maniak gila haus darah untuk dikejer-kejer dan dihabisin pake kapak, yah rasanya mungkin kayak semacam gatal yg minta digaruk.

Sesampainya di festival musik yg udah dipadetin sama para hippies [dan juga asap marijuana dan narkoba dalem bentuk lainnya]. Tanpa dinyana, ada pembunuh gila yg berkeliaran dan berniat ngabisin remaja-remaja jaman sekarang yg dia bilang “udah nggak punya rasa hormat lagi!”. Nggak cuman gila, pembunuh ini agak pemalu rupanya, soalnya dia demen pake topeng berwujud muka Ronald Reagan [kenapa harus dia ya?]. Selain gila dan pemalu, dia pecinta kerapihan juga, soalnya dia sempet2nya make jas dan dasi selama beraksi. Biar lebih mirip RR juga barangkali. Bermodal kapak yg bisa memisahkan kepala dari badan orang dalam sekali tebas, si RR gadungan ini mulai menebar terror dan merusak pesta dengan cueknya. Favoritnya adalah nebas anggota badan orang [bisa kepala, bisa tangan] sampe moncor, nusuk-nusuk perut orang tanpa ampun, ngobok-ngobok jeroan orang bahkan sebelum si pemilik jeroan bener2 mampus dan tentu aja nyalain gergaji mesin!


Tapi tenang aja, kita punya jagoan, salah satu cewek anggota geng-cimeng tadi yg lagi bermasalah sama pacarnya [konflik yg nggak perlu, soalnya si pacar cewek ini nggak menolong sama sekali, malah jadi anggota dari daftar korban tambahan si RR jadi-jadian] dan taraaa….kok ya gitu, harus polisi yg jadi jagoannya! Tebas sana-tebas sini, dar der dor, pokoknya mah intinya si pembunuh bisa ditumpas lah! Setelah ketauan kedok asli si pembunuh, yg nggak lain adalah penggila R.R, film pun berakhir. Tapi eitss, mayat si pembunuhnya ilang ternyata! Kemana dia? Ya beraksi lagi dong ah. Upss, spoiler :D

....................

Sejak adegan awal, saya udah terpikat sama tampilan film ini: pemilihan tone warna dan eksperimen sinematografi yg kelas B bangeettt. Atau seenggaknya ngingetin sama film2 Amerika taun 90-an awal lah. Meskipun gitu, ini ‘dirusak’ sama beberapa pengambilan gambar yg sebenernya mah canggih! Keliatan banget nih emang niat meng-eksplor pergerakan kamera, padahal saya udah ngarep semoga film ini bakalan jelek beneran dari awal sampe akhir. Tapi ya itu tadi, banyak angle-angle cantik yg buat saya sih terlalu asik untuk film dengan tema…geez, maniak bertopeng [tokoh politik] yg lagi haus darah.

Saya sebenernya nggak terlalu ngerti apa yg mau disampein Arquette di film ini, mengingat plot dan ide ceritanya juga terlalu simpel buat saya. Udah tau kan, nggak usah diceritain lagi. Tapi buat saya masukin percakapan yg nggak penting tentang politik, atau ngejadiin salah satu tokoh politik sebagai ‘villain’, nggak bikin film ini bertambah kadar kelucuannya, dan nggak bikin dia [ato saya] jadi keliatan tambah politis pula! Malah garing jadinya. Saya nggak ngerti di bagian mana harus ngetawain lelucon itu. Maksudnya apa sih, mau bikin semacam parodi gitu, atau apa ya? Terlepas dari fakta bahwa R.R emang salah satu ‘penjahat’ beneran dalam dunia nyata, yang saya tangkep cuman: jangan biarin anak-anak kalian kebanyakan nonton TV berisi berita perang dan politik, atau mereka bakal tumbuh gede jadi pembunuh psycho! Percakapan yg dimasukin dengan paksa, hanya untuk bilang kalo George Bush adalah presiden paling buruk sepanjang sejarah amerika, itu jelas2 bertendensi politis, tapi malahan norak jadinya dan sama sekali nggak menolong film ini untuk jadi enjoyable! C’mon, nggak ada yg peduli sama sikap politis siapapun, kita cuman pengen ngeliat adegan sadis doang di sini. Tapi saya curiga kalo sebenernya film ini nggak ada tendensi politis juga sih, cuman sok-sok politis aja. Tai ah. Busuk banget yg kayak gini. Masukin isu politik dalam film horror? Nggak terdengar brilian. Saya bukannya nggak politis, cuman saya emang nggak punya kepentingan dan kebutuhan akan politik dalam film berdarah-darah yg saya tonton.

Banyak yg menyebalkan dari film ini, salah satunya yang paling saya sebelin adalah visualisasi maboknya yg lebayyy pisann, aneh dan lama pula! Jelek ih. Lainnya ya masih lebay2 juga sih, ya namanya juga film ‘sok-sok murahan’. Bagian tentang politik adalah bagian terburuk dalam film ini. Cuman, yg buruk dari film ini bukan melulu tentang sisi politisnya sih, tapi buat saya semuanya kerasa nanggung. Bikin serem, nggak. Bikin tegang, nggak. Bikin ngakak, nggak juga. Yaudah aja, nanggung gitu. Dan yg nanggung2 biasanya jarang ada yg mau nginget. Saya juga nggak jatuh cinta sama film ini. Ada beberapa yg lumayan bisa dinikmati lah, apalagi bagian ngacak-ngacak usus dan sembunyi di dalem WC yg sumpah mampus, kocak abis! Hahahaha.

Tapi selebihnya, nggak ada yg istimewa dari film ini.
Jelek sih. Tapi ya nggak jelek-jelek amat juga sebenernya.
Nanggung kan?

..................................

The.Tripper [2006]
Size : 700.94MB

No comments:

Post a Comment