01 November 2009

PARANORMAL ACTIVITY



REVIEWED BY ‘R’ :
Scariest Movie of All Time,eh?
Yap, film yang konon cuma menghabiskan biaya 15.000 dollar ini menghasilkan 9.1 juta dollar hanya dalam seminggu rilis. Film ini juga begitu nge-hype di jejaring sosial maya, -Twitter- dan menjadi trending topics selama 1 minggu lebih., -ampe sekarang masih jadi TT tuh- Saya juga curiga film inilah yang akan menjadi ‘Surprise movie’ dalam gelaran INAFFF 2009 nanti.

So, apa yang menakutkan dari film ini? kebeneran kemaren saya jalan-jalan ke Mangga Dua dan ngedapetin film ini ada di salah satu rak penjual DVD bajakan. Weehh..penasaran doong? Hehe langsung saya coba tuh DVD, ternyata gambarnya udah bagus dengan subtitle Indonesia ( not Malaysia ).

Malemnya, saya sengaja nonton film ini malem-malem ( jam1 ), lampu dimatiin, kemenyan di nyalain ( yang ini boong )…
Bersiap-siap menonton film yang sedang menjadi gunjingan jutaan manusia di belahan bumi sebelah sana. Konon, inilah film paling menakutkan sepanjang sejarah per-film-an..

Hmmmm….

……………………….

Dan guess what?!
Ternyata gue jadi kaya orang bego nonton film ini. Yah, film ini memang menakutkan…….menakutkan buat anak 12 -16 tahun! Shit.

Sebelumnya saya udah tau kalo film ini menggunakan teknik ‘handheld camera’ seperti ‘Blair Witch Project’, ‘Quarantine’ ‘diary of the dead’ atau ‘Cloverfield’ tapi saya nggak nyangka kalo film ini juga menggunakan konsep ‘UKA-UKA’ di TPI! Haha..Dan lame-nya lagi, bagian UKA-UKA inilah ( lengkap dengan detik-detik berjalannya waktu ) yang sepertinya membuat jutaan penonton di amerika dan eropa sebelah sana ketakutan!

………………………...

Jadi, ceritanya pasangan Micah dan Katie baru saja pindah ke sebuah rumah, yang mana ternyata rumah itu ada hantunya. ( oooh..rasanya udah ribuan kali gue nonton tfilm tentang ‘pindah rumah-ada hantu nya seperti ini ). Alih-alih pindah rumah lagi, bikin selametan rumah atau atau nge-datengin dukun buat ngusir tuh hantu, Micah malah memasang kamera di kamarnya. Nah, melalu kamera inilah aksi sang hantu terdeteksi.

…………………………

Cuma seperti itu saja ceritanya.
Its fuckin boring me. 30 menit pertama saya malah pengen matiin nih film dan tidur saja. Saya berkeras melanjutkan nonton, hanya karena penasaran mungkin di bagian akhir akan ada sesuatu yang surprised. sayangnya tidak ada. Not forget mention that dialogs are bored and scenes are too repetitive and there's no tension in it. Dan ceritanya juga nggak jelas, menghasilkan pertanyaan yang nggak terjawab di sana-sini..


SPOILER ALERT!




- Pada bagian akhir, Katie yang semula bersikeras pengen pindah malah ngotot tinggal di rumah itu..apa dia kesurupan atau apa? Dan gobloknya Micah nurut aja, padahal terror si setannya udah tambah parah..Nggak jelas.
- Tidak adakah tetangga disekitar situ yang mendengar jeritan mereka?
- kenapa Katie akhirnya membunuh Micah? Apa ini tujuan sang hantu atau apa.? Absurd..



UKA-UKA yang beneran aja bikin boring, apalagi nih film yang udah jelas di rekayasa. Dan celakanya, nyaris 2 jam. Huh! Apa yang ada di pikiran orang-orang yang nge-rating ini 6 bintang di IMDB??? Apa mereka semua anak-anak umur 12 tahun ? well, kalau begitu sepertinya penonton di amerika dan eropa harus menonton reality show UKA-UKA atau Dunia Lain.
Entahlah, mungkin guenya aja kali yang nggak begitu tertarik dengan film horror yang bertema Roh, arwah penasaran, merkayangan dan sejenisnya.
Zombie, mutant, monster, psikopat oke..tapi, arwah gentayangan..hmmm..nggak deh.

Satu-satunya adegan dan effect yang digarap dengan baik di film ini adalah, ketika sang hantu menyeret Katie dari ranjangnya. Adegan ini bagus, tapi buat gue tetep aja nggak nyeremin.

Mungkin sutradara film ini mempunyai ide bahwa sesuatu yang tidak terlihat bisa juga menjadi sesuatu yang menakutkan. Whatever, this movie not scary me at all. Bikin ngantuk iya. Jangan dibandinginlah ama The Sixth Sense, yang sempet bikin gue merinding.

………………………

Akhir kata, bukan film yang jelek. Digarap cukup baik. Apalagi untuk ukuran film ber-bujet rendah yang dibuat hanya dalam waktu seminggu.
Namun, salah satu film paling menakutkan sepanjang masa?????? Oh, tidak!

Yeah, maybe the hype kill this movie
High expectation kill myself.

All about this movie : http://www.imdb.com/title/tt1179904/

RATING:
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

7 comments:

  1. Blair Witch Project di dunia Amityville Horror? Mungkin kaya gini filmnye M. Nigh Shaylaman bakal keliatan kalo studio2 gede nyadar betapa ngga berbakatnye die & berenti ngasih die budget gede.

    ReplyDelete
  2. mungkin selera masing2 orang berbeda ya, dan mungkin faktor "menonton" dimana (DVD atau layar lebar) itu juga mempengaruhi efek dari film ini.

    entahlah...

    tapi bagi gw ini horor terbaik tahun ini... it's so "simpleton" (mengutip talyda) tapi bisa membuat tidak tidur... hehehe

    nice review anyway~

    ReplyDelete
  3. hehe iya kali mas, faktor nonton di DVD. dan faktor ekspektasi melambung juga hehe

    btw, thanks for comment yak :)

    ReplyDelete
  4. sok ngrti film lo.. ud mrinding kuduk aj.. sok ga takut.. lo jd produser aj coba kalahkan film ini

    ReplyDelete
  5. @ sotoy :
    :D hahahahaha semoga kencingmu lancar..ga ada linkbacknya nih hehehehe

    ReplyDelete
  6. SAYA SETUJU,film nya sangat membosankan,dikira kaya apa,ternyata yaampun agak kecewa,udh coba nonton di bioskop jg non sense -___-

    ReplyDelete
  7. saya suka waktu hari 20 ke atas...
    nah hari-hari sebelumnya..
    kagak bikin ngeri...

    ReplyDelete