18 October 2008

MONSTER

 "I'm one who seriously hates human life and would kill again. So what's the point! Let's move on. I am asking here then for the Florida Supreme Court to step in and 'Do Something.'" - Aileen Wuornos (in a letter to the Florida Supreme Court pleading for execution, June 2001)

Ini adalah film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 80-an yang menghantarkan Charlize Theron meraih Academy Award dan Golden Globe sebagai artis terbaik.

Berperan sebagai Aileen Wuornos salah satu pembunuh berantai yang pernah ada dalam sejarah serial-killers Amerika, aktingnya memang sungguh luar biasa.
Aileen mengalami masa kecil yang sulit dan keras. mempunyai keluarga yang bobrok dan di usia tiga belas tahun dia sudah menjadi pelacur. Menginjak remaja dia pindah ke Florida dan bertahan hidup di jalan dengan menjadi pelacur pinggir jalan yang melayani nafsu para pengendara mobil yang kesepian. Kehidupan yang demikian keras, membuat dia menjadi seorang yang introvert, kasar dan liar.

Jalan hidupnya mulai berubah, ketika dia bertemu dengan Selby ( Christina Ricci ), seorang gadis kesepian yang juga bosan dengan keluargamya. Aileen akhirnya jatuh cinta pada Selby dan menjalin hubungan lesbi dengannya.


Dijalanan Aileen kerap menerima perlakuan buruk dari orang2 yang memandang rendah profesinya sebagai pelacur. Tak jarang, pria yang me ’makai’ nya juga melakukan penyiksaan kepadanya. Ini membuat dia merasa terbuang dan direndahkan harga dirinya.

Sampai suatu saat, ketika dia tak mampu menahan emosinya. Dia menembak mati pria yang menyiksanya. Itu adalah pembunuhan pertamanya.


Selby diajak kabur dari rumah dan pergi bersamanya..setelah pembunuhan pertama itu, Aileen sempat ingin merubah hidupnya dan menjalani hidup normal bersama Selby. Dia mulai mencari pekerjaan ‘normal’. Tapi, perusahaan mana yang mau mempekerjakan orang dengan latar belakang seperti Aileen? Bahkan gereja saja menolaknya. Putus asa, karena benar2 membutuhkan uang untuk menunjang hidup kekasihnya, Selby, Aileen kembali melacur di pinggir jalan..tapi, dia sudah muak dengan sex dan pria-pria hidung belang. Maka, yang dilakukannya adalah membunuh para pelanggannya dan merampoknya!

Dia melakukan serentetan pembunuhan dan perampokan mobil, yang berujung pada penangkapan dirinya.
Aileen Wuornos dieksekusi mati pada tahun 2002 setelah menjalani penahanan selama 12 tahun.

Itulah kisah hidup Aileen Wuornos yang tragis.


Aileen 'Lee' Carol Wuornos ( yang asli )
Born: February 29, 1956 as Aileen Carol Pittman
Birthplace: Rochester, Michigan, USA
Died: October 9, 2002 - execution by lethal injection


Oke, kekuatan film ini memang akting Charlize Theron yang luar biasa. Lihat bagaimana ekspresi, gestur, dan cara berbicaranya menimbulkan kesan bahwa dia memang jalang dan liar, bahkan ketika ia melamar pekerjaan dan berpakaian rapih pun dia tetap kelihatan jalang. Juga kerutan2 diwajahnya seperti wajah wanita yang sarat permasalahan, beban hidup dan tamparan kerasnya jalanan. lihat juga bagaimana cara Charlize Theron menghisap rokoknya…keren!! jangan bayangkan wajah menawan Charlize Theron seperti di film Mighty Joe Young atau Sweet November, di film ini wajahnya benar-benar berubah menjadi saperti pelacur jalanan sekaligus pembunuh anti sosial!! Cukup puja-puji untuk akting si Charlize ini.


Kisah hidupnya juga sedikit menjungkirbalikan stereotype pelacur yang biasanya malah jadi korban psikopat. Dalam kisah ini, sang pelacurlah yang menjadi predator. Juga tentu saja, kisah ini berbeda dari kasus Ryan dari Jombang itu, karena pembunuh berantai dalam kisah ini adalah seorang lesbian! Tapi, entah kenapa gue malah jatuh simpati pada Aileen Wuornos…

dia bukanlah pembunuh gila yang menikmati aksi nya sebagai kesenangan, tapi lebih kepada seorang yang begitu muak dan dendam pada kehidupan yang ‘membuang’ nya. Di luar itu, Aileen tetaplah seorang manusia yang punya hati dan membutuhkan cinta.
Jangan-jangan masih banyak Aileen-Aileen lainnya diluar sana yang terbuang dari hidup, butuh cinta dan perhatian dari kita, namun tak kunjung mendapatkannya..dan sedang menunggu waktu yang tepat untuk meledakkan revolver nya di keramaian?!!

Film ini bagus, gue pernah nonton dua film yang diangkat dari kisah nyata pembunuh berantai di Amerika yang pertama adalah ‘Ed Gein’ ( jagal dari Plainfiled yang menginspirasikan Hollywood untuk membuat karakter fiktif Thomas Hewitt sang pembantai bergergaji mesin dari Texas ), lalu yang ke dua T.B.K -Torture, Bind, Killing- ( kisah seorang ayah kelainan jiwa yang membunuh-i pelacur yang di sewa nya ) dan keduanya di perankan oleh Kane Hodder. Nah, dibandingkan 2 film itu yang lebih menonjolkan ke gore-an nya, film ‘Monster’ besutan sutradara Patty Jenkins ini lebih memenuhi selera menonton gue.

Sekedar nanya, udah ada belum yah film yang mengisahkan hidup si pembunuh berantai legendaris dari Amerika juga yaitu, Ted Bundy?? Kalo ada dan kamu punya, minjem doooong hehehehehe


Rating gue untuk film ini adalah ‘applause panjang’.

3 comments:

  1. Hmmm, ini udah lama, plus terlalu membosankan buat gue inget, tapi kalo ngga salah mah Kane Hodder juga sempet nongol di sini. Jadi biker ape apalah gitu.

    ReplyDelete
  2. Ini film yg lama bangettt juga.
    Tapi gw suka!
    Sepanjang film gw mikirin terus gimana sih caranya ngerombak Charlize Theron jadi begitu wujudnya. Edan, gile make-upnya jago bener. Udah gitu si Theron juga pasti nggak tanggung2 lah ngejelek2in mukanya dan ngegendutin badannya. Pokoknya waktu itu gw gak berhenti kagum ama dia [dan sekarang jadi mikir2 kenapa kok akting dia sekarang2 nggak ada yg melampaui dia disini?].
    Yah, hebatnya bule emang gitu: TOTALITAS. Kalo udah menekuni sesuatu [termasuk jadi aktor/aktris] dia nggak mau tanggung2. Buktinya Theron yg tadinya maen film2 biasa aja dg akting yg 'belum teraba kematangannya' bisa bertransformasi jadi juara di film ini.
    Hebat dehh.
    Dari segi cerita, yah emang kisah nyata. Gw baru tahu kalo dia disuntik mati yah??? Padahal kan udah dipenjara 12 tahun, kenapa gak dari dulu2 aja. Jahat juga. Tapi gw penasaran aja, dia termasuk psycho gitu ya? Lha motifnya kan duit? Atau emang dia ngerasa puas beneran setelah membunuh? [statement dia yg di paling atas itu bener nggak sih?].
    Yah, pokoknya gw suka film ini deh! Keren! Soalnya gw emang suka film dg tema queer [lesbi/gay] gitu. Gw suka cerita tentang lesbi deh! Dan di film ini tokoh ceweknya transenden! Keluar dari stigma2 yg dilabelkan dan 'diharapkan' dari seorang cewek. Dia jelek, jahat, pelacur, lesbi dan bisa membunuh orang!
    Charlize Theron keren deh dan Aileen Wuornos juga keren [at least someone make her story into a good movie].

    ReplyDelete
  3. Tadi baru ditayangin SCTV filmnya.
    Setelah nonton film. Baru kali ini langsung bilang "DAHSYAT".
    Gak salah mrs. Charlize Theron dapat 2 award sekaligus.
    Waaaahhh telat banget ya gw. :)

    ReplyDelete