03 June 2010

Hit Girl, KickAss & 5 Other 'FULL VIOLENCE-KID' in Movie

Salah satu elemen paling 'nendang-pantat' dalam 'Kick-Ass' tak dapat disangkal lagi adalah penampilan Chloe Moretz yang berperan sebagai Hit-Girl, seorang gadis  berusia 11 tahun yang tak segan-segan melontarkan F-words dan meledakkan kepala musuh2nya, siapa yang nggak pengen liat?? Jujur aja, emang dia daya tariknya hehe so ketika tersiar kabar kalo film ini akan dibuat sequelnya di tahun 2012, gue hanya mengerutkan jidat " jangan-jangan di sequelnya dia udah gede..nggak seru lagi dong.." haha

well, gue nggak akan membahas kontroversi tentang : 'bagaimana mungkin sebuah film tentang anak kecil yang meledakkan kepala orang lain nggak berdampak buruk untuk anak-anak?' semenjak ancaman dari aneka tontonan kekerasan lainnya dengan bebas ditayangin televisi swasta kita di jam-jam prime time.

Kenapa kita meresahkan kesadisan Hit-Girl dalam KickAss yang jelas-jelas berating 'R' ketika kita menyaksikan adik-adik kita bebas menonton 'Samurai-X' yang penuh muncratan darah itu?  atau adegan tampar-menampar di sinetron? atau perkelahian konyol dengan ular naga ber efek dahsyat itu..? atau Jerry memasukkan dinamit ke mulut Tom.. apa itu bukan kekerasan? Tayangan kekerasan tetep tayangan kekerasan, mau itu yang ngelakuin  bayi, anak kecil, orang dewasa, kakek-kakek, karakter game atau tokoh kartun, tetep aja itu sebenernya nggak cocok buat ditonton anak-anak tanpa panduan orang yang lebih dewasa.


Kalo udah gini, membahas bad-influence si Hit-Girl buat anak-anak kayanya percuma saja ketika tayangan-kekerasan di TV juga tetep dibiarin, kita udah terlanjur dikepung ama kultur kekerasan! so yang bisa kita lakuin cuma melakukan pendampingan, ngasih edukasi dan pemahaman buat adik2 kita ketika menyaksikan tayangan itu,  -- atau solusi yang lebih ekstrim, jual televisi. haha--  plus nggak usah ngajak adek kecil ketika nonton Kick-Ass. -- Itu kalo kamu khawatir adik kamu tiba-tiba memakai wig warna ungu dan nge-bacok temennya -- Walaupun sebenernya, mau tanpa tayangan seperti itu pun, manusia itu emang makhluk yang diciptain udah satu paket ama kekerasan, sex dan nafsu2 lainnya.  

Sementara buat gue, Kick-Ass tak lebih dari sebuah tontonan yang punya daya hibur gede.

Semua yang ada di Kick-ass adalah hal-hal yang emang pengen gue tonton! berbagai macam hal-hal dangkal yang terdapat di dalamnya + adegan nggak masuk akal seperti " gimana seorang anak kecil bisa dengan cepet mahir menggunakan senjata? " atau " kenapa Big Daddy harus melibatkan Mindy? "semakin memastikan gue, kalo ini tuh emang cuma tontonan semodel kartun Tom & Jerry ( dengan genrenya yang lain )  yang dibuat cuman buat ngilangin penat --orang di Bazooka ampe terbang, helloo?--

dan nggak akan membuat gue jadi nekat jalan-jalan pake kostum ketat lalu terjun dari tower Indosat seperti orang gila yang mati konyol di adegan opening.


Bahkan dengan modal plot predictable + adegan eksyen repetitif yang udah sering kita liat di film lain, Kick-Ass masih berhasil menghibur gue. Selain ke trengginasan Hit Girl yang imut tapi dingin itu, pemilihan soundtrack yang tepat membuat keasyikan itu menjadi berlipat.  Dalam sebuah adegannya ketika Hit Girl menghajar para penjahat dengan brutal, iringan soundtrack berirama punkrock itu bener-bener ngasih gue sensasi " woaaahh this is kickin my ass!!  " salah satu momen langka dimana gue menonton bisokop sambil tersenyum lebar, FUN!. Gue kaga rugi ngeluarin duit 15 rebu.

Matthew Vaughn juga udah sebisa mungkin memperhalus adegan gore-violence nya sehingga level tampilan kekerasan dalam film ini sebenernya nggak terlalu massif dan masih bisa di tolerir, --apa jadinya kalo Kick-Ass jatuh ke tangan Tarantino atau Takashi Miike??--  Sementara Chloe Moretz sendiri -walaupun masih anak kecil- gue pikir udah nyampe level memahami kalo Hit Girl tuh cuma sebatas karakter film dan apa yang dilakuin nya adalah sebuah seni peran.  

Jadi, kalo kamu nonton Kick-Ass dan masih belum bisa menikmatinya, percaya deh film 'hiburan-nonsense-dangkal + tanpa makna ' model kaya gini tuh emang bukan buat kamu, segalanya akan terlihat 'salah' di matamu ketika menontonnya.Hehe

Dan jika kamu mampu menikmati 'Kick-Ass' namun disisi lain merasa miris karena ngeliat gimana seorang gadis kecil begitu enteng melakukan serangkaian tindak-kekerasan, mungkin ini waktu yang tepat buat ngelabelin film ini sebagai : 'guilty-pleasure'.

................................................

Sekarang ngomongin karakter anak kecil dan kekerasan dalam sebuah film, sebenarnya bukan hal baru. Apalagi kalo genrenya di perluas ke sinema horror atau thriller.
 Naaah, setelah nonton aksi Hit Girl gue jadi teringat beberapa 'Full Violence-Kid' lainnya yang juga tak kalah sangar. JIka Hit Girl sebenernya hanya seorang anak yang 'salah asuhan' , masih labil dan di akhir film digambarin mengalami grown-personality, beberapa anak di bawah ini malah diceritain bener2 psycho.

cekidot :

5 Other 'FULL VIOLENCE-KID' in Movies'

Henry Evans ( 12 tahun ) | Macaulay Culkin dalam 'Good Son'


Deskripsi : seorang anak psychotic kesepian yang bersembunyi dibalik wajah polos dan berencana membunuh semua anggota keluarganya.
Violence :  menenggelamkan saudaranya sendiri sampe tewas, menjatuhkan boneka 'Mr.Highway' dari jembatan layang dan menyebabkan kecelakaan fatal di jalan raya, Memanah anjing tetangga sampai mati, dll



Esther ( 9 tahun ) | Isabelle Fuhrmann dalam 'Orphan'
.

Deskripsi : Jangan pernah sembarangan mengadopsi seorang anak dari panti asuhan. Karena siapa tahu, dia menyimpan sebuah rahasia besar mencengangkan tentang dirinya. Esther adalah salah satunya.
Violence : dalam beberapa hal, Esther mirip Henry dalam 'Good Son' , sangat pintar memanipulasi emosi. Esther juga mampu mencelakakan bahkan membunuh orang lain demi tujuan pribadinya.

Mathilda ( 12 tahun ) | Natalie Portman dalam 'Leon : The Professional'.


Deskripsi : seorang gadis kecil yang menyaksikan dengan mata kepala sendiri keluarganya dibantai oleh sekelompok geng polisi korup, dia lalu dilatih oleh seorang pembunuh, Leon ( Jean Reno ) untuk membalas dendam.
Violence : Dikelilingi aneka tindak kekerasan memakai senjata api.

Hob ( 11 tahun ) | Gabriel Damon dalam 'Robocop 2'



Deskripsi : Hob adalah seorang bocah yang merupakan side kick dari seorang gembong narkoba 'Cain'.
Violence : Pembenci Robocop, Foul-Mouthed, drug user + Aneka tindak kekerasan memakai tangan kosong, benda tumpul, dan senjata api.

Liat gimana beringasnya Hob, mencekik Anne ( partner polisi Robocop ), divideo  ini



 

Brett ( sekitar 14 tahun ) | Jack O' Connel dalam Eden Lake


Deskripsi : Brett adalah seorang leader dari geng anak2 ingusan yang telah membuat sepasang kekasih mengalami hari paling buruk dalam hidupnya.
Violence : Kasar, 'mulut kotor', dan sadis. Dalam salah satu adegannya, Brett mengikat Steve  ( kekasih jenny ) lalu memerintahkan anak buahnya -yang semuanya berusia sekitar 10 tahun- untuk menusuki-nya sampai tewas. disturbing!

.....................................

Sebenernya masih banyak 'Full Violence-Kid in movie' lainnya, dan kamu pasti bisa dengan mudah menyebutkan hehe tapi, untuk sementara gue kasih 5 aja dulu deh soalnya cape ngetiknya :D

Anyway, ini bukan berarti gue menyukai atau mendukung kekerasan, bagaimanapun gue lebih suka ngeliat darah muncrat itu cuma tampil dalam adegan sebuah film.

19 comments:

  1. kalo bagi ana, Esther sama Brett yang paling luar biasa sadis nyebelin, bikin dongkol..
    apalagi Brett...ampe filmnya abis ana masih gondok..
    kalo si brett ada disini pasti udah ana getok pake linggis pala tuh anak badung...hehe
    Kalo Esther...aah cukup Vera Farmiga aja yg ngberesin tuh anak...
    ..o y..ralat dikit..
    yg jadi Esther buka Vera Farmiga tp Isabelle Fuhrman..
    trus yg diiket si brett bukan dua-duanya...tp cuma yg cowoknya aja...
    Kalo Sadako sama anak2 di Children of The corn jg bisa masuk kriteria ga...

    ReplyDelete
  2. @aribudi : hahahaha makasih gaaan koreksinya :D tadi baca cast di Imdb ga konsentrasi haha, udah gue benerin tuh :)

    oiyah yah gue lupa lagi yang diiket cuma cowonya doang yah, cewenya sembunyi hehe ah, dasar mulai pikun nih gue, thanks lagi koreksinya.

    Brett emang ngeselin gan, kalo nginget2 lagi bikin sesek aja. Oiyah, Children-Corn ama sadako bisa aja masuk, tadinya gue mau nulis 10, tapi cape nulisnya hahaha

    thanks sekali lagi :)

    ReplyDelete
  3. yap, IMHO kalo pemilihan musik latarnya salah kayaknya Kick-Ass juga engga bakal se-kick ass ini.

    Eh, Mathilda engga sampai ngapai2n lho, dia cuma selalu dikelilingi kekerasan tapi blm sempet jadi anak nakal, mau ngebunuh aja gagal hehe..

    yang lain, belum nonton.. haha..

    ReplyDelete
  4. @angrynerd : haha iya ya? pantes aja gue nginget2 apa sih yang udah di lakuin Mathilda tp susah banget.

    gue nonton Leon udah dari kapan tau, dan yang paling gue inget yah gary Oldman, natalie portman ama kontroversi mirip kontroversi-hitgirl sekarang.

    kalo ga salah dia sempet diajarin cara nembak + ngeliat gimana Leon nembak2in musuhnya kan ya? correct me..kalo gitu dia tetep 'Full-violence-kid in movie' hehe

    thanks koreksinya bos, ditunggu deh 'I Spit' nya hahahah

    ReplyDelete
  5. Iya nih Mathilda kayaknya engga termasuk, karena dia ngga ngapa2in.

    Ohya, ada yg ngusulin Sadako? Gak bisalah, wong dia udah gede. Tapi kalau yang Samara bisalah. "Everyone must suffers!"

    Kenapa gak Damian dari The Omen? Tuh anak kan beneran Dajjal, hehehe

    ReplyDelete
  6. @Haris : Mathilda kayanya emang anak baik-baik yah hehe

    anyway sebenernya gue bikin list ini maksudnya biar nyambung ama artikel ttg Hit-girl diatas sih, jd gue pikir anak kecil di pelem, biarpun cuma megang pistol ( nggak ngebunuh ) masuknya tetep violence-show yang nggak baik di tonton buat anak-anak.

    tapi emang bener, Mathilda kurang violence-kid sih hehehe gue masukin dia soalnya abis liat Hit-Girl kok teringat ama Mathilda yah...ntar abis jum'atan ane ganti dah bos :)
    thanks opininya.

    kalo sadako yang dimaksud mungkin anak kecil yang nganga terus di film Ju-On kali :D

    oyah bos, blognya gue link yap :)

    ReplyDelete
  7. hahaha.. ga usah diganti, kan judulnya yang udah di edit :p

    ReplyDelete
  8. @Haris :..ooo hehe..bener2. maksudnya samara di versi holiwut ny..
    yang di Ju ON..oh itu mah Toshio..
    beberapa yg nyangkut dikepala..boleh nambahin.
    -Anak-anak brandal (city Of God)
    -Damien Omen (The Omen)
    -Joshua (Joshua)
    -anak kecil satu2 nya yg kejebak di motel itu..(haha ana lupa sapa tuh namanya)..di Identity
    -O ren Ishi yg masih kecil (kill Bill)
    -Adam Kecil (Frailty)
    -kalo Baby Zombie di Braindead boleh masuk di sini ga...hehe

    ReplyDelete
  9. goblok!!! anak2 di eden lake nga hanya killer kid tapi sukses jadi anak2 yang bikin gw kesel sepanjang film...hahaha

    ReplyDelete
  10. @ari budi : tuh kan banyak banget haha cuman baby-zombie masih belum jadi 'kid' itu mah haha
    nambahin ah, bocah setan di 'Case 39' , Sam 'Trick R Treat', ama milisi anak-anak di 'Johnny Mad Dog'. :)

    @adithia : Brett & the gang VS Hit-Girl kalo ketemu seru dah haha

    ReplyDelete
  11. nambah lagi..hehe perwakilan dari tanah air...
    Ada Bayi Ajaib..ama Turah (Jelangkung)..kerasa lebih horor..hehe
    Brett & gang VS Hit-Girl..awalnya bakal perang mulut dulu..bakal ribut bgt kata2 kotor..
    trus...personel gang si brett yg cewek satu2 nya..sapa tuh si page y...
    walaopun gak mungkin...
    tp pengennya liat mereka berdua berantem pake acara jambak-jambakan khas cewek..hehe (ngehayal)
    Hit Girl bakal kick ass mereka semua..

    ReplyDelete
  12. @ari budi : kayanya ga sempet acara jambak2an segala bro, baru maju tuh cewe udah di sabet double sword Hit-Girl.
    sisanya mungkin roboh dengan tubuh termutilasi dalam waktu kurang dari 1 menit hahaha

    ReplyDelete
  13. isabelle fuhrman sbagai Esther di ORPHAN yg paling the best deh...

    bener2 sorotan mata dan ekspresinya udah iblis banget... :))

    harus nya dia masuk nominasi oscar tuh tahun lalu... :D

    ReplyDelete
  14. poster film Orphan yg gambarnya cuman muka isabelle fuhrman itu aja gue suka banget! udah keliatan banget disturbing-nya.

    Gue setuju anak2 yg di City of God sama O Ren Ishii kecil (meskipun cuman animasi) itu violent banget, kalo Joshua dia ngga full violence kok, "cuman" ngebunuh neneknya aja. Mathilda juga ngga ada sadis2nya. Tapi Brett emang juara!!!! xD

    ReplyDelete
  15. iyah..brett di Eden Lake itu juga disturbing banget...

    perhatiin gak sorot mata nya di scene ahir filmnya waktu ngelirik ke kita (penonton) ...

    bnr2 iblis n ngerasa ga dosa banget! :)

    ReplyDelete
  16. Gimane dengan semua murid berseragam di Battle Royale? Cukup violent, & muke2nye masih bakalan bikin horny para pedofil.

    ReplyDelete
  17. oke... gak percuma gw download kick-ass ampe pagi,,

    ada lagi yg lumayan keras kisah seorang fotografer di kota kecil di brazil ingetkan "city of good"

    dan juga anak kecil yg bikin takut orang tua kadungnya sampe pgn ngebunuh tuh anak di "case 39"

    ReplyDelete
  18. @Zom : Battle Royale mah udah 'teen' kali ya hehe, soalnya gue juga gatel pengen masukin Gogo Yubari tapi ga jadi :D

    @Sendal : Iya cek, City Of God itu violent juga, dan barusan liat 'Blood Diamond' ada juga bocah-bocah di bawah 10 tahun yang enak banget nenteng Ak47 terus nembakin orang..jah

    ReplyDelete
  19. anda melupakan Angela dari sleepaway camp

    ReplyDelete