31 March 2010

SURVEILLANCE ( 2008 )


 REVIEWED BY  'Z'.
 
Berhubung gue bukan reviewer profesional, gue bakal make hukum probabilitas kalo Jennifer Chambers Lynch itu punya hubungan darah ama David Lynch. Bukan semata-mata soalnye nama Mr. Lynch ikutan nongol di sini (sebagai produser apa apalah gitu), tapi juga soalnye Mrs. (atau Ms.?) Lynch ternyata bikin film  dengan gaya yg sangat reminisme ama karya klasiknye D. Lynch. Yup, tebakan lo2 semua bener, gue emang lagi ngomongin Twin Peaks.

........................................................


Elizabeth Anderson (Julia Ormond) ama Sam Hallaway (Bill Pullman) adalah sepasang agen FBI yg dateng ke kota kecil di daerah gurun pasir Santa Fe dalam rangka penyidikan sebuah kasus pembunuhan. Untuk kepentingan investigasi itu mereka mewawancarai 3 orang saksi mata: seorang polisi kotor, seorang pemadat ama seorang bocah 8 taun yg dengan ngga sengaja terjebak dalam aksi kekerasan yg dilakonin ama 2 orang bertopeng di jalan raya.


Udah, itu kerangka ceritanye segitu doang. Sisanye film ini diisi ama cut-to-cut editing antara flashback dari cerita ketiga saksi mata tadi ama kondisi terbaru saat ini. Dengan keiga kisah dari 3 sudut pandang kepentingan pribadi berbeda tadi pun pelan2 ngelebur jadi satu cerita yg utuh. Bagi mereka2 yg familiar ama Twin Peaks, lo pasti udah bisa ngebayangin apa yg gue omongin, ini emang kaya gitu modelnye, horror pake pendekatan psikologis. Lengkap dengan plot yg cuman bakal menarik kalo diikutin, praktis tanpa gore ataupun kekerasan berlebihan. Jadi mereka2 yg nyari horror tradisional punya kans lebih baik kalo nyarinye di judul laen.
Sekarang mungkin lo bisa nebak kalo gue bukan penggemar tipe sub-genre yg begini. Emang engga, gue lebih suka kalo horror gue itu mindless, kotor & jorok. Tapi bahkan gue pun bisa ngapresiasi kalo secara keseluruhan, 

Surveillance adalah tontonan dengan daya hibur tinggi. Itu bukan keberhasilan kecil kalo nginget ini make jenis plot yg secara konstan berada dalam ancaman buat jadi membosankan. 

Emang jalannye pelan, tapi semua scene disusun sedemikian rupa buat ngejaga supaya penonton tetep ada jauh2 dari remote DVD mereka. Ini dilakuin dengan cara ngejaga kalo misteri utamanye tetep bisa terus menjadi misteri sampe script menuntutnye buat dibongkar. Emang ngga dalam level penyingkapan sekeren Saw pertama sih emang, tapi layak lah buat ngusung cap-dagang dari merk "Lynch" yg terkenal itu.


 Walaupun kemungkinannye buat bisa nemu jalan masuk ke dalem DVD-ROM gue sangatlah kecil, tapi buat selingan dari semua mutilasi ama buah dada yg numpuk di kamar gue Surveillance jelas bukan opsi yg buruk. Film ini mungkin cenderung sedikit 'menuntut' buat konsumsi massa horror, tapi sebenernye die cuman nuntut lo buat sedikit fokus aje kok, ngga minta lo buat mikir keras demi komprehensi bawah sadar yg enlightning. Asal lo mau fokus aje lo bakal nemu serunye, ngga buang2 waktu lah buat ditonton sekali, semacem2 Twin Peaks dulu gitu lah fungsinye..ama mungkin Vivid Video, terserah lo aje lebih suka ama metafora yg mana.

4 comments:

  1. naaah gitu dooong, sekali-kali ngereview film ginian, biar lembut jiwanya wkwkwkwkkk

    ReplyDelete
  2. Sampe sekarang gue masih heran kenape bisa ngereview film kaya gini ye? Khilaf kayanye.

    ReplyDelete
  3. gue pengen nyari dvd film ini.
    cuman karena lo bawa2 Twin Peaks.

    ReplyDelete