18 May 2010

RE-ANIMATOR ( 1985 )

REVIEWED BY 'R'.

Story :

Dan Cain ( Bruce Abbott ) adalah seorang mahasiswa-medis di Miskatonic Medical School, Arkham, Massachussets, yang  ber masa depan cerah. Dia mempunyai pacar cantik bernama Megan ( Barbara Crampton ) dan sudah merencanakan untuk menikah. Semuanya berjalan baik-baik saja, sampai semuanya berubah ketika seorang mahasiswa misterius-aneh, Herbert West ( Jeffrey Combs ), --yang juga mengikuti kelas tentang riset otak di Miskatonic Medical School--, menyewa salah satu ruangan di apartemennya.

Tanpa Dan sadari, West ternyata sedang melakukan sebuah eksperimen gila di kamarnya yang selalu tertutup. Dia menciptakan serum 'Re-Animator' dalam ambisinya untuk mampu menghidupkan kembali orang yang telah meninggal. Keadaan semakin memburuk, ketika Dan tanpa sengaja ikut terlibat eksperimen West yang akhirnya menyebabkan kekacauan tak terkendali di kamar jenazah Miskatonic Medical School!


Review :

Setelah akhir2 ini gue dibuat bosan oleh film horror-nowadays yang nggak lebih dari pameran gimana cara ngebunuh sebanyak-banyaknya remaja dalam rentang waktu 90 menit, akhirnya gue ngedapetin lagi TON OF FUN dari genre Horror yang lagi-lagi gue ngedapetinnya dari film jadul tahun 1980-an ( tepatnya 1985 ) ! wow! I Love 80's!

Diadaptasi dari cerita H.P Lovercrafts dan diproduseri ama Brian Yuzna ( produser anthology Takut : 'Faces Of Fear' ) , Re-Animator adalah sebuah film debut sutradara Stuart Gordon --sekaligus masterpiece-nya -- yang pantas disejajarin ama film2 campy-b-movie-splatstick-horror-komedi-cult-klasik ( panjang amat genrenya hahaha ) model Evil Dead , Braindead atau Bad Taste .

Re-Animator juga mungkin bisa disebut sebagai salah satu film Homage yang berhasil. Dari Romero sampe Hitchcock ( scoring 'psycho' jelas banget disini ) dari Frankenstein sampe Evil Dead. Namun kerennya, Stuart Gordon nggak mentah2 mengkopi-paste dan juga nggak berusaha buat menjadi sama seperti influence-influence-nya, dia memoles filmnya dengan adegan2 fresh-orisinil sinting yang akhirnya membuat Re-Animator berhasil punya karakter sendiri dan tanpa ragu berhak menyandang predikat cult-klasik.

Dengan tempo yang terjaga dan asyik buat diikutin, Re-Animator nggak kendor ngehibur penontonnya dari awal sampe film munculin kredit-titel. Dia juga punya adegan-adegan memorable komikal-splatstick-konyol yang bertebaran di tiap jeda menitnya. hillarious-fun!

Ada adegan berantem ama zombie-kucing, ada adegan zombie Arnold Schwarzenneger telanjang bulet ngamuk di kamar mayat, ada adegan zombie- kepala buntung yang nyoba ngendaliin tubuhnya, ada adegan usus ngebelit korbannya, ampe adegan sexual-abuse-weird yang belum pernah ada sebelonnya. Semua itu dibungkus ama performa luar biasa Jeffrey Combs dan David Gale yang membuat keduanya pantas masuk jajaran horror-ikon sepanjang masa. Asli, kalo semua itu kedengerannya terlalu murahan + menjijikan buat kalian tonton, gue dengan keras menyarankan kalian nonton ini sambil makan gorengan. ( lohhh??? ).

Hehe tapi emang bener, Re-Animator masih di bawah level Gory-nya Braindead, semua adegan ridiculous-gory disini cuma dipake sesuai kebutuhan film: Fix! Semua yang ada disini juga well-done : spesial efek, make-up, akting, dan pace semuanya pas pada proporsinya masing-masing. Dan itu semua, membuat Re-Animator terlihat superior jika dibandingin ama Braindead yang gross atau Bad Taste yang un-skillful, walaupun sensasi yang dihasilkan sih sebenernya sama : FUN FUN AND FUN!

Untuk mempersingkat --dan karena omongan reviewer di blog ini tidak bisa dipercaya karena terlalu subjektif wkwkw --, baiklah gue kasih quote dari reviewer sejuta umat idola kalian : Roger Ebert.

One of the pleasures of the movies, however, is to find a movie that chooses a disreputable genre and then tries with all its might to transcend the genre, to go over the top into some kind of artistic vision, however weird. And Stuart Gordon's "Re-Animator" is a pleasure like that. SUMBER.

Tumben nih, beliau satu selera ama gue hehehehe dan kayanya kata-kata engkong Ebert diatas udah cukup mewakili apa yang pengen gue tulis tentang film ini.

Jangan ragu masukin Re-Animator kedalam daftar film klasik yang wajib kalian download, beli, order, tonton dan koleksi. Terutama kalo kalian bisa menikmati, Braindead atau Evildead hehe Highly Recommended!




++ baca juga nih cerita menarik temen 'mondoterrore' yang berhasil ketemu ama Brian Yuzna dan dapet tanda tangannya di Screamfest tahun 2007! MONDOTERRORE BLOGSPOT dan baca juga review Re-Animator di blognya yang keren : MONDOTERRORE WORDPRESS

......................................................

RATING : 9/10

6 comments:

  1. Wah, nih film gak ketemu-ketemu di lapak bajakan hehehe. Mau beli di Amazon ribet, bet, mau donlod enggak kuat. Ini film memang cult abis. Kalo pernah nonton American Beauty, film ini 'kan dijadikan bahan percakapan disana. Mudah-mudahan dalam waktu deket bisa nemu.Eh, Stuart Gordon disuruh bikin drama juga oke lo, kayak Edmond, Stuck. Dagon udah nonton belum ?, (kayaknya produksi Spanyol, soalnya ada logo Filmax, studio yang produksi REC*) cerita horor para penghuni laut, Oom Gordon juga tuh sutradaranya.

    ReplyDelete
  2. @hakim : American Beauty udah nonton tapi lupa ada percakapan ttg film ini disitu hehe, ntar coba di cek lagi :)

    kalo film2nya Gordon yang lain gue malah cuma nonton 'Honey, I shrunk the kid' ama 'Fortress' yang kamu sebutin malah belum nonton semua haha thanks rekomennya yah..

    btw, gue lupa ngasih tau, kalo di Re-Animator pun Gordon nggak lupa nyelipin sedikit drama.

    ReplyDelete
  3. Blog http://portalmemorabilia.blogspot.com/
    sangat membantu untuk yang nyari film2 CULT classic..

    semoga infonya bembantu :)

    ReplyDelete
  4. ada yg terlewat pilem era 80an horror sains fiksi dgn elemen zombie :
    LIFEFORCE
    cwek ny cakep banget ( vampir dr planet lain ) dan telanjang spanjang pilem hahaha

    ReplyDelete
  5. Pertama lihat di youtube ternyata bagus, setelah Maen ke toko langganan eh ada juga filmnya, film yang lumayan bagus sekaligus ngeri, cocok untuk melengkapi koleksi

    ReplyDelete
  6. liat gambarnya ajah udah ngeri beud... klasik2 gitu jadi ingat tante suzana hahahah...

    ==================================

    Bandardarat.com merupakan Bandar Online Terpercaya yang menyediakan pasaran-pasaran dari berbagai negara yakni
    SINGAPURA, HONGKONG, SIDNEY, NAGOYA, TORONTO, DAN WINA
    silahkan bermain bersama kami, cari arti mimpi anda, dan pasang mimpi
    anda di bandardarat.com dengan cara mendaftar disini
    daftar : http://goo.gl/qhHE5V
    dan jangan lupa like kami disini https://www.facebook.com/BandarDaratcom-484914535016763/

    ReplyDelete