09 September 2011

5 'CREEPY-WEIRD-SCARY' MOMENT FROM NON-HORROR MOVIES


Written By ‘R’

Kita udah lihat banyak adegan-adegan menakutkan dari sebuah pelem horror. Walaupun adegan yang gagal dan bener2 membosankan ternyata lebih banyak lagi haha. Kalo ketemunya kasus yang terakhir, analisa gue sih, itu karena pas kita nonton sebuah pelem horror, mental dan psikis kita udah bersiap-siap untuk menerima hal yang paling mengerikan. Jadi, ketika yang kita dapetin cuman hantu Darth Maul ama cewe menjerit2 di depan kamera, maka reaksi kita cuman bilang “ udah, segitu doang? “

Lalu gue teringat adegan pelem ‘Pan’s Labyrinth’ dimana Ofelia harus berlari dari kejaran monster Pale Man yang menyeramkan itu. Walau akhirnya gue kecewa dan sebenernya pengen liat sang monster memakan gadis kecil itu ( seperti dia juga memakan 2 peri kecil ) tapi, gue pikir, adegan ini bener-bener scary moment dalam pelem horr..

“ tunggu! Tapi, ‘Pan’s Labyrinth’ bukan pelem horror!! “

Eh, iya ya..? ‘Pan’s Labyrinth’ tuh bukan pelem horror hehe tapi lebih ke drama-fantasi kaya semodel Narnia apa Alice in Wonderland tapi dengan tone yang lebih dark aja.

Dari sini gue langsung teringat beberapa pelem yang sebenernya bukan horror, tapi punya creepy moment dalam adegannya. Oh iya, kalo dibilang menakutkan sih sebenernya nggak. Gue lebih seneng nyebutnya sebagai creepy. Dan agar kalian bisa lebih memahami apa yang gue maksud dengan creepy, kalian bisa liat gambar di bawah ini :


Asli, gue lebih milih berantem ama pocong daripada harus duduk segerbong ama mereka!!

.....................................................................

Yaudah, langsung aje ke list 5 'CREEPY-WEIRD-SCARY' MOMENT FROM NON-HORROR MOVIES yang sebenernya gue bikin karena gue belum sempet nonton pelem horror yang keren lagi hahaha

1. Crawling Baby
‘Trainspotting ( 1996 )’ 
Directed By Danny Boyle

Plot : 

Trainspotting itu pelem drama Inggris yang disutradrain ama Danny Boyle berdasarkan novel dengan judul sama karya Irvine Welsh. Filmnya sendiri bercerita tentang sekelompok pemuda low-life resah di daerah Edinburg yang melarikan diri dari betapa memuakkan nya kehidupan modern dengan memakai narkoba. Dengan berfokus pada salah seorang dari mereka, Mark Renton ( Ewan mc Gregor ) yang diceritan nyoba menghentikan kecanduannya akan heroin, pelem terus mengalir berbalutkan adegan2 surreal yang menghasilkan sebuah drama-komedi-gelap nan memiriskan. 

Creepy Scene : 

Sedikit curhat hehe dulu, gue juga pernah mengalami halusinasi cukup menyeramkan ketika terlalu banyak menghisap ganja. Gue ngerasa ruangan kamer bergoyang-goyang, kepala pusing dan tubuh serasa sangat ringan, lalu gue juga seperti mendengar suara2 aneh didalem kepala, itu seperti suara orang banyak yang sedang mengaji..hehe sempet terlintas pikiran, kalo gue sedang diambang kematian. Segera saja perasan takut menyergap, lalu dengan terhuyung gue pergi ke kamar mandi buat cuci muka tentu dengan harapan pengaruh ganja itu segera hilang. Namun setelah cuci muka, tanpa sengaja gue melihat ke arah cermin..dan guess what? bayangan yang terpantul di cermin adalah wajah yang sama sekali nggak gue kenal!

Nah, dalam ‘Trainspotting’ Danny Boyle gue pikir sukses membuat visual halusinasi-surreal yang sedang dialami para drug-user ketika die sedang mabok atau sakauw. Salah satu adegannya yang mampu membuat gue tercekat dan berteriak : “ oh shit! This is fuckin-creepy!! “ adalah yang ini : 

Dikamarnya yang terkunci dari luar, Renton diceritain mengalami sakauw luar biasa. Tubuhnya menggigil sementara keringat bercucuran. Yah, sepertinya dia dalam sebuah kondisi yang sangat menyiksa. Saat itulah dia mengalami hallusinasi. Renton melihat bayi sodaranya yang telah meninggal, merayap ( dengan posisi terbalik ) di langit-langit kamar. Ngeliat itu, kontan Renton merintih ketakutan namun bayi itu terus merayap sambil menangis, dan ketika die nyampe tepat di atas kepala Renton, sang bayi tiba-tiba berhenti lalu memutar kepalanya hingga 180 derajat (!) Dia kemudian menatap Renton dengan tatapan mata kosong. Renton menjerit histeris melihat pemandangan aneh itu. Namun, sang bayi tiba-tiba terjatuh dari atap…tepat di wajahnya! Creepy!




2.The tunnel 
"Willy Wonka and the Chocolate Factory" (1971) 
Directed by Mel Stuart 

Plot :

Dunia terkejut ketika Willy Wonka, yang selama bertahun-tahun sangat menjaga ke-rahasia-an pabrik coklatnya mengumumkan bahwa dia telah memasukkan 5 tiket emas kedalam coklat produksinya. 5 orang yang beruntung mendapatkan tiket emas itu akan diajak melakukan tur ke pabrik coklat miliknya, sementara satu yang terpilih akan mendapatkan pasokan coklat Wonka seumur hidup! Tentu saja semua anak berusaha mendapatkan tiket emas itu dengan berbagai macam cara. Charlie adalah salah satu anak yang sangat memimpikan mendapatkan tiket emas itu. Tapi apa daya, sebagai anak dari keluarga miskin yang jarang membeli coklat Wonka, dia hampir nggak punya peluang buat mendapatkan tiket itu. Tapi prends, dalam film, keajaiban bisa saja terjadi. Dan yeah, ternyata Charlie mendapatkan tiket emas itu dan berhak mengikuti tur ke pabrik coklat Willy Wonka! 

Bersama 4 anak lain yang mempunyai karakter berbeda2, Charlie pun memulai petualangan ajaib ( sekaligus mengerikan! ) nya di pabrik coklat milik orang aneh Willy Wonka.

Crepy Scene : 

Sebagai sebuah film fantasi anak-anak, gue pikir Willy Wonka and the Chocolate Factory ( 1971 ) nggak seceria dan penuh pelangi kaya pelem fantasi lainnya. Karakter Willy Wonka, Oompa Loompa, setting, tone dan ide ceritanya membuat gue sempat berfikir kalo ini lebih mendekati pelem slasher dalam versi anak-anak. Tentunya kalian para pembenci anak-anak ( terutama yang sikapnya nyebelin ) akan seneng ngeliat gimana anak-anak bandel itu mendapat hukuman dari pabrik coklat Wonka yang aneh. 

Ada anak yang berubah warna dan menggelembung menjadi sebesar gajah, ada anak yang tenggelam dalam sungai coklat dll.. weird. 

Tapi, tentu yang paling creepy dan cukup menakutkan ( terutama kalo ditonton anak-anak ) adalah adegan yang satu ini : 

Wonka menaikkan para pengunjung pabriknya ke sebuah perahu yang keliatannya akan menjadi sebuah perjalanan ajaib menelusuri sungai coklat. Tapi, sama kaya semua hal aneh yang ada di pabrik itu, perjalanan ini pun kayanya nggak akan seperti naek perahu-bebek di Dunia Fantasi. Bener aja, perahu itu ternyata masuk ke sebuah terowongan yang berisi kerjapan cahaya-cahaya aneh dan gambar-gambar surreal, mata raksasa, cacing, serangga, mayat dengan ulat dimulutnya, wajah pria jahat, ama ayam-ayam yang disembelih. Sepertinya itu adalah terowongan neraka. Anak2 itu pun menjerit2 ketakutan, tapi seperti seorang maniak, Wonka malah tersenyum misterius dan mulai menyanyikan puisi mengerikan. Weird.





Dan kita tau, seseorang yang akan sangat tertarik untuk membuat remake pelem seperti ini pastilah dia yang bernama Tim Burton. Oh, bener aje. Hehehehe.


 3. Bathtub Scene 
‘Dumplings ( 2004 )’ 
Directed By Fruit Chan 
Plot : 

Mrs.Li ( Pauline Lau ) adalah seorang mantan bintang TV yang sedang dilanda perasaan putus asa dan nggak berguna. Dia ngerasa perhatian suaminya mulai berkurang ( itu karena ternyata sang suami berselingkuh dengan cewe lain. ) Parahnya, bukannya nyalahin ketidak-setiaan sang suami, Mrs. Li justru ngerasa itu disebabin oleh usia yang semakin tua dan penampilannya yang tidak lagi menarik. 

Dalam keresahannya, Mrs. Li akhirnya bertemu dengan Bibi Mei ( Bai Ling ) yang mengaku punya resep dumplings istimewa untuk membuat Mrs.Li kembali cantik dan awet muda. Mrs.Li pun segera mengkonsumsi kue buatan Bibi Mei, sampai akhirnya dia tahu resep yang di gunakan Bibi Mei untuk kue nya adalah sebuah horror! 

Untuk review lebih lengkap kalian bisa klik link di bawah ini http://horrorsekarepdewek.blogspot.com/2011/06/threeextremes-2004.html 
 
Creepy Scene : 

Gue tegesin, ‘Dumplings’ adalah sebuah drama. Entah, kenapa IMDB melabelinya sebagai horror? Tapi memang, sebagai sebuah drama, ‘Dumplings’ punya ide cerita yang sangat subversive, kontroversial, ekstrim dan disturbing. Mungkin itu yang ngebuat die jadi kaya pelem horror. Tapi, diluar itu ‘Dumplings’ beneran sebuah drama. Makanya, gue masukin ke dalam list ini hehe. 

Atau mungkin juga IMDB melabelinya sebagai horror, karena adegan ini : 

Warning! Spoiler! 


Resep rahasia Bibi Mei sebenernya adalah..die menggunakan mayat-janin ( yang die dapet dari rumah sakit atau aborsi illegal yan g dilakukannya sendiri ) sebagai bahan baku kue nya. Nah, suatu kali Bibi Mei kabur keluar kota karena terlibat sebuah kasus aborsi illegal yang berujung pada sebuah tragedi.

Mrs. Li yang terlanjur kecanduan kue-janin Bibi Mei pun harus memikirkan cara agar dia tetep bisa mengkonsumsi ‘obat-awet-muda’ nya. Hingga dia akhirnya memikirkan sebuah ide yang luar biasa gila.

Di sebuah bathtub, dengan iringan musik latar yang sungguh menyayat, Mrs. Li memutuskan untuk menggugurkan kandungannya sendiri. Dia memasukkan besi pengait ke dalam selangkangannya. Air dalam bathtub itu pun segera berubah merah-darah. Lalu adegan selanjutnya, kita akan melihat mulut Mrs.Li berlumuran darah. Dia seperti habis memakan sesuatu. Lalu kita akan melihat lidah Mrs.Li ( yang tiba-tiba berubah menjadi panjang seperti lidah reptil ) menjilati sisa darah di bibirnya. Yah, Mrs.Li memakan bayinya sendiri! 

Videonya disini :
http://www.youtube.com/watch?v=89i70YTP17o 

 
4. Flesh Fair 
‘A.I – Artificial Intelligence ( 2001 )’ 
Directed By Steven Spielberg 
Ini pelem drama sci-fi nya Steven Spielberg yang dia bikin berdasarkan cerpen Brian Aldiss “ Super Toys Last All Summer Long “. Bersetting di masa depan yang nggak terlalu jauh dari sekarang, A.I berkisah tentang David ( Haley Joel Osment ) sebuah android anak-anak yang mempunyai program unik : kemampuan untuk mencintai. 

Plot :

Di tahun 2014 ketika bencana akibat global warming membuat populasi manusia menurun drastis, diciptakanlah sebuah robot canggih kontroversial. Robot ini disebut dengan nama : Mechas. Nah, David ( Haley Joel Osment ) adalah sebuah model-prototipe Mechas yang diciptain menyerupai anak kecil dan diprogram untuk mampu menirukan pikiran, emosi, dan perasaan manusia. 

Perusahaan pembuatnya ( Cybertronics ) lalu mencoba model-prototipe robot ini ( David ), ke sebuah keluarga yang sedang berduka. Itu karena putera keluarga ini ( Martin ) dalam keadaan koma karena sakit. Masalah mulai muncul ketika Martin kemudian sembuh dari sakitnya,dan menganggap David hanya robot pembantu mainan. Dari sini kisah petualangan robot David yang mencari cinta sejati lalu mengalir, ngingetin kita akan petualangan Pinokio si boneka kayu itu hehe. 

Creepy Scene : 

Dalam pelem ini, diceritain robot-robot rusak atau malfungsi akan ditangkap oleh perusahan Cybertronics untuk segera dihancurkan. Nah, ada yang memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis dengan membuat sebuah pertunjukan brutal. Di pertunjukan yang diberi nama Flesh Fair ini, atraksi penghancuran para Mechas digelar dihadapan ratusan penonton yang bersorak sorai. 





Haha aslinye, gue cukup merinding ( sekaligus terhibur :P ) ngeliat robot yang mirip manusia ini di bantai, diledakkan, dimutilasi, dan dieksekusi dengan berbagai cara gruesome. Apalagi ketika sebelum atraksi penghancuran, para Mechas ( yang seperti mempunyai perasaan itu ) memohon untuk dibiarkan hidup. Adegan ini sih lebih pantes kalo dimasukin ke sebuah pelem zombie, dan gue bakalan lebih seneng ngeliat atraksi eksekusi zombie.

Di adegan lain, kita akan ngeliat beberapa android mengais2 sesuatu disebuah tempat yang terlihat mirip kubangan ‘sampah robot’. Ternyata, mereka adalah para robot rusak/cacat dengan ( bagian tubuh buntung ) yang sedang mencari2 bagian tubuh robot lain dari kubangan sampah itu untuk dipasangkan ke tubuhnya sendiri. Unsettling-Creepy!


Nggak tau buat yang lain, tapi buat gue ini terlalu disturbing dan horror untuk sebuah tontonan berlabel PG13.


5. Broken Neck Undead
‘Death Becomes Her ( 1992 )’
Directed By Robert Zemeckis 

Sebuah dark komedi-fantasi nya Robert Zemeckis yang dibintangi Bruce Willis, Meryl Streep, ama Goldie Hawn.

Plot : 

Ceritanya berkisar tentang perseteruan 2 orang cewe, Madeline ( Meryl Streep ) dan Helen ( Goldie Hawn ) dalam memperebutkan cinta Ernest ( Bruce Willis ). Demi memenangkan persaingan, ke dua nya meminum sebuah ramuan ajaib yang mampu membuat mereka kembali cantik, muda dan hidup abadi. 

Perseteruan semakin memuncak ketika Madeline dan Helen akhirnya saling membunuh. Yah, ke dua nya tewas dalam sebuah perkelahian konyol. Namun ramuan ajaib itu mampu menghidupkan mereka kembali. Celakanya, setelah itu khasiat untuk membuat mereka tetap muda ternyata hilang. Maka, Madeline dan Helen pun terpaksa harus merawat tubuh mereka yang lama kelamaan semakin tua dan membusuk sambil menunggu kematian yang tak akan pernah datang. 

Creepy Scene :

Madeline terjatuh dari tangga karena didorong Ernest. Tubuhnya terhempas, terguling-guling tanpa daya. Krak! Kita akan ngeliat leher Madeline patah. Nggak akan ada yang selamat jatuh dari tangga setinggi itu. Mengira Madeline telah tewas, Ernest segera menelepon Helen untuk memberitahunya. Namun, tanpa dia tahu, dibelakangnya ‘mayat’ Medeline mulai bergerak-gerak, kemudian bangkit dan perlahan-lahan menghampiri Ernest dengan leher yang terpuntir patah. 





 Haha sungguh aneh ngerasain merinding di sebuah film komedi kaya gini. But this scene is really fucking fun hilarious creepy as hell!


……………………………………………

Bagaimana dengan pelem lokal? Ada nggak pelem yang bukan horror tapi punya adegan menyeramkan?

Gue mencatat ada ‘Fiksi’ nya Mouly Surya, terus pelem drama-jadul ‘Sumpah Keramat’ ( Rano Karno ama Yessy Gusman ) dimana adegan sumpah-pocongnya dulu sungguhlah menakutkan hehe..teruuusss apa lagi yaaa hmmm..

oh iya..ama adegan dari pelem dibawah ini : 
 
Jembatan Kematian 
‘Buah Hati Mama ( 1980 )’ 
Directed By Sophan Sophiaan

Plot : 

Ini pelem drama jadul jaman TVRI haha. Kalo ga salah ceritanya sih tentang keluarga kaya yang ( gue lupa sebabnya ) tiba-tiba jatuh miskin. Anak keluarga ini, si Eka ( nah gue masih inget nama anaknya ) kabur dari rumah karena sering dimarahin bokap-nyokapnya. Kalo ga salah dia lalu bertahan hidup dijalanan dengan berjualan es ( haha sinetron banget dah pokoknya ). Orang tua Eka kemudian sangat menyesal lalu mencari dia ke mana-mana. Sayang sekali, ketika ditemukan Eka sedang terserang sakit typhus parah yang akhirnya ngebuat dia koma dan diambang kematian. 

Creepy Scene :

Jadi ceritanya si Eka ini koma di rumah sakit. Nah, pelem lalu nyoba ngegambarin alam 'ambang-maut' ( near-death experience ) dimana adegannya adalah Eka berdiri di tepi sebuah jembatan. 

Yang nyeremin, diujung jembatan sebelah sana berdiri beberapa orang berpakaian putih-putih yang melambaikan tangan sambil memanggil2 namanya. Mereka kemungkinan adalah visualisasi dari roh orang2 yang sudah meninggal. Sementara dunia di seberang jembatan itu sendiri adalah alam akherat. Artinya, kalo Eka menyeberang jembatan itu matilah dia. 

Asli adegan ini serem banget ( terutama buat anak 5 tahun kaya gue ) haha bikin merinding dan ga bisa tidur. Herannya, nyokap gue malah nangis ngeliat adegan ini. 

 .....................................................................

Hehe Nah itu dia 5 + 1 adegan-adegan yang berhasil ngasih sensasi horror dari sebuah pelem yang sebenernya bukan pelem horror versi gue. Tentunya, masih banyak lagi pelem-pelem lain yang punya adegan kaya diatas. Tapi buat, sementara cukup 5 dulu yah, soalnya cape juga ngetiknya hehe

Ciao.

8 comments:

  1. Fiksi bagian yang mana bos?

    tadinya aku mau bilang pas Barry ngomong "lantai paling atas penghuninya setan" beneran merinding tuh mas dia ngomong gitu, tapi kayaknya gak pas sama artikel ini hehe..

    Osama (2003), pas udah ketauan, sama Waltz with Bashir (2008) footage pas ending lumayan juga tuh, eh, masuk gak sih? yang 2 ini lebih ke disturbing sih, engga creepy hehe..

    ReplyDelete
  2. @angrynerd : Fiksi adegan spesifiknya lupa, tapi melibatkan nenek2 yang punya kucing banyak kalo ga salah mah.

    Haha iya 'Osama' yang itu mah ga creepy ( tapi tergantung orangnya juga sih )soalnya adegan2 di list diatas juga buat orang laen mah mungkin biasa2 aja hehe, dan Waltz with Bashir belum nonton :D

    ReplyDelete
  3. Sumpah, kalo gue sih malah kepengen banget satu kereta bareng cewek-cewek pake topeng anime gitu. Biar fantasinya pas 'maen' lebih tinggi.

    ReplyDelete
  4. kelincinya Donny Darko gak nongol? :D

    ReplyDelete
  5. @n00b : oh gue salah, kirain yang bakalan komen kaya kamu cuman si zombem haha...anime apa hentai sih lumayan bagus buat inspirasi coli..tapi human-anime?? it's horror.

    ReplyDelete
  6. Btw itu halusinasi abis ngeganjanya napa mirip abis ama gw!!! Hahahah. Sialan, kalo udah ketinggian, gw suka mikir kalo gw alien *ngeri liat cermin*. Ngejamur juga kadang halusinasinya ngaco. Gw pernah sholat dan mendadak tobat gara2 mikir kalo mo mati. Abis itu nelponin orang2 se-phonebook minta2 maap kalo selama ini ada salah. Anjeenggg...gebleg abis.

    Kalo film-filmnya David Lynch ga masuk horror ya go? Itu deformed baby yg di Eraserhead adalah salah satu makhluk yg gw ngga pengen temuin di dunia nyata. Disturbing abis.

    ReplyDelete
  7. harold and kumar: escape from guantanamo.
    yg waktu si harold mau tidur tiba2 disebelahnya ada anak mata satu, pas si harold ngeliat, dia malah nyengir2 ala suara anak ayam.

    sumpah, serem bgt disitu!!!

    ReplyDelete
  8. gw suka gaya bahasa lo gan. Mantep...

    Coba buat thread aja di kaskus. mantep nih bisa HT

    ReplyDelete