14 September 2008

THE TEXAS CHAINSWAW MASSACRE ( BEGINNING )

Film ini nge-hype banget dikalangan pecandu film-film bergenre thriller horror, udah ada beberapa film yang nyeritain keluarga gila dari Negara bagian Texas, Amerika ini. Sedikit info, keluarga Hewit konon beraksi sepanjang tahun 1969 sampe 1973 dengan membunuh 33 korban, korban bisanya orang luar kota yang terjebak di wilayah mereka di pelosok Texas. Mereka juga keluarga kanibal dan sakit jiwa. Peristiwa berdarah ini dipopulerkan media Amerika dengan nama, ya itu tadi..Texas Chainsaw Massacre. ( pembantaian bergergaji mesin di Texas ) Apakah ini kejadian nyata atau bukan? Ada yang bisa ngasih tau gue?


Gue pernah nonton juga, Texas Chainsaw Massacre ( TCM ) yang oldskool itu, terus Texas Chainsaw Massacre:next generation. Lalu ada juga karakter dari legenda kisah ini yang difilmkan yaitu, si Tommy Hewitt ’leatherface’ tapi gue belum nonton filmnya. dan yang ingin gue review adalah film Texas Chainsaw Massacre ‘the beginning’ yang diproduksi oleh New Line Cinema dua tahun silam, alias ini adalah film TCM yang paling baru.

Dan film ini buat gue cukup mengecewakan, maksudnya ekspektasi gue terhadap film ini meleset.
Ketika membaca subtitle dibawahnya yaitu, ‘the beginning’ gue berharap akan mendapatkan cerita tentang keluarga Hewitt yang sinting ini. Maksudnya, gue pikir film akan berfokus ke awal-mula yang menyebabkan keluarga ini jadi sinting, dari keluarga ini kecil sampai tua-tua, cerita tentang anak-anaknya, tetangga2nya, lalu menceritakan konflik2 di dalam keluarga itu dan semacam itu. Lalu filmnya akan selesai ketika mereka membunuh korban pertamanya..diikuti dengan tulisan ‘ this is the beginning…this is not THE END..lalu film selesai. Ahh, sepertinya film ini akan menarik..begitulah bayangan gue. Tapi ternyata gue salah, karena film ini hanya mengulang film2 TCM sebelumnya..



...........................................................................
 
Adegan kelahiran sesosok bayi di bulan Agustus 1939 mengawali film ini, bayi itu dilahirkan di sebuah rumah jagal oleh ibu-ibu gendut bernama Sloane. Namun mungkin karena wajah si bayi yang jelek banget ( atau entah karena sebab apa? ), ia dibuang oleh ibunya di tempat sampah dan ditemukan terus dipelihara oleh Ny.Hewitt. beberapa tahun kemudian si bayi ini ternyata menjadi sesosok monster yang kita kenal bersama sebagai Tommy ‘si muka kulit’ yang mana dia bekerja di sebuah rumah jagal pula.

Inilah yang mengecewakan, ‘the beginning’ yang dimaksud hanya menceritakan kelahiran Tommy saja dan itupun cuma diceritakan dalam beberapa menit di awal film saja. Alias hanya 1% persen dari keseluruhan film.

Keluarga Hewitt ini diceritakan sudah sinting dari sananya. Nggak tahu sebabnya apa? Dialog tentang perang Vietnam dan soal keluarga itu yang tertindas kurang jelas dan membingungkan. Predikisi gue adalah, Texas pada saat itu menjadi Negara bagian yang sangat miskin dan tak berprospek, tak ada yang mau tinggal di situ..dan keluarga Hewitt adalah satu-satunya yang sejak turun temurun mendiami kawasan itu, masih ngotot tinggal disitu dan sudah mendarah daging dengan pekerjaannya sebagai tukang jagal daging disebuah usaha pengepakan daging. Namun, keluarga dan pekerjaan mereka itu terancam musnah, karena usaha pengepakan daging itu memilih tutup karena kondisi Texas yang tidak mempunyai masa depan. Keberadaan mereka juga terancam tergusur oleh serbuan ‘kaum hippies dan pengendara motor’ yang hanya menganggap Texas sebagai tempat pelesiran, mabuk2an atau sex bebas. dan keluarga kecil terasing ini menganggap dirinya sedang berhadapan dengan dunia.

Apakah karena sebab itu, keluarga Hewitt menjadi sinting dan kalap dengan orang luar..?? diatas sih cuma analisa ngawur saja hehehe sebab film ini nggak menjawab dengan tuntas pertanyaan diatas.

Tommy juga diceritakan ujug-ujug udah besar, sinting dan menutup wajahnya. ( konon wajah tommy jelek banget, jadi dia membebat wajahnya dengan topeng kain..ah, elu Tom kalah sama Tukul..), dan apa yang membuat Tommy jadi sinting gak diceritakan? Mungkin gue harus nonton film ‘Leatherface’ dulu kali yah?

Lalu 99% persen film ini, diisi dengan jalan cerita dan pengadegan-an yang klise banget. Yaitu, sepasang remaja muda-mudi melancong keluar kota, terus mobil mereka mengalami kecelakaan di pelosok Texas, terus ditangkep deh mereka sama si penjagal-penjagal keluarga Hewitt ini. Dan 75% film ini menceritakan usaha muda-mudi ini buat dapet survive. Sementara yang 20%nya menceritakan kekejaman keluarga ini. Hehe udah kebayang kan?

Terus gue juga nemuin adegan bodoh yang terus saja di ceritakan dalam sebuah film horror. Yaitu, begini..apa sih yang akan kamu lakuin kalo kamu adalah seorang perempuan yang nggak punya senjata apa-apa terus mengetahui ke tiga temen kamu ditangkep sama sekeluarga pembunuh berkelainan jiwa yang sadis buanget? Kalo gue sih, ( biarpun gue cowok ) bakalan lari sekenceng-kencengnya ngejauhin keluarga itu buat nyari bantuan polisi yang banyak buat ngegerebek rumah itu. Ini lebih rasional.

Karakter dalam film ini, Chrissie ( Jordana Brewster ) beberapa kali mempunyai kesempatan itu, yaitu lari menjauh sekenceng2nya…tapi itu nggak dia lakuin, malahan dia masuk kerumah itu sok-sokan mau nyelametin temen-temennya. Emangnya apa yang bisa dia lakuin? Bodoh banget yah..hehe



Kalo yang kamu cari dari film ini adalah adegan2 sadis nan gore, atau adegan kekejaman yang mendetail dan eksplisit, itu juga nggak akan kamu dapetin dari film ini. Acara makan-makan pake daging manusia dan potongan tubuh mah udah basi banget, adegan orang digergajinya juga biasa-biasa aja..palingan yang lumayan adalah adegan tommy ngulitin wajah Eric dan kemudian memakainya jadi topeng, itu juga ga terlalu keren sih coz udah sering juga gue liat yang seperti itu, especially adegan Hannibal Lecter ngulitin wajah polisi di ‘Silence of the lambs’ lebih menggetarkan sukma hehehehe





Terus, kenapa disetiap film TCM harus ada adegan si Tommy ngejar-ngejar cewek pake gergaji mesinnya? Ini ngebosenin banget. Apa nggak bisa nyiptain adegan lain apa kek yang lebih dramatis dan menegangkan…? Ngejar2 pake garpu misalnya, terus ngorek2 lobang idung korbannya…terus dimakan deh tuh, upil nya. Karena, ini juga hal yang aneh, si Tommy ini kan kerjaannya di jagal daging, kenapa senjata favoritnya justru gergaji mesin? Bukannya pisau jagal ? Apa si Tommy ini sengaja mau ngasih efek sensasional dan mengerikan dengan suara gergaji mesin yang meraung-raung itu..?ah kalo gitu, norak banget sih lu, Tom..pengen eksis aja sampe segitunya…

Eh, gue terlalu kritis dan serius yah? hehehehe

Tapi, buat kamu penonton horror pemula ( hehe ) yang nyari2 ketegangan. Bolehlah, nonton film ini sampai terkencing-kencing..karena temen gue sendiri, sering menutup mukanya dengan telapak tangan ketika nonton film ini alias nggak sanggup menahan ketegangan. Tapi buat gue sih, biasa-biasa aja tuhh..

Walhasil, film ini memang menegangkan dari awal sampe akhir…tapi mengecewakan buat gue. Mungkin ini karena ekspektasi gue yang udah melambung. Maka, hati-hatilah dengan ekspekatasimu,..seperti contoh, nggak usah ber ekspektasi terlalu tinggi terhadap sosok Ringo editor Jalur Bebas hehehehehe

Ratingnya adalah ‘ biasa aja tuh’ diucapkan dengan mimik wajah bete.

7 comments:

  1. Sebenernye, "biasa aja" itu udah kemajuan yg sangat pesat dari re-make nye beberapa taun yg lalu, inget? Anjing, ga ada yg lebih pengen buat gue lupain...

    ReplyDelete
  2. Ringo@zombem:
    "biasa aja" itu udah rating yang paling mentok di blog ini,sepertinya perlu ada rating "anjing,ga ada yang lebih pengen buat gue lupain" disini :)
    thanks for comment :)

    ReplyDelete
  3. Sebelum gw komenin, gw cuma pengen bilang, salah satu karakter film horror itu emang gitu: CEWEK SELALU LARI KE LANTAI 2!
    Hahahaha. dengan kata lain: emang pengen dibunuh. Hehehe.
    Kali ini gw lumayan sepakat ama Zombem. Ringo, lo harus nonton TCM versi aslinya, sumpah jelek bgttt. Dan gergajinya itu, aduhhh. Covernya apalagi (pinjem deh ama tremor tuh, waktu itu gw pernah diliatin dvdnya dan langsung ilfil berattt, hahah). Jelekkkk. Tapi herannya dia masuk dalam 1000 film terbesar sepanjang masa (yg gw baca di Rumah Buku dan bukunya bagus bgtttt, gw ngiri!) bersanding sama film2nya Stanley Kubrick dan Steven Spielberg. Hebat kan? Hahaha.
    Yah, what more can i say? Tipikal film horror lebay tahun 2000-an ke atas. Standar. Yah, tapi tergarap dg serius lah seenggaknya. Soal itu keluarga beneran ada ato nggak, gatau juga, kayaknya sih ada. Dan si leatherface nya juga kan terinspirasi dari serial killer beneran si Ed Gein itu kan, makanya dia pake gergaji, walopun ngga nyambung. Kenapa si keluarga jadi sadis gitu, mungkin aja kayak yg lo prediksiin, selain faktor stress baru pulang dr Vietnam kali yeee. Katanya sih faktor genetis gitu (?).
    Tapi yg the beginning ga suka ah, gw lebih suka yg TCM aja, yg taun 2000an awal, di situ ada tokoh yg selamat, dan cewek pula (yg selama ini cuma jd korban) dan dia nggak cuma selamat, tp juga dg cerdiknya motong satu tangannya leatherface! Yeah, girl roxxxx!

    ReplyDelete
  4. sedikit info, keluarga dan kasus ini cuma hoax doang emang ceritanya terinspirasi dari Ed Gein itu. hehe thanks 4 commetn :)

    ReplyDelete
  5. rata2 film horor dari silence of the lambs sampe texas chainsaw massacre,,emang terinspirasi dari edward gein

    ReplyDelete
  6. aku baru nonton kemaren2...haha telat banget yak :(
    anyway, lumayan lah buat penyuka thriller, meski kadang2 gag msuk akal tp sadis dan tegangnya dapet...

    ReplyDelete
  7. sekarang main tuh di XXI yg versi 3D gan, hehehe..

    ReplyDelete