29 December 2009

MARTYRS ( 2008 )

REVIEWEWD BY 'Z'.

Diusung sebagai salah satu film yg menuai pujian dari mana2, harus diakuin kalo gue nonton Martyrs dengan ekspektasi cukup tinggi. Yg satu ini dateng dari front Prancis, tempat yg sama ama yg ngasih kite ancaman internasional berjudul Frontier(s) taun lalu. Jujur aja itu bukan film yg bakalan pernah masuk ke dalem daftar klasik gue, tapi die punya momen2 memorabelnye & gue berharap kalo Martyrs ini, minimal, bisa ngasihin hal yg sama.


Dibuka dengan apa yg keliatan kaya ending tipikal sebuah torture-porn: seorang gadis kecil nemu jalan buat dari ruang penyiksaan punya orang2 jahat. Abis itu lewat opening-title yg disusun dengan cerdik, kite tau kalo gadis kecil tadi namanye Lucie, begitu lepas dari orang2 jahat yg disebut diatas doski terdampar di rumah yatim piatu di mane, die ketemu ama calon pasangan lesbonye di kemudian hari: Anna. Tapi Lucie punya masalah,
1. Die punya keadaan emosi yg luar biasa labil. Dan...
2. Die juga diburu ama hantu masa lalunye dalam bentuk yg sangat mengancam.

Itu mungkin kedengeran kaya cerita awal wajib yg ngebosein bagi para penonton veteran, tapi harap dicatet kalo sutradara Pascal Laugier ngerangkai semua prolog itu lewat bahasa visiual efektif cukup dalam 10 menit pertama. Yup, gue tau, inovasi yg brilian bukan? Dengan semua printilan "back-story" disingkirin secepetnye kite bisa langsung fast-forward ke bagian serunye, waktu Lucie remaja ngedatengin rumah keluarga terpencil buat ngebantai semua yg ada di dalemnye dengan darah dingin kaya nama doski itu Ice-T! Tapi biarpun transformasi maenan doski dari beruang Teddy ke senapan shotgun bakalan dapet aplus meriah dari komunitas G-Funk sedunia, adalah beban yg numpuk di pundak si-lebih-rasional-sekaligus-sayang-pacar Anna buat berusaha ngeberesin semua kekacauan berdarah tadi. Tugas berat itu makin keliatan mustahil kalo ngeliat kondisi mental Lucie yg meroket tajam menuju puncak kegilaan. Meloncat dari trigger-happy-gangsta-byatch jadi psikopat-mutilasi-diri hanya dalam itungan jam.

Pada saat ini gue terpaku di depan monitor. Film ini ngasih semua terror, kepanikan ama ketegangan secara non-stop, alurnye ngga pernah turun bpm & eksyennye dateng bertubi-tubi tanpa ngasih waktu ke penonton buat ngambil napas. Rasanye kaya ikut di atas bola salju, makin lama makin ngegulung, ngga bisa dihentikan sampe die ancur lebur ngahantem sebuah momen yg bakalan jadi finale yg dashyat.

...nah...kalooo aje film ini selesai di situ.

Walaupun gue ngasih 2 jempol bagi Laugier buat sebuah start yg sensasional, tetep aje ngga ada cara selaen ngutuk orang yg sama buat nembak kakinye sendiri & maksa film ini buat ngerangkak di garis finish. Waktu sebuah film ngga selesai waktu die ada pada klimaksnye, adalah ide yg luar biasa buruk buat bikin ia berjalan dengan cerita sub-par. Dan biarpun itu kedengeran kaya sebentuk pilihan yg mustahil buat diambil satu film dengan niat produksi bukan buat becandaan doang, percaya ngga percaya emang pilihan itu yg diambil di sini. Pada babak keduanye, Martyrs malahan ngedegradasiin diri jadi torture-porn tipikal, sangat textbook & keliatan terasing dari konsep orisinalitas. Segitu ngeboseninnye sampe lo bakal keilangan interes ama apapun yg terkandung di dalemnye. Cewe diiket, dateng orang jahat, ngelakuin hal2 jahat, terus pergi, terus dateng lagi, blah blah blah. Kite udah ngeliat puluhan hal yg sama 2 taun ke belakang & yg ini dieksekusi tanpa kreatifitas berarti.

Gue ngomong "tanpa kreatifitas berarti" soalnye gue masih ngga tega buat nyebutnye "tanpa kreatifitas sama sekali".

Pada ujungnye cuman perlu satu kata doang sih buat ngedeskripsiin ini & kata yg gue maksud adalah "mengecewakan". Tragis gimane sesuatu dengan awal semencengangkan ini bisa berakhir dengan begitu menyedihkan, satu2nye perbandingan yg bisa gue temuin tuh kariernye Michael Jackson. Gue ngga tau sapa yg harus maju buat mempertanggung jawabkan kebodohan ini, tapi gue harap kalo orang itu selamanye bakal idup dengan mimpi buruk yg sama ama yg ngehantuin Lucie. Au revoir!

.....................................

DETAIL INFO
Title : m a r t y r s 2 0 0 8
Size : 699.87MB


14 comments:

  1. hmmm..
    gw suka bahasa loe...
    gw suka ulasan loe...
    gw suka koleksi film2 loe...
    salutt....

    ReplyDelete
  2. oya.. ijin download ya
    tq

    ReplyDelete
  3. Donlod aje bro, emg ditaro link biar bisa didonlod. Kalo linknye ga berfungsi, minta pertanggungjawabannye ke Ringo. Hahaha.

    ReplyDelete
  4. kalo diitung2 udah 4kali ana nnton martyrs..
    gila...walopun udah sampe apal adegan per adegan ny..
    tp tetep aja bikin ana meringis2 ngilu tiap liat adegan2 ny....aah horor perancis emang gak pernah tanggung2 kalo bikin adegan2 gore banjir darah..

    ReplyDelete
  5. Astapirulo. Gw setuju bgt ama review ini. Paruh pertamanya bikin gw megap2 karena kagum dan puas. Paruh kedua? Such a let down. Gw sebel ama sutradaranya yg dgn semena2 merubah arah plot menjadi sesuatu yang tiresome dan membosankan. Makanya bagi gw film menjadi kehilanggan 'nyawanya' dan kemudian masuk ke daftar so-so aja di list film di gw. Heran bgt sama org2 yg over-hype-kan film ini.

    ReplyDelete
  6. Great site! I love horror too.. please check out my site if you have time BugabooFlick

    ReplyDelete
  7. gue suka bangeeet pelem inii..keren tegang eneg haha

    ReplyDelete
  8. Ane masih mnegumpulkan keberanian buat nonton nih film...hahaha...

    ReplyDelete
  9. Nonton gk y??? takut pengsan hahhaha
    -------------------------------------------
    Bandardarat.com merupakan Bandar Online Terpercaya yang menyediakan pasaran-pasaran dari berbagai negara yakni
    SINGAPURA, HONGKONG, SIDNEY, NAGOYA, TORONTO, DAN WINA
    silahkan bermain bersama kami, cari arti mimpi anda, dan pasang mimpi
    anda di bandardarat.com dengan cara mendaftar disini
    daftar : http://goo.gl/qhHE5V
    dan jangan lupa like kami disini https://www.facebook.com/BandarDaratcom-484914535016763/

    ReplyDelete
  10. Ga jelas terakhirnya nih film, awalnya doang mantap

    ReplyDelete
  11. Kupikir endingnya si Anna bisa kabur dari penyiksaan dan balas dendam,eh ternyata endingnya kulitnya diklebet dan Anna gk bisa Apa-apa,yg kuharapkan endingnya si Anna bisa kabur dan balas dendam..huh kecewa

    ReplyDelete
  12. Film yang keren tapi cukup aneh pada endingnya, kenapa musti begitu..

    ReplyDelete