29 March 2010

Cabin Fever 2 (2009)

REVIEWED BY 'M'

Meskipun gue bukan penggemar fanatik Eli Roth, tapi seenggaknya dia udah ngasih tau ke kita2 kalo dia cukup bertalenta untuk ngembaliin atmosfer campy horror komedi 80-an melalui jilid pertama Cabin Fever. Itu kenapa, meskipun film itu sebenernya nggak bagus2 amat, tapi tetep jadi favorit banyak orang. Dan endingnya yg ngegantung kayak ngasih harepan ke penonton kalo…oh yeah, kita mencium bau-bau sekuel! Ini yg bikin gue nggak sabar menanti kelanjutan cerita si virus pendekomposisi daging. Tapi lalu film ini dateng—iya, Cabin Fever 2—dan dengan seenaknya ngancur-leburin ekspektasi gede gue selama bertahun-tahun hanya dalam waktu 80 menit!!! 

Film ini udah ngehina dan ngerendahin selera semua pecinta film kelas B, horror-komedi, eksploitasi-gore-apapun itu bahkan untuk yg paling katro sekalipun! 
Gue nggak tau harus mulai dari mana untuk nyeritain plot film ini yg super tipis, kalo nggak mau dibilang plot-less!!! Well, seenggaknya gue coba sekarang. Dibuka dengan bumper kartun yg super keren, malahan gue mikir kalo mendingan kartun itu dijadiin film sendiri aja ketimbang film butut yg udah nyita waktu dan duit gue ini! Kita bakal ketemu our lovely Rider Strong yg di film pertama diceritain nggak mati meskipun udah ketembak. Kali ini dia lari-lari di tengah hutan nyoba nyari pertolongan dan setelah nemu jalan raya—sialnya—dia malah ketabrak bis sekolah anak SMA sampe jadi hancur berkeping-keping. Tentu aja kalian bakal mikir, aneh banget orang ketabrak aja kok bisa sampe hancur berkeping-keping gitu, yah, gue rasa mungkin efek virus yg udah menginfeksi dia itu kali yah.



Kekecewaan pertama gue sejak gue mikir mungkin dia bakal ngelanjutin perannya di sekuel ini. Cerita beralih ke SMA dimana seisi penghuninya lagi sibuk nyiapin pesta prom. Mulai dari anak paling tenar sampe paling loser, semuanya berusaha nyari pasangan potensial untuk ngelepas keperawanan. Iya, nggak ada kabin kali ini, diganti sama gedung sekolah. Yg nyisa tinggal ‘fever’nya doang. Kayak yg udah kita tebak, virus pun menyebar ke seluruh kota, termasuk sekolahan. Maka pesta ini bakalan jadi ajang demam massal paling menjijikkan sepanjang sejarah prom nite yg pernah dibikin!

 Pesta prom, remaja dengan hormon berlebih dan virus mematikan, formula yg terdengar lucu ya? Harusnya sih gitu! Contoh horror-comedy flick bersetting prom yg berhasil jadi lucu adalah Dance of The Dead-nya Gregg Bishop. Tapi dilihat dari sudut manapun, film ini nggak lucu!!! Gue nggak mau pusing2 ngejabarin kenapa film ini payah, mending gue bikin list aja kenapa film ini bisa dikategorikan sebagai ‘keburukan di titik maksimal’:

-Jalan cerita yg nggak jelas! Gue bahkan nggak ngerti cerita film ini bakal mau dibawa kemana dan endingnya adalah yg terburuk, seolah penulis skenario film ini sama sekali nggak punya ide gimana harus mengakhiri film ini! FYI, gue nyaris ketiduran sejak 15 menit pertama film ini diputer.

-Tokoh2 yg meaningless! Semua tokoh di film ini bener2 annoying dan nggak ada yg cukup likable untuk jadi jagoan (bahkan untuk mati sekalipun). Dan tololnya, film ini nggak punya fokus untuk seenggaknya nyertitain dengan porsi gede tokoh mana yg kira2 bakal terus hidup sampe akhir film.

-Dialog di film ini lebih mirip mimpi buruk buat gue! Semua tokoh bisanya saling ngatain satu sama lain dengan kata2 kasar dan jorok, tapi anehnya gue tetep nggak ketawa sekalipun sepanjang film. Line2 yg pengennya kedengeran lucu di film ini nggak berfungsi dengan efektif!!!

- Akting para pemainnya yg payah dan sok asik, bahkan Bruce Campbell pun terlihat seperti Russel Crowe kalo dibandingin sama semua pemain film ini!

-Gore scene-nya mungkin lebih tepat dibilang gross-out scene. Segala adegan gore dan eksploitasi yg harusnya jadi ‘lucu dan menjijikkan’ tinggal ‘menjijikkan’-nya doang. Gue bahkan tetep aja nggak bisa ngetawain semua adegan what-so-called-GORE itu meskipun keliatan sangat konyol dan vomitable! Kalo lo tipikal orang yg nganggep titit meleleh, payudara penuh kutil dan muntahan darah di cocktail lo cukup seksi, ini film lo!

-Karena tinggal ngelanjutin cerita dari Cabin Fever pertama yg menurut gue udah cukup original, si pembuat film ini harusnya bisa ngasi storyline dengan tensi yg lebih gede. Gue sendiri nggak ngerasain feeling hal yg buruk bakal terjadi, misalnya virus yg bakalan bikin wabah makin meluas dan parah. Bagian terburuknya adalah cerita, tokoh2 dan semua aspek di film ini!!!

Dengan semua list yg udah gue bikin, Cabin Fever 2 beneran nggak layak nyebut diri film horror-komedi kelas B karena mereka bener2 nggak peduli dan nggak mikirin apa yg kita suka dari film2 sejenis itu. 

Gue malahan nggak tau apa sebenernya penulis dan sutradara film ini ngerasa bersenang-senang ketika bikin film ini, karena jujur aja gue nggak ngerasain energi dan kesenangan itu! Selain make-up dan spesial efek yg ‘terlihat’ murahan (untuk sekuel yg digelontorin dana segede itu???) yg menurut gue cukup konstan dan outstanding sepanjang film, nggak ada yg bisa dinikmati dari film ini.

.........................................
This is definitely not entertaient! This is beyond garbage!!!!

 RATING 
 Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

4 comments:

  1. o jadi disini nggak ada 'Cabin' nya lagi? aneh juga yah..hehe tapi di gambarnya banyak amat darah tuh..:D slurp

    gue coba deh ntar hehe.

    ReplyDelete
  2. gue minta posternya diganti, itu poster cabin fever yg pertama!!!

    ReplyDelete
  3. 3/10 buat ini? Terlalu baek lo Ming, gue mah bakalan ngorting 1-2 poin lagi buat faktor "kekecewaan terbesar awal taun". Kaga heran kalo Ti West aje sampe berusaha supaya namanye (secara legal) dihapus dari kredit film ini. Sebagai sutradara dengan "The Roost" ama "House of the Devil" dalam daftar CV-nye, ini pasti tampak memalukan.

    Btw, Bruce Campbell selalu keliatan kaya Russel Crowe kok buat gue, bedanye cuman Brucey emang lebih ganteng aje.

    ReplyDelete
  4. Gue kasih 3/10 biar gue bisa ngasi rating yg lebih buruk lagi buat remake It's Alive bem. Plus, sebenernya make up dan efek2 murahan film ini cukup oke juga menurut gw. cukup 'tebel'.

    gue denger aja Ti West sempet keluar ruangan waktu screening pertama kali film ini di festival apaa gitu. gue beli dvdnya karena ya itu tadi, ini salah satu sekuel yg gue tunggu, plus House of the Devil bikinannya Ti West itu boleh juga (gue belom nonton The Roost). tapi emang udah gue bilang waktu itu kan, film ini jelek banget ternyata!

    ReplyDelete