10 August 2010

RAMPAGE ( 2009 )

 Reviewed By 'Z'

Kata ‘infamous’ itu cocok banget buat ngedeskripsiin Uwe Boll, seseorang yg begitu narsistik pada inkompetensinye sendiri sampe die ngerasa perlu buat nantangin para kritikusnye buat bertanding di atas ring tinju & menang! Popularitas dari “karier”-nye dibangun di atas serangkaian film adaptasi dari video-game2 yg juga ngga bagus. 

Untuk sebuah alesan yg kite semua ngga tau, Dr. Boll itu luar biasa ahli dalem soal bikin versi film luar biasa buruk dari video-game yg cuman dianggep sedikit lebih bagusan daripade versi filmnye. Ngga ada yg suka ama orang ini, kenape? Karena die hobi buat nge-annoyed dua jenis orang : para penggemar horror ama para penggemar game. Dua jenis orang yg, kalo ngga lagi nge-search bokep, cuman dikenal buat ngelakuin 2 hal ini:

1. Nonton film horror/maen game.
2. Mengeluh soal apaan yg mereka tonton/maenin.

Kenape Uwe Boll sengaja terus meng-annoyed orang2 kaya gini dengan karya2-nye? Gue ngga ngerti. Tapi hey, ini kan Uwe Boll, orang yg mengambil keputusan ilogikal macem nge-cast Tara Reid sebagai seorang “intelektual”, jadi sapeee yg bisa tau die maunye ape.

Jadi inilah karya Boll terbaru, diadaptasi dari maenan ding-dong klasik di mane 3 monster raksasa berkeliaran di kota, ngerusakin gedung, ngancurin tank, ama makanin cewe2 yg keluar dari jendela.

Dulu kite semua suka banget itu,

itu tuh semacem versi generasi kite dari Point Blank. Tapi, ternyata Rampage yg ini bukan adaptasi dari game itu.

( Ringo : dan juga nggak ada hubungannya ama film ini haha ) 


Malahan, Rampage-nye Uwe Boll ini adalah sebuah film orisinil yg sama sekali ngga ada hubungannye ama video-game ataupun monster. Kalopun lo mesti maksain ini buat punya hubungannye ama game (soalnye ini bikinan Uwe Boll, & lo menolak buat percaya kalo die sanggup ngelakuin sesuatu yg ngga tipikal), game tersebut bakalan lebih cenderung buat keliatan kaya gini


Yup, sutradara yg digadang “bikin Ed Wood keliatan kaya Hitchcock” ini sekarang ngebuat film soal badass-dude-with-guns-shooting-out-randomly-at-armless-civilians.

Gue tau gue harus nonton ini
Bill Williamson itu semacem lo ama gue. Die punya sepasang orang tua yg, dalem usaha mereka buat ramah, selalu bikin tekanan idup lo membesar. Die punya pekerjaan yg sebenernye ngga terlalu buruk, tapi dengan bos luar biasa menyebalkan. Die kenal ama orang yg ngga bisa berenti ngomongin isu2 dunia soalnye kebanyakan nonton Fight Club ama dengerin Rage Against The Machine. Die suka sejenis kopi tertentu, tapi ngga pernah ada yg bikinnye dengan bener. Die pengen makan siang di fast-food, temennye kudu lah bikin monolog panjang Tyler Durden-esque menyebalkan soal itu. Semuanye kedengeran familiar kan? Pendeknye, Bill itu orang biasa dalam sebuah dunia yg menyedihkan, semacem gue kalo lagi malem minggu.

Yg ngebedain Bill ama kite -sekaligus ngemiripin die ama Bruce Wayne- cuman satu: di kamarnye die ngedesain kostum kevlar buat ngelindungin badan dari ujung ke ujung.

Bedanye ama Bruce Wayne, desain Bill ngga punya kecenderungan buat memikat para gay dengan sejenis fetish S & M tertentu, oh iye, ama die juga numpuk senjata otomatis ama amunisi dalam jumlah yg bakalan bikin The Punisher iri!! Buat apa? Supaya pada satu hari yg ngga diduga, die bisa nabrakin sebuah van penuh bahan peledak ke kantor polisi & turun ke jalan buat bikin eksekusi massal secara acak tentunye! Cuma sebuah aksi yg umum dilakuin ama orang2 yg kecewa kopinye ngga pernah dibikin dengan bener.

Gagal dalem apapun yg die bikin sebelonnye (termasuk director’s cut House of the Dead “Funny Version” itu), Uwe Boll mutusin buat nyoba bikin film dengan tema “politis”. Dan meskipun konteks politis dalem film ini nyaris ngga kedengeran kaya apapun selaen potongan sampel2 yg dipotong secara acak dari sebuah album Dalek, kenyataannye Boll udah berhasil ngelakuin apaan yg sebelonnye ngga pernah bisa die lakuin: bikin film yg ngga menyebalkan buat ditonton!! Kali ini, semua kesalahan ama kekurangannye ngga bikin apa yg die bikin jadi keliatan achterlijk, tapi justru cocok ama keseluruhan tema bahwa ini adalah potret ekstrim dari tendesi nihilistik generasi muda di jaman modern.

Malah, gue pikir kalo misalnye Boll berusaha buat ngedalemin alam pikiran Bill & nyoba ngasih penjelasan lebih detail soal apaan yg jadi landasan aksinye, film ini bakalan jadi terlalu ambisius. Gue ragu seorang Uwe Boll, bahkan dengan semua kemajuan yg ditunjukinnye di sini, bakalan punya kapabilitas buat ngekesekusi subjek sedalem itu dengan bener. Kayanye, kaya karakter Bill Williamson sendiri, Boll lebih fokus pada eksyen, bukan kata2, itu ngebantu produk akhirnye buat jadi kerasa efektif daripade kalo die berusaha terlalu jauh ngeksplor wilayah filosofis. Bahkan ada sentuhan twist di ujung yg sampe pacar gue, seseorang dengan selera film jauh lebih bagus dari gue, bisa nganggep itu cukup keren, &  doski tadinye adalah yg paling kontra pas ngeliat gue ngambil DVD-nye film bikinan Uwe Boll dari rak.

Tentunye buat nyebut Rampage sebagai sesuatu yg “luar biasa” juga sebuah hiperbola. Walaupun punya momen2-nye, Rampage tetep dipenuhi ranjau poin2 minus yg betebaran di sana-sini. Dialog2 tolol, soundbite2 annoying, editing flashy yg membingungkan, ending yg bahkan lebih membingungkan, plus penampilan buruk dari beberapa nama yg lo harepin buat tampil lebih baik adalah sebagian darinye. Boll juga pengen film ini buat keliatan “realistis”, dalem era faux-dokumenter gini, itu artinye ada beberapa adegan yg keliatannye di-shoot ketika terjadi gempa berukuran 5 skala Richter. Dan meskipun seseorang dalem pakaian kevlar nembakin massa sembarangan di jalan itu masih keliatan bad-ass walau dari shaky-cam, gue ngerasa kalo level kekerasan film ini ada jauh di bawah harapan. Tetep cukup brutal sih, tapi rasanye kok kayanye Boll kurang ngekspos kemungkinan “orang bersenjata nembak orang sipil” ini sesuai dengan potensi gore sepenuhnye.


Gue udah ngebunuh banyak orang sipil di video-game: ribuan x ribuan. Gue nabrakin pejalan kaki di Grand Theft Auto setiap saat, ngebakarin massa ama ngeledakin mall penuh orang di State of Emergency, ngeberondong 30 orang per 5 detiknye selama 10 menit di level airport Modern Warfare 2, & gue ngelakuin semuanye berkali-kali.

Game2 kaya gitu nunjukin seberapa gede sebenernye tingkat pengrusakan yg bisa dilakuin ama orang bersenjata di tengah2 masyarakat sipil, sebetapa berdarahnye hal itu bisa keliatan. Dengan semua bumbu “politis” di dalemnye praktis ngga pernah bisa keluar dari level “berantakan”, inti yg kesisa dari Rampage tuh jelas soal tema ”orang nembakin orang laen dengan sembarangan”-nye doang, jadi jujur gue sedikit kecewa ngeliat adegan pembantaiannye yg kelewat jinak buat selera gue. Sebagai sebuah film yg secara budget bisa dibilang b-movie, gue ngarep kalo adegan2 tersebut bisa lebih eksplisit daripade gimane itu ditunjukin di sini. Mode “realistis” film ini bikin banyak adegan penembakan terjadi off-screen, yg sejujurnye sih, buat sebagian orang mungkin lebih dramatis, cuman sayangnye gue bukan jenis “sebagian orang” itu aje.

Rampage adalah sebuah cerita sederhana: ngga ada protagonis- ngga ada antagonis, ngga ada nurani- ngga ada moral. Pendek & padat, ini keliatan kaya sebuah versi raw dari Kick-Ass tanpa semua plot ataupun komedinye. Yg paling jelasnye sih, dalem Kick-Ass ada garis tebel buat misahin apa yg bener ama apa yg salah, orang2 yg dibunuhin di situ jelas adalah orang jahat. Uniknye, dalem semua kesederhanaannye, Rampage malah ngga punya penyederhanaan itu sama sekali. Di sini, lo ngga dikasih opsi selaen ngikutin seseorang waktu die ngelakuin aksi brutalnye secara acak, persepsi dari apaan nilai yg lo liat di dalemnye itu tergantung ama interpretasi lo sendiri. Ini mungkin ngga cukup memuaskan buat sebagian orang, untuk ngeliat sebuah topik intrik-personal sepotensial ini ngga dijadiin apepun selaen alesan buat numpukin mayat dalem jumlah besar cuman demi tontonan semata.

Secara pribadi sih, gue ngeliat film ini kaya gimane gue ngeliat Hard Boiled bertaun-taun yg lalu, jenis film di mane 98% orang yg berperan di dalemnye masuk frame hanya buat kepentingan kena tembak! 
 Dan buat film model gitu, gue akuin Rampage cukup keren.





RATING :
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

5 comments:

  1. yu huu seperti biasanya..review yang mantep hehe..gue penasaran ma film ini.
    Terakhir nonton Uwe Boll itu yang 'Tunnel Rats' dan film itu gw pikir juga nggak se-kancut House Of The dead sih..

    yang gue denger di forum, Uwe Boll tuh emg sengaja bikin film jelek, soalnya film yang jelek/ga balik modal itu konon di support ama pemerintah Jerman dengan di kasih semacam 'asuransi' modal yang lebih gede dr biaya produksi film tersebut. semacam itulah hehe kurang jelas juga

    btw gue nggak ngeliat darah berceceran di mayat2 yang bergelimpangan di jalan2 itu???

    ReplyDelete
  2. Ntn House of The Dead dulu dibioskop dan jadi film pertama yang saya sesali pernah bayar utk nonton di bioskop :(

    ReplyDelete
  3. iya bener, pas maen GTA paling demen nembak2in orang nga jelas...rampage nih versi film dari itu kali yah

    pengan nonton :(

    ReplyDelete
  4. Aku penasaran dengan film ini, katanya sih ini film terbaik (malah banyak yang bilang "satu-satunya terbaik") dari Uwe Boll....

    ReplyDelete
  5. ini film Boll pertama saya, dan kalo Rampage ini film dia yang paling keren, saya bisa bayangin gimana film2 dia sebelumnya :(

    baca reviewnya jauh lebih asik daripada nonton filmnya

    ReplyDelete