07 November 2011

My Bloody Date with a Chainsaw Maid!

Oke, gue tau ini udah lama hehe. Gue pertama kali nontonnya di Yutub kira-kira 3 atau 4 tahun kebelakang lah.

Kamu tau, harus ada sesuatu yang keren dalam sebuah pelem pendek 'animasi-bisu tanah-liat' ( istilah kerennya : Claymation --semacem 'Shaun The Sheep'-- ) buat bisa narik atensi gue. Nyatanya, apa yang dilakuin mahasiswa edan Jepang 'Takena Nagao' dalam 'Chainsaw Maid' bukan cuma berhasil narik atensi, tapi diluar dugaan dia juga berhasil membuat gue terpana untuk kemudian tanpa pikir panjang langsung ngelabelin ini sebagai 'cult-classic' . Tentu di genre spesifiknya : animasi.

Dan gue heran kenapa waktu itu nggak segera bikin review nya buat diposting disini. Khilaf kayanya.

Untungnya kemaren, pas gue lagi nyari2 file pelem Mei Sawai yang ke selip2 di folder, tanpa sengaja gue menemukan kembali pelem ini dengan sebuah animasi karya Takena Nagao lainnya yang nggak kalah keren. Dan ketika ditonton lagi, Anjir..gue tetep ngerasain sensasi yang sama seperti pertama kali nonton ini. Brutal, shocking, Hillarious, dan..extremely FUN! Setelah itu, gue segera dilanda perasaan haru karena kangen ama pelem-pelem ber genre stupid-horror-splatstick ( bukan slapstick! ) yang akhir-akhir ini sangat jarang ditemui. Cukup menyedihkan buat sinema horror, karena gue malah nemuinnya disebuah pelem animasi pendek 'tanah-liat'. Haha. So, temen-temen inilah 2 animasi pendek itu :

......................

'Chainsaw Maid'
Durasi : 6:52

Story : Seorang pembantu rumah tangga terpaksa harus bertempur mati-matian melawan segerombolan zombie demi menyelamatkan nyawa sang majikan dan puterinya.

Review : Dibuat dengan hanya menggunakan kamera-digital biasa dan software pengolah GIF, Takena Nagao membuat masterpiece ini selama 3 bulan. Secara cepat kita bisa ngerasain ke fanatikan Takena pada Romero's 'Night of the Living Dead', Tobe Hooper's "Texas Chainsaw Massacre' dan Sam Raimi's 'Evil Dead', ya..ini sepertinya emang homage buat pelem2 itu. tapi, brilliannya dia nambahin sesuatu yang fresh kedalam 'Chainsaw Maid', seperti misalnya gue baru kali ini ngeliat zombie yang muntahin seluruh organ-organ tubuhnya haha sekuen-sekuen pertarungan dengan zombie yang melibatkan gergaji mesin juga dibuat sungguh kreatif dengan pemilihan sudut gambar yang menarik. Beberapa detil kecil akan membuat kamu tersenyum, sementara ketiadaan dialog ( silent ) dan musik yang ultra-minimalis malah membuat ini semakin unik.



Secara keseluruhan, 'Chainsaw Maid' adalah sebuah sajian 'darah-dan-organ-tubuh-berhamburan-dengan cara yang konyol-nonstop-nyaris sepanjang 7 menit' yang akan membuat harimu menjadi menyenangkan!!. instant-classics. jadi gue heran, kenapa ini tidak segera dibuat versi non-animasi nya? tentunya dengan tim produksi yang kompeten.


'Bloody Date'
Durasi : 5 :07

Story : Kencan seorang perempuan tiba-tiba menjadi horror ketika psikopat ber-kampak muncul dan membunuh kekasihnya. Da lalu melarikan diri dan masuk ke sebuah rumah. Ternyata dirumah itu, horror yang lebih mengerikan sudah menunggu sang perempuan.

Review : Berbeda dengan 'Chainsaw Maid' yang nonstop-splatter, 'Bloody Date' adalah sebuah creepy-gothic-thriller-gore. Kali ini yang terasa adalah seperti kalo Tobe Hooper bikin pelem ama Dario Argento. Thrilling, brutal, dan 'gelap'. Sungguh menterror . Dan walau 'Chainsaw Maid' adalah favorit gue, tapi ending dalam 'Bloody Date' terasa lebih menyengat dan impressive. Love it.





..................

++  Kepopuleran 'Chainsaw Maid' di Yutub membuat seorang fan ( Lee Hardcastle ) membuat unofficial-sequel nya. Tampil tidak kalah brutal, kamu akan ngeliat gimana puteri sang majikan yang masih kecil beraksi dengan gergaji mesin nya haha.

Berbeda dengan musik dalam 'Chainsaw Maid' yang minimalis ( kayanya cuma pake piano maenan ), music scoring dalam ' Chainsaw Maid 2 ' dikerjakan lebih serius dan 'niat'. Takena Nagao sendiri masih dalam perencanaan merilis sequel 'CM' yang konon akan bersetting di zaman medieval. wow, can't wait! hehe tapi, buat sementara kamu bisa liat unnoficial-sequel bikinan Lee Hardcastle ini :

'Chainsaw Maid 2'
Durasi : 4 :10


...................

++ Oh iya, ada 1 lagi, ini sebuah fake trailer dari Takena yang dia buat untuk sebuah kontes fake trailer.  Judulnya, 'Dead Girl'. Ini sepertinya bercerita tentang zombie perempuan ber-kampak yang menuntut balas pada gerombolan kriminal ( Yakuza? ). Simak aja tagline nya yang khas 80-n nih :

"In a rotten town, there was a murder. A girl was killed. The weird force brought her back in this world again. She is greedy. She is powerful. She has no heartbeat and has no mercy. Violence brings violence. Now dangers from the grave has begun."

Bad-Asssssss! Kalo udah gini, gue jelas berharap ini nantinya bakal berkembang menjadi bukan cuma sekedar fake trailer dan animasi tanah liat ( atau adonan kue )



Oke, so..Buat yang belum nonton, segera buffer video diatas. Gue yakin, bahkan dengan kecepatan modem yang menyedihkan, film pendek diatas masih bisa kamu nikmati :) Kalo masih nggak bisa, tentu ini waktu yang tepat buat menggergaji modem kamu.

Ciao!

3 comments:

  1. http://www.youtube.com/watch?v=U3T1JJsm1VQ

    bloddy night 2 nya juga keren nih...
    masukin juga bro...

    ReplyDelete
  2. whaaa.. keren, Go! paling suka Chainsaw Maid 2, keren banget!!

    ReplyDelete
  3. bang ringgo mah emang juara buat recomended film..

    ReplyDelete