28 November 2009

TRIANGLE ( 2009 )


REVIEWED BY ‘R’.


Synopsis:
Jess ( Melissa George ), dan 5 orang temannya berniat refreshing ke tengah laut lepas dengan dengan menggunakan yacht.

Di tengah laut, cuaca mendadak berubah. Tiupan angin menghilang dan dikejauhan muncul awan hitam bergulung2 dengan petir yang menyambar-nyambar. Salah seorang mencoba menghubungi coastguard buat minta bantuan, namun sinyal begitu buruk.

Akhirnya badai besar pun datang, menghantam dan membalikkan yacht mereka.

Untunglah, beberapa saat kemudian muncul sebuah kapal besar. Mereka segera berteriak2 meminta pertolongan. Namun tak ada reaksi yang berarti.

Setelah naik ke kapal itu dengan inisiatif sendiri, mereka menyadari kalau kapal itu ternyata kosong. Kemana para penumpangnya?

Saat itulah horror-mencekam ini mulai terjadi, kapal besar itu tidak benar-benar kosong. Karena ditengah kebingungan mereka, seorang bertopeng dengan bersenjatakan shotgun mulai menyerang mereka satu persatu dengan brutal. Semuanya tewas. Dan Jess adalah sasaran yang terakhir.

Ketika nyawanya diujung tanduk, Jess melawan dan terjadi pergumulan seru. Dan hooray! Jess mampu mengalahkan pembunuh bertopeng itu.. , sayangnya sebelum Jess mengetahui identitasnya, sang pembunuh keburu terjatuh ke laut..who’s the killer? Maksudnya apa menyerang mereka?

Segala terror dan mimpi buruk seakan berakhir dengan tewasnya sang pembunuh , menghasilkan tanda tanya besar yang tak terjawab.

namun baru saja Jess mengatur nafas, dia mendengar hiruk-pikuk teriakan minta tolong dari bawah laut sana.

………….


Dan mata Jess membelalak tak percaya ketika menyaksikan dirinya sendiri dan teman2nya lah yang berteriak-teriak minta tolong kearahnya dari sebuah yacht yang terbalik!!




Review :
Well, film ini nyoba mengeksplorasi sesuatu yang baru buat genre horror-misteri. Walaupun gak baru-baru amat sih hehe

Jadi, beberapa ahli percaya kalo disuatu tempat di bumi ini mengandung magnet yang sangat kuat sehingga mampu menciptakan sebuah ‘lubang-waktu’ yang nggak kebates ama ruang. Salah satu tempat yang dipercaya mempunyai misteri waktu itu adalah, Segitiga Bermuda. Dilaporkan banyak kapal yang lenyap tanpa jejak ketika melintasinya. Dalam film ini, kaga diceritain kalo ini settingnya di Bermuda Triangle. Tapi, nama Yacht ‘Triangle’ ini udah bikin pikiran gue melayang ke sana.

Kalangan agamawan percaya kalo Segitiga Bermuda adalah tempat tinggal Dajjal, yang lain berfikir para Alien membangun basis nya di sana. Dan teori yang terakhir adalah seperti gue bilang diatas, yaitu adanya medan magnet yang amat besar. Jadi mungkin aja, kapal2 yang melintas disana nggak hilang tapi berpindah ke sebuah dimensi waktu yang lain.?

Sebelonnya ada juga beberapa film yang ngegunain ide seperti ini. Yang gue inget adalah, ‘Frequency’ dimana dalam film itu, karena terjadi insiden ‘tumbukan-waktu-yang-paralel’ , seorang anak di masa kini mampu berinteraksi lewat radio dengan ayahnya di waktu ketika ayahnya masih hidup. Film Indonesia ‘Glitch’ , juga denger2 make ide yang sama.

Kemungkinan itulah yang coba di eksplorasi sutradara Christopher Smith buat ngasih kita film horror-misteri berjudul Triangle ini. Dalam film ini, kayanya mereka terjabak dalam lobang waktu yang membuat waktu terus berputar dan berulang. Recycling, tanpa awal tanpa akhir.

Persitiwa beberapa jam yang lalu, masa sekarang, dan waktu yang akan datang berulang, muter dan bertumbuk jadi satu di sebuah kapal besar bernama ‘Aelous’. Maka dalam film ini kalian akan nemuin beberapa adegan yang sama, karakter yang sama, namun sebenarnya mempunyai dimensi waktu yang berbeda. Bertemu dan saling menyerang!

Malahan ada sebuah adegan yang memperlihatkan mayat Sally –salah satu temen Jess- yang bertumpuk-tumpuk di satu tempat yang sama. Tumpukan mayat aja udah nyeremin, gimana kalo mayat2nya adalah orang yang sama? It’s creepy!


Dan usaha main-character ( Jess ), buat memecahkan misteri, keluar dari lingkaran waktu itu, nyelametin temen2nya, pulang kerumah menemui anaknya menjadi menu utama yang bisa kita nikmati.

Beberapa scene-nya ngingetin ama ‘Ghostship’ ama ‘ The Machinist’. hehe

Lalu, gimana akhirnya? Apakah jess bisa keluar dari lingkaran waktu itu? Gue kasih tau dikit bocorannya, Jess akhirnya mampu kembali kedaratan dan pulang kerumah. How next? Nonton sendiri aja deh xp.

Gue sempet bosan dengan film ini, namun rasa ingin tahu dan twist menggoda disana-sini mampu ngalahin perasan bosan tadi.

Dan setelah menonton film ini pun gue jadi merinding buat masuk WC, takutnya disana gue ngeliat diri gue sendiri lagi be’ol beberapa jam yang lalu hehe

Well done, Mr.Director, well-act Mellisa. Like A roller coaster.. otak melintir, puyeng, tapi gue kehibur!



RATING : 7,5/10


HAVILOFA'S REVIEW



TRIANGLE (2009)

" MysteriousTaxi Driver: You Will Come Back....Won't You? "

Story: Di pagi yang cerah itu Jess (Melissa George) bersama dengan 5 orang sahabatnya sedang berlayar di laut lepas untuk sekedar refrsehing melepas penat. Namun entah kenapa perasaan cemas tanpa sebab sudah melanda Jess dari awal sebelum berangkat. Wanita beranak satu ini merasa bahwa akan ada sesuatu yang tidak beres bakal terjadi dalam perjalannya ini. Dan benar saja tidak lama kemudian entah dari mana datangya sebuah badai misterius secara tiba2 datang dengan cepat dan menghantam yatch mereka hingga terbalik.

Sama seperti kedatangannya, badai misterus itu juga secara tiba2 hilang dan meninggalkan Jes dan kawan2nya terdampar diatas perahu mereka yang terbalik sambil berharap menunggu pertolongan datang. Tidak butuh waktu lama menunggu karena kemudian mereka kembali dikejutkan dengan kedatangan sebuah kapal pesiar besar yang datang untuk memberikan pertolongan dan kejutan belum berakhir disitu, sesampainya di atas kapal itu mereka mereka menemukan bahwa tidak ada seorangpun di atas kapal besar itu. Penasaran dengan kondisi kapal yang tidak berpenghuni itu mereka kemudian menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi tanpa menyadari bahwa ada seseorang yang sudah menunggu kedatangan mereka, seseorang bertopeng misterius yang siap mengahabisi mereka semua.

Review: Dengan melihat sedikit sinopsis diatas mungkin akan terintas dibenak kita bahwa Triangle tidak lebih dari sekedar film2 bertipe slahser biasa dimana seorang pembunuh misterius akan menghabisi setiap karakter utamanya. Namun anggapan itu akan segera berubah setelah kita menontonnya. Ya, Triangle bisa dibilang adalah salah satu British horror film terbaik yang pernah dibuat oleh negara ratu Elizabeth itu. Film garapan Christopher Smith menawarkan sebuah pengalaman berbeda dari kebanyakan film2 sejenis dengan konsep cerita orisinil yang menggambungkan elemen thriller dan horror supranatural dengan balutan plot twist super rumit yang memaksa penontonnya untuk bekonsentrasi dan berpikir ekstra keras untuk dapat merangkai puzzle misteri yang ingin disampaikan film ini, jadi tidak hanya tegang namun penonton dijamin akan pensaran dengan apa yang terjadi di scene2 selanjutnya. Triangle juga didukung dengan akting meyakinkan dari Mellissa George dimana penampilannya mampu membawa emosi yang cukup besar dihampir disetiap scene pada film berdurasi 99 menit ini.

Overall, Triangle jelas bukan sekedar thriller-horror biasa, kerumitan ceritanya mungkin akan membuat sebagian penontonnya akan membenci film satu ini, dan berangapan Triangle adalah sebuah film yang tidak jelas. Namun jika mau sedikit berusaha (menonton ulang atau mencari info) niscaya kita akan menemukan penjelasan yang logis dan memuaskan tentang apa sebenarnya yang mau disampaikan film ini. Mungkin agak sedikit lebay dan subjektif penilaian dari gue, namun sekali lagi ini hanya sekedar pendapat gue sebagai seorang penikmat film biasa yang sangat enjoy menonton film ini jadi harap maklum saja kalau bagi sebagian orang penilaian gue agak overatted.

8/10



dan oh, my bad..ternyata gue salah ngereview film ini, ini bukan film tentang 'time-travel' ternyata. hehe
buat yang udah nonton dan bingung ama ceritanya, klik link di bawah ini untuk penjelasannya yang cukup rumit, buat yang belum nonton..spoiler alert!

http://www.imdb.com/title/tt1187064/board/thread/155947681


8 comments:

  1. Thanks atas sumarrynya. Jadi pengen nonton deh.

    ReplyDelete
  2. :) DVD nya udah banyak, gambar dan subtitle nya juga udah bagus. film ini rilis resmi nya sih Januari 2010, tapi kok udah ada DVD nya yah?..
    enaknya tinggal di Indonesia :D

    ReplyDelete
  3. gan ane dah lihat filmnye....
    ana lebih sepaham dengan penjelasan di forum kaskus tentang film ini....
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=180072627

    ReplyDelete
  4. @the_zzz :
    haha bos yang di forum Kaskus itu salah satunya adalah saya :D

    ReplyDelete
  5. saya setuju bahwa "adegan yang memperlihatkan mayat Sally –salah satu temen Jess- yang bertumpuk-tumpuk di satu tempat yang sama" adalah creepy banget dan jd salah 1 adegan epic di film ini.
    kenyataan bahwa mayat2 tsb adalah org yg sama, itulah letak kengerian yg ada dlm scene tsb.itu twist banget!

    dan alur ceritanya bener2 menegangkan, bikin penasaran dr awal smp akhir.

    ReplyDelete
  6. filmnya bagus bgt. misterius bgt. cuma baru tahu gw ada teka teki yg ga jls sprt ini. sumpah gw ga ngrti sama film ini. mksdnya apa? apakah mrk itu semua hanya hantu? atau kutukan yg takkan prnh putus? atau just refleksi? dan nyata ga sih mrk? ah, bingung deh. nonton aja deh itu film.

    ReplyDelete
  7. Ya begitulah namanya film yg 1 ini.Misterius.

    Saya kmrn malah pas ke Gramed, smpt baca2 buku soal Segitiga Bermuda.Kasusnya mirip lah, kapal hilang/kejadian misterius setelah mereka memasuki area di sana.
    Memang film ini diilhami dr Bermuda Triangle sepertinya.
    Mungkinkah ada kejadian mirip spt film ini di area tsb? Siapa tau...... :)

    ReplyDelete