23 February 2011

VENOM ( 2005 )

Reviewed By 'R'.

Masih di edisi review ‘nggak-bisa-tidur-terus-nonton-tipi-namun-acara-yang-laen-suck-semua’ hehe , pada kesempatan insomnia kali ini, gue akan nge-review film yang dini hari itu ditayangin salah satu channel TV swasta lokal yang berhasil ditangkep gelombangnye ( tentu aja setelah gue ngebenerin antena daruratnye ). hehe, lumayanlah buat ngabisin waktu sambil nungguin Sporting-Gijon maen. yeah….Venom.

Dan temen-temen, review film Venom ini kayanye bakal semakin mengukuhkan blog gue sebagai blog-horror paling sekarep dewek ( baca : kumaha aing we ) soalnye ternyata pelem horror yang direview disini emang nggak bisa memenuhi kebutuhan horror-fan buat ngedapetin info dan resensi pelem2 horror paling mutakhir, semuanye tergantung kondisi mood dan gue habis nonton pelem apa haha. Selain itu pas ama nama blog ini yang ‘Horror Popcorn’ soalnye kalian bakal banyak nemuin review pelem2 horror picisan bin murahan seharga berondong-jagung di bioskop Mulya.

Tapi tentu aja kalian boleh juga kalo mau bilang bahwa salah satu penulis review diblog ini ( yaitu gue ) sebenernya ( udah hampir 5 bulan ) lagi jauh dari akses internet, bioskop & tukang dvd bajakan ( + nggak punya DVD player buat nyetelnye ) terus hiburan satu-satunya selain berenang dibalong ikan gurame ya cuma nonton tipi. Whatever lah..hehe..

Lupain 3 paragaf menyedihkan diatas, kita langsung ke review pelem ini, oke :D



Review :

Venom? Kalo ngedenger judulnye ini kaya judul tipikal buat pelem-pelem tentang uler berbisa yang biasanye punya efek uler-CGI sedikit lebih baik dari kalajengking raksasa di sinetron Indosiar apa TPI. Mungkin sejenis kaya pelem low-budget direct-to-dvd ‘Vipers’, ‘Boa’, ‘Python’ dll. Tapi tebakan gue rupanya salah. Film Venom yang gue tonton ini juga bukan sebuah pelem horror tentang uler Mamba rilisan tahun 80-an berjudul sama yang cukup keren itu.

Film ini disutradarai oleh Jim Gillespie.

Siapa Jim Gillespie?
Die orang yang gue inget bertanggung jawab atas membosankannya teen-slasher ‘I Know What You Did Last Summer’ beberapa tahun sebelum dia bikin pelem ini.

Jadi apa di pelem nya kali ini dia juga membuat pelem tentang uler-psikopat-bertopeng yang nyaplokin serombongan remaja idiot satu-persatu? Jawabannya ternyata setengah bener dan setengah salah. Kita liat premise nya dibawah ini :

Ray ( Rick Kramer ) seorang lonely-freak di sebuah kota kecil Louisiana secara tak sengaja tergigit oleh puluhan uler berbisa dalam koper yang dibawa seorang nenek-nenek ketika dia mencoba menyelamatkan nenek itu dari sebuah kecelakaan mobil fatal di sebuah sungai.

Penyelamatan yang gagal. Ray dan nenek-nenek itu pun dinyatakan tewas.

Masalah gawatnye adalah, nenek-nenek naas itu ternyata seorang dukun voodoo. Dan uler-uler dalam koper yang menggigit Ray adalah medium yang digunakan dukun voodoo itu untuk menyimpan ratusan jiwa-jiwa kelam yang diambil dari para pasiennya.

Sekarang dengan tergigitnya Ray, jiwa-jiwa yang dikuasai kegelapan itu merasuk kedalam mayat si freaky-lonely-Ray yang akhirnya membangkitkan dia dari kamar mayat untuk mengubahnya menjadi unstoppable-supranatural-zombie tanpa belas kasihan yang cuma punya libido membunuh dengan brutal. Semacam Jason Voorhess , Mike Myers atau Maniac Cop dengan performa yang berbeda.

Dan seperti biasanye, kebeneran ada beberapa remaja di kota kecil itu yang cocok buat jadi mangsanye.

…………………………………


Hehe apa kedengeran kaya plot-film yang di kerjakan dalam waktu 1 jam ? emang.
Dan bukan hanya plot yang super-tipis, pengkarakteran tokoh-tokohnya juga kurang di garap hingga ngebuat rombongan remaja disini lebih keliatan seperti calon daging-daging segar yang siap di mangsa ama sang villain belaka.

Tapi bukannya emang itu yang pengen kita liat di pelem2 ginian ?

Kali ini Jim Gillespie kayanye sadar lagi bikin pelem hiburan-dangkal-murahan dan nggak lagi nyoba ber-smart ria seperti apa yang dilakukanya di ‘I Know What You Did bla-bla-bla’.

Semenjak dari menit-menit awal kita udah dikasih tau apa yang sebenernya sedang terjadi dan langsung dikenalin ama jenis villainnya : zombie-supranatural. Dan setelah itu, tanpa banyak buang waktu lagi dia langsung tancep gas buat nyajiin apa yang jadi substansi pelem-pelem ginian.

Kejar-kejaran ama beberapa hilarious-brutal-killing-scene.

Tapi seperti kebanyakan teen-slasher laennya,

momen hilarious killing-scene disini cuman bakal disambut jeritan kengerian ama mereka2 yang emang jadi target-marketnya 

yaitu remaja imut-imut usia 14 sampai 19 tahun yang nonton pelem ini sambil nge-download MP3 boyband lokal sape tuh yang nyanyi cenat-cenut cenat-cenut?? Sementara buat horror-fan yang udah burnout ( bangkar-warang ) kemungkinan dia bakal meminta lebih dari sekedar off-screen nonstop-violence ditambah dialog ala Buffy The Vampire Slayer sepanjang 80 menit. So, Zombem yang kelahiran tahun 89 kayanye masih bisa lah nikmatin pelem ini.

Desain sang villain juga gue pikir kurang unik dan ngasih anceman, meski tampang Rick Kramer emang udah aneh dari sononye, tapi seenggaknya die masih kalah serem ama performa rekan sejawatnya si Jeepers-Creepers. Dan Itu masih diperburuk ama tampilan CGI-jelek ( oh Gosh, I hate CGI-Snakes!! ) yang memastikan ‘Venom’ masuk klasifikasi pelem kurang dana.



Walau begitu, Jim Gillespie gue pikir berhasil maksimalin beberapa scene kejar-kejaran dengan memanfaatkan setting rawa-rawa kota kecil Louisiana menjadi momen-adegan yang cukup effectively-creepy. 

Tunggu, ngomong-ngomong tentang setting rawa-rawa kota Louisiana, kalo kamu perhatiin, 3 review film terakhir diblog ini ternyata sama-sama mengambil setting di rawa Louisiana! So, hati-hati buat siapa aja yang lagi di Amerika, jangan sampe nyasar ke Louisiana, soalnye di sono ada Victor Crowley, suami-istri Deveraux ama Zombie-Supranatural berkeliaran!

……………………………

Verdict : Horror-Popcorn ( kalo di Indonesia ‘horror kacang goreng’ ), adalah sebuah istilah buat menyebut sejenis pelem horror ringan yang ditonton cuma buat ngisi waktu senggang sambil males-malesan untuk kemudian segera dilupakan ketika filmnya usai. Seperti halnya popcorn, dia juga murah, minim kandungan gizi dan tidak menyehatkan. Tapi bukannye sekali lu masukin popcorn itu ke mulut lu susah buat brenti? Dan itu bikin elu kemudian sejenak ngelupain lara hati akibat ditolak cewe montok tetangga sebelah. Haha semakin desperate elu, kemungkinannya elu bakal semakin terhibur.

Nah, film Venom ini boleh dimasukin jenis pelem horror yang kaya gitu.
Banyak sekali goofs, error-script ama sejumlah kebodohan disana-sini, tapi tetep aje dalam beberapa hal itu semua emang ngasih efek ‘klik kanan-refresh’.

Terakhir, nggak usah naro ekspektasi apa-apa dan mungkin kamu masih bisa nikmatinnya.

++ ngomong-ngomong apa poster film ini mengingatkanmu akan sesuatu??

oh tidaaaaaaaaaaaaakkk!!
....................................

 Yaudah temen-temen, segitu aja dulu insomniac-review kali ini, tenang ..ga menutup kemungkinan laen kali gue bakal ngereview sinetron -horror haha. Oke, sekarang pindah channel, Sporting -Gijon nya udah mulai hehe.



RATING:


Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


3 comments:

  1. lah posternya bisa mirip gitu sama si rien wkwkw!!

    ReplyDelete
  2. Hah?! Zombem kelahiran '89?! Boong! 1889 kali! *kenapa salah fokus ya*

    ReplyDelete