07 March 2010

REC 2


REVIEWED BY 'Z'.

Kalo lo belon nonton [REC], mendingan lo liat deh, itu film yg nentuin standar darimana semua film gaya hand-held camera/shaky-cam, cinema-verite bakalan diukur. Semua yg kenal gue tau kalo gue benci nyaris semua film yg make gaya ginian, tapi [REC] itu istimewa, satu yg ngga berenti naikin level ketegangan, aksi, ama tentunye favorit gue: kekerasan sampe ke frame terakhir.

...............................................

Keitung 15 menit abis Angela Vidal ngilang dalem kegelapan rolling-credit film pertama, 4 anggota pasukan SWAT Spanyol bersenjata pun menerobos masuk buat ngawal seorang “inspektur kesehatan” dalam misi mengendalikan zona-infeksi, satu yg isinye penuh ama zombie2 predator dalam aneka-ragam ukuran.

Udah, gue ngga akan ngomongin ceritanye lebih jauh soalnye satu hal paling efektif dari [REC] 2 itu pengalaman pribadi ngeliat ceritanye berkembang buat pertama kali. Makin dikit yg lo tau pas lo nonton ini, maka kenikmatan nontonnye jadi makin berganda. Biar duet sutradara Jaume Balagueró ama Paco Plaza aje yg nge-spoil film ini buat lo pas nonton, toh mereka ngelakuinnye pake cara lebih keren daripada sekedar nulisnye di sebuah blog. Dengan eksekusi rapih, duet sutradara Spanyol itu praktis ngabisin kompetisi dari semua film sejenis. Sejauh gue bisa bandingin, kecuali mungkin Cloverfield-nye J.J Abrams, praktis ngga ada faux-dokudrama laen yg ada dalem satu level ama ini. Jadi daripada ngerusak kesenengan orang, mendingan gue kasih tau soal kenape abis liat sekuel ini gue punya pikiran kalo semua produk hand-held camera laen kudu dihapus dari sejarah perfilman.

.......................................................




Jaume Balagueró ama Paco Plaza ngga pernah lupa kalo mereka emang lagi bikin film, bukan reality-show menyedihkan, dan dengan demikian nyelametin ini dari ngelanggar etika dasar film-making yg terlalu sering dilupain orang; yaitu bahwa sebuah film itu haruslah enak ditonton. Ide soal cinema-verite dalam film ini cuman berlaku sebagai gimmick, bukan ide utama (apalagi ide tunggal) demi ngedukung script secara keseluruhan.

Ngga kaya, misalnye, The Blair Witch Project ama yg lebih parah lagi, Paranormal Activity di mane seperempat dari durasinye diisi ama filler ngga perlu demi sedikit eksyen di beberapa bagian kecilnye, keseluruhan cerita [REC] 2 adalah satu plot utuh, dalam format ngasih pertanyaan-ngasih jawaban berkesinambungan dengan tembak-tembakan, jump-scare ama back-story dalam timing sempurna. Sederhananye sih, ini film beneran, bukan 3GP dengan adegan penampakan ala adu nyali lewat retouch photoshop seadanya.

Yg kedua, eksyen-nye terjadi disitu langsung depan mata lo. Lagi2 gue kudu ngebandingin ini ama 2 judul film yg udah gue sebut diatas, masalahnye dengan film model gini tuh udah kudu lamaaaaaaa banget nungguin sesuatu buat terjadi, pas itu (akhirnye) kejadian, ngga tau kenape die biasanye malah terjadinye di tempat laen!! Annoying gimane apa yg praktis kite bayar buat liat selalu malah terjadi di sudut2 yg ngga tersentuh ama sudut kamera yg kite liat, maksud gue, kalo cuman buat dengerin orang jerit2 ngga puguh ama dentuman suara2 keras ngga jelas doang mah gue mendingan pergi ke gig crustcore!

Nah, kalo di [REC] pertama kite liat semua yg pengen kite liat dari lensa kamera TV yg pergi ke tempat2 di mana aksi terjadi, di [REC] 2 kite bisa ngeliatnye pake 4 kamera helm anggota SWAT lewat teknologi live feed canggih. Jadi kalo kamera utama ada di satu ruangan & terjadi sesuatu di ruangan laen, kite langsung ditransfer data dari kamera di ruangan itu. Teknologi udah memungkinkan hal semacam ini dilakuin, jadi ngga ada lagi alesan buat adegan2 waktu ada teriakan dari tetangga sebelah & yg kite liat itu gambar still 30 detik dari lanskap yg ngga nyeritain apa2.



Pendeknye, [REC] 2 itu aksi horror-survival ala game first-person shoot-em-up pada setting klaustrofobik yg menyenangkan. Ada senjata, ada monster, ada monster ditembakin pake senjata, ama sejumlah pengaruh dari sinema2 horror-klasik dibungkus jadi satu. Emang ngga sempurna, emang ngga baru, tapi ini sekuel yg berhasil ngelanjutin pendahulunye dengan transisi mulus buat bisa langsung diliat back-2-back.

Bagusan yg ini apa yg pertama? Ngga ngaruh! Yg pasti ini lebih bagus dari semua film laen dengan gaya ini, lebih bagus dari semua film dari sebuah subgenre spesifik sejak satu yg dirilis taun 1973 (lo bakal tau kalo udah nonton) ama keliatan kaya first-person shoot-out yg lebih bagus dari semua film yg bener2 diadaptasi dari video-game first-person shoot-out.

.....................................................


11 comments:

  1. :ngakak: reviewnya asshooolleee!! :ngakak:
    yaudah, kalo kaya gitu nunggu apa lagi buat nonton 'Keramat' :ngakak:

    dan sebelum teknik handheld-camera dihapusin dari sejarah perfilman, mari kita kasi kesempatan dulu buat 'TE[REKAM]' :ngakak: :ngacir:

    ReplyDelete
  2. setuju sama kamu...film horor dengan tehnik hanheld camera ya memang REC...gue nonton malam2..gua kira film dokumenter ternyata film horor, lanngsung dah gua keinget terus adegan pas si zombie ngejar angela ke atas...sempat bikin gua ketakutan kalau lihat turun daru atas tangga melingkar...

    gua suka blogmu, saya juga punya blog review film dan hal2 yang berbau horror tapi ga terlalu fokus...

    lam kenal, gua link yah....

    ReplyDelete
  3. Nah, terbukti kan Hor? Bahkan waktu gue jadi asshole pun org tetep setuju ama gue!! Hehe. Lam kenal juga, link aja, toh ini bukan blog gue, heh.

    ReplyDelete
  4. gw benci-benci suka sama film ini...

    mari kita tunggu film ketiganya
    dan tentu saja terekam :muntah:

    ReplyDelete
  5. mnrt gw yang bikin tegang tuh bukan krn tampilan villian-nya tapi penggarapanya ok dengan pola camera hand held yang mnert gw masih bisa ditolerir drpd cloverfield yg memusingkan.

    ReplyDelete
  6. woi ada yang tau tmpt ngdwnload subtitle indonesia planet terror gk?

    ReplyDelete
  7. @force : coba link ini bro : http://www.downarchive.com/97b/d/subtitle+indonesia+Grindhouse+Planet.Terror

    ReplyDelete
  8. ada yang tau tempat download gratis subtitle indonesia planet terror gk?

    ReplyDelete
  9. Through fingerprint biometric fingerprint scanning (fingerprint scanning to discover brain information), it will help you discover the innate strengths of innate - inherent weaknesses - COMPETITIVENESS IN YOUR BEHAVIOR - BABY WORK TO BE INCLUDED ON ONE WAY

    sinh trắc vân tay tại Cà Mau

    Chọn công việc phù hợp bằng sinh trắc vân tay 

    sinh trắc vân tay tại Đồng Nai

    sinh trắc vân tay cho bé 

    sinh trắc vân tay trẻ em

    ReplyDelete