26 February 2009

DUEL


Running time 74 min ( TV Version ).
90 min. (DVD version)
Genre: Thriller
Written by: Richard Matheson
Directed by: Steven Spielberg
Produced by: George Eckstein
Starring : Dennis Weaver, Carey Loftin
Music by Billy Goldenberg
Country : United States
Language: English
Release date: November 13, 1971

 

Tau dong Steven Spielberg?

Sebelum menggegerkan dunia dengan keganasan hiu putih, alien kangen rumah, petualangan arkeolog gokil, perjuangan Yahudi di era nazi, robot yang punya perasaan dan dinosaurus ngamuk ternyata Spielberg mengawali karirnya dengan menyutradarai film thriller yang ceritanya ditulis oleh Richard Matheson ini. Dan ternyata cerita Richard Matheson ini adalah sebuah kisah yang diinspirasikan dari kejadian yang pernah menimpanya sendiri, sementara tulisan cerpen kisah ini pun sudah dimuat di majalah Playboy!
Yeah, inilah film perdana atau debutan dari sang sutradara langganan box office itu.

Dirilis oleh Universal Studios tahun 1971 konon film ini nggak meledak dan masuk lingkaran b-movie/’film pinggiran’ amerika, namun mendapat pujian massif dari para kritikus, shootingnya sendiri cuma memakan waktu 2 minggu dan menghabiskan budget yang sangat rendah. Namun jangan salah, film inilah yang dicurigai mencetuskan tren suspense-thriller di tahun 70-an. Beberapa tahun kemudian, film ke dua nya, ‘Jaws’ menjadi Box office disusul rentetan Box-Office lainnya dan nama Spielberg pun melambung, sementara DUEL tetap dikategorikan B-Movie…namun buat gue inilah filmnya yang terhebat!

Ceritanya tentang seorang salesman yang sedang melakukan perjalanan di sebuah jalanan yang sunyi. Di jalan sepi inilah dia bertemu dengan sebuah truk kontainer super jumbo yang rupanya dikendarai oleh seorang psikopat.
Tanpa sebab, sepanjang jalan sang salesman harus menghadapi terror maut dari truk monster ini yang memaksanya untuk melakukan permainan kejar2an. Film berakhir seperti judul film ini, ‘Duel’! pertarungan hidup mati antara sedan merah-kecil-ringkih dengan truk-raksasa-bermesin-diesel.
Dari film2 bertema seperti ini yang pernah gue tonton seperti ‘Joyride’, ‘highwaymen’, ‘breakdown’ atau ‘roadrage’, ‘DUEL’ jelas yang terkeren!





Yeah, Film ini keren,
Dengan cerita sederhana, setting jalanan dan menampilkan 2 karakter itu aja ( salesman naik sedan dan psikopat pengemudi truk ) film bisa nyampe durasi sejam setengah. Yang keren lagi sepanjang film wajah si psikopat sendiri nggak di tampilkan, yang bisa kita saksikan cuma lambaian tangan si psikopat dari atas truk nya. Mukanya sampe film abis nggak keliatan, bahkan mayatnya aja nggak keliatan. Dan apakah psikopatnya bener2 mati? Nggak jelas juga. Diakhir film hanya digambarkan truk monster ini akhirnya terjungkal ke dalam sebuah jurang, dan sang salesman setelah tertawa histeris merayakan kemenangan, terduduk sunyi di bibir jurang merenungi apa yang baru saja menimpanya sambil melempar2kan kerikil ditemani cahaya sunset yang membuat tubuhnya menjadi setengah siluet. Keren!.
Apa kata tentang Spielberg tentang ini?,
“ ketakutan kita akan sesuatu yang tidak kita ketahui atau mengerti bisa jadi adalah ketakutan terbesar, maka saya sengaja tidak menampilkan wajah si penjahat dan motif perbuatannya, untuk memelihara ketidaktahuan penonton…efek dari ini juga membuat truk itu terlihat menjadi penjahat sebenarnya..lebih dari sang pengemudi,..ini poin saya, saya memang ingin membuat film tentang monster raksasa ( truck ) versus manusia biasa..”

Dialog dalam film ini jarang sekali ( maklum karakternya sendiri bisa diitung dengan jari ), bersoraklah kalian penggemar film yang anti dengan dialog/ngobrol..ini full action dari awal sampe akhir. walhasil banyak ditemukan monolog. Namun bukan monolog seperti di sinetron Indosiar yang tokohnya ngomong sendirian sambil mengepalkan tangan dan mata melotot. Spielberg dengan cerdasnya memainkan kamera untuk menghidupkan monolog ini sehingga kitapun tergiring untuk mengikuti apa yang sedang di pikirkan tokoh itu. ( adegan di sebuah kafe ketika sang salesman bingung yang manakah pengemudi truk monster itu, sementara di dalam ada 5 orang yang sama-sama mencurigakan ).

Biarpun film perdana, rendah budget, minim pemain dan nyaris tanpa efek. film ini sudah menyuguhkan seni sinematografi yang jempolan yang akan membuatmu terpaku di kursi sampai film selesai.

So, film ini sungguh collectible item yang sangat berharga, gue bener2 merekomendasikannya buat para horror-fans dimanapun.

3 comments:

  1. Betul2 film yg dahsyat nih....

    ReplyDelete
  2. tp bikin penasaran lw wajahna si pesikopat ntu g d keliatanin walau i2lah t7an si penulis.

    ReplyDelete