08 January 2010

10 Film Buruk Paling Keren Sepanjang Masa

WRITTEN BY 'Z'.

Tau ngga apa yg gue paling suka dari horror? Maksud gue selaen semua toket ama gore yg berserakan dengan ngga bertanggung jawab di dalemnye, yg paling gue suka dari horror itu batesan bagus-jelek di dalemnye sangatlah tipis. Di genre laen, kebanyakan film tuh kalo ngga bagus ya jelek, udah, selesai sampe situ, tapi di film horror itu bukan harga mati. Ini satu genre yg terkenal sangat bangga ama keburukan mereka & itu, sejujurnye, adalah kenape gue cinta ginian. Kadang di sini sesuatu bisa keterlaluan jeleknye sampe dia malahan jadi masterpiece.


Jadi, gue bakalan ngasih list dari film2 jelek paling keren yg pernah dibikin. Soalnye bikin film jelek itu gampang, bikin film keren itu lebih sulit. Makanye secara logis bikin film jelek yg keren itu sesuatu yg butuh talenta khusus.

...........................................................


10. DAY OF THE DEAD (2008)

KENAPA INI BURUK
Apa mereka itu zombie? Ngga tau. Malahan, aslinye gue sama sekali ngga punya ide mereka sebenernye apa. Ada satu debat abadi yg ngebelah 2 kutub audiens: zombie-lambat apa zombie-cepet? Di sini kite ngga ngeliat dua-duanye. Malah, yg kite liat ini cuman bisa dideskripsiin sebagai spider-zombie . Makhluk ini bukan cuman bisa sprint, tapi mereka juga dianugerahi kemampuan buat lompat, bikin flip sempurna, ama ngerangkak di tembok & langit2. Lo kudu liat sendiri buat bisa percaya. Geraknye juga bukan “cepet” biasa doang, ngga, ngga…tapi gerak “ultra-cepat”. Dengan apa yg mungkin adalah keputusan teknis paling idiotik dalam sejarah horror, nyaris tiap kali monster2 ini nongol di layar kameranye sengaja dinaikin speed-nye ala film bisu Charlie Chaplin apa Three Stooges. Dan kalo lo mikir ngga ada yg bisa lebih buruk dari itu, hey! Selaen ada pada tempo ffwd secara permanen, kepala makhluk2 kite ini juga meledak tiap kali kena api.

KENAPA INI KEREN
Kalo ada hal positif yg bisa gue singgung soal ini tuh bahwa di sini ada banyak gore & gue ngga pernah nguap sekalipun selama ngeliatnye. Malah, begitu lo ngelupain kalo ini ceritanye remake dari mahakarya Romero, begitu lo ngerti ini semuanye soal apa, lo bakalan sangat menikmatinye semata-mata buat ngeliat sejauh apa para sineas ini siap ngelabrak dinding imbesilisme. Gue malah punya niat nonton ini lagi dalam pengaruh psikotoprika tertentu dalam rangka ngetawain semua absurditasnye.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Supaya lo bisa terus ngingetin Mena Suvari kalo doski maen di situ.

SEKALIAN CEK...
Leprechaun, supaya lo bisa terus ngingetin Jennifer Anniston kalo doski maen di situ.

...........................................................

9. ILSA, HAREM KEEPER OF THE OIL SHEIK (1976)

KENAPA INI BURUK
Pertama, ini adalah sekuel dari film yg sebenernye ngga butuh sekuel sama sekali. Ilsa yg ini itu sama ama Ilsa, She-Wolf Of The SS yg diceritain terbunuh di akhir film pertamanye. Tapi kalopun dulu doski ngga mati pun film ini tetep ngga masuk akal mengingat fakta kalo Ilsa yg pertama tuh komandan kamp-konsentrasi Nazi, sementara di sini doski jadi penjaga harem buat raja minyak Arab.. jadi emang kontinuitas antara 2 judul ini adalah, hmmm, non-existent selaen doski adalah cewe sadistik pirang dengan aksen Eropa buruk yg sama. Malahan itu emang plot tunggal dari semua judul yg dibikin pake nama Ilsa: cewe pirang sadistik dengan aksen Eropa yg buruk.

KENAPA INI KEREN
Walaupun setolol itu, film ini aslinye sangat enjoyable buat ditonton. Semua kartakternye ada dalam Ying-Yang sempurna antara cukup ngga berarti jadi lo ngga akan keberatan mereka mati, tapi juga cukup likeable selama screentime pra-kematian mereka jadi lo ngga akan ngedoain mereka buat cepet mati. Ini terutama berlaku bagi karakter bodyguard afro kembar itu: Velvet & Silk. Lagian, masa sih satu film dengan adegan cewe dicongkel matanye buat dibikin sop bisa ngga sedikitpun nyentil saraf geli seseorang? Mereka bahkan cukup kreatif buat nanem bom dalem vagina yg bakalan meledak kalo dipenetrasi sebagai senjata utama! Coba kalahin itu Michael Bay!!

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Orang2 ini sangat bahagia pas bikin film ini. Mungkin lebih seneng daripada kite yg nontonnye. Ngga pernah pura2 jadi film “beneran”, semua yg terlibat dalam proses produksinye tau kalo mereka lagi bikin sampah & menikmati setiap detik dari momen tersebut. Oh ye, gue udah bilang belon sih kalo mereka nanem bom dalem vagina yg bakalan meledak kalo dipenetrasi?

SEKALIAN CEK...
She-Wolf Of The SS, di mana Ilsa mati buat pertama kalinye & Tigress Of The Siberia, di mana doski bangkit dari kubur buat kedua kalinye.

...........................................................

8. MARS ATTACKS! (1996)


KENAPA INI BURUK
Seoalnye, ini tuh sebuah parodi yg gagal total. Seorang Tim Burton dalam kemegahan karya paling buruk sepanjang kariernye, satu film di mane die, buat sekali-kalinye, ngesampingin semua fetish eksesifnye pada gothic novella & Johnny Depp buat bikin parodi sci-fi, yg, ternyata jadinye malah lebih keliatan kaya parodi dari sebuah parodi, dengan semua bagian yg mestinye bisa dipotong di meja editing, ngga tau gimane, berhasil nemuin cara mereka buat mengiltrasi masuk dalem print final. Sapa aje yg maen di sini? Hmmm, ada Jack Nicholson, Pierce Brosnan, Sarah Jessica Parker, Annette Bening, Jim Brown, Martin Short, Glenn Close, Lukas Haas, Paul Winfield, Rod Steiger, Tom Jones, Christina Applegate, Michael J. Fox, Sylvia Sidney, Danny DeVito, Lisa Marie, Natalie Portman, Jack Black, Joe Don Baker, Pam Grier ama praktis semua orang yg kecatet dalem buku telpon dapet peran utama di sini. Segitu banyaknye sampe selama sejam pertama alurnye jalan tertatih-tatih dalam usaha buat ngenalin semua karakternye, dan sebelon satupun diantaranye sempet nongol di layar buat 10 menit mereka udah keburu dibunuh ama makhluk Mars.

KENAPA INI KEREN
Soalnye, meski sama sekali gagal dalam usahanye buat keliatan lucu, ini justru sangat sukses buat jadi luar biasa lucu. Secara ironis, joke2nye segitu garingnye sampe malah bikin senyum, dan waktu itu secara pathetic didaur-ulang berkali-kali, maka ngga ada yg bisa dilakuin orang selaen ngetawainnye. Ngga tau ngetawain leluconnye apa ngetawain orang yg bikinnye gue ngga terlalu pasti, tapi yg jelas lo ketawa. Hal ironis laennye tuh biarpun dibintangi searmada aktor ama aktris papan atas Hollywood, justru mahluk2 CGI-nye lah yg jadi bintang sebenernye di sini. Yup, semua animasi identik itu tampil lebih mempesona dengan kepribadian artifisial mereka daripada anggota cast yg ngelewain sekolah akting, dan kenyataan itu jauh lebih sci-fi dari apapun yg Tim Burton taro dalem film ini.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Soalnye, dengan pengetahuan bahwa karya terburuknye adalah yg paling keren, gue selamat dari bencana kudu nonton film bikinan Tim Burton lagi…ever!!

SEKALIAN CEK…
Alien Apocalypse, film yg jadi parodi sci-fi karna keterbatasan biaya, bukan gara2 berusaha jadi parodi.

...........................................................

7. KILLER KLOWNS FROM OUTER SPACE (1988)


KENAPA INI BURUK
“Pie-tossing killers arrive in a circus tent spaceship and capture earthlings in cotton candy cocoons that turn them into Jell-o”. IMdb.

KENAPA INI KEREN
“Pie-tossing killers arrive in a circus tent spaceship and capture earthlings in cotton candy cocoons that turn them into Jell-o”. IMdb.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
“Pie-tossing killers arrive in a circus tent spaceship and capture earthlings in cotton candy cocoons that turn them into Jell-o”. IMdb.

SEKALIAN CEK...
Plan 9 From Outer Space, satu-satunye film yg berani buat bisa keliatan lebih jelek dari yg ini.

...........................................................

6. RETURN OF THE LIVING DEAD (1985)

KENAPA INI BURUK
Soalnye ini semua terjadi di ruangan bawah tanah sebuah gudang. Itu satu. Juga, kite kudu ngikutin segerombolan Punk Rock pergi ke kuburan buat dansa/si tanpa alesan yg jelas. Ok, gue tau Punk Rock ama horror emang punya tradisi bersama (ada yg inget Punk Rock Holocaust? Itu bahkan ngga cukup bagus buat masuk di list ini), masalahnye Punk Rockers ini ada dalam tipe remaja paling stereotipikal yg bisa lo liat dan itu pun diperankan dengan teramat buruk ama aktor2 yg, kebanyakan, ngga pernah lo liat maen di film apapun selaen ini. Selaen semua itu, ini juga salah satu film pertama yg ngelanggar etika film zombie waktu mereka ngasih penjelasan soal apa yg nyebabin fenomena itu terjadi. Hal itu mungkin umum sekarang, tapi dulu, kebanyakan film zombie ngga ngasih eksplanasi apapun ke penonton dan itu ada alasannye, soalnye eksplanasinye –contohnye kaya yg ada di sini- itu cenderung kedengeran sangat tolol.

KENAPA INI KEREN
Di sini ada zombie2 paling keren sepanjang jaman. Lupain 28 Days Later, RotLD itu film pertama yg ngenalin kite pada zombie gerak cepet. Malah, bukan cuman gerak cepet doang, zombie2 ini juga bisa ngomong! Meski cuman dalam ruang lingkup silabus kosakata sederhana kaya “Braaaaaaaaains!” doang, tapi itu jelas sebuah evolusi pesat. Pada satu adegan, abis ngebantai pengemudinye, salah satu zombie masuk ke dalem ambulan buat ngambil radio CB & bilang "send...more...paramedics!" ke penerima di ujung sana. Para zombie di sini bukan cuma anggota Mensa, mereka juga cukup cool & kreatif buat nyiptain apa yg sekarang kite kenal sebagai mosh pit! Cukup? Tunggu dulu, sebelon selesai, harus gue sebutin kalo pas di kuburan, Linnea Quigley berbugil ria depan kamera dalem make-up goth komplit, dengan tinta emas nyantumin nama doski sebagai Suicide Girl pertama yg dikenal sejarah.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Braaaaaaaaains!

SEKALIAN CEK...
Dance Of The Dead, reinkarnasi ketololan 80-an di era milenium.

...........................................................

5. DEAD ALIVE / BRAINDEAD (1992)
KENAPA INI BURUK

Ini salah satu film awalnye Peter Jackson, jaman sebelon die mulai menangin Oscar ama punya berat badan dalam proporsi yg cuman bisa dikalahin King Kong pake bantuan CGI. Selaen bikin zombie sampah begini, PJ juga bertanggung jawab buat film boneka tolol model Meet The Feebles. Tentunye sejak itu die belajar baca & nemuin J.R Tolkien untuk kemudian memproduksi dongeng soal Gandalf, Troll, Dumbledore, Unicorn & Elf2 gay (itu semuanye dari film yg sama bukan sih?). Abis itu die nemuin apa yg disebut kaca sebagai sumber inspirasi buat nge-remake K. Kong. Nah, Braindead ini dibikin pake kurang dari 1/50 budgetnye Kong…yah bayangin aja sendiri lah kaya apa. Kalo males, buka aje reviewnye Ringo & liat still2-nye di situ.

KENAPA INI KEREN
Mengingat kalo resume laen orang ini adalah judul2 macem Lords Of The Ring ama King Kong, perlu gitu dijelasin lagi kenapa yg ini masuk ke kategori keren? Dengan tumpahan darah serta gore berada pada level jauuuhhh di atas standar “ridikulus”, adalah mustahil kalo ada orang yg bisa nonton ini tanpa ketawa terpingkal-pingkal. Biarpun itu masih ngga semustahil ada orang yg bisa nonton The Two Tower tanpa ketiduran.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Sebelon studio2 mulai masukin duit ke dalem kantongnye. Peter Jackson muda punya gospel yg sama ama karakter Father McGruder: “I kick ass for the Lord!!”

SEKALIAN CEK...
Bad Taste, directorial-debutnye di mane die punya peran sebagai orang yg keilangan bagian belakang kepalanye. Prophetic!

...........................................................

4. EVIL ALIENS (2007)

KENAPA INI BURUK


Versi sci-fi klise dari acara Silet Investigasi: satu kru acara TV pergi ke pulau terpencil di pesisir Wales buat nyelidikin soal penculikan alien yg ngelibatin pembuahan-antargalaksi. Sebuah plot ngga impresif dieksekusi pake akting yg jauh dari impresif sama para cast-nye, lengkap dengan stereotip aktris-utama bertoket-gede yg lari2 dalam busana super ketat sambil ngasih ekspresi serba berlebihan. Satu hal menakjubkan di sini tuh kemampuan mereka buat bikin aneka ragam spesial/visual efek dengan budget-produksi yg sangat terbatas, tentu semuanye ada pada level paling bawah dari splat-stick campness tapi seengganye mereka udah usaha. Para penggemar kult juga bakal mengenali satu adegan reka ulang dari scene klasik “spear girl”-nye Cannibal Holocaust, kali ini dilakuin dari atas ke bawah.

KENAPA INI KEREN
Satu film dibuka pake adegan alien-abduction yg berakhir dengan sekuen anal-probe brutal jelas bakalan masuk daftar klasik gue. Kite dapet semua mulai dari karakter dicabik intestinnye satu2, mutilasi alien massal, sampe pertempuran antar-spesies di dalem septic-tank, juga hardcore-alien-sex, piring terbang, & lelucon kulit pisang ala Warkop DKI. Pokoknye, dalam soal mendorong limit dengan biaya seadanye, film ini berhasil bikin home run.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Close-encounter dengan pentil alien yg ternyata bukan cuma warnanye ungu, tapi juga runcing sempurna, real turn-on.

SEKALIAN CEK...
Terrorvision, buat piring terbang dalam versi lebih retro.

...........................................................

3. THE TOXIC AVENGER (1985)
KENAPA INI BURUK

Posternye itu sama sekali ngga ngasih lo clue gitu?

KENAPA INI KEREN
Film ini ngasih penonton banyak pelajaran hidup, misalnye:
* Nyerang anak yg lagi naek sepeda itu bernilai 28 poin.
* Jack Daniels ngga keliatan jauh beda ama fruit punch.
* Klub kebugaran merupakan pusat pergaulan sosial era 80-an.
* Limbah radioaktif itu ijo & selalu mendidih.
* Lo ngga akan pengen seorang mutan ngejadiin peler lo sebagai sansak.
* Restoran siap-saji naro Samurai beneran buat pajangan dinding.
* Jangan pernah duduk di atas batu sauna.
* Mutan itu berasep kalo terangsang.
* Orang buta nyimpen minimal 50 tongkat kayu di rumah.
* Datsun sama Pinto itu make desain tangki yg sama.
* Cowo mestinye jangan pake jaket pink.
* Sekali ginjal lo udah keluar, maka ngga ada cara mudah buat naro itu di tempatnye semula.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
1. Aneka tindak kekerasan terhadap anak di atas sepeda.
2. Aneka tindak kekerasan terhadap wanita lansia.

SEKALIAN CEK…
Isi kepala lo di psikiater.

...........................................................

2. FEAST II: SLOPPY SECONDS & III: THE HAPPY FINISH (‘08/’09)

KENAPA INI BURUK

Ok, mari kita liat…ada pemerkosaan anal antar-spesies, messia cacat mental, luchador kerdil (2 orang), pornagrafi liliput, sodomi binatang, muntahan asam, otopsi monster, mutan muntaber, pembongkaran vaginal, zombie-raver, ilmu beladiri, cewe2 bertato topless megang shotgun ama .44’ sambil make g-string ma atribut kulit. Semuanye bertarung sampe mati lawan mahkluk2 buas sebelon satu persatu berakhir:
A-diperkosa ama monster
B-dimakan ama monster
C-diperkosa trus dimakan ama monster
D-diperkosa, dimakan, abis itu diberakin keluar ama monster

Campurin itu dengan plot bikinan anak kelas 6 SD, sederet aktor/aktris kacangan, monster yg keliatan kaya personel GWAR lari2 pake kostum Halloween murahan, ama sebuah ending yg sama sekali ngga ada hubungannye ama film ini secara keseluruhan.

KENAPA INI KEREN
Alasan yg sama ama yg ditulis di atas.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Buat menyinggung sebagian orang, misalnye:
Orang kerdil, orang kulit hitam, kaum perempuan, para lansia, orang Latin, bikers, lesbian, orang Asia, orang kulit putih, penari telanjang profesional, ama sekitar 99% dari populasi dunia.

SEKALIAN CEK...
Feast doang, itu Feast yg memulai semua Feast.

...........................................................

1. THE EVIL DEAD (1981)

KENAPA INI BURUK

Ngga ada manusia yg berhak ngebantah tingkat kult dari yg satu ini. Evil Dead itu salah satu mahakarya cinema dengan pengikut fanatik terbanyak di dunia, juga salah satu benchmark genre horror paling influensial. True that! Tapi tetep aja ini film jelek, film jelek yg paling bagus sepanjang sejarah. Kalo ada memori keren di kepala lo soal Evil Dead, gue yakin itu semuanye pasti lo liat di sekuelnye. Tangan gergaji, Ash2 mini lari2, Klaatu Verata Nikto, setan yg ngomong “I’ll swallow your soul!” ama makhluk mata yg bikin kabin pahlawan kite banjir darah tu semuanye ada di film kedua. Nah, kalo yg ini cuman menang tipis di atas satu film tipikal Suzanna, sama sekali inferior kalo dibandingin ama Evil Dead II & Army of Darkness. Kecuali Bruce Campbell, semua anggota cast laennye bermaen dalam kapasitas akting Dorman Borisman & semua scare di dalemnye secara berantakan diselimutin efek yg lebih menggelikan dari make-up Marilyn Manson pas baru bangun tidur.

KENAPA INI KEREN
Biarpun 100% murahan & luar biasa crappy, ini tetep aje filmnye Sam Raimi, yg artinye segala hal di dalemnye diorkestra dengan sangat apik. Adegan di mana roh jahat menembus hutan (diliat dari sudut pandang orang pertama) adalah momen legendaris yg (coba) ditiru banyak orang, trus adegan pemerkosaan yg dilakuin tumbuhannye itu merupakan definisi dari kata “creepy” di dalam kamus. Jauh lebih raw ama true pada genre horror dari sekuel-sekuelnye, Ini film yg penuh ama momen2 memorable, kadang-kadang diisi script cerdas kaya "Shut up, Linda!", punya nilai edukasi bahwa teks demonic yg ditulis pake darah orang itu keliatan ngga beda ama kalo ditulis pake ballpoint, serta berisi pesan moral mulia bahwa menyincang wanita yg lo cintain itu ternyata bukan hal yg sulit buat dilakuin.

KENAPA INI MUSTI DILIAT
Soalnye ini film yg mengawali Evil Dead II ama Army of Darkness. Kalo itu ngga cukup buat jadi alesan kenape ini musti diliat, berarti kalian gila.

SEKALIAN CEK...
Ya Evil Dead II ama Army of Darkness lah. Kalo ngga liat yg 2 lagi, trus ngapain lo nonton ini?

17 comments:

  1. Eh...Mars Attack kan seru. Sangat terhibur dengan film ini. Entah, mungkin karena otak lagi jongkok kali ya :P

    ReplyDelete
  2. Emang seru kok, makanye die masuk ke list ini.

    ReplyDelete
  3. film Ilsa itu bisa beli dimana Z?

    ReplyDelete
  4. film Ilsa itu bisa beli dimana Z?

    ReplyDelete
  5. Dulu sih gue beli di glodok, tapi itu hampir 5 taun yg lalu. Kaga tau dah kalo sekarang mah.

    ReplyDelete
  6. wah gila..keren amat film2nya!
    eh, btw bikin juga dong '10 Film buruk paling keren Indonesia' :)

    ReplyDelete
  7. Mungkin bakal, mungkin ngga akan pernah. Sabar aje.

    ReplyDelete
  8. ini juga film buruk yang keren: Poultrygeist: Night of the Chicken Dead. Cek aja trailernya :
    http://www.youtube.com/watch?v=7KQCX0zNdyc

    ReplyDelete
  9. @hakimictrue : widiiiihh...keluaran 'Troma' nih, parah amaaat hahaha...dimana gue bisa dapetin videonya nih? haha
    zombem, lu udah dapet videonya???

    thanks bang Hakim, rekomennya :)

    ReplyDelete
  10. Belon coy, gue pengen bisa masukin itu ama "Black Devil Doll" disini. Tapi gue ngga bisa masukin film yg belon pernah gue tonton secara lengkap. Kalo ada yg punya info DVD-nye silakan kontak.

    ReplyDelete
  11. dvdnya baru rilis bulan ini. Gue liat di Amazon sih. Bayangin udah ada blu ray-nya sama... dvd-nya 2-disc Colector Edition!. Cari di lapak bajakan belum ada kayaknya.

    ReplyDelete
  12. Gue dapet komen soal Ilsa dari imdb yg kayanye sesuai buat semua film di atas: "If you found this film to be at all entertaining you are in need of strict medical supervision. this is pornographic, rabid filth and anybody who likes this type of film is a sad specimen of humanity. I pity you. get help!" HAHAHAHAHA.

    ReplyDelete
  13. fil buruk yang keren hahaa.. ada-ada aja nih.. :D

    ReplyDelete
  14. ngakak gue baca resensi feast II dan III nya.

    dan quote fave gue.
    Coba kalahin itu Michael Bay!!

    :D

    ReplyDelete
  15. Hahaha, asli ngakak gue baca artikel ini =))
    ga nyangka jgua rupanya Peter Jackson dan Sam Raimi pernah bikin film model begitu juga.

    ReplyDelete
  16. ini kan film keren semua..
    kenapa gak dapat Oscar ya?.. :D

    liat aja Feast II, G-String kan seksi..

    :D

    ReplyDelete
  17. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 430 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    ReplyDelete