28 January 2010

STEPFATHER ( 2009 ) / CASE 39 ( 2009 )

Ringo's Note : GOOD TURNS EVIL!

Awal tahun ini ternyata cukup banyak film2 thriller yang dirilis di tukang DVD bajakan :D biarpun rata2 ternyata filmnya nggak nawarin sesuatu yang baru, so cliche, predictable plot dll tetapi para penggemar horror dalam hal ini -thriller- pastinya selalu saja tergoda jika melihat poster film dengan gambar 'seseorang-memegang-belati' atau 'perempuan-menjerit' . Ada kalanya kita menyumpah2 kecewa karena film yang ditonton ternyata telah menyita waktu kita dengan sia-sia, namun toh kita tak pernah jera...karena ada kalanya pula kita akan tersenyum puas, lalu menyimpan DVD itu dalam lemari 'horror-cinema-gems' kita.

2 film thriller dibawah ini adalah rilisan akhir tahun kemaren, keduanya memilki genre, plot dan tema yang sama, 'good turns evil'.
di review oleh temen yang udah cukup lama berkecimpung di dunia forum per-kaskus-an. hehe
Nama ID nya, Hafilova. Anak-anak 'Fovie' pasti kenal lah. Di blog ini dia akan berubah namanya menjadi H. so, H = Hafilova. Gue udah minta izin ke dia buat memuat reviewnya, dan dia mengizinkan. Thanks, Havi!

dan dibawah inilah adalah reviewnya, cekidot :

..............................................................

The Stepfather (2009)


REVIEWED BY 'H' ( HAFILOVA )

" Daddy's home "

Story: Susan Harding (Sela Ward) mungkin tidak pernah menyangka bahwa ia akan menemukan seorang pria idaman dan calon ayah baru bagi ketiga anak2nya dalam waktu yang cukup cepat pasca perceraiannya dengan sang suami. Sosok pria idaman tersebut ada pada diri David Harris (Dylan Walsh) yang secara tidak sengaja ia temui di sebuah supermarket.

Enam bulan setelah perkenalan pertamanya dengan David, Susan pun memutuskan untuk bertunangan dengan pria yang sebenarnya kurang ia kenal baik itu. Susan yakin bahwa David adalah sosok figur yang sempurna bagi dirinya dan ketiga anak2nya, namun tidak bagi Michael (Penn Badgley), putra tertua Susan yang baru saja pulang dari pendidikannya di sekolah militer ini dari awal sudah menaruh curiga pada calon ayah tirinya itu.

Kecurigaan Michael tampaknya bukan tanpa alasan, sedikit demi sedikit pemuda yang dulunya pernah bermasalah ini menemukan berbagai kejangalan dan keanehan pada diri David yang penuh misteri dan berlanjut pada hilangnya orang2 terdekat yang tampaknya juga mencurigai David secara tidak wajar. Bersama dengan kekasihnya Kelly Porter (Amber Heard), Michael berusaha keras untuk membuktikan dugaanya itu benar sebelum semuanya terlambat.


Review: Sudah banyak film2 yang bercerita tentang kekejaman seorang ibu tiri, dimulai dari yang klasik seperti Cinderella sampai yang modern seperti Uninvited, namun untuk film yang mengangkat tema tentang ayah tiri yang kejam mungkin terbilang jarang. Melalui The Stepfather, thriller besutan Nelson McCormick yang merupakan remake dari film tahun 1987 berjudul sama ini kita diajak untuk melihat bagaimana sih sosok ayah tiri yang "ideal" itu.

Jujur saja pendekatan yang dilakukan film ini secara tidak langsung merusak film ini secara keseluruhan, karena siapa sebenarnya sosok David Harris sudah diperlihatkan dengan gamblang dari menit2 awal sehingga kesan misteriusnya sudah berkurang. Selanjutnya bisa dibilang cerita film yang didistribusikan oleh Screen Gems ini sangat klise dan mudah sekali ditebak bahkan untuk endingnya sekalipun.

Permainan "kucing"2an yang sepertinya sudah menjadi pakem dari film2 bergenre sama pun mendominasi di sepanjang 101 menit film ini berjalan, dan klimaks di penghujung akhir film pun dirasa kurang "nendang" padahal jika bisa dibuat lebih intens lagi film ini bisa setidaknya tampil lebih baik. Jika dibandingkan dengan film bertema sama seperti Disturbia, The Stepfather harus mengakui film yang dibintangi oleh Shia LaBeouf itu masih jauh lebih menarik. Terlepas dari plotnya yang terkesan standart dan tidak ada sesuatu yang baru, The Stepfather masih bisa di kategorikan "lolos" sebagai sebuah film thriller yang menghibur dan tidak terkesan murahan.

Overall, untuk ukuran sebuah film thriller bisa dibilang The Stepfather tampil biasa saja, standart film2 thriller pada umumnya dan tidak memiliki kejutan yang berarti. Namun jika sekedar sebagai tontonan ringan saja tidak ada salahnya ditonton karena film ini cukup menghibur.

6,8/10


..............................................................

Case 39 (2009)


Story: Emily Jenkins (Renee Zellweger) mungkin tidak pernah menyangka bahwa dalam pekerjaannya sebagai petugas sosial yang menangani kasus anak2 terlantar atau disiksa oleh orangtuanya akan berhadapan dengan sebuah kasus baru yang misterius dan aneh yang melibatkan seorang anak perempuan berusia 10 tahun bernama Lilith Sullivan (Jodelle Ferland).

Awalnya Emily sangat yakin bahwa kedua orangtua Lilith bersalah karena terbukti berusaha membunuh putri mereka, namun belakangan setelah Lilith tinggal bersamanya untuk sementara mulai timbul kejadian2 aneh dan kematian2 misterius orang terdekatnya. Rupanya Lilith yang tampak sangat manis dan terlihat polos pada awalnya bukanlah anak perempuan 10 tahun biasa, ada sesuatu yang jahat dalam dirinya, sesuatu yang mengerikan dan berbahaya yang siap membuat hidup Emily bak di neraka.


Review: Sepertinya tidak bosan2 Hollywood membuat horror dengan tema evil child sebagai bahan "dagangan" mereka. Lihat saja sudah berapa banyak film2 serupa mulai dari yang klasik seperti The Omen atau yang paling anyar, Orphan. Sebenarnya tidak ada yang salah membuat film bertipe sama atau mirip2, apalagi jika digarap dengan serius atau setidaknya memiliki elemen orisinil sehingga film tsb tidak mudah dilupakan begitu saja, namun sayang hal itu tidak berlaku pada film horror satu ini.

Ya, Case 39 sekali menambah daftar panjang film2 horror yang terjebak dalam pakem sama tanpa adanya sesuatu yang baru atau orisinil, semua yang disajikan dalam film garapan Christian Alvart (Pandorum) ini bisa dibilang serba biasa dan sangat mudah ditebak.

Satu2nya yang baru pada Case 39 adalah kehadiran Renée Zellweger yang kali ini mencoba peruntungannya di genre film yang jarang ia lakoni, sayang performa aktris kelahiran Texas 41 tahun silam ini terbilang mengecewakan padahal bisa dibilang namanyalah yang menjadi nilai jual terbesar film yang didistribusikan Paramount Pictures ini.

Overall, tidak ada yang baru yang disajikan dalam Case 39, semuanya serba biasa, baik itu dari segi ketegangan, keseraman, akting bahkan endingnya pun mengecewakan, namun bagi yang masih belum bosan menonton horror2 bertema seperti ini (contohnya gue), mungkin Case 39 masih bisa dibilang sedikit menghibur, ya sedikit.

6/10

3 comments:

  1. wah, lom nonton neh 2 film itu.... tp gw tertarik seh 2-2nya , lumayan suka juga sama film horror dan yang sadis2 tentu nya, tp ada beberapa seh film sadis yang gw gk berani nonton, hahahahahaha....

    ReplyDelete
  2. yang case 39 itu mirip2 Orphan yah?

    Tau Mr. brooks ga? kalau dibandingkan mr. Brooks bagusan mana sama StepFather?

    ReplyDelete
  3. @dirgantara :
    iya premisenya sama kaya Orphan :)

    Mr.brooks malah belum nonton tuh, jadi ga tau deh bagusan mana..hehe :)

    ReplyDelete