14 May 2011

DUKUN LINTAH ( 1981)

Reviewed By 'R'

Bukan rahasia lagi kalo sebagian pelem horror lokal produksi tahun 80 sampe 90-an adalah sebuah rip-off terang-terangan dari pelem horror yang tengah booming di Hollywood.

'Bayi Ajaib’ misalnya, adalah sebuah adaptasi bebas dari ide dalam ‘The Omen’, lalu ada ‘Ranjang Setan’ yang punya banyak adegan persis frame-by-frame ama ‘Nightmare on The Elmstreet’ ( cek juga review 'Perjanjian di Malam Keramat' disini ) , 'Pengabdi Setan' dijuluki sebagai ‘Phantasm’ versi Indonesia, lalu jangan lupain pula pelem slasher pertama di Indonesia, ‘Srigala’ yang kayanye dibuat setelah sutradaranye nonton ‘Friday The 13th’, sementara kalo kita menyebut judul 'Lady Terminator' ( Pembalasan Ratu Laut Selatan ), kalian bisa menebak dengan mudah pelem apa yang jadi korban ke ‘kreatif’-an sineas kita. Hehe

Dan pelem yang akan gue review kali ini, ‘Dukun Lintah’ ( diterjemahin buat pasar internasional dengan judul ‘Leeche Warlock’ ) --meski konon punya jalan cerita yang berbeda--, juga mempunyai banyak adegan yang dipercaya oleh seorang reviewer internasional sebagai rip-off dari pelem ‘They Came From Within! ( 1975 )’ nya David Cronenberg.

Terus terang gue belum nonton pelem Cronenberg yang satu itu, tapi lebih jauh sang ‘reviewer-internasional’ itu berkata dalam blognya :

“ What makes DUKUN LINTAH so fascinating is not its blatant plagiarism, but how the narrative plays in a diametrically opposed setting. “

Itu maksudnye, walau emang bener sutradara Ackyl Anwari nge rip-off pelemnya Cronenberg ( dan itu juga bukan sesuatu yang disangkal olehnya ), tapi die menolak buat menjadi sama dengan apa yang ditirunya dengan menambahkan mistik-lokal yang sangat khas ( orang sono menyebutnya : bizzare ), lalu secara cerdas ( atau boleh juga dibilang : naif ) memindahkan ide tersebut kedalam sesuatu yang sangat sangat Indonesia! Ini seperti meng-copy ide/materi dari ‘barat’ dan mem-paste kannya kedalam sebuah template bernama ‘timur’.

Liat aje, 'They Came From Within' nye Cronenberg yang aslinye bersetting di sebuah komplek apartemen steril, dipindahin ke sebuah kampung becek di kaki bukit, lengkap dengan rumah-rumah bambu, kebun dan sawah menghijau. Bukannye, itu tempat yang lebih cocok buat lintah-lintah merayap? haha

Ini persis ama apa yang dilakukan Mang Oma Irama ketika menggabungkan sound dan cara bermain gitar Ritchie Blackmore ( gitaris 'Deep Purple' ) yang nge-rock dengan irama Melayu+gendang+seruling. Sebuah peng-adopsi-an ide yang akhirnya ngebuat kita menggoyangkan kepala saat dia berdendang : "Judi!" teeeeeeeettt!

Bagaimanapun, secara nggak disengaja itu ternyata ngebuat hasil akhir pelemnya menjadi berbeda + punya karakter sendiri. Oke, lebih tepatnya 'weird' sih.

Contoh pelem rip-off an lain yang menjadi 'beda+aneh+idiot=fun' kala dipadukan dengan kultur-lokal negara pembuatnya.



Balik ke review,
Yah, ketika untuk nyiptain 'teror-nggak-masuk-akal' orang sono lebih seneng berimajinasi tentang makhluk dari planet laen, mutasi genetik, radiasi nuklir, atau eksperimen ilmiah dll..di kite, invasi lintah ganas yang bisa ngerubah orang satu kampung jadi zombie hanya bisa terjadi karena kedigdayaan sebuah aji ilmu hitam dan rapalan mantra sang dukun! Mungkin sekarang anak muda generasi Twitter, akan ngetawain ide kaya gitu, tapi yang jelas kite harus akui kalo ragam-macam ilmu hitam dan mistik lokal pernah begitu dekatnya dengan masyarakat kita. Dan ketika itu ditampilin dalam pita seluloid, ia bukan saja ngasih hiburan buat penonton kelas layar-tancep kampung Bojong Soang,

tapi juga mampu ngebuat seorang pemuda Seattle yang menyewa pelem ini dari sebuah rental Video tak henti-hentinya mengangakan mulut karena tak mengerti dari galaksi sebelah mana sebenernya pelem model gini berasal.

Haha, oke kita langsung ke cerita pelem ini :

Hany ( diperanin oleh Suzana Cicilia - Suzana yang ini bukan Suzzana yang suka makan sate itu yah hehe- FYI, doi yang juga berperan sebagai hantu dalam 'Mayat Hidup' ) dan Nurdin ( diperanin oleh Alex Kembar – doi kayanye salah satu dari duo ‘Kembar Group’.Tolong siapa aje yang lebih tua dari gue, buat ngasih tau apaan itu ‘Kembar Group’ ?? ) adalah sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta. Lewat pelem ini kita bisa tau, ternyata sebelum ada mall, cara berpacaran anak zaman dulu adalah dengan berlarian di taman bunga, air terjun dan pantai.

Sayang bokapnye si Hany, Rustam ( A.Hamid Arief ) nggak setuju hubungan mereka dan punya rencana sendiri buat ngawinin si Hany ama Hendra ( Hendra Cipta ) yang lebih menjanjikan dari segi materi.

Tentu aja Hany menolak keinginan sepihak sang bokap dan rayuan Hendra yang kaya raya, soalnye dia tau ini cuma pelem. Sementara itu, si Hendra ngerasa tersinggung dengan penolakan itu dan nyoba berbagai macam cara buat ngeluluhin hati Hany, termasuk dengan melakukan hipnotis ala Uya Kuya.
tataap mata ojaann..

Namun upaya itu pun tetep gagal. Hany keukeuh menolak.
Ngeliat keteguhan sikap anaknye, Bokap Hany pun menyerah. Die akhirnye ngawinin Hany dengan cowok pilihannya sendiri, si Nurdin.

Ternyata ini membuat Hendra semakin sakit hati .
Setelah sadar ilmu hipnotis yang kayanye dia pelajari di Eropa ( dia diceritain baru pulang dari Eropa ) gagal-total, die pun akhirnye tau sesuatu yang lebih jenius buat ngebalesin sakit hatinya yaitu : datang ke dukun! Tepatnya ke Dukun Lintah ( AN Alcaf ). Dia adalah seorang dukun jahat yang mampu memerintahkan pasukan lintah ganas buat menyerang siapa aje yang jadi sasaran klien-nya.

Dan inilah awal bencana di kampung itu. Soalnye, lintah2 sang dukun yang awalnya hanya bertujuan menyerang si Nurdin, ternyata juga menyerang penduduk kampung lain yang nggak ada hubungannye ama pangkal-masalah. Dan lebih gawatnye lagi, setiap orang yang kemasukan lintah, bakalan jadi zombie maniak-sex. Sebagian lainnya menjadi zombie yang akan menggigit siapa aje didekatnye. Sementara yang tergigit, akan tertular. Begitulah, akhirnye wabah yang disebabin invasi lintah ini pun menyebar ke seantero kampung.


Village of The Dead!!!
Jadi, gimana akhir dari cerita ini? Tentunya kalian tak perlu berharap bakal muncul pasukan bersenjata lengkap buat ngebantai zombie-kampung ini. 

............................................

Yah, begitulah plot pelem ini. Kalian boleh menilainya sebagai simpel, sederhana, murahan, atau bahkan tolol. Tapi, seperti halnya review gue di 'Mayat Hidup' , gue lebih seneng nyebutnye sebagai : lugu . Walaupun emang lugu itu beda2 tipis ama idiot sih hehe. Sebegitu lugu dan simpelnya, kite bahkan masih akan ngerti ceritanya seandainya semua pemaen dalam pelem ini nggak ngomong.

Dan keluguan bukan hanya hadir dari jalan cerita, tapi juga dari dialog, akting dan spesial efek yang ditampilin.
Liat aje, kalian bisa ngeliat gimana kreatifnya kru pelem nyiptain efek buat adegan ini :


Tentunya keluguan kaya adegan diatas adalah sesuatu yang nggak pernah bisa sengaja diciptain sineas manapun.

Selain itu, berbeda ama horrornye Suzzanna yang udah sukses ngasih kite atmosfir mistis kental dengan eksploitasi legenda-hantu-lokal nye, 'Dukun Lintah' lebih memilih buat nampilin banyak sekuen gross-out yang ditampilin cukup eksplisit.

attack of the leeches!
Gue juga cukup surprised pas nemuin sebuah adegan yang ngingetin ama salah satu scene dalam Peter Jackson's 'Braindead' (1992 ). Inget adegan pas Lionel ngebawa mayat neneknya yang membusuk ke seorang dokter ( diperanin oleh Peter Jackson ) kemudian bola mata neneknya itu mecotot keluar? Kamu akan nemuin adegan itu di pelem ini. Dan gue jamin yang ini nggak kalah gross. So, bisa jadi 'Dukun Lintah' adalah salah satu referensi Peter Jackson ketika menggarap 'Braindead' hehe.


Namun, secara keseluruhan pelemnya sih lebih mirip ama 'Slither (2006)' nya James Gunn, malahan kalo seandainya aje nggak ada pelemnya Cronenberg itu, gue berani bilang kalo 'Slither' adalah remake versi Hollywood 'Dukun Lintah'.

Hanya perbedaannya ( selain bahwa lintah-lintah dalam 'Slither' diceritain dateng dari luar angkasa ) adalah ketika segmen humor/komedi dalam 'Dukun Lintah', seperti biasanye ditampilin secara....slapstick. ( sementara 'Slither' lebih seneng menampilkannya dalam aura dark/satir ).


Buat gue sih nggak masalah,
soalnya kapan lagi kita bisa ngeliat zombie naik becak dan ngegigit tukang becaknye?

Haha, pelem kaya ginian emang cocok buat working-class kaya gue yang butuh lepas sejenak dari kepenatan dan rutinitas. Dan semenjak pelem2 blockbuster kekinian sebagian besar ternyata nggak bisa membantu gue buat ngelupain cicilan kredit, ( sementara pelem thrash-horror ala KK Dheeraj malah bikin gue terserang stroke ), gue pun secara aneh bisa terhibur pas nonton pelem semacem ‘Dukun Lintah’. Akan lebih membahagiakan kalo nontonnya langsung di layar tancep, sambil ngemil kacang rebusnya mang Soleh, lalu ketika pelem nyampe pada bagian yang kurang seru, gue bisa menyelinap ke kebon singkong sebelah buat maen judi koprok hahay..


Oiyah terakhir, persamaan pelem2 seperti ini dengan pelem2 nya KK Dheeraj atau Nayato adalah dia luar biasa jelek, murahan, kampungan dan dibuat semata-mata cuman buat nyari keuntungan sebanyak mungkin.  Tapi, perbedaanya toh, nonton ‘Dukun Lintah’ nye Ackyl Anwari ini, gue ternyata ngedapetin apa yang gue harepin, gue nemuin apa yang emang sengaja gue cari dari awal, dan yang paling penting..

gue nggak ngerasa dibohongi.

Seenggaknye, dia nggak ngebohongin kite pake judul. Kalo judulnye, 'Dukun Lintah', gue jamin kalian emang bakal nemuin dukun dan lintah di dalemnye. Gue ngomong gini, soalnye kalo KK Dheeraj bikin pelem berjudul 'Dukun Lintah' yang lo dapetin paling-paling pelem yang 95% adegannya adalah bintang bokep mandi di kolam renang terus joget2 di diskotik.
Cukup aneh ngeliat masih banyak yang beli tiket cuma buat ngeliat adegan kaya gitu mengingat siapa aje sekarang bisa gratis ngeliat Sasha Grey bugil di ratusan website. Bah.

 'DUKUN LINTAH' IS STUPID CHEAPY GROSS-OUT FUN MOVIE! AND YOU CAN WATCH THIS MOVIE HERE

RATING:






Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


7 comments:

  1. jadi ternyata film2 horror lawas kita itu -walopun nyontek- dulu punya tema dan cerita yang cukup variatif ya, udah ada zombie, slasher, tentu aja mistik lokal, dsb, dll.. kenapa sekarang pocong lagii.. pocong lagiii...? =.='

    ReplyDelete
  2. @angry :
    hehe iya bos variatif.
    kalo gue baca sekilas tentang pelem 'Lisa' ( 1971 ) itu konon sebuah psychological-horror, sementara tema pencuri mayat yang mengidap 'Nekrofilia' bahkan udah ditampilin dalam 'Pemburu Mayat ( 1972 )'.

    Pengen ngereview pelem2 itu, sayang gue nggak tau dimana bisa nonton pelemnya hehe

    ReplyDelete
  3. "They Came from Within" itu judul tenarnya "Shivers" kan go? iya memang mirip terutama pas bagian dimana mereka yg terinfeksi berubah jadi zombie maniak sex dan saling nularin. cuman kalo sama slither justru ga mirip.. cuman mirip bentuk lintahnya aja kali ya haha.

    ngomong2, tentang fenomena banyaknya "kemiripan" film2 lokal taun segitu sama film luar, saya punya teori dadakan nih yg baru kepikiran barusan.

    bayangin, di taun 70-80an, di indonesia, kalo ga punya pemutar laser disc atau video beta, ga ngerti bahasa inggris, mau nonton "phantasm" darimana coba? kita beruntung sekarang ada internet dan DVD bajakan. dulu mana ada..? yang jelas, dulu pastinya ga semudah sekarang buat dapetin sebuah film yg kita cari. mau nunggu diputer di TVRI? stasiun TV aja cuman ada TVRI dan programa dua. itupun cuman tayang beberapa jam sehari.

    mungkin karena taun segitu memang ga semua orang cukup beruntung bisa nonton film2 dari luar, makanya banyak sutradara lokal (yg kebetulan beruntung sempet nonton film dari luar itu), pengen sharing (dalam bentuk rip-off ide) ke masyarakat yang sebagian besar buta bahasa inggris, supaya kecanggihan-kecanggihan adegan-adegan di nightmare on elmstreet (misalnya), bisa dinikmatin sama banyak orang di depan layar tancep.. mungkin mereka terpana sama ide cerita shivers, atau phantasm, atau nightmare on elmstreet, segitu terpana dan excitednya mereka, sampe-sampe ga kuat sendiri kalo ga disharing sama orang lain. tau kan perasaan excited yg kayak gitu? atau mungkin juga mereka "terinspirasi", dalam artian terinspirasi buat bikin sesuatu yg sama percis, kayak band punk dengerin exploited, pengen bikin band yg kayak exploited, karena exploited keren banget pisan buat para personil band itu, misalnya..nah dibuatlah film2 yg ide ceritanya diambil dari film-film yg sempat dipergunjingkan secara internasional (belum ada chatroom, facebook, twitter lho)

    belum lagi plagiat-trus-diubah-sedikit-biar-relevan-sama-wawasan-masyarakat jauh lebih mudah buat siapapun yang berkecimpung dalam industri perfileman, ga usah capek2 mikirin cerita brilian. cerita brilian udah ada, tinggal dibikin ulang versi lokalnya, dan disesuain, penonton terhibur dan tercengang, dan yg pasti mudah-mudahan balik modal. dan yg pasti, karakter kuat orang sini itu kan salah satunya: ngulik. pasti diulik lah jadinya, dari mulai special effect mata jelotot sampe efek terbang2.

    ya saya pribadi sih ga peduli mau film2 ini rip off atau bukan, plagiat atau bukan. yg penting filmnya sangat bisa dinikmati :) rasanya ga ada yg peduli juga ttg masalah itu, apalagi para pembaca blog ini

    maaf saya belum tidur, udah ampir jam 10 pagi padahal.. jadinya ngoceh deh :D

    ReplyDelete
  4. @tremor :
    oh iye bener 'Shivers' tuh judul laen dari 'TCFW' nya Cronenberg dan gue belum nongton pelemnya. Makanye gue lebih cenderung nyama2innye ama 'Slithers' haha, menurut gue sih mirip di ide ceritanya ya..pokoknya invasi lintah yang ngerubah penduduk kota kecil jadi zombie ( infected ) haha.

    woow, teori dadakannya menarik sekali bos, sering2 aja belum tidur sampe jam 10 pagi Dan haha

    ReplyDelete
  5. @tremor :
    oh iya Dan, kalo ada pelem horror-lokal yang harus segera dibikin, itu judulnya pasti : 'Milisi Kecoa' haha

    ReplyDelete
  6. gua setuju banget itu si KK Dheeraj tak tau malu seenaknya bikin film, bisa-bisa ngejatuhin pamor film-film lokal, kehaliannya cuman pocong ama paha dan dada

    ReplyDelete