13 November 2009

DOGHOUSE

REVIEWED BY 'Z'

“What kind of virus only affects women?”

“Bird flu”

Pada taun 2005, sutradara Inggris Jake West nyuri hati gue waktu die bikin film yg cukup layak buat jadi penantang modern bagi para klasik untuk kehormatan nangkring di tahta splat-stick. Itu adalah Evil Aliens, sebuah cult-classic instant yg bakal selamanye dikenang para penggemar film genre buat keberhasilannye nyampurin sci-fi, komedi ama gore dalam level para mahakarya agung masa lalu. Itu 2005…sekarang 2009 & Jake West kembali ke kursi sutradara dalam proyek yg bakalan jadi paling ber-budget gede dalam kariernye. Ceritanye soal orang2 tolol, kota kecil, ama eksperimen biologis yg nyiptain satu populasi betina2 kanibal anti-pria! Ok, jadi ini Jake West bikin film zombie? NICE!! Dengan naro harapan gede kalo ini bakalan padat diisi dengan unsur2 lesbianisme eksplisit, gue pun ngga sabar nungguinnye.

Seperti biasanye, West ngejadiin sekelompok orang idiot buat jadi karakter utama filmnye & formasi “protagonis” yg tereksklusifkan untuk kaum pria disini dikepalai ama Vince, mantan playboy dalam depresi akibat diceraiin istrinye. Jadi, guna ngehibur sobat lama, sekaligus menemukan kembali kejantanan mereka yg hilang, sohib2 Vince yg ada dalam wujud2 model playboy kabel, suami takut istri, horror-freak yg ngga bisa nyari temen kencan, kepala rumah tangga diambang depresi, gay metroseksuil & pecundang total pun memutuskan buat liburan ke satu kota di tengah hutan belantara yg konon, populasi cewe-cowonye ada dalam rasio 4:1. Dan meskipun itu emang keliatan kaya ruang lingkup yg sempurna bagi segerombolan oom-oom dengan girl-problem buat memperbaiki kepercayaan diri mereka, sebuah eksperimen rahasia tertentu telah terjadi di desa impian para jagoan kite tadi. Serta-merta ngerubah semua penghuni wanitanye jadi zombie2 ganas pembenci pria, siap ngegerogotin apapun yg mengandung sperma sampe seluruh dunia ada dalam pelukan posesif insting maternalistiknye. Sederhananye, jagoan kite telah menemukan jalan ke ovarium sarang feminis-radikal!! Bedanye yg ada di sini punya kemampuan mengerikan buat, secara harafiah, menguliti kaum pria dari harga dirinye yg terakhir…kalo dipikir-pikir, itu bikin mereka makin mirip ama feminis-radikal yg sebenarnye!! Dan layaknye semua pria laen saat berhadapan ama feminis-radikal, geng “good time boys” kite ini pun kudu berjuang sampe titik darah terakhir guna mempertahankan hak buat mraktekin warisan patriarkisnye.


Abis ngeliat ini, bisa ditarik kesimpulan sederhana kalo Jake West lagi nyobain buat napak tilas jalan setapak yg pernah dirintis ama seorang Peter Jackson: ngejer pangsa-pasar lebih luas dari audiens genre spesifik die biasanye. Hal ini terutama keliatan mencolok dari aksinye buat ngilangin unsur brutal-slapstick-gore & ngegantinye pake komedi yg di-script. Sangatlah transparan di sini kalo West ngambil keputusan buat ngehalusin naluri humornye biar bisa lebih diterima ama selera masyarakat umum, & biarpun gue ngga ngerasa perlu buat ngekrusifikasi die buat jadi total sell-out, tetep aja kalo nonton ini para penggemar yg lebih hardcore bakalan keilangan momen2 di mana mereka mengapalkan tinju ke udara, tereak “hell yeaaahhh” dalam satu unison waktu potongan organ tubuh beterbangan ke seluruh penjuru kamera. Biarpun begitu, mereka yg politically incorrect diantara kite masih bisa ketawa geli ngedenger lelucon2 misoginistis yg betebaran di sini, sedikit ironis sih sebenernye ngeliat gituan di film yg, ceritanye, pengen dibikin buat konsumsi umum. Gue pribadi nganggep kalo tipe lelucon model gini punya kans lebih gede buat kena ke kalangan tipe2 penonton dari karyanye yg dulu, soalnye kemungkinannye bagi audiens umum ini mah bakal dianggep total seksis.

Apapun tujuannye, masih kudu diakuin kalo Doghouse bisa mengangkat dagunye tinggi2 sebagai film yg dibikin ama seorang Jake West. Yg paling mencolok adalah waktu yg diabisin buat ngerancang individualitas zombie2 feminisnye (selanjutnye bakal disebut “zominis”). Praktis semua zominis muncul dengan karakteristik khusus yg unik. Mulai dari zominis berkorset yg bawa pedang, zominis tukang cukur dari salon kecantikan (diperanin tak lain & tak bukan oleh Emily Booth dari Evil Aliens!!), zominis obesitas, zominis dokter gigi, zominis tukang daging, sampe nenek zominis bergunting rumput semua keliatan khas dengan pribadinye masing2. Ngga semua film zombie ngerancang antagonisnye sedetil ini & gue bisa ngebayangin Doghouse bakalan punya setumpuk action-figure yg dashyat nantinye, tapi balik ke filmnye, biarpun sangat kekurangan gore hiperbolis ala judul2nye terdahulu, toh West masih bisa bikin momen2 keren yg bakalan dikenang ama orang. Diantaranye adalah adegan pas jagoan2 kite pertama kali ngelangkah masuk ke kota zominis ini, shotnye dibikin dalam nuansa memoir pada film2 western kuno, lengkap dengan theme ala Django diputer sebagai latar belakang. Ngga tau kenape, adegan itu adalah yg paling berkesan buat gue, mungkin soalnye itu jadi ngebawa kenangan sentimentil tertentu pada From Dusk Till Dawn & Tuhan tau betapa rindunye gue ama DVD satu itu. Sapapun yg ngilanginnye asli bener2 asshole sejati!!

Sekarang, mari kite liat ini sudut objektif. Dengan ngesampingin fanatisme buta gue ke Evil Aliens, yg secara ngga langsung nyiptain empati subjektif tertentu ke Jake West, bisa ngga gue ngasih ini penilaian yg adil? Bersih dari ekspektasi & reminisme? Susah sih. 

Biarpun gue bisa, ngga tau gimane caranye, pura2 kalo Evil Aliens tuh ngga pernah ada, tetep aja jenis hybrida horror/komedi gini udah eksis dari dulu & meskipun film ini masih jauh dari label “kegagalan total”, tapi sebagai tontonan yg menekel subjek semacam ini die kurang ngekspos kemungkinan potensialnye secara optimal. 

Ini sangat ketara terutama dalam endingnye, asli itu bukan cara paling bagus buat nutup sebuah film. Ya gue tau kalo ada semacam koneksi supranatural yg terjadi antara West ama klasik western, tapi sebuah ending throwback ke Butch Cassidy and the Sundance Kid gini ngga ninggalin impresi apapun selaen kecurigaan kalo West udah keabisan bahan bakar di ujung trus ngga tau lagi cara gimane nutup filmnye dengan efektif. Tambahin itu ama pertumpahan darah minimal ama fakta menyakitkan kalo di sini sama sekali ngga ada adegan lesbianisme (unbelievable!!) adalah 3 talak yg ngejatohin film ini.

Jadi, vonis apa yg cocok buat Doghouse? Engga kok, ini sama sekali ngga jelek. Kalo Jake West kudu diandaikan sebagai Rob Zombie, Doghouse masih lebih bagus dari Halloween (& Halloween pun ngga keitung jelek2 amat di mata reviewer ini), tapi kaya juga Rob Zombie, apa yg dibikin West dulu jelas bakalan bikin yg sekarang jadi kebanting kalo dibandingin. Emang bukan hal yg gampang buat bikin sebuah masterpiece 2 kali, & kalo gue pikir lagi sekarang…kalopun ini ada dalam bentuk splatterfest, meskipun die berakhir pake sebuah ending dengan tingkat kejeniusan yg dicolong langsung dari Feast III, serta walaupun emang fenomena yg terjadi dalam film ini adalah satu2nye penjelasan rasional buat ngejelasin kelakuan2 absurd cewe yg gue deketin 4 taun lalu. Tetep ada sebuah fakta mutlak yg ngga akan bisa dirubah…yaitu bahwa ini ngga akan bisa berdiri sejajar ama Evil Aliens!!!




...................

DOWNLOAD 'DOGHOUSE' DVDRip (2009)

5 comments:

  1. Hmmmm....referensi film horornya nyeremin banget :P.
    Eh...dah liat Lesbian Vampire Killer belum. Direviu dong, penasaran ma film itu

    ReplyDelete
  2. tak bisa berhenti tertawa melihat film ini...

    great review :)

    ReplyDelete
  3. gw jatoh dari kursi waktu nonton film ini, asli lucu abis!

    ReplyDelete
  4. @gilasinema: review Lesbian Vampire Killers udah gue kirim ke penunggu blog ini, tunggu die posting aje bos.

    ReplyDelete
  5. DL nya dmn gan??
    tuh linknya udah mati

    ReplyDelete