08 November 2009

ROGUE

REVIEWED BY 'Z'.

Gue suka film2 predator-mengerikan-yg-memangsa-manusia. Bahkan yg butut2nye sekalipun. Gue bahkan masih bisa nikmatin The Curse Of Komodo ama Anaconda kalo lagi diputer di TV. Film kaya gini ngga pernah gagal, sejelek2nye apapun yg terkandung di dalemnye lo dijamin masih bisa ngetawainnye. Menurut gue, kalo udah masalah “entertainment”, film2 kaya gini, ama pro-wrestling, itu adalah 2 hal yg paling terpercaya buat bikin lo ngerasa puas. Tentunya ngga semua binatang pembunuh jadi keliatan kaya lawakan kalo dibuat dalem bentuk film. Hiu Jaws itu mengerikan, Grizzly cukup mencekam & Eight Legged Freaks bikin laba2 jadi nongol di mimpi gue. Tapi kalo ada hewan ganas yg ngga pernah dapet perlakuan fair di genre horror, itu pastilah mereka para buaya.

Pada kenyataannye, buaya itu predator yg fenomenal. Mereka tuh salah satu spesies yg, bareng kecoa, bisa bertahan idup sejak jaman pra-sejarah. Dalam realita amfibi ini merupakan mesin pembunuh mengerikan yg bisa membunuh mangsanye dengan sekali caplokan mematikan, terus kenape mereka selalu keliatan konyol kalo kite liat dalem pita seluloid? Ngga apa2 lah, soalnye sekarang Greg McLean, sutradara yg ngasih kite suspense terror berjudul Wolf Creek, nunjukin ke kita semua sebenernye segede apa terror yg bisa diciptain ama cukup satu biji aja dari binatang ini.

Dengan set-up yg simpel & efektif McLean naro cast-nye di atas satu kapal tour yg jalan2 di wilayah Northern Territory Australia, di tengah jalan mereka ngeliat flare di langit & mutusin buat ngasih pertolongan. Sialnye pas masuk makin ke jantung wilayah itu, kapal mereka dihantem & semua penumpangnye terdampar di pulau kecil. Apa penyebabnye? Seekor buaya yg keliatan sangat marah…sangat besar, & dengan air pasang yg makin nenggelemin pulau tempat mereka terdampar, jadi kerasa sangat mengancam!

Rogue itu film yg ngekspoitasi formula standar “raksasa-pemakan-manusia” dengan intensitas terror dalam skala berat badan Godzilla. Caranye sebenernye sederhana aja: disini, semuanye dilakuin dengan bener. Dari makhluk ganasnye yg mengintimidasi, karakter yg ngga dibikin2, ama setting yg punya peranan luar biasa buat nyiptain atmosfer mencekam. Plus ide kalo sebenernye orang2 yg terdampar itu cuman kepisah beberapa ratus meter dari daratan, tapi dijamin bakalan mati seketika begitu mereka nyemplung ke aer itu praktis adalah pemikiran yg luar biasa. Dengan nunjukin jalan keluar yg selalu keliatan tapi ngga bisa dijangkau, McLean bikin suasana panik ama frustrasi yg melanda para calon korban kite jadi bener2 kerasa.

Pendekatan McLean buat nampilin monster ini sebagai binatang buas biasa juga sentuhan yg manis. Dengan ngga ngelibatin script2 soal eksperimen genetik, kecelakaan biologikal, ama pengaruh radioaktif dalam perilaku peran utamanye, film ini jadi kerasa real. Buaya ngga butuh alesan2 fantastis buat jadi agresif . Secara alamiah, mereka emang binatang territorial & manusia2 annoying tadi udah ngelanggar wilayah kekuasaannye! Makin lama mereka ada disitu, bakalan makin marah pemilik wilayah itu ngeliatnye. Ini binatang yg marah…ini binatang yg punya motif…dan kalo lo ngga bisa kemane2…anjis nasib lo bener2 sial.

Tentunye ini bukan film yg sempurna. Angka body count yg rendah ama ending yg kerasa buru2 itu 2 poin minus yg langsung nongol di kepala kalo liat ini. Tapi eksyen ama suspensenye ada dalam kualitas top-notch. Plus lo bisa muasin mata ngeliatin setting fantastis dari kemegahan alam Northern Territory lewat shot2 aerial yg biasanye, cuman bisa lo liat di film2 kolosal. Sedikit angka minor dituker ama banyak angka major…plus-plos lah. Kalo semuanye ditimbang2, Rogue itu satu dari segelintir film binatang buas yg bener2 “menggigit”. …dan pacar gue tau kalo gue suka yg gigit2. Ha!

3 comments:

  1. iye yee..body count-nya kurang, gore-nya juga kurang banyak xp tapi, buayanya emang nyeremin banget di film ini..dan beberapa kali nggak sengaja gue berteriak "shit!!!", "wadepak?!" hoho..hanya saja untuk sebuah buaya normal tanpa pengaruh radiasi/eksperimen biologi,ukuran buayanye terlalu raksasa..whatever, just entertainment :)

    ReplyDelete
  2. kalo buayanye ukuran normal mah ngga akan seru atuh, kecuali jumlahnye banyak. Pilihannye emang cuman 2 sih: banyak yg kecil2 ape 1 yg gede. Kalo ngga mah garing.

    ReplyDelete
  3. gw udah sering seliwar seliwer di chelsea dan selalu ngeliat dvd film ini, tp kenapa gw milih beli Gingerdead Man ya????
    terserah lah, gw lebih demen film yg mikir...kayak tarantino, anyone? kekekekekek xD

    ReplyDelete