26 October 2010

Interview With : Timo Tjahjanto

Hehe interview2an ini sebenernye udah bisa diposting sejak sebulan silam, tapi berhubung gue sekarang sedang berada di sebuah kota kecil yang suhu rata-ratanya adalah 16 derajat celcius dimana untuk menemui warnet terdekat gue harus menuruni bukit, menyeberang sungai deras, menembus kabut, dan menyibak belantara dulu hehe maka obrolan ringan+iseng bareng sutradara muda potensial yang ramah ini baru sempet gue posting sekarang.

Oke,

Sekilas tentang The Mo Brothers:
Walau menggunakan kata 'Brothers', Timo Tjahjanto dan Kimo Sitamboel pada dasarnya bukanlah saudara sekandung. Mereka adalah dua orang filmmaker yang bertemu di Sydney, kemudian bekerjasama dalam film karya Kimo, Bunian, lalu kembali bekerjasama membuat film pendek berjudul Sendiri (Alone), dan meneruskan kerjasama itu hingga sekarang mereka menjadi sahabat (mungkin sudah seperti saudara » 'Brothers') yang tentunya terus membuat film!

Setelah sebelumnya sukses lewat film pendek Dara yang tergabung dalam antalogi Takut: Faces of Fear, The Mo Brothers meneruskan bloody work mereka ke sebuah film panjang yang kemudian bertajuk Rumah Dara, keluaran dari PH mereka sendiri, Merah Production dan Guerilla Visual Movement. Rumah Dara yang merupakan film layar lebar pertama The Mo Brothers merupakan film dengan genre slasher pertama di Indonesia, dan dipercaya akan menjadi trend setter bagi perfilman nasional.

Nah, yang gue ajak ngobrol kali ini adalah salah satu dari The Mo Brothers yaitu Timo Tjahjanto. Kenapa cuma Timo? Kimo nya kemana? Hehe Ga kenapa-napa, itu  cuman karena  yang punya twitter die doang :P



Balik ke ‘Rumah Dara’, Buat kalian tau, itu adalah satu-satunya pelem horror-lokal di tahun 2010 yang mampu bikin gue nggak peduli matahari siang-bolong Jakarta yang menyengat, ikhlas berhimpit2an di metromini yang suasana didalemnya ternyata nggak kalah thriller ama pelem yang mau gue tonton ( gue pikir seseorang harus membuat pelem thriller dengan setting di dalem metromini..serius ) dan menembus macet sejak dari Mampang Prapatan sampai Blok M Square.

Semuanya itu cuma demi bisa nonton pelem ini langsung di layar lebar. 


The Mo Brothers patut berbangga hehe soalnye buat pelem horror lokal yang laennya gue udah ngerasa cukup buat nontonnye lewat VCD rental ato streaming di yutub aje hehe

Walau secara keseluruhan pelemnya sendiri ternyata belum bisa memenuhi selera-subyektif gue untuk menyebut ‘Rumah Dara’ sebagai pelem slasher-thriller yang sangat menegangkan, tapi bisa gue pastiin kalo ini pelem slasher terbaik yang pernah di buat di Indonesia.

Selain semua lini teknis yang dikerjakan dengan penuh passion ( dan hasilnya cukup mantap ) , Mo Bros nggak pernah berpura-pura sedang membuat film orisinil yang cerdas. Mereka sebaliknya terlihat hanya hendak bersenang-senang dengan cerita simpel untuk kemudian menggelontorkan sebanyak mungkin cipratan darah ama potongan tubuh termutilasi di set filmnya.

Beberapa kali gue ngedenger Daniel Mananta di awal2 film mengucapkan kalimat “klasik men ! “ haha kalimat itu mungkin sebenernya nggak bermaksud apa-apa tapi buat gue itu kedengeran seperti Mo Bros sedang ngasih tau ke penonton kalo adegan2 dalem Rumah Dara juga bakalan menggunakan cerita dan template film2 slasher influental yang udah masuk kategori ‘klasik’ ( baca : klise ) . hehe. Dari sini gue udah memaafkan semua ke-klise an yang ada dan mulai ngarep sajian blood and gore nya saja.

sayangnya kemudian gunting sensor begitu menyebalkan menghilangkan semua momen-momen yang seharusnya menyenangkan dalam sebuah film-slasher. Soalnya buat seorang konsumen horror berselera najis ( yang pasti dibenci ama Michael Haneke ) kaya gue, kalo diibaratin makan bakso, dalam pelem slasher, genangan darah ama cewek menjerit2 itu cuma bumbunya doang. Sekarang bisa kalian bayangin gimana rasanya makan bakso kalo baksonya udah dibuang LSF dan kita dipaksa cuman makan bumbunya doang? DAMN YOU LSF!!

soal ini sebenernya udah sempet gue tanyain pas event online ‘1 jam ngaskus bareng The Mo Brothers’ di kaskus beberapa waktu silam :

Ringo : 'Rumah Dara' sebenernya bagus, cuman gue agak kecewa dengan kinerja LSF, bagian2 paling entertain dari film slasher malah di sensor. Nah, di film berikutnya apa sih rencana kalian buat menyiasati pe-nyensor-an ini..??

Timo : nggak ada siasat, just keep on making it until u bleed, yg pasti we always make movies for the world to see, not just utk pemirsa Indonesia .

Yaudahlah yang jelas gue ngarep sih kalo ‘Rumah Dara’ bakalan ngerilis DVD versi Un-Cut nya.  Apalagi kalo ditambahin bonus feature scene2 yang nggak jadi di shoot seperti  yang diceritain bang Timo dalam interview ini hehe

Cukup ngebacotnya, kita langsung simak aja obrolan ngalor-ngidul bersama Timo Tjahjanto yang bukan hanya ngomongin tentang ‘Rumah Dara’ tapi juga tentang sinema-horror pada umumnya.

Cekidot :

......................................................................................

Q :  Di Rumah Dara, gue ngeliat ada penghormatan ( homage ) bang Timo pada film2 slasher seperti Frontiere's, Texas Chainsaw Massacre, Inside, The Descent ( adegan akhir Julie Estelle nyetir mobil dan berlumuran darah ) bahkan Braindead ( adegan kepleset darah )..bener ga? atau ada pelem lain yang sangat meng-influence bang Timo ketika membuat RD?

A: gue akan (usahakan) super jujur disini, terus terang satu2 nya film yang benar2 gue ambil sebagai materi homage adalah Tobe Hooper’s Texas Chainsaw Massacre.


Homage yang pada dasarnya gue ambil adalah nilai “kedekilan” film tersebut, rasa kotor dan keruh nya film itu ngabantu banget menjadikan TCM sebuah horror legendaris yang timeless buat gue, dan of course juga Gergaji mesin itu sendiri… di TCM begitu gergaji mesin masuk ke layar, Gergaji tersebut mendominasi layar, dari kebuasannya, kepulan asapnya, dan teriakan mesin itu balapan sama teriakan si cewek protagonis.

Gue suka banget braindead tapi terakhir gue nonton braindead itu sekitar 9 tahun lalu kali (deket2 september 11 2001 gue inget banget) jadi gue nggak sadar kalau kepleset darah itu ada disitu.


Sebenarnya ada cerita yang lucu dan lumayan keren mengenai INSIDE dan Rumah Dara terserah loe mau lampirin atau nggak :D :

Seperti yg udah pernah gue bilang kronologis Rumah Dara berasal dari cerita yang udah kita buat secara synopsis dan naskah kasar. Cuman berhubung kaga ada yg mau modalin makanya kita buat DARA dulu .


Nah sewaktu kita ada di LA 2007 untuk nayangin DARA, kita juga nonton INSIDE (film gokil yg semakin gokil diliat dilayar besar) gue sama Kimo antara kagum dan juga grogi ngeliat persamaan2 yg ada di naskah RD kita.


Sebenarnya masalah Astrid hamil itu diubah sewaktu kita workshop, di naskah RD anaknya astrid dan adjie itu memang sudah lahir..bocah berumur 10 bulan- 1 tahunan gitu, cuman waktu workshop aktor cilik nya suaah banget untuk diatur , akhirnya kira2 2 minggu sebelum shoot gue sama kimo darurat bikin Astrid jadi hamil , tentunya kita sadar bahwa buset nihudah semakin mirip juga sama INSIDE. Cuman apa daya, kita tau bahwa anak balita yg lagi umur segitu pasti bakal jadi nightmare di set film kita yg super najis itu…


Lucunya setelah RD itu memasuki phase keliling film festival nya , ada seorang representative dari prancis menghubingi kita, dia bilang bos nya tertarik menjadi distributor DVD RD di prancis, setelah kita pelajari dia siapa ..ternyata dia produser film INSIDE, cukup membanggakan bahwa sebuah film favorit gue 2007 ternyata bisa terkait dengan film gue sendiri.

Q : Bang kenapa sih Shareeefa Daanish di RD cara ngomongnya gitu? haha i mean, penonton banyak yang ketawa pas denger cara dia ngomong..dan gue akan kabur ( sambil ngakak ) kalo di dunia nyata ketemu orang yang ngomongnya gitu haha

si.. lah.. kan.. du..duk..
 A: sebenarnya inti gue adalah , gue nggak mau lagi bikin si Daanish itu karakter yang sama dengan film pendek DARA, kalau di DARA dia masih mempunyai sisi yang sensual, di RD dia harus mempunya sisi yang surreal, ini mungkin pada akhirnya sebuah penafsiran yang berbeda2 tergantung penontonnya siapa.. karena cuman yang mengerti bahasa Indonesia doing yang menganggap suara dia itu kocak, ya sudah itu bukan hal yg buruk juga buat gue…toh menambahkan factor grindhouse nya juga.

Tapi diluar untuk orang bule atau non Indonesia speaking, mereka menafsirkan suara Daanish sebagai aneh dan gender-less..dalam arti kata mereka mendapatkan sesuatu yang seram disitu .
Suara itu juga kebanyakan ciptaan Daanish sendiri, walau dia juga pernah bilang “pasti di sini org bakal ketawa denger suara gue” gue bilang ke dia cuek lah, yg penting Daanish yg kayak gini bukan Daanish yg seperti sebelumnya.

Q : Ada ngga adegan yang sebenernya pengen bang Timo masukin di Rumah Dara, tapi ga jadi lantaran pertimbangan 'pasti kena sensor' ? kalo ada, adegan yang kaya gimana tuh?

A: ada banget , ini semua hasil perseteruan gue dengan Kimo juga, yang kalau gue bilang nggak ada yg bener atau salah…

Di skrip awal yang gue tulis ada bbrp adegan yg pasti nggak bakal lulus sensor, jadi sama Kimo gue udah dihadang duluan supaya nggak usah shoot scenes itu jadi nggak usah buang budget “


Contoh2 scene yg nggak di shoot:
A: Scene Adam membunuh polisi, di naskah gue tulis bahwa si Adam menarik paksa tangan polisi itu sampai sendi dan ototnya robek, sehingga putus, si Adam kemudian menggebuki polisi itu dengan tangan putusnya sendiri sampai mati

Ringo : illustrasi gue untuk tribute 'adegan yang nggak di shoot dalam 'Rumah Dara' hehe. Ini gambar intel polisi yang tangannya buntung di cabut paksa ama Adam wkwkw sebenernya gambarnya blom selesai, tapi gue udah kebelet pengen posting Q+A ini haha

B: ada 2 scene yang pengen gue masukin sebagai bukti konkrit bahwa mereka itu cannibal, salah satunya Adam mencabik dengan mulutnya daging salah satu polisi yang udah mati .


C: request dari para produser2 Singapore mereka pengen ada shot cewek telanjang yang udah mati dan brojol peranakannya ..yang itu gue juga setuju nggak usah ditaruh karena nggak ada maknanya

 
Q : Apakah bang Timo udah cukup puas dengan Rumah Dara? kalo disuruh ngerating film sendiri, dapat rating berapa tuh? Hehe

A : Gue sih sebenarnya ngerasa RD masih bisa jauh lebih bagus, banyak yang nggak kesampaian oleh kita karena keterbatasan budget dan waktu shooting, tapi kalau di suruh rating RD ..susah juga yeh..mungkin 6.4 ?

Q : Bisa kasi bocoroan dikit untuk proyek film berikutnya? The Killers? Mistress? Rumah Dara 2?

A : Killers adalah projek tersinting yang gue pernah tulis, salah satu protagonisnya memang gila dan sama sekali nggak bermoral, 
maka karena itu juga lah financing film ini sangat susah untuk di dapat, walau secara gore film ini jauh lebih jinak dari RD. Tapi perjuangan masih berjalan terus, pasti akan gue update kelangsungan nya.


Mistress adalah sebuah ide yang gue dapet karena gue pengen banget bikin film dimana dunia yang diterapkan adalah dunianya perempuan, berbeda banget dgn KILLERS dimana sudut pandang ceritanya diceritakan dari Point of View lelaki. Kalau KILLERS belum dapat funding Kita akan go ahead dengan MISTRESS dulu.


Terus terang ttg RD2 mungkin gue dan Kimo masih jauh dari situ, banyak idea yang pengen kita laksanakan dulu sebelum balik lagi ke teritori slasher.

Q : Gue mendengar selentingan2 tentang Jakarta Zombie Festival :D, woow..gue excited banget. Festival seperti apakah ini gerangan? apa ini baru sekedar rencana, atau udah mulai di realisasikan?

A : Hahah karena ini menyangkut para cineas lain juga seperti ibu Lala Timothy (produser Pintu Terlarang) , Gareth Evans, mas Ekky Imanjaya, dan Joko Anwar, juga Rusli Eddy (INAFFF) gue belum bisa bilang banyak, cuman kalau sampai terjadi ini akan jadi revolusi yg bagus untuk perfilman horror Indonesia… dimana para penonton juga akhirnya bisa berpatisipasi langsung dalam perfilman horror Indonesia.

'Jakarta zombie Festival' (?)



'Jakarta's House of The Dead'
 Q : Bang, kita tahu pelem2 seperti Lady terminator, Satan's Slave, Virgins from Hell dll ternyata berhasil mendapat atensi dari exploitation-fan di luar negeri sana, menurut bang Timo apakah2 pelem2 seperti Diperkosa Setan ( Raped By satan ) atau Dendam Pocong Mupeng ( Revenge of the Horny Pocong ) suatu saat akan digemari dan menjadi cult seperti Pembalasan Ratu Laut Selatan?


A : Ini pertanyaan yang menarik, yang gue nggak bisa jawab.


Asumsi idealis gue adalah Lady Terminator , perawan disarang perompak , pengabdi setan masih mempunya nilai Cult yg tinggi, ada sebuah hati dan jiwa di film2 itu yg nggak bisa dijelasin , cuman pecinta film doang yg bisa ngerasa… tapi rasa itu nggak eksis pas gue nonton film KKD atau si Nayato.


Lets say gini aja; mungkin film2 diperkosa setan , etc itu akan di enjoy dalam ruang lingkup Youtube utk jadi bahan ketawa, tapi gue skeptis bakal di pick-up untuk di distribusi keluar lewat dvd dsb, buktinya superman India, Indian hulk (Halka) atau yg gituan juga di pick up dong sama mereka?


Q : Bang, waktu kecil nonton 'Sundel Bolong' nya Suzzanna takut ga? kenapa alasannya?

A : Dulu mungkin takut , tapi sekarang gue cuman bisa ketawa2, tapi gue mengerti kenapa sampai sekarang itu masih bisa dibilang ngeri…karena keangkeran Indonesia (dalam segi mistis) memang nggak ada tandingannya , lucunya keangkeran itu udah nggak eksis lagi di horror supernatural yg berjibun gitu.


Yg gue juga takutin adalah bayi ajaib.

screenshot pelem 'Bayi Ajaib', liat efek tengkoraknye wkwkw
 Q : Kalo salah satu adegan paling memorabel dalam film horror versi bang Timo..?


A : Gue pertama kali nonton Psycho pas umur 8 tahun; ada satu adegan dimana seorang detektif lagi mencari tahu apa yg terjadi sebenarnya di rumah Norman Bates, scene nya diawali dengan kesunyian yg mencekam, tiba2 ada sebuah shot dari atas (birds eye view) dimana Norman berpakaian perempuan lari menuju si detektif dan menusuknya , diiringi dengan suara violin bernada tinggi.


Thank you Hitchcock, gue nggak pernah berani tidur sendiri sampai umur 13 tahun, itu juga karena dipaksa.



( Ringo : Yap, scene ini juga salah satu scene dalam pelem horror yang udah berhasil bikin gue merinding, melebihi adegan terkenal ‘shower+bathtub scene’ dalam pelem yang sama..dan, oh.. scoring untuk adegan ini masih bisa gue inget dengan jelas sampe sekarang ngek-ngek-ngek-ngek-ngek stab!!! ).


Sekitar 15 tahun kemudian, gue nonton The Birds untuk pertama kali,
Scene dimana seorang ibu paruh baya memasuki rumah seorang teman yang baru saja diserbu sama burung..sepi..sepi, sampai di melihat sepasang kaki dibalik ranjang, dia mendongak sedikit melihat mayat temannya udah nggak ada bola matanya . Scene seperti itu dibuat pada tahun 60an ..cuman seorang dewa yang bisa membuat scene2 kayak gitu, yang lain hanya bisa mengekor.

Q : Terakhir, bang minta list pelem Horror/thriller lokal ( Indonesia ) terbaik yang pernah bang Timo tonton? :D


A : Gue cuman bisa bilang Pintu Terlarang, 


 dan film Anto Sinaga berjudul Hantu juga oke, 


 kenyataannya memang kita masih mesti banyak belajar 

Ringo : Oke bang Makasih banyak udah nyempetin waktu buat ngejawab pertanyaan2 gue :D ditunggu pelem berikutnya! 

Hehe demikianlah sesi obrolan ngalor-ngidul with Timo Tjahjanto. Buat pembaca, sori kalo pertanyaannya kurang menggali dan terlalu generik hehe soalnya pas gue baca ulang, ternyata masih banyak pertanyaan penting yang kelupaan buat ditanyain. Dasar pelupa..my bad 

........................................................................

+ sekilas info : berhubung saat ini gue masih jauh dari yang namanya film, bioskop atau DVD, gue masih belum bisa melakukan review film horror sampe jangka waktu yang gue sendiri nggak bisa mastiin.

Tapi kalo sempet gue akan nyoba buat nulis artikel, membuat list atau melakukan interview seperti ini :D

Sementara, untuk review film gue tinggal bergantung pada review kiriman dari Zombem dan Ming

Demikian sekilas info. Salam Horror!!!

7 comments:

  1. gw Blom Nonton Psycho Versi original.....
    pengen :'(
    nice interview bro :)

    ReplyDelete
  2. aduhh go sori yah. saya kelamaan :D gak ngambek kan? hehe

    ReplyDelete
  3. Killers kayaknya keren tuh :D semoga segera ada yang mendanai, amien

    ReplyDelete
  4. film tampopo pas bagian nenek2 yg masuk supermarket.. suasana supermarket jadul yg sepi sama ekspresi neneknya creepy bgt menurut gw lol

    ReplyDelete
  5. nyari timo tjahjanto, eh kesasar kesini. Secara Rumah Dara salah satu film favorit gw juga mau ngasih komen juga deh.

    Filmnya keren, sesuai sama cerita yg digembar-gemborin orang2, gak sengebosenin,(sorry)Modus Anomali, yg menurut gw cerita yg digembar-gemborin yang katanya bakal sadis banget dan mesti nitipin jantung kita di rumah dulu baru nonton film ini gak sesuai sama kenyataannya.

    Cuma somehow masih kurang sadis, mau lebih sadis2an lagi (haus darah bgt), dan tambah scene2 historynya keluarga si dara ini..

    Semoga Bang Mo bersaudara lekas bikin sekuelnya, lengkap sama korban2 si dara sebelumnya, sama cerita si dara muda kenapa bisa sampe jadi pengikut ilmu begituan

    ReplyDelete
  6. Ceritanya kaya film frontiers http://www.imdb.com/title/tt0814685.
    Tapi keren, I love indonesia.

    ReplyDelete