23 December 2009

15 SLASHER-MASK REVIEW


WRITTEN BY 'R'.

Slasher adalah sebuah sub-genre dalam film horror dimana yang menjadi daya tarik dalam genre ini adalah aksi sang psikopat yang memburu mangsa, lalu menghabisinya dengan senjata dan caranya masing-masing. tentu saja, biasanya yang jadi sasaran adalah pria-pria idiot dan cewe-cewe ber dada besar yang selalu saja naik ke lantai dua kalo dikejar.
Ratusan film bergenre ini sudah diproduksi dan memiliki fans-nya sendiri.
Nah, selain menyuguhkan adegan kejar-kejaran menegangkan, salah satu daya tarik slasher-movie adalah sosok pembunuh dan TOPENG yang dipakainya!!
haha..

kali ini gue nggak akan mereview film slasher, tapi me-review topeng-topeng yang dipakai para slasher di filmnya. sebenernya, masih banyak film dan topeng yang kelewat, cuman gue lupa nih. untuk sementara, yang keinget adalah 15 topeng di bawah ini.

review ini subyektif hehehe, dan sekali lagi ini bukan review film, tapi review... SLASHER MASK!

......................




CUT ( 2000 )
senjata doi adalah sebuah alat penjepit lidah, khusus buat narik dan motong lidah korban2nye.
topengnya juga lumayan creepy, tapi kurang nampol sih buat gue. ga berhasil jadi ikonik. i mean, setelah filmnya selesai, topeng ini sangat mudah dilupakan.
dan kalo diperhatiin lama2.....kok kaya patung oscar?!!!
6/10



DARK NIGHT OF THE SCARECROW ( 1981 )

Kayanya ini Psikopat paling miskin. soalnye doi cuma nutupin kepalanya pake karung dan ngasih tiga lobang buat mata dan mulutnye. mungkin kalo psikopatnye tinggal di Indonesia doi bakalan pake kantong-kresek-item buat nutupin mukanya. bukannya serem, malah kasiiaan..
6/10


DO YOU WANNA KNOW A SECRET? ( 2001 )
wahahaha..ini apa ya maksud psikopatnya pake topeng kaya gini?
ketimbang ngasih aura terror ke korbannye, topeng ini malah bikin psikopatnya keliatan tolol. liat aja matanya.kurang kreatif sih, topeng kaya ginian kan banyak banget dijual di pasar malem kampung gue. hehe psikopatnya mungkin pengen ngasih humor terakhir ke korbannya dan ngebiarin mereka ngetawain ke-tolol-an topengnya, sebelum nancepin pisau.
nah, kalo itu maksudnya..serem juga sih. tapi bagaimanapun, tetep aja sang pembunuh keliatan tolol. silly mask!
4/10


FRIDAY THE 13TH ( 1989 )
Jason Voorhess punya beberapa modifikasi topeng di beberapa serialnya. yang paling jelek tuh topeng Jason di 'Jason-X', dan yang paling terkenal adalah topeng hockey yang dipake Jason di serial yang ke 3 ampe 8. walau gue nggak terlalu nge-fans filmnya, topeng ini cukup creepy dan berhasil ngasih terror buat penonton. gara2 Jason, topeng hockey tidak sama lagi seperti sebelumnya, konotasinya malah ke pembunuh berantai. ikonik!
7/10



HALLOWEEN ( 1987 )
Siapa yang kaga kenal topeng ini??? this is Michael Myers!
topeng Mike juga mengalami sedikit perubahan di masing-masing serialnya, cuman perubahannya kecil kok. tidak se-frontal Jason di 'Jason-X'.
topeng ini creepy as hell! barangkali karena tak ada ekspresi apapun di desain topengnya, datar, so sick, no soul. tapi, jangan tanya gimana dahsyatnya bacokan pisau Mike.
kaga peduli siapa yang memakainya, jantung gue bakalan berdebar kencang kalo melihat orang make topeng ini.
9/10



I KNOW WHAT YOU DID LAST SUMMER ( 1998 )
Ben Wilis memilih menutupi wajahnya dengan topi dan mantel/jaket pemancing ( atau jas hujan ?) yang ribet banget. kayanye pembunuhnya kaga peduli serem apa kaga yang penting mukanya ga keliatan, begitu kali mikirnya. tapi itu kan ribet, banget, Ben! pake mantel ga efisien buat seorang slasher yang bakalan sering lari mengejar korban..so this is stupid.
5/10


KILLER PARTY ( 1986 )
nah kalo yang ini psikopat yang udah kehabisan ide mau make topeng apa.
sangat bertekad tampil beda dengan rekan-rekan sejawatnya, dan yang dipilihnya adalah kostum buat nyelem !?? super berat dan membuat pemakainya kurang lincah..tapi kan, yang penting tampil beda gitu looohh..konyooooolll! hahaha
4/10


LAID TO REST ( 2009 )
chrome skull mask looks so scary? oh no!
usaha psikopatnye buat keliatan total-serem sekaligus keren kerasa banget, yang akhirnya malah kelihatan norak bin lebay. Kenapa ga sekalian aja pake topeng emas bertabur berlian ?
liat juga bentuk pisaunya yang terlalu 'keren' buat psikopat, katro deh hehehehe " hey look, im a kool killer!" booooo... yup, kayanya ini adalah psikopat paling 'alay'.
5/10



SCREAM ( 1996 )
Ghostface Mask kayanya topeng slasher paling populer. waktu pertama kali nonton emang keren, it works for the movie. cuman sayangnya euforia berlebihan --Beberapa film, malah terang2an memakai topeng sama persis ama topeng ini.---akhirnya sedikit demi sedikit ngilangin aura-terrornya. Jubahnya juga cukup silly, ribet men, kaga praktis.
sekarang kalo ada orang diujung gang memakai jubah dan topeng ini, barangkali gue nggak akan gentar sedikitpun. hehe
6/10


SEVERE INJURIES ( 2003 )
wajahnya tersembunyi dengan baik, doi juga jadi tahan pukul.
tapi kayanya ini lah psikopat paling nggak ngurus penampilan. topeng buat ngelas di pake. culun aja sih keliatannya.
5/10


STAGERFRIGHT ( 1987 )
kalo Ben Willis gue bilang tolol karena pake mantel yang berat buat ngejar korban, gue mesti bilang apa ke psikopat dalam film ini?? soalnya, doi pake topeng burung hantu yang gede banget!! dan kayanya ini adalah topeng paling gede yang pernah dipake psikopat. wahahaha idiot!, tapi seenggak nya mata burung hantu itu cukup mengintimidasi calon korbannya.
5/10


THE TEXAS CHAINSAW MASSACRE ( 1974 )
Barangkali ini adalah slasher-mask paling 'sakit'. Tommy, menggunakan kulit wajah korbannya buat dijadiin topeng, nutupin mukanya yang jelek. itulah kenapa julukan buat dia adalah 'leatherface'. si muka kulit. sadis parah nih topengnya, biarpun filmnye konyol, tapi kalo dipalak orang yang make topeng kulit kaya gini, bakalan gue kasih, ceban. kalo minta noban sih, mending berantem aja dehh..
8/10


THE TRIPPER ( 2006 )
Topeng tokoh politik ( Ronald Reagan ) kaga masuk buat film Slasher men, pantesnya di pake ama perampok bank atau teroris negara seperti apa yang dilakukan 'V' dengan memakai topeng Guy Fawkes. so, this is awful and doesn't fit on slasher-movie.
6/10


VALENTINE ( 2001 )
seseorang dibalik topeng bayi-amor nan imut membunuhi gadis-gadis di hari Valentine?
waw, keren juga nih idenya. it works! sayang, filmnya kurang bagus.
7/10

AKHIRNYA... inilah topeng-slasher paling buruk sepanjang sejarah slasher-movie, dan itu datangnya dari Indonesia!!!
PSIKOPAT ( 2006 )
" Adik-adik,
Sekarang ada yang bisa kalian lakukan sepulang sekolah di SD Kartini. Pernah liat aluminium foil yang selalu digunakan mama buat membungkus makanan? Nah, ternyata aluminium foil bukan cuma untuk itu, tapi ternyata juga bisa digunakan untuk membuat… topeng pembunuh psikopat. Kalau papa kalian punya handycam, kalian juga bisa bikin film dengan memakai topeng itu. Ajak saja teman-teman satu sekolah kalian yang paling annoying dan terlihat bodoh. Terus, just shoot. Setelah selesai, perlihatkan ke semua teman-teman. Tapi ingat… JANGAN DIPUTAR DI BIOSKOP, YAAAAA!!! "

haha kalimat diatas gue copy-paste dari blog review film Indonesia yang paling sadis nge-review ( sayangnya udah R.I.P ). sinema-indonesia.com. you guys, check that's awesome-badass site!
yoi, gue baru nonton filmnya kemaren, anjing beneran pake alumunium foil topengnya!!!
awful awful awful paraaaaaaaahhhh!!!
-10/10

..................................

Nah itulah 15 review slasher-mask versi HorrorPopcorn. .
Hannibal Lecter sengaja ga gue masukin soalnya doi lebih sering beraksi tanpa topeng. terus make-up badut Joker juga bisa diklasifikasikan sebagai topeng, sayangnye Batman bukan termasuk slasher-movie kan :) dan 'V' dalam V For Vendetta terlalu action-politikal.
kalo ada yang mau menambahkan silahkan.



9 comments:

  1. Hohoho, makasih atas reviewnya. Yang paling lucu itu ksotum penyelam di Killer Party. Kalo gak lihat tuh film genrenya slasher, saya bakal ngira tuh film ttg menyelam ^^

    ReplyDelete
  2. hehe thanks..
    saya bikin review nya setelah baca komen kamu yang bilang, topeng dalam film 'the hills run red' jelek banget hahaha..its inspiring.

    :D

    ReplyDelete
  3. wih keren artikelnya...

    baru tahu banyak juga manusia sakit bertopeng disana berkeliaran hehehe...

    topeng myers sama letherface menurut gw paling "sick"

    ReplyDelete
  4. Haha. Kalo topeng Scream kan terinspirasi dari lukisannya Edvard Munch.

    ReplyDelete
  5. ehehe, ternyata ada yang pake topeng selam juga toh, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. dr film Peeper (bagian dari 'Takut') ga masuk yah? hehe.. menurut saya itu lumayan serem loh. trs kenny hampson di terror train jg freak, walaupun filmnya biasa ajah. btw review behind the mask: the rise of leslie vernon dongg :)

    ReplyDelete
  7. the collector ga masuk nih?

    ReplyDelete
  8. trick r'treat sama orphanage gimana tuh?haha

    ReplyDelete
  9. "sadis parah nih topengnya, biarpun filmnye konyol" ane gak ngerti apa yang di ketik ni orang, coba deh nonton texas, ada adegan nggunting tangan, ngulitin wajah, motong kaki sampe di kasih garem, ngbelah perut, apa lagi kalo Jed udah pake topeng pretty woman. Pemeran leatherface itu Jedediah Sawyer.

    ReplyDelete