02 February 2010

MONSTERRRRR!!!



WRITTEN BY 'R'.


Waktu kita kecil tokoh apa sih selain superhero yang bikin kita histeris pas dia nongol di layar tivi atau bioskop? kaga salah lagi,..Monster!

Makhluk ini berukuran raksasa, bentuknya menyeramkan, kepalanya ada 6, bertanduk 20, kakinya ada 8, tangan ada 4 dengan masing2nya dilengkapi cakar sepanjang 10 meter, udah gitu dari mulutnya bisa ngeluarin api yang sekali semprot bisa menghanguskan gedung-gedung bertingkat.

Dengan tubuh bongsor kaya gitu doi berjalan keliling kota, mengaum-aum dan ngancurin apa aja yang di lewatinya. weeeeh..kaga kerasa deh ingus kita meler ampe nyentuh lantai kalo udah liat dia beraksi.

Sekarang kita udah gede, tapi toh kita masih doyan aja liat tuh cacing raksasa ( tremors ), buaya predator ( rogue ), Kingkong, Tyrannosaurus ( jurassic park ), laba-laba raksasa ( eight legged freak ), ular kadut ( anaconda ), Godzilla dll. Sepertinya semua jenis reptil/serangga udah dibikin versi raksasanya deh. coba aja sebut salah satunya hehe apaan? belalang? udaaaah..hahaha
Dan setiap kali pemodal besar rela nge-gelontorin budget kolosal buat mroduksi film yang didalemnya ada raksasa ngancurin kota atau melahap manusia..gue pasti nonton! Daya tarik monster sebagai barang dagangan yang dijamin bisa ngilangin penat inilah yang membuat film2 bertema monster ampe sekarang masih tetep diproduksi.

Monster sendiri makhluk yang akrab hubungannya ama sinema horror. Dia nyiptain kepanikan dan ketakutan sama seperti ancaman yang ditebarkan Nosferatu atau Sundel Bolong, masih keinget gimana dulu gue mengkeret di kursi ngeliat Anakonda nyaplok temennya julia perez eh Jennifer Lopez :D atau ketika Kevin Bacon harus diam mematung supaya kaga dilahap Graboids dalam Tremors, itu momen2 paling entertain dan addicted dalam elemen film horror-monster. so, tinggal masukin aja popcorn kemulutmu, biarin kepenatan mencair dan meleleh keluar dari lubang hidung bersama dengan otak kita yang juga menjadi encer.

....................

jadi, dengan segitu gedenya daya tarik monster, penasaran ga sih kita ama sejarah dimulainya sinema ber genre Monster? hehe


Sejarah mencatat film bisu Jerman 'The Golem' ( 1915 ) adalah film monster yang pertama kali d produksi. Sutradara Paul Wegener mengangkat kisah tentang 'patung-tanah liat-raksasa' yang kemudian dhidupkan oleh seorang penyihir untuk dijadiin pelayan. Sayangnye, monster ini kemudian jatuh cinta ama seorang perempuan, dan ketika cintanya di tolak. monster tanah liat ini menjadi murka. kalo kalian pengen liat kaya gimana wujud dan SFX monster tahun 1915, filmnya bisa di tonton di Youtube :)


film2 monster zaman itu emang masih dipengaruhin karya sastra gothik atau dongeng-fiksi. seperti apa yang diproduksi pada tahun 1931 dimana kisah Frankenstein's diangkat ke layar lebar, disusul 'The Mummy' setahun berikutnya. Tentu 'Nosferatu' nya F.W Murnau ( 1922 ) boleh dimasukin ke list kalo kamu nganggep dia juga monster.


Tapi sebenarnya pada tahun 1925 seorang animator SFX 'Willis O' Brien' udah membuat sebuah film monster yang bukan berasal dari sastra-gothik dengan mengangkat novel 'The Lost World' karya 'Sir Arthur Conan Doyles' ke layar lebar..
Yah dalam film ini, untuk pertama kalinya dunia dikenalin ama monster dari zaman purba yang akhirnya menjadi inspirasi puluhan film monster berikutnya : dinosaurus! Filmnya sendiri lebih ber-genre thriller-action-adventure.
6 tahun kemudian, si 'Willis O' brien' ini juga memproduksi sebuah film bergenre sama dengan judul 'Creation', sayangnye kaga tau kenapa proyek ini ga pernah selesai. sampe akhirnya 2 tahun kemudian, ( tepatnya tahun 1933 ) film ber-genre monster menemukan titik-landasan-terbang nya dengan di tayangkannya sebuah film yang cukup mengguncang pada saat itu : King Kong !! Film ini disutradarai oleh Merian C. Cooper namun SFX nya masih dipegang oleh 'Willis O' brien'.


King Kong menjadi film-monster-tradisional yang sangat terkenal dan disebut2 sebagai landmark buat sejarah perfilm-an ( khususnya genre monster ). Bahkan, kera raksasa dari pulau Kalimantan itu berubah menjadi ikon kultural dan sering di eksploitasi di film2 berikutnya, contohnya ketika Ray Harryhausen membuat 'Mighty Joe Young' pada tahun 1949 ( yang kemudian di remake puluhan tahun kemudian dengan bintang Charlize Theron ). yah, saat itu monster gothik mulai ditinggalkan digantikan fiksi monster raksasa dari zaman purbakala, dan seakan kurang puas, Ray Harryhausen juga meremake film 'King Kong' dengan teknologi yang lebih baik pada tahun 1952.

Pada tahun 1953, monster jenis baru diperkenalkan, dalangnya masih Ray Harryhausen. Filmnya berjudul : The Beast from 20,000 Fathoms



bercerita tentang dinosaurus fiktif 'Rhedosaurus' yang konon membeku di dalam es antartika namun terbangun karena uji coba bom atom.

Tahun ini lah yang ditandai oleh para 'pengamat-monster' sebagai di mulainya film ber genre 'monster-mutasi-radiasi-nuklir-dan-sejenisnya'. Science mulai dilibatkan. yang akhirnya ngelahirin genre baru 'science-fiction-monster'.
nah, di era bom-atom / nuklir inilah kran-kreatifitas para pengkhayal seakan dibuka dengan mengalirnya segala macam reptil/serangga yang berubah menjadi raksasa karena radiasi kimia..hehehe

di bawah ini adalah poster2 filmnya :



Di era 50-an ini juga, Jepang terinspirasi euforia nuklir yang melanda sinema-barat dengan menciptakan monsternya sendiri.
Di jepang, monster lebih populer dengan sebutan ' Kaiju ' dan kaiju jepang yang sangat terkenal, ( sama seperti Kingkong akhirnya menjadi sebuah ikon-kultural ) apalagi kalo bukan..he're we comeee...
GODZILLA!! ( di jepang : Gojira ).



pertarungan abad ini : Kingkong vs Godzilla! Fight!!

Selain Godzilla, kaizu lainnya adalah : Gamera dan Mothra.

kita meloncat ke tahun 70, setelah tahun 60-an ternyata popularitas para monster menurun di hajar The Beatles ama Elvis Presley hehe.
tahun 70-an akan diingat pecinta film horror sebagai tahun dimana monster dari lautan ( Hiu ) menjadi bintang-sinema.
tepatnya tahun 1975 ketika sutradara kesayangan kamu merilis 'Jaws' . Ini mungkin film hiu pertama sekaligus film tentang monster-predator-buas yang 'asli galak dari sononye' alias kaga ada campur tangan radiasi bom-atom segala macem. correct me if i'm wrong.


Dan 4 tahun kemudian imajinasi penulis semakin liar dengan untuk pertama kalinya menghadirkan monster dari planet lain.
Aliens disutradarai oleh Ridley Scott ( 1979 ). setelah film ini pula makhluk2 dari planet lain menginvasi penonton lewat bermacam2 judul film.

Di tahun 80'an, film horror-monster mulai berksperimen dengan memasukkan elemen lain seperti komedi, contohnya bisa kalian temukan di film Larry Cohen's Q, 'the Winged Serpent' (1982) dan Ron Underwood's 'Tremors' (1989/90) yang filmnya udah berkali-kali di puter di Indosiar/Trans TV hehe kocak kan filmnya tuh, meskipun 'Tarantula (1955)' juga sebenernya sangat laughable ( ketimbang nyeremin ) kalo ditonton sekarang :D




Pertengahan tahun 80'an pula terjadi revolusi di industri sinema dengan ditemukannya teknologi CGI ( Computer-Generated Imagery ), sebuah teknologi yang membuat segala jenis monster menjadi mungkin untuk diciptakan, namun disisi lain kehilangan soul dan seni-make upnya. Era akhir SFX-tradisional sebelum CGI ini ngelahirin para master SFX yang akan kita kenang selamanya karena kualitas efek dan ke kreatifitasannya nyiptain monster dari prosthetic atau karet..diantaranya adalah : Rick Baker, Stan Winston, dan Kevin Yagher.

sejak era CGI dimulai ( akhir 80'an--awal 90-an ) segalanya kemudian menjadi begitu mudah , monster2 dahsyat diciptakan, berlalu lalang di layar lebar dan televisi, membuat kita kagum, tercengang.. namun sekaligus mudah sekali dilupakan terganti oleh monster berikutnya yang lebih dahsyat namun --sekali lagi-- sosoknya mudah dilupakan, ( kecuali beberapa film monster yang didukung oleh script dan konsep yang kuat. ).

Dan rasanya setelah nyampe titik ini, udah nggak ada yang perlu diceritain lagi deh hehe


...................................................

Bagaimana dengan Indonesia? punyakah monster untuk di banggakan?
kayanya Indonesia belum sekalipun memproduksi film bergenre monster.
makhluk2 raksasa di per-film-an kita biasanya hanya menjadi 'figuran' , seperti misalnya :


rajawali raksasa tunggangan Brama Kumbara, monster wanita bertubuh ular raksasa : Nyi Blorong, siluman laba-laba raksasa dalam : 'Iblis Teluk Gonggo' atau musuhnya Jaka Sembung, raksasa hijau penghuni gua: Bergola Ijo.
selain itu, gue cuma nemu sebuah artikel tentang rencana pembuatan film monster pertama di indonesia 'Amphibia' yang sampe sekarang nggak jelas juntrungannya.

namun kalo kita pikir-pikir lagi, Indonesia sebenernya sangat produktif membuat film bergenre monster-raksasa bahkan dengan bantuan teknologi CGI mutakhir..

kalo ga percaya,
pantengin aja terus INDOSIAR dan TPI!!

..............................

hahaha semoga artikel diatas cukup bermanfaat agar kita lebih mengenal sejarah 'idol-monster' , untuk kemudian menghormati dan menyayangi-nya. salim dulu sana ama King-Kong!
Selain itu, siapa tahu di lembar soal ujianmu akan keluar soal tentang siapakah pencetus 'era monster-radiasi-nuklir'..nah sekarang kamu tahu kaaan? :D

.....................

di postingan berikutnya, gue akan mencoba mereview film Them! ( 1954 ) dan Kingkong ( 1933 ).

referensi :http://en.wikipedia.org/wiki/Monster_movie




UPDATE!!

Ternyata film monster pertama indonesia judulnya 'Amphibious' dan bakalan dirilis dalam format 3D. Rencana rilisnya tahun ini.
di 'Amphibious' sendiri kita bakal dikenalin ama monster 'setengah kalajengking-setengah lobster' raksasa. Wiiih kaya apaan tuh? hehe okelah, ini teaser-posternya:


STILL PHOTONYA :

Nelayan berambut mohawk mengangkat tubuh yang termutilasi? hmmm..cukup menjanjikan hehe

terima kasih buat Raditherapy atas Infonya
Info Lebih lengkap tentang film ini:
Buaya Film


7 comments:

  1. keren abis artikel monsternya...

    bukan amphibia tapi amphibious 3D hehehe
    filmnya sih udah selesai syuting udah lama
    tinggal nunggu tanggal rilis disini

    masih coming soon 2010

    ReplyDelete
  2. Thanks bro 'Ramirezhate' atas infonya:D itu udah saya update 'Amphibious 3D' nya hehe

    ReplyDelete
  3. cloverfield ga dibahas juga bang ? hmm
    ditunggu deh revew Them! nya.

    ReplyDelete
  4. @orang gila : iya, Om..:) maksud artikelnya emang nyeritain sejarah film monster doang hehe..
    era 90-an keatas setelah ditemukannya CGI, ( termasuk 'Cloverfield' dll) kayanya perlu dibikin artikel tersendiri :)

    'Them!' nya tunggu aja brad :)

    ReplyDelete
  5. amphibous 3d itu film indonesia atau film bule yang dibuat di Indonesia...gua baca artikelnya di Cinemags kalau ga salah....

    ReplyDelete
  6. @eka dirgantara : wah iya yah belum lengkap nih infonya, saya pernah baca --entah dimana, lupa--kalo ini film kerjasama antara produser lokal ama orang bule.
    ada yang bilang, cuma suting doang di Indonesia.
    saya cek di 'ImDB' belum ada info detilnya..

    yang jelas sutradaranya si 'Brian Yuzna' yang udan memproduseri antologi 'Takut:faces Of fear'
    ama nyutradarain film2 horror-gore 90-an : the dentist, Return of the living dead 3, Society, Bride of re-animator dll..kita tunggu aja yah :) high expectation for this movie!

    ReplyDelete
  7. @eka dirgantara : wah iya yah belum lengkap nih infonya, saya pernah baca --entah dimana, lupa--kalo ini film kerjasama antara produser lokal ama orang bule.
    ada yang bilang, cuma suting doang di Indonesia.
    saya cek di 'ImDB' belum ada info detilnya..

    yang jelas sutradaranya si 'Brian Yuzna' yang udan memproduseri antologi 'Takut:faces Of fear'
    ama nyutradarain film2 horror-gore 90-an : the dentist, Return of the living dead 3, Society, Bride of re-animator dll..kita tunggu aja yah :) high expectation for this movie!

    ReplyDelete