Reviewed By 'Z'
Beberapa taun lalu, sutradara debutan Adam Green bikin namanye dikenal di seantero jagad ranah horror lewat Hatchet, sebuah film yg dicintain sebagian & dibenci ama sebagian yg laen. Gue termasuk ke sebagian yg cinta. Awal taun ini, die kembali lewat Frozen, film yg juga dicintai sebagian ama dibenci sebagian laen. Kali ini, gue masuk ke sebagian yg benci.
Dan dari 90% orang yg benci Frozen, semuanye praktis ngebencinye karena alesan yg sama: soalnye mereka nonton filmnye Adam Green sambil berharap ngeliat Hatchet, part 2 & begitu apaan yg kite liat tuh horror situasi tanpa darah eksplisit sama sekali, berakhir nyeselin kenape kite ngga diem di rumah nonton DVD Hatchet aje. Kini, Hatchet II bener-bener dirilis, & dengan nama primadona- genre Danielle Harris ama Tony ‘Candyman’ Todd (yg cuman dapet semacem cameo di film pertama) pada daftar cast, ekspektasi pun melambung bagi Adam Green untuk nunjukin segala hal kotor yg ngga nongolin batang idungnye di Frozen.
Buat bisa ngerti cerita rakyat yg namanye Hatchet, orang kudu ngerti sejarahnye dulu. Di satu masa yg ngga terlalu lama lalu, Hollywood bener-bener udah keabisan ide. Mereka bikin sekuel demi sekuel dari Pirates of the Carribean ama harus ngimpor ide dari belahan dunia laen guna bisa bikin produksi baru, sederhananye: mereka cuman bikin versi lebih buruk dari sesuatu yg asalnye udah buruk, itu adalah masa kelam bagi semuanye. Horror-fan ngga luput dari penderitaan ini, dengan 8 dari 10 film yg keluar tuh adaptasi dari apaan yg lagi in di Jepang. Harep dicatet kalo waktu itu “apaan yg lagi in di Jepang” tu bukan Sushi Typhoon, tapi cerita-cerita ngebosenin soal cewe yg ngerangkak keluar dari TV, kolong tempat tidur, selimut, tas, celana dalem, dsb, dsb untuk pasang ekspresi standar pose band Black Metal ke kamera sambil ngomong “BOO!” ...& berharap kite takut. Singkat kata-singkat cerita, semua orang pun muak ama semua omong kosong itu & menunggu seorang messia buat nongol untuk ngembaliin horror ke esensi asalnye. Di luar dugaan semua orang, messia itu muncul dengan nama Adam Green. Hatchet itu old-school horror flick yg ngga ngeribetin diri pake semua tetek-bengek nilai sinema modern, simpel & sederhana, chop-chop-chop, murder-murder-murder, kill-kill-kill. Semua orang yg nonton pulang dengan bahagia. Apa ada yg ngarepin sekuel? Kaga, tapi kite nunggu aksi selanjutnye dari Adam Green. Berhubung Frozen ternyata mengecewakan, maka seri kedua dari satu judul yg udah kite kenal banget pun ngga apa-apa lah.
Dimulai pake opening yg praktis ngancurin ending sempurna dari film pertamanye, Hatchet II keliatannye milih ngambil rute berbahaya. Kalo lo ngerusak ending dari sesuatu yg sedemikian dicintai sebelonnye, kudu dipastiin kalo itu dilakuin demi sesuatu yg bener-bener layak. The Descent ngambil rute ini terus jatoh nyungsep dalem kubangan kegagalan, ngerusak apa yg mungkin adalah salah satu ending paling keren dalem sejarah buat sebuah sekuel yg sub-par. Harchet II mungkin ngambil posisi start yg sketchy, tapi terus ngerebut momentum dengan cara nebarin boobs-shot tanpe alesan ama nunjukin orang dicekek pake ususnye sendiri sampe kepalanye coplok, semuanye bahkan sebelon opening-title! Kalo dipikir-pikir, kenape mereka butuh opening-title segala? Cukup dengan adegan orang-dicekek-pake-ususnye-sendiri-sampe-kepalanye-coplok tadi aje, kite udah tau kalo ini pasti Hatchet II.
Jadi, Marybeth Dunstan (kali ini diperanin ama Danielle Harris. Gue duga demi kepentingan appeal fanboydom) ternyata berhasil jadi final-girl film pertama, gue rasa kalimat barusan bisa dibilang semacem spoiler buat mereka-mereka yg belon nonton Hatchet I...tapi hey! Life goes on right? Abis diselametin trus diusir oleh seorang petapa di tengah rawa, doski nemuin jalan balik ke Louisiana -kali ini pasca Mardi Gras- buat nyari seseorang dengan nama super keren: Reverend Zombie, pemilik toko voodoo sekaligus juragan atraksi turis yg diperanin ama sang Tony Todd. Ngapain Marybeth malah kesono bukannye ke rumah sakit? Jadi si Rev. Zombie ini tuh pemaen lama di daerah situ, & die tau lebih banyak soal hikayat Victor Crowley dari kebanyakan orang laen. Abis sebuah dongeng yg diceritain pake intonasi super-ridikulus khas dari seorang Tony Todd, Marybeth tau-tau ngidam buat balik ke dalem rawa dalam rangka praktek balas dendam. Itu impresif menimbang bahwa cerita ini nyambung langsung di belakang film pertama, jadi saat ini tuh –dalem film ini- praktis baru beda beberapa jam abis semua pembantaian di Hatchet I, doi bahkan belon pulang ke rumah tapi udah pengen bales dendam! Orang mah minum-minum dulu kek, apa kek, doski sih langsung balas dendam. Hebat. Bahkan Uma Thurman pun ngga sesemangat itu di Kill Bill.
Abis serangkaian perdebatan ngga esensial, Rev. Zombie sepakat buat nganter Marybeth balik ke rawa & matahin kutukan Vic Crowley, tapi sebelonnye die mau ngumpulin dulu para bad-ass di kota. Ngga semata-mata bakal jadi bodyguard doang, tapi juga soalnye die, diem-diem, punya rencana rahasia. Tentu ini Louisiana, maka ngga usah heran kalo semua bad-ass di situ lebh keliatan kaya sopir truk, tapi mereka tau caranye narik pelatuk &, di Lousiana, itu cukup buat bikin lo terkualifikasi sebagai bad-ass. Rev. Zombie juga nawarin 500 dollar bagi mereka yg mau nemenin die ke dalem rawa plus 1000 dollar bagi sapepun yg bisa ngasihin die kepalanye Victor Crowley, gue ngga pernah nyangka bisnis toko voodoo di Lousianan bisa ngasilin segitu banyak keuntungan buat dibagi-bagi. Maka, dengan dikawal selusin sopir truk, Rev. Zombie ama Marybeth pun balik ke rawa tempat di mana Victor Crowley berkuasa. Kaya bisa diduga, mulai dari sini Hatchet II ngikutin standar formula slasher kaya gimane Amy Winehouse ngikutin beat standar aransemen Motown.
Kampak nancep di muka, gergaji ngebelah selangkangan, muka ancur, leher coplok & sorak audiens bergemuruh tanpa henti. Hatchet II tuh tontonan campy yg sama sensasional ama pendahulunye, dengan setiap kill-scene dieksekusi secara efektif & terang-terangan demi efek chant-a-long “holy shit” penonton. Hukum overkill kaga berlaku disini dengan anggota badan dibacokin sampe putus ama badan dibelah vertikal dari atas ke bawah, pokoknye, Hatchet II dengan bangga mertahanin semua tradisi klasik film kelas B. Apa yg dilakuin film ini buat otak lo tuh sama ama apa yg dilakuin Vic Crowley ke kepala orang yg berani ngelanggar teritorinye: ngehantem itu 15 juta kali pake benda keras yg tumpul. Lo tau kan apa yg terjadi ke kepala kalo itu dihantem 15 juta kali pake benda keras tumpul?
Mungkin gue salah, tapi kayanye ini aksi pertama Danielle Harris dalem peran seorang aktris utama, & walau doi bisa mraktekin semua metode akting dari buku manual scream-queen dengan nilai A, gue tetep ngerasa kalo doski punya terlalu banyak screen-time buat dilakonin dengan kapasitasnye. Kadang doi keliatan luar biasa annoying, terutama kalo harus meragain bentuk emosi selaen takut. Tony Todd punya penampilan yg secara keseluruhan lebih solid, tapi tentunye die itu Candyman & film ini ber-setting di Louisiana, jadi apa susahnye ini buat die? Para pemeran pendukung disini justru muncul lebih atraktif dari yg gue harepin, dengan cukup kepribadian unik bagi karakter-karakter ekspendabel. Bahkan kalo cuman nongol buat, berape? 20 menit maksimal? Orang-orang ini (ok deh, sebagian darinye) ngga cuman ngelakuin hal-hal menarik, tapi juga sempet ngasih satu-dua biji one-liner keren. Kayanye Hatchet emang proyek Adam Green buat seneng-seneng, maksud gue, orang ini jelas punya kemampuan buat bikin film “beneran” (kaya die buktiin di Frozen). Tapi liat coba apaan yg die tunjukin disini? Praktis kaga ada apepun dalem Hatchet yg bisa dianggep serius, cuman banjir bandang gag ama kill-scene dateng silih berganti. Salah satu lelucon internal paling konyol disini tuh kembalinye Parry Shen buat maenin karakter yg sama ama yg mati di film pertama. Kenape Green mutusin buat ngebawa karakter cowo sefeminim itu balik adalah misteri alam, tapi yg lucu tuh alesan apaan yg dipake buat bisa nongolin orang itu lagi, yaitu dengan ngasih peran sebagai “sodaranye” yg kembar identik...asli, achterlijk ngga sih itu?
Kata “slasher” sendiri, sebelon itu didaulat para fans buat jadi nama subgenre, awalnye tuh label bermakna ngerendahin untuk ngedeskripsiin film-film horror yg kualitasnye dianggep satu level ama bokep. Jadi kalo lo ngga pernah nganggep ginian selaen sampah, maka silakan kasih ini rating 0 soalnye Hatchet II jelas kaga nawarin ape-ape buat ngerubah asumsi kalian. Tapi kalo asasinasi anggota cast tuh sesuatu yg ngerebut konsentrasi lo, maka silakan ikutin Rev. Zombie ke pedalaman bayou Louisiana buat ngeliat organ tubuh dicincang soalnye Hatchet II is a blast!
Beberapa taun lalu, sutradara debutan Adam Green bikin namanye dikenal di seantero jagad ranah horror lewat Hatchet, sebuah film yg dicintain sebagian & dibenci ama sebagian yg laen. Gue termasuk ke sebagian yg cinta. Awal taun ini, die kembali lewat Frozen, film yg juga dicintai sebagian ama dibenci sebagian laen. Kali ini, gue masuk ke sebagian yg benci.
Dan dari 90% orang yg benci Frozen, semuanye praktis ngebencinye karena alesan yg sama: soalnye mereka nonton filmnye Adam Green sambil berharap ngeliat Hatchet, part 2 & begitu apaan yg kite liat tuh horror situasi tanpa darah eksplisit sama sekali, berakhir nyeselin kenape kite ngga diem di rumah nonton DVD Hatchet aje. Kini, Hatchet II bener-bener dirilis, & dengan nama primadona- genre Danielle Harris ama Tony ‘Candyman’ Todd (yg cuman dapet semacem cameo di film pertama) pada daftar cast, ekspektasi pun melambung bagi Adam Green untuk nunjukin segala hal kotor yg ngga nongolin batang idungnye di Frozen.
Buat bisa ngerti cerita rakyat yg namanye Hatchet, orang kudu ngerti sejarahnye dulu. Di satu masa yg ngga terlalu lama lalu, Hollywood bener-bener udah keabisan ide. Mereka bikin sekuel demi sekuel dari Pirates of the Carribean ama harus ngimpor ide dari belahan dunia laen guna bisa bikin produksi baru, sederhananye: mereka cuman bikin versi lebih buruk dari sesuatu yg asalnye udah buruk, itu adalah masa kelam bagi semuanye. Horror-fan ngga luput dari penderitaan ini, dengan 8 dari 10 film yg keluar tuh adaptasi dari apaan yg lagi in di Jepang. Harep dicatet kalo waktu itu “apaan yg lagi in di Jepang” tu bukan Sushi Typhoon, tapi cerita-cerita ngebosenin soal cewe yg ngerangkak keluar dari TV, kolong tempat tidur, selimut, tas, celana dalem, dsb, dsb untuk pasang ekspresi standar pose band Black Metal ke kamera sambil ngomong “BOO!” ...& berharap kite takut. Singkat kata-singkat cerita, semua orang pun muak ama semua omong kosong itu & menunggu seorang messia buat nongol untuk ngembaliin horror ke esensi asalnye. Di luar dugaan semua orang, messia itu muncul dengan nama Adam Green. Hatchet itu old-school horror flick yg ngga ngeribetin diri pake semua tetek-bengek nilai sinema modern, simpel & sederhana, chop-chop-chop, murder-murder-murder, kill-kill-kill. Semua orang yg nonton pulang dengan bahagia. Apa ada yg ngarepin sekuel? Kaga, tapi kite nunggu aksi selanjutnye dari Adam Green. Berhubung Frozen ternyata mengecewakan, maka seri kedua dari satu judul yg udah kite kenal banget pun ngga apa-apa lah.
.................................................
Dimulai pake opening yg praktis ngancurin ending sempurna dari film pertamanye, Hatchet II keliatannye milih ngambil rute berbahaya. Kalo lo ngerusak ending dari sesuatu yg sedemikian dicintai sebelonnye, kudu dipastiin kalo itu dilakuin demi sesuatu yg bener-bener layak. The Descent ngambil rute ini terus jatoh nyungsep dalem kubangan kegagalan, ngerusak apa yg mungkin adalah salah satu ending paling keren dalem sejarah buat sebuah sekuel yg sub-par. Harchet II mungkin ngambil posisi start yg sketchy, tapi terus ngerebut momentum dengan cara nebarin boobs-shot tanpe alesan ama nunjukin orang dicekek pake ususnye sendiri sampe kepalanye coplok, semuanye bahkan sebelon opening-title! Kalo dipikir-pikir, kenape mereka butuh opening-title segala? Cukup dengan adegan orang-dicekek-pake-ususnye-sendiri-sampe-kepalanye-coplok tadi aje, kite udah tau kalo ini pasti Hatchet II.
Jadi, Marybeth Dunstan (kali ini diperanin ama Danielle Harris. Gue duga demi kepentingan appeal fanboydom) ternyata berhasil jadi final-girl film pertama, gue rasa kalimat barusan bisa dibilang semacem spoiler buat mereka-mereka yg belon nonton Hatchet I...tapi hey! Life goes on right? Abis diselametin trus diusir oleh seorang petapa di tengah rawa, doski nemuin jalan balik ke Louisiana -kali ini pasca Mardi Gras- buat nyari seseorang dengan nama super keren: Reverend Zombie, pemilik toko voodoo sekaligus juragan atraksi turis yg diperanin ama sang Tony Todd. Ngapain Marybeth malah kesono bukannye ke rumah sakit? Jadi si Rev. Zombie ini tuh pemaen lama di daerah situ, & die tau lebih banyak soal hikayat Victor Crowley dari kebanyakan orang laen. Abis sebuah dongeng yg diceritain pake intonasi super-ridikulus khas dari seorang Tony Todd, Marybeth tau-tau ngidam buat balik ke dalem rawa dalam rangka praktek balas dendam. Itu impresif menimbang bahwa cerita ini nyambung langsung di belakang film pertama, jadi saat ini tuh –dalem film ini- praktis baru beda beberapa jam abis semua pembantaian di Hatchet I, doi bahkan belon pulang ke rumah tapi udah pengen bales dendam! Orang mah minum-minum dulu kek, apa kek, doski sih langsung balas dendam. Hebat. Bahkan Uma Thurman pun ngga sesemangat itu di Kill Bill.
Abis serangkaian perdebatan ngga esensial, Rev. Zombie sepakat buat nganter Marybeth balik ke rawa & matahin kutukan Vic Crowley, tapi sebelonnye die mau ngumpulin dulu para bad-ass di kota. Ngga semata-mata bakal jadi bodyguard doang, tapi juga soalnye die, diem-diem, punya rencana rahasia. Tentu ini Louisiana, maka ngga usah heran kalo semua bad-ass di situ lebh keliatan kaya sopir truk, tapi mereka tau caranye narik pelatuk &, di Lousiana, itu cukup buat bikin lo terkualifikasi sebagai bad-ass. Rev. Zombie juga nawarin 500 dollar bagi mereka yg mau nemenin die ke dalem rawa plus 1000 dollar bagi sapepun yg bisa ngasihin die kepalanye Victor Crowley, gue ngga pernah nyangka bisnis toko voodoo di Lousianan bisa ngasilin segitu banyak keuntungan buat dibagi-bagi. Maka, dengan dikawal selusin sopir truk, Rev. Zombie ama Marybeth pun balik ke rawa tempat di mana Victor Crowley berkuasa. Kaya bisa diduga, mulai dari sini Hatchet II ngikutin standar formula slasher kaya gimane Amy Winehouse ngikutin beat standar aransemen Motown.
Ide keseluruhan dari film ini tuh bikin setup untuk ngirim segerombolan orang ke rawa buat dijagal ama Victor Crowley, & begitu redneck-kaczinsky kite itu nongol, ini pun masuk ke gigi old-school-horror-massacre dalam akselerasi maksimum.
Kampak nancep di muka, gergaji ngebelah selangkangan, muka ancur, leher coplok & sorak audiens bergemuruh tanpa henti. Hatchet II tuh tontonan campy yg sama sensasional ama pendahulunye, dengan setiap kill-scene dieksekusi secara efektif & terang-terangan demi efek chant-a-long “holy shit” penonton. Hukum overkill kaga berlaku disini dengan anggota badan dibacokin sampe putus ama badan dibelah vertikal dari atas ke bawah, pokoknye, Hatchet II dengan bangga mertahanin semua tradisi klasik film kelas B. Apa yg dilakuin film ini buat otak lo tuh sama ama apa yg dilakuin Vic Crowley ke kepala orang yg berani ngelanggar teritorinye: ngehantem itu 15 juta kali pake benda keras yg tumpul. Lo tau kan apa yg terjadi ke kepala kalo itu dihantem 15 juta kali pake benda keras tumpul?
Mungkin gue salah, tapi kayanye ini aksi pertama Danielle Harris dalem peran seorang aktris utama, & walau doi bisa mraktekin semua metode akting dari buku manual scream-queen dengan nilai A, gue tetep ngerasa kalo doski punya terlalu banyak screen-time buat dilakonin dengan kapasitasnye. Kadang doi keliatan luar biasa annoying, terutama kalo harus meragain bentuk emosi selaen takut. Tony Todd punya penampilan yg secara keseluruhan lebih solid, tapi tentunye die itu Candyman & film ini ber-setting di Louisiana, jadi apa susahnye ini buat die? Para pemeran pendukung disini justru muncul lebih atraktif dari yg gue harepin, dengan cukup kepribadian unik bagi karakter-karakter ekspendabel. Bahkan kalo cuman nongol buat, berape? 20 menit maksimal? Orang-orang ini (ok deh, sebagian darinye) ngga cuman ngelakuin hal-hal menarik, tapi juga sempet ngasih satu-dua biji one-liner keren. Kayanye Hatchet emang proyek Adam Green buat seneng-seneng, maksud gue, orang ini jelas punya kemampuan buat bikin film “beneran” (kaya die buktiin di Frozen). Tapi liat coba apaan yg die tunjukin disini? Praktis kaga ada apepun dalem Hatchet yg bisa dianggep serius, cuman banjir bandang gag ama kill-scene dateng silih berganti. Salah satu lelucon internal paling konyol disini tuh kembalinye Parry Shen buat maenin karakter yg sama ama yg mati di film pertama. Kenape Green mutusin buat ngebawa karakter cowo sefeminim itu balik adalah misteri alam, tapi yg lucu tuh alesan apaan yg dipake buat bisa nongolin orang itu lagi, yaitu dengan ngasih peran sebagai “sodaranye” yg kembar identik...asli, achterlijk ngga sih itu?
Buat ngritik film ini tuh sama aje kaya ngritik semua film slasher dalem sejarah. Dari jaman dulu, slasher selalu jadi bahan olok-olok para kritikus (baca: douchebags) karena keminiman substansi ama nilai estetisnye.
Kata “slasher” sendiri, sebelon itu didaulat para fans buat jadi nama subgenre, awalnye tuh label bermakna ngerendahin untuk ngedeskripsiin film-film horror yg kualitasnye dianggep satu level ama bokep. Jadi kalo lo ngga pernah nganggep ginian selaen sampah, maka silakan kasih ini rating 0 soalnye Hatchet II jelas kaga nawarin ape-ape buat ngerubah asumsi kalian. Tapi kalo asasinasi anggota cast tuh sesuatu yg ngerebut konsentrasi lo, maka silakan ikutin Rev. Zombie ke pedalaman bayou Louisiana buat ngeliat organ tubuh dicincang soalnye Hatchet II is a blast!
Gue pribadi ngarep mereka bikin lebih banyak film kaya gini.
Rating :
Ini bahkan gua gak bisa berhenti ngakak saat chainsaw yang panjangnya 2 meter itu dikeluarin, juga saat battle Victor Crowley lawan Kerry King-esque yang begitu awesomenya. Adam Green we really loves you!
ReplyDeleteUdah ada yg keduanya ini? Edunnn. Dimana eyyy dvdnya bem? Gue udah membusuk terus2an nontonin jason ngebanting2 sleeping bag yg isinya orang ke pohon *sigh.
ReplyDeleteFrozen itu film bagus bro, film tragis dengan garapan yang bagus. Ide orisinil dude. Why loe komen itu frozen film jelek ?
ReplyDeleteAh ! Parah reviewer film ini. Film hancur seperti ini lu bilang bagus ? Ekspresi pemerannya lebay banget. Atmosfir kengerian tak ada, yang ada hanya rasa jijik aja. Wah.. parah dah film ini.
ReplyDelete"Aku nggak habis pikir, koq film ini dibilang bagus.hahahahaha, kacau nih blog."
agak setuju nih sama anonim, emg kurang bagus. mungkin karena keseringan liat yang lebih hebat
ReplyDeleteMaaf, kalo bisa saat ngereview bahasa betawinya yg belakangnya E ilangin soalnya ganggu baca bgt.
ReplyDeleteMakasih.