09 April 2010

THE FOURTH KIND ( 2009 )

 REVIEWED BY 'Z.

The Fourth Kind adalah film paling annoying yg gue tonton sejak Death Proof.

Waktu seorang sutradara yg namanye susah diinget bikin film dengan dibintangin ama aktris yg namanye susah diinget, apa hasilnye? Sebuah film yg sama sekali ngga perlu buat diinget!!

................................................... 

Kite mulai aje, pencet play, abis logo2 sponsor berkibar, Milla Jo-Whatever langsung nongol ke depan kamera, ngomong “hei, gue Milla Jo-blablabla, aktris, mantan model, juga kadang2 penyanyi, soalnye gue mantan model & bodi ama muke model gue ngejamin kalo gue bisa jadi apapun yg gue pengen di dunia showbiz…” terus meluncurlah doski ke monolog soal “what you see will be incredibly disturbing”, “based on actual footage’, “yadda-yadda” ama segala janji surga kaya doi adalah anggota tim kampanye sutradaranye buat jadi caleg (perlu diinget kalo bagian ini aja udah jadi annoying waktu doski mulai bilang “I’ll be playing Dr. Abigail Tyler”, hah? Yeah, ok….so? Sapa itu Abigail Tyler?).  Terus kite masuk ke shot-helikopter (satu dari sekian puluh di film ini) dari lanskap Nome, Alaska (yg ngga tau kenape keliatan sangat Eropa Timur), tempat di mana si “Dr. Abby Tyler” tadi punya rencana buat buka praktek sebagai psikiater, sambil sesekali meneror dua anaknye yg masih ingusan dengan segala obsesi aneh doski pada makhluk hidup dari planet laen.

Nah, kalo lo bertanya-tanya, “ngapain seorang psikiater milih buat praktek di tempat kaya Nome, Alaska?”, maka pertanyaan itu bisa gue jawab: soalnye doski punya misi pribadi buat menyingkap tabir misteri seputar kematian suaminye. Pertanyaan yg NGGA BISA gue jawab adalah: kenape itu sampe jadi misteri buat doski? Semua orang laen keliatannye tau persis kenape suaminye mati, tapi ngga Abby Tyler, doski sangat berkomitmen buat mengusut kasus ini sampe tuntas & kecurigaannye jatuh pada penampakan seekor burung hantu yg mengganggu kenyamanan tidur para penduduk di kota kecil itu. Karena sebuah alesan tertentu, doski yakin burung hantu adalah sesuatu yg punya hubungan ama alien…

Di sinilah film ini mulai terjun bebas menuju lobang ketololan yg ngga berujung. Jadi Dr. Tyler mraktekin metode hipnosis kepada sejumlah orang, & mereka mulai ngejerit-jerit histeris, loncat kesana-kemari, ama ngerusakin perabot. 


 Jelas ada yg salah kan di situ? Terus apa yg dilakuin jagoan kite ini? Doski kembali mraktekin metode hypnosis! Menutup mata dari kenyataan kalo yg sebelonnye berakhir dengan kacau. Maka sesi berikutnye pun berujung pada seseorang pulang buat bunuh diri. Oiye sebelonnye die sempet ngebunuh semua anggota keluarganye dulu. Di tempat2 laen di dunia, itu udah cukup buat bikin ijin praktek seseorang dicabut, tapi ngga di Nome, Alaska dong! Di kota kecil nan damai ini, meskipun lo udah jelas2 ngebahayain keselamatan orang2 yg ada di sekitar lo, pemegang otoritas utamanye: “actor Will Patton as Sherrif August” (yup, itu asli ditulis di layar) cuman ngasih komentar2 sinis doang, praktis sama sekali ngga manfaatin kekuasaan legalnye buat ngalangin Dr. Tyler dari ngelakuin hal2 absurd yg cenderung dilakuin ama orang2 dengan gangguan mental, kaya ngubungin segala-galanye ama alien, bikin stress anak-anaknye sendiri, ama dengerin alien ngomong dalam bahasa Sumeria kuno (karena, you know, “alien kalo ngomong pake bahasa Sumeria kuno”). 


Film ini terus merangkak ke arah menyedihkan seiring dengan karakter Milla Jo yg juga keliatan makin menyedihkan. Kalo gue punya setitik simpati ama karakternye, maka itu udah ilang ngga berbekas pas gue ngeliat doski menangis demi belas kasihan buat kesekian kalinye, & begitu doi lagi2 ngelakuin hal yg berdampak pada makin sulitnye idup orang laen, gue ngga abis pikir kenape Sherrif kota ini ngga secepetnye naro doski dalem sel. Lama2 gue ngerasa kalo gue cuman buang2 waktu ngeliatin ibu2 gila mraktekin segala aspek kegilaannye tanpa kontrol, sambil terus secara konstan dihujanin propaganda kalo “semua ini kejadian nyata” lewat cara2 yg luar biasa annoying. Jadi gue bikin kopi, dengan sepercik harapan bakal balik ke depan tv buat ngeliat sebuah klimaks yg layak.

Dan klimaksnye adalah…ngga ada apa2. Nihil. Nada. Film ini ya abis aja. Emang ada teks epilogue yg bakalan masuk Guinness Book of Records sebagai yg terlama dalam sejarah, tapi selaen itu mah hambar. Ngga pernah jelas kalo semua ini emang kejadian atau cuman eksis di kepala Abby Tyler doang (yg keliatannye sih emang ngga stabil). Apa emang doski diculik terus dipulangin? Kalo iye kenapa? Apa yg terjadi ama anaknye? Gue ngga tau & asli sama sekali ngga peduli. 

Film ini terlalu sibuk berusaha ngejual gimmick “kisah nyata”nye sampe sutradara Olutande O-Whatever lupa buat bikin jalan cerita, atau eksyen, atau tensi, atau jump-scare, atau Bruce Campbell, atau Suicide Girls, atau apapun lah biar sampah ini jadi bisa ditonton! 

Seolah-olah kite diminta buat nolerir sebuah film annoying yg ngga bisa dinikmatin cuman gara2 “kejadian yg ada di dalemnye bener2 terjadi”. Olutande praktis ngomong ke kita “hey, film ini emang butut, tapi ini kejadian nyata!!”, well, buat kami para penonton umum, yg keitung cuman film lo butut doang. Masalah ini beneran apa ngga mah cuma bakalan ada segelintir orang yg ngurusin.

Selaen dari plot achterlijk & karakter2 yg bertindak tidak logis. The Fourth Kind bakalan bikin idup lo pas nontonnye jadi makin sengsara  dengan konsep “reka-ulang” mereka. Jadi gini nih, film ini sebenernye bukan “film” gitu kaya film2 laennye, tapi reka-ulang dari -yup ini lagi nih- kejadian nyata yg terjadi dulu. Demi ngedukung konsep fantastis itu, sang sutradara siap menempuh langkah ekstrim dengan cara ngebandingin 2 versi footage: versi dramatisasi Hollywood dengan versi "rekaman-asli", langsung barengan via split-screen! Jadi intinye lo kudu liat 2 biji adegan tolol yg sama, dari 2 aktor ngomongin hal ngebosenin yg sama sambil ngelakuin satu hal non-atraktif yg sama. Hal ini ditambah fakta kalo “footage-asli” yg disebutin diatas adalah jelas palsu,
(Karena:
a) Lo google di internet, atau
b) Lo sekedar liat aja & cukup waras buat ngambil kesimpulan itu sendiri.)
bikin semua eksperimen tadi jadi sesuatu yg pointless, cenderung dungu malahan. Milla Jo-Whatever mungkin tampil dengan pesona drama-queen paling menyebalkan doski, tapi seengganye doi mantan model yg enak diliat. Sementara “Abby Tyler” versi "asli" diperanin ama aktris kualitas Jenny Jones Show, yg idenye dari “berakting” adalah ngebaca...script...dengan...sangat…sangat…lamban…semodel…beginilah…kira…kira…

Ok, sejujurnye, gue ngga punya masalah ama trik-penipuan di film, pada dasarnye semuanye emang penipuan. Kalo para produser film ini pengen pura2 nunjukin kite sebuah“rekaman asli” ya terserah mereka lah. Masalah gue tuh 'The Fourth Kind' ngga punya apapun buat ditawarin selaen gimmick “asli” mereka, segala hal laen di dalemnye berantakan, ngga menarik, sama ngebosenin. 

Kaya sebagian film horror lokal, mereka pengen bikin cerita hantu jadi nakutin semata-mata dengan sekuat tenaga ngeyakinin penonton kalo hantunye itu emang-asli-sumpah-ada-beneran. Udah. Itu doang. Semua effortnye ditaro di situ. Kecuali mungkin ngasih score DU-DUNG DU-DUNGG tipikal, mereka ngga ngelakuin usaha laen. Kalo sebuah film bahkan ngga berusaha ngehibur penontonnye, terus sebenernye fungsi die apaan??

Dan di atas semua itu, mana pula alien-nye? The Fouth Kind adalah film yg ngegembar-gemborin soal punya dokumentasi bukti otentik dari keberadaan alien tanpa pernah sekalipun nunjukin alien di dalemnye! Mereka malahan sibuk zoom-in zoo-out gambar burung hantu. Kaset kusut, bayangan di ujung kamera yg blur, ama footage handycam yg jelas2 adalah rip-off dari The Exorcist bukanlah bukti keberadaan alien. Sutradara Olutande O-Whatever nongol di depan kamera berpura-pura ada dalam talk-show acara kampus juga bukan bukti keberadaan alien. Gue ngga peduli ama bukti otentik uka-uka, gue mau alien gue keren anjiss!!

Sapa di sini yg mau ngeliat alien bad-ass kaya yg dirancang H.R Giger buat filmnye Ridley Scott??

Sekarang, sapa di sini yg mau liat seorang sutradara punya peran sebagai diri sendiri, dalem filmnye sendiri, bikin wawancara fiksi ama seorang aktris yg die cast di konsernye Grateful Dead??

Yup, kaya yg udah gue sangka.

RATING

Image and video hosting by TinyPic

9 comments:

  1. haha keren reviewnya! zombem-badass!!
    gue belum nonton film ini, tapi semalem gue nonton film 'Lake Mungo' dan kayanya dia make style yang sama kaya film ini: Faux-Mockumentary!

    boring berat, jelas bukan model film horror yang pengen gue tonton. ntar gue review ah hehe

    bdw, ada juga yang sampe ngediskusiin The Fourth Kind :

    http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/02/q-apakah-film-fourth-kind-berdasarkan.html

    hahaha just for fun.

    ReplyDelete
  2. lo....salah nonton film ya bem?
    hahahahahaha.
    mockumentary [gw gak tau faux atau beneran] yg gue nikmatin palingan semua bikinannya sacha baron cohen kali yah. kalo horror/sci-fi, eyuuhhh....NOOO!

    ReplyDelete
  3. wuih,,,,cadas reviewnya...ampe ngasih rating -2...

    ReplyDelete
  4. sadis reviewnya haha, sebenarnya kalo menurut saya ada cara yang cukup bagus nikmatin film ini meski agak maksa.coba tonton film ini tanpa tahu sinopsis, tanpa baca reviewnya dimanapun. pasti yang nonton bilang bagus, atau setidaknya lumayan haha

    ini saya praktekin sama temen saya hehe. jadi dia gak tahu apa2 soal film ini, saya udah baca di majalah dan udah tahu film ini segala macam footage tentang "kisah nyata"-nya asli hoax. temen saya kaget2 nontonnya hehe.

    ReplyDelete
  5. Gue ngga tau terlalu banyak soal ini pas nonton,yg gue tau cuman ini film alien aje. Gue juga kaget2 kok pas nontonnye, ngga nyangka gue kalo ternyata, di tata surya kite ini, ada sesuatu di luar sana yg bisa keliatan lebih palsu dari Take A Celebrity Out...menakutkan...


    Bei-Bei, mongkott worrr!!

    ReplyDelete
  6. @Zom : 'Take A Celebrity Out' itu film apaan bem?

    ReplyDelete
  7. Die cuman nongol di Indosiar Go, pas matahari udah tenggelem....

    ReplyDelete
  8. bisanya menghina hasil karya orang lain.
    Coba bikin sendiri, Gw jamin sama z hasilnya.

    Gak mampu, bisa cuma ngomong doank.

    ReplyDelete