05 December 2009

BLOOD: THE LAST VAMPIRE (2009)



REVIEWED BY 'Z'.

Ok, yg kite tonton di sini itu, pada dasarnya, ngga lebih dari ngikutin petualangan cewe bernama Saya (diperanin ama aktris Korea, Gianna Jun) hybrid setengah orang/setengah vampir dengan cukup kepedulian pada budaya tradisional Jepang buat pergi sekolah pake baju seragam Sailor Moon khas anime. Doski kerja buat organisasi rahasia yg disebut The Council buat ngebasmi vampir2 yg bersembunyi diantara kita dalam bentuk manusia lewat penguasaan mumpuni doski pada kesenian kuno pedang samurai. Saat itu dunia lagi ada di era 70-an & Saya ditugasin dalam misi penyamaran sebagai pelajar lokal di satu basis militer AS yg udah diinfiltrasi ama monster2 musuh umat manusia. Dah…segitu aje kok intinye, lagian ini kan emang adaptasi dari film animasi pendek.

Tentunye, buat bikin ini terdefinisi jadi sebuah film-penuh, mereka2 yg terlibat dalam pra-produksi mutusin buat nambahin sub-plot yg menggelikan. Soal kehadiran penjahat paling jahat dari semua yg bisa dibilang jahat: setan-betina dengan nama Onegin (apa Onigen ye? Salah satu dari itu lah pokoknye), yg, ceritanye, segimana kite dijelasin lewat kemunculan rolling text persis pas lo baru neken play, punya peran sebagai musuh bebuyutannye Saya. Nah, dari sini gue nebak kalo alesan utama Saya gabung ke Council tuh, mungkin, emang buat ngelacak keberadaan si Onegin/Onigen yg bersangkutan. Gue kepaksa nebak soalnye begitu nyiptain kerangka cerita tadi, para pembuat film ini ngerasa kalo mereka ngga perlu lagi bikin penjelasan apapun soal apapun ke audiens selaen adegan flashback ke Jepang-feodal, waktu Saya masih dilatih ama master-samurai Kato & dikasih tau kalo Onegin/Onigen itu sebenernye antagonis utama dalam plot asasinasi yg namatin riwayat ayahanda doski tercinta. Ga seberapa lama abis itu, giliran Kato dihabisin ama segerombolan iblis/setan/vampir/ bercaping dalam adegan pertarungan yg diambil langsung dari frame American Ninja 3.



Terus kite punya markas militer yg, buat sebuah alesan tertentu yg gue ngga tau, dipenuhin ama vampir2 jahat. Disinilah kite dikenalin ama aspek paling annoying dalam dongeng ini: Allison Miller sebagai Alice McKee, anak Jenderal yg, lagi2 buat sebuah alesan tertentu yg gue ngga tau, mendadak jadi sidekick superhero kisah petualangan ini, praktis ngga lagi pernah ngilang dari frame sampe waktunye kredit akhir muncul.
Gue bilang annoying soalnye buat seorang sidekick, doi bener-bener-sama-sekali ngga ada gunanye! Kontribusinye sepanjang durasi praktis cuman bolak/lik ada dalam bahaya konstan, nungguin Saya buat nyabetin katana ke sana/sini dalam misi penyelamatan yg repetitif. Guna nyelametin hubungan antara 2 karakter ini dari jadi terlalu ada pada dimensi hubungan antara Popeye ama Olive Oil.

Kadang2 para penulis skenario ngasih Alice script buat ngeluarin nasehat2 tulus-dari-hati-temen-baik ke Saya, ngeyakinin kalo doski teteplah seorang “manusia”, kalo “jauh dalam lubuk hatinye”, bla bla bla, bla bla bla, bla bla bla. Pokoknye asli 100% karakter yg ngga perlu ada dalam film horror lah intinya mah, adalah siksaan yg mengerikan gimane kite kudu nahan muntah ngeliatin ama ngedengerin eksistensi doski di layar sampe ke scene paling akhir…

Sementara itu, Onegin/Onigen, sang ratu iblis, pantes buat dinobatin jadi setan paling tidak mengancam sepanjang sejarah cinema. Buat seseorang yg digembar-gemborin buat punya kemampuan “ngebawa neraka ke atas dunia” doski asli ngga ngelakuin apapun selaen berdiri2 dalam usaha buat keliatan misterius. Ok, doi ngebunuh seorang penjaga hotel dengan sekibasan tangan…terus…udah!! Itu doang seinget gue sampe ke pertempuran akhirnye; sebuah epic-finale dengan total running time sekitar 2 setengah menit berisi debat verbal, kontak fisik minimal, ama pembongkaran twist-megah yg udah kaga lo peduliin lagi. Semuanye terjadi sementara seluruh setting yg ada di sekitar mereka mendadak termakan ledakan2 ama ketelen kobaran api dalam proporsi ending film Michael Bay, dengan penyebab yg sama sekali ngga bisa dipahamin ama orang2 yg nonton.

Tapi dari semuanye itu, poin ngecewain paling gede dari ini tuh level violence-nye.
Asli, sumpah gue bisa nolerir praktis apapun dari satu film asal di dalemnye ada aksi2 kekerasan yg ngga bisa diterima masyarakat umum. Masalahnye praktis semua adegan berantem di sini isinye shoot close-up lewat lensa shaky-cam, jadi lo ngga bisa bener2 ngeliat apa yg lagi kejadian. Antara itu ama kamera super-slo-mo Matrix-esque yg, ngga tau kenape, kayanye jadi pakem buat apa yg disebut “adegan eksyen” beberapa taun ke belakang ini. Editing cut-to-cut dari ribuan stock-shot juga jelas ngga ngebantu & buat satu film dengan kata “blood”” di judulnye…ide mereka dari apaan yg disebut “darah” bener2 idiotik.

Para pembuat film ini kayanye keobsesi buat bikin gimane film real-life bisa keliatan se-animasi mungkin. Ngga puas dengan bikin segerombolan Ninja menyerang dengan teknik yg diadopsi dari kartun Bugs Bunny, mereka ngerasa perlu ngelangkah lebih jauh & ngebikin percikan darah dalam gaya retouch photoshop buku komik!! Gue ngga ngerti apa ada keuntungan tertentu buat didapet dari bikin darah CGI, yg jelas mah itu keliatannye jelek banget anjing!! Kite punya apa yg kayanye dimaksudin sebagai aksi vampir2 dibelah vertikal, horizontal, kepenggal, kemutilasi, kecolok, de el el, de el el, & gara2 darah digital yg ngotorin semua scene, segalanye cuman jadi keliatan ngejengkelin!

Udah lah, cukup kayanye ngabisin waktu buat ngebahas hal seburuk ini. Akhir kata, Blood: The Last Vampire masuk dengan pas dalem jajaran panjang film-buruk-yg-ngelibatin-vampir-di-dalemnye. Ambil pasak panjang trus tancepin ke jantung Dracula…genre ini bener2 udah sekarat.

Onegin : setan paling tidak mengancam sepanjang sejarah cinema.



............................

R : Oke, buat yang penasaran ama gimana tu aksinye si setan paling tidak mengancam dalam sejarah sinema, kamu bisa download filmnya disini :D

detail info
BTLVampire-A.avi
Size : 444.38MB

8 comments:

  1. Hmmm, mending nonton animenya aja. Ditambah Blood+ anime yg merupakan kelanjutkan Blood: The Last Vampire.

    ReplyDelete
  2. wah ada yah anime lanjutannya? thanks for info. :)

    ReplyDelete
  3. Thanks udah ngingetin cerita film ini,gw ketiduran waktu nonton film
    ini di bioskop. Efek gerakan silatnya jelek,nggak seru. Ceritanya asli
    basi.

    Cuman si onigen nya cakeppp bgttttt gila kali luh! menurut gw
    dia setan paling layak dientot sepanjang sejarah sinema. Hot abis!

    ReplyDelete
  4. wakakakak tidak mengancam dan layak dientot!! perfect dah!

    jadinya malah pengen nonton filmnya xp

    ReplyDelete
  5. "tidak mengancam dan layak dientot", kedengeran kaya definisi dari bondon2 Mahakam jaman gue SMA dulu.

    ReplyDelete
  6. Ceritanya kok kayak Blade ya... plagiat atau kebetulan...??

    ReplyDelete
  7. menurut saya sih nih film paling cocok buat yang udah pernah nonton anime nya dan emang nge fans banget sama film2 jepang.emang rada ngebosenin sih versi real-action nya.mending nonton versi anime nya aja.

    ReplyDelete