24 July 2011

TUCKER & DALE VS EVIL ( 2010 )

Reviewed by ‘R’

Eli Craig ( sutradara debutan yang sebelumnya adalah seorang aktor gagal ) bekerja sama dengan co-writer Morgan Jurgenson menyapa horror-fan dengan sebuah konsep yang kalo gue baca di review-review blog/web laen sepertinya menawarkan sebuah slasher - komedi yang fresh sekaligus tetep setia nampilin elemen tradisionalnya : silly chase, hot-girl with big boobs, dan tentu saja..gory death. 

Ah..Bukannya sebuah tawaran yang sayang buat dilewatkan?

Tucker ( Alan Tudyk ) dan Dale ( Tyler Labine ) adalah dua orang hillbillies ( sebutan buat orang yang tinggal di hutan, bukit, apa gunung.—biasanya di deskripsiin sebagai aneh dan nggak ngikutin fashion-- ) yang berencana ngabisin waktu di pondok mereka di tengah hutan.
Kebeneran serombongan remaja kuliahan juga terlihat berencana kemping di tempat yang nggak jauh dari pondok mereka.

Nah, sebuah insiden kecil yang berawal dari prasangka dan kesalah-pahaman membuat rombongan remaja kuliahan ini mengira sedang berhadapan dengan semacem kawanan kanibal ala ‘Texas Chainsaw Massacre’ apa ‘Wrong Turn’. Kesalah pahaman ini kemudian semakin memburuk yang akhirnya malah mengakibat kan satu-persatu dari mereka menemui ajal secara konyol.

Kematian konyol yang di jelasin Tucker dengan polos sebagai : “ a bunch of college kids runnin’ around killin’ themselves..!” haha. 

…………………..

THIS REVIEW MAY CONTAINS SPOILER

Asli, menit-menit pertama pelem ini begitu hilarious. Eli Craig berhasil nge-mix laugh & gore dengan brillian buat memaksa penonton tertawa ngakak sekaligus menjerit : “ouch!” . Yeah..Nggak ada lagi yang lebih menyenangkan dari ngeliat rombongan remaja idiot tewas satu persatu..


Tentu saja selain ngeliat sheriff tewas dengan cara kaya gini,

bukan karena pembunuh maniak tapi karena kebodohannya sendiri. Gue bahkan nggak akan bosen seandainya itu terjadi sepanjang durasi. haha ini jelas Sebuah ide segar yang membuat gue berfikir ‘kenapa yang kaya gini enggak pernah kepikiran dari dulu yah..’

Nyampe, titik ini gue bahkan ngerasa Eli Craig itu seorang jenius yang ngebawa teen-slasher ke jalur sebenernya. Eh sebentar, emang lu  nganggep kisah maniak bertopeng ( yang susah mati + bisa muncul dimana saja ) ngebantai rombongan remaja kesasar yang kehilangan sinyal henpon itu bukan komedi?

Namun prends, euphoria gue nggak lama. Karena ternyata seperti ‘a bunch of college kids’ diatas , gue terlalu cepat nge-judge pelem ini hanya dari menit2 pertamanya .


Ketika pelem terus berjalan dan mendekati akhir, jelas keliatan kalo ‘materi-seger’ dari Tucker & Dale Vs Evil cuma bisa gue dapetin di 40 menit awal saja. Selebihnya Eli Craig keliatan memaksa agar pelem menjadi berdurasi pas 86 menit dan maen aman dengan plot akhir yang sama sekali tidak se-istimewa premise nya..

Iye, berkebalikan dari konsep teen slasher-parodical yang sejak awal ditawarin Eli Craig, masuk ke separo akhir, ‘Tucker and Dale Vs Evil’ tiba2 seperti mengkhianati konsep itu dengan berbelok menjadi pelem slasher beneran, lengkap dengan antagonis beneran plus adegan2 tipikal yang sangat klise dan predictable. 

Die berubah dari pelem menyenangkan yang ngetawain ke-klise annya sendiri, jadi pelem yang nyiptain klise buat gue ketawain saking membosankannya.

Sementara itu, twist kecil yang diselipin sama sekali nggak ngebantu naekin mood gue yang udah keburu turun.

Dan momen yang menggenapi hilangnya interest gue adalah ketika diceritain Dale mengalami pencerahan psikologis instan. Maksud gue, kalo lu orang culun yang punya krisis percaya diri parah, lu bisa nyoba dengerin petuah sohib lu yang lagi terluka parah.

Dale’s grown-personality ini terus terang mengecewakan mengingat keluguan duo pria gunung-pecundang ‘Tucker & Dale’ ini adalah salah satu ide yang ngebuat konsep teen slasher-komedi yang diusung Eli Craig di menit awal terasa segar, beda dengan teen-slasher laen dan berhasil bikin gue ngakak.


Sayang banget, soalnye karakter awal ‘Tucker & Dale’ sebenernya juga punya potensi buat menjadi horror-icons selanjutnya setelah Ash atau Derek. Semacem Mr. Bean nya pelem slasher lah haha. Lu bisa bayangin malapetaka macam apa yang bisa ditimbulin dua pria ‘ innocent tapi selalu berada dalam masalah ‘ ini kalo seandainya mereka pergi ke kota dalam pelem berjudul ‘Tucker & Dale in New York’.

Ya, mungkin Eli Craig nggak pernah mikir sejauh itu, dan cuman pengen bikin satu pelem hiburan satir ringan sekaligus nyampein pesan naïf ‘don’t judge book by it’s cover’ nya. Yang artinye, kalo lu lagi ada diterminal Pulogadung, terus tiba2 ada pria sangar-brewokan-bertatto nyamperin sambil megang piso dan nyoba minjem hp yang lagi lu pegang, jangan berburuk sangka dulu, kasihin aja hp lu sambil kasi senyum manis, karena siapa tau dia cuman mau ngasih lu pulsa gratis. Eh..?

Overall, Alan Tudyk dan Tyler Labine mencuri perhatian dengan peran mereka sebagai duo hillbillies yang ngingetin gue ama duo hillbillies brutal di ”Deliverance', Peran keduanya sangat mudah disukai penonton dan selalu berhasil memancing tawa. Sementara Katrina Bowden selaen ngasih sedikit boner juga sukses berperan sebagai gadis remaja yang maen bowling terus berciuman tanpa trauma sedikitpun setelah 7 temennya tewas dengan cara mengenaskan. Laurie Strode ama Sidney Prescott tentu bakalan heran ngeliatnya.

................................................

Jadi final verdict nya,
Nge-skip semua komentar personal gue diatas, sebagai pelem yang dibikin oleh orang yang baru aja mengawali karir sutradara nya, gue tetep nggak ragu ngasih applause buat effortnya. Yup, ‘ Tucker & Dale vs Evil’ masih sangat berpeluang menciptakan gemuruh tawa kalo ditonton rame-rame, gue juga masih akan tetep mengingat adegan Dale berlari panik ( karena dikerubutin tawon ) sambil ngayunin gergaji mesin sebagai salah satu ‘most silly-death in horror movies’, 
tapi sebagai sebuah film secara keseluruhan, ‘Tucker & Dale Vs Evil’ masuk kategori pelem yang bakal mudah gue lupain.





Rating : 
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

2 comments:

  1. wah, ratingnya cuma 5 wkwkwk.. gw sih engga sampe kecewa2 amat, ya 6.5 - 7 lah hehe.. kasusnya kaya Martyrs ini ya?

    ReplyDelete
  2. @angry : hehe iya bos kaya 'Martyrs' atau 'Human Centipede' lah

    ReplyDelete