02 December 2009

PENGABDI SETAN ( 1982 )

REVIEWED BY 'R'.

Synopsis :

Sebuah keluarga yang jauh dari agama baru saja ditinggal pergi sosok ibu untuk selama-lamanya. Figur ayah ( WD Mochtar ) di gambarkan terlalu sibuk dengan bisnis, puterinya yang sudah dewasa, juga senang dengan dunia malam alias dugem ( zaman itu, disko! Hehe ), sementara puteranya yang masih ABG,--Tomi-- kondisi jiwanya sedang labil.

Tentu, kata orang tua dulu, keluarga yang jauh dari agama, bakalan gampang di datengin setan. Masih kata orang tua zaman dulu, ketika seseorang meninggal dunia, arwahnya masih ada di sekitar rumah sampe 40 hari.

Maka, keluarga ini pun mulai dihantui penampakan hantu sang ibu, terutama Tomi yang labil dan tertarik mempelajari kebatinan/okultisme.

Kehadiran seorang pembantu creepy yang memuja ilmu hitam -- sekaligus agen setan--di keluarga itu, semakin menambah terror di keluarga ini. Kedua anak WD Mochtar, menganjurkan sang bapak buat mengusir sang pembantu, tapi bapaknya nggak percaya soal-hantu-hantuan.

Sampe akhirnya, salah satu pembantunya ( Him damsyik ) gantung diri karena nggak sanggup menahan takut, pacar kakak Tomi juga tewas kecelakaan karena ulah sang pembantu, yang berniat ngancurin keluarga lemah iman ini.

Akhirnya didatengin lah dukun buat mengusir semua roh jahat yang ada di rumah itu, namun kekuatan iblis sang pembantu lebih kuat dan mampu mengalahkan sang dukun. Sang pembantu pun murka, dan dengan ilmu hitamnya dia membangkitkan mayat ibu Tomi, Him damsyik dan pacar kakak Tomi.

Mayat-mayat itu bangkit dari kuburnya, OMG! it’s a first zombie on local horror movie??! Dan sekarang zombie2 itu mulai mendatangi rumah keluarga Tomi buat nyekek mereka satu persatu..



REVIEW :
Haha…film ini kalo di lihat dari kacamata teknis zaman sekarang pastinya banyak terlihat kekurangan2 di sana-sini. Make-up, akting, plot, scoring. Standar adegan yang bikin ‘takut’ orang –khususnya gue--juga udah berubah. Contohnye : Dulu, ngeliat zombie Him-Damsyik menyeringai mungkin akan membuat gue terkencing-kencing. Tapi, sekarang malah bikin gue ngakak.

Walau begitu ditengah kekurangan teknisnya, film ini tetep berhasil nampilin aura horror yang kuat. aura yang nggak --atau belum-- gue temuin lagi di film2 horror-lokal zaman sekarang, apalagi film2nye pedagang kain Tanahabang, KKDheeraj.

Sisworo Gautama Putra berhasil menghadirkan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat dan menggabungkannya dengan dakwah agama buat diolah menjadi sebuah film Horror-flick yang akhirnya menjadi salah satu cult-movie di Indonesia bahkan Asia karena film ini juga ternyata beredar di Malaysia, Jepang, Eropa, Amerika ( dengan judul ‘Satan’s Slave’ ), dan dapet apresiasi yang lumayan dari penonton.

Anyway, adegan arwah sang ibu mengetuk-ngetuk jendela Tomi lalu melambai-lambai memanggil itu, sangat memorable, dan masih mempunyai sengatan buat ngebikin penontonnya susah tidur.

Kalo susah nyari filmnya, bisa diliat secara streaming di Youtube ( udah ada yang upload komplit film ini ) atau..Download di sini.

Pengabdi_Setan_VCDRIP.avi
Size : 811.48MB

detail info :
http://www.imdb.com/title/tt0281048/



19 comments:

  1. Gw blm pernah ntn film ini nih,tapi ngeliat trailernya ada adegan
    arwah ibunya ngetok2 jendela kamar,itu tai bangeetttt.

    Merinding abis
    gw! Gw pengen beli vcd nya juga sih,itung2 koleksi. Anjing dah baru
    ngeliat trailernya aja udah serem!

    ReplyDelete
  2. nah ini dia, film ini yg sampe skrg bikin gw ga bisa tidur.. nonton pertama kali pas sd, sampe skrg masi keinget bentuk setan nya :(

    ReplyDelete
  3. hahaha iya yah kuntilanaknya serem banget...dan mayat Him Damsyik gantung diri dengan lidah menjulur itu, gue dulu liatnya sambil nutupin mata xp takuuuuuuutttt...

    ReplyDelete
  4. Adegan jendela itu emang ikonik banget. Pengabdi Setan gue masukin ke dalam salah satu ikon paling serem di film horor Indonesia.

    ReplyDelete
  5. @Live@Loud: udah gue kunjungi tadi situsnya..kereen, hehe iyah btw 'kuntilanak makan sate' beneran serem juga tuh..

    ReplyDelete
  6. wah ini film horor legendaris Indonesia...cult bgt hahaha (menurut gw sih begitu) sampe ada judul Internasionalnya Satan's Slave...

    Yah, walau banyak kekurangan sana-sini (notabennya film zaman dulu) tapi nga ada yg ngalahin atmosfir ngeri yg disajikan film ini, dan itulah keunggulan film ini yang nga gw temuin di film2 horor zaman skrg (maybe pengecualian untuk jelangkung)

    so, pengabdi setan is still the scariest Indonesian horror of all time :)

    ReplyDelete
  7. waktu kecil nonton pengabdi setan, trus pas gede jadi satanik beneran...ada ngga film lokal laen yg bisa bikin dampak kaya gitu?

    ReplyDelete
  8. woww.. "pengabdi setan" film horor yang paling menakutkan sepanjang hidup gw...it's memorable movie...

    pertama nonton waktu SD kelas 4..di TVRI.. nonton lagi sampe skrg masih serem juga he..he..

    ReplyDelete
  9. @adhitia : iye yee, kenapa ye film jadul dengan teknis pas-pasan bisa lebih dapet aura-nya? kemaren juga abis nonton Nosferatu (1922) film bisu item-putih tapi draculanya..sereeemm hahaha tunggu reviewnya..
    @ dampak yang bikin jadi satanik maksudnye? hahaha apa yaa kaga ada kayanya sihh
    @e2p : kalo saya nonton lagi, udah ga serem hehe merinding dikit palingan pas kuntilanak ngetok2 jendela tuh xp

    ReplyDelete
  10. mohon izin...link blog masuk di list blog saya... thx

    ReplyDelete
  11. sumpah deh jaman sd gw ngeliat ini film dan langsung bikin gw solat di depan tv saking takutnya. adegan yang gak bisa gw lupain waktu adegan ketabrak truk dan kepental gitu, itu serem banget imo. juga adegan mayat2 hidup dan ketika salah satu tokoh ditemukan tergantung, those scenes really gave me the heebie-jeebies.

    ReplyDelete
  12. menurut gw dan hampir semua temen2 gw yg pernah nonton film Pengabdi setan bilang: ini film paling serem sepanjang sejarah....
    Full horror. Ga ada komedi atau lucu2annya sama sekali.
    Dari awal aja udah serem banget...

    ReplyDelete
  13. ni film emng bikin gw nyeri krn menahan takut...
    ihhhh sereeeeeemmmmmm.....!!!!

    ReplyDelete
  14. ini salah satu film horor yang (dulu) ga pernah gw tonton sampe bener-bener habis. dan, guess what, gw baru nontonin bener-bener film ini KEMARIN. HAHAHAHAHA.

    banyak adegan yang kalau dulu kita tonton bener-bener mengerikan. seiring dengan referensi horor kita jaman sekarang (apalagi nyimak horor jepang dengan naskah dan efek spesial super-mengerikan), film ini jadi ga ada "apa-apanya". tapi seperti yang lo bilang, adegan hantu ibunya dadah-dadahin dari jendela, ngepet bener, go X)) faktanya gw kepikiran sampe mo tidur malam setelah nonton film itu.

    yang ga berubah itu cara penyampaian "pesan moral" yang terlalu verbal. "lo ga dekat dengan tuhan, lo diganggu setan". cara nyampein se-straight itu berlangsung sampai detik ini. ya, habit orang sini juga kali ya yang ga mau "ribet" dengan me-mengerti-kan sebuah film/karya. bahkan, temen gw yang anak sastra aja masih nanya ke gw soal puisi yang abis dia baca, "puisi ini apa maksudnya ya?" yah elahh X)

    tapi si creepy-maid di rumah itu, menurut gw sih seksi loh. kalo demen tante-tante sih, pasti lu pada napsu. X)

    ReplyDelete
  15. kalo adegan ga jadi sholat karena digangguin gimana?itu yang paling serem hahaha

    ReplyDelete
  16. Salam kenal sbeleumnya mas2 di hororsekarepdwek.. Ini judul film yg gw cari2 selama ini,, td pengen nanya "pelem yg him damsyik gantung diri sampe lidahnya panjang apa ya?"
    Ini film memorable bgt, g masi sd kelas 5,ntn rame2 wktu nginep di rmh tante g, sampe om g yg ngakunya ngantuk, suruh matiin tv, akhirnya gw dan spupu2 gw pada ngungsi ke kamar pembantu buad nonton bareng ama mereka.. Ngomong2 juragan2 ahli perjurigan di sini tau ga film indonesia jadul ttg babi ngeped, pokoknya adegan paling memorable di otak gw, wktu kepala babinya dipajang di tembok, tb2 berubah jd kepala org dan bs ngom "kembalikan kepalaku....."? Mohon infonya yaaa, thk uu :D

    ReplyDelete
  17. jujur nih. pertama kali nonton dilm ini gw pas kelas 5 SD. sampe sekarang gw kalo boker selalu inget muka pacarnya kakak si tomi waktu di kamar mayat. serem -__-

    ReplyDelete
  18. Film favoritku gan.
    Pantes kalau di juluki film terseram sepanjang masa.

    ReplyDelete