27 December 2010

HATCHET II ( 2010 )

Reviewed By 'Z'

Beberapa taun lalu, sutradara debutan Adam Green bikin namanye dikenal di seantero jagad ranah horror lewat Hatchet, sebuah film yg dicintain sebagian & dibenci ama sebagian yg laen. Gue termasuk ke sebagian yg cinta. Awal taun ini, die kembali lewat Frozen, film yg juga dicintai sebagian ama dibenci sebagian laen. Kali ini, gue masuk ke sebagian yg benci. 

Dan dari 90% orang yg benci Frozen, semuanye praktis ngebencinye karena alesan yg sama: soalnye mereka nonton filmnye Adam Green sambil berharap ngeliat Hatchet, part 2 & begitu apaan yg kite liat tuh horror situasi tanpa darah eksplisit sama sekali, berakhir nyeselin kenape kite ngga diem di rumah nonton DVD Hatchet aje. Kini, Hatchet II bener-bener dirilis, & dengan nama primadona- genre Danielle Harris ama Tony ‘Candyman’ Todd (yg cuman dapet semacem cameo di film pertama) pada daftar cast, ekspektasi pun melambung bagi Adam Green untuk nunjukin segala hal kotor yg ngga nongolin batang idungnye di Frozen.

Buat bisa ngerti cerita rakyat yg namanye Hatchet, orang kudu ngerti sejarahnye dulu. Di satu masa yg ngga terlalu lama lalu, Hollywood bener-bener udah keabisan ide. Mereka bikin sekuel demi sekuel dari Pirates of the Carribean ama harus ngimpor ide dari belahan dunia laen guna bisa bikin produksi baru, sederhananye: mereka cuman bikin versi lebih buruk dari sesuatu yg asalnye udah buruk, itu adalah masa kelam bagi semuanye. Horror-fan ngga luput dari penderitaan ini, dengan 8 dari 10 film yg keluar tuh adaptasi dari apaan yg lagi in di Jepang. Harep dicatet kalo waktu itu “apaan yg lagi in di Jepang” tu bukan Sushi Typhoon, tapi cerita-cerita ngebosenin soal cewe yg ngerangkak keluar dari TV, kolong tempat tidur, selimut, tas, celana dalem, dsb, dsb untuk pasang ekspresi standar pose band Black Metal ke kamera sambil ngomong “BOO!” ...& berharap kite takut. Singkat kata-singkat cerita, semua orang pun muak ama semua omong kosong itu & menunggu seorang messia buat nongol untuk ngembaliin horror ke esensi asalnye. Di luar dugaan semua orang, messia itu muncul dengan nama Adam Green. Hatchet itu old-school horror flick yg ngga ngeribetin diri pake semua tetek-bengek nilai sinema modern, simpel & sederhana, chop-chop-chop, murder-murder-murder, kill-kill-kill. Semua orang yg nonton pulang dengan bahagia. Apa ada yg ngarepin sekuel? Kaga, tapi kite nunggu aksi selanjutnye dari Adam Green. Berhubung Frozen ternyata mengecewakan, maka seri kedua dari satu judul yg udah kite kenal banget pun ngga apa-apa lah.

................................................. 



Dimulai pake opening yg praktis ngancurin ending sempurna dari film pertamanye, Hatchet II keliatannye milih ngambil rute berbahaya. Kalo lo ngerusak ending dari sesuatu yg sedemikian dicintai sebelonnye, kudu dipastiin kalo itu dilakuin demi sesuatu yg bener-bener layak. The Descent ngambil rute ini terus jatoh nyungsep dalem kubangan kegagalan, ngerusak apa yg mungkin adalah salah satu ending paling keren dalem sejarah buat sebuah sekuel yg sub-par. Harchet II mungkin ngambil posisi start yg sketchy, tapi terus ngerebut momentum dengan cara nebarin boobs-shot tanpe alesan ama nunjukin orang dicekek pake ususnye sendiri sampe kepalanye coplok, semuanye bahkan sebelon opening-title! Kalo dipikir-pikir, kenape mereka butuh opening-title segala? Cukup dengan adegan orang-dicekek-pake-ususnye-sendiri-sampe-kepalanye-coplok tadi aje, kite udah tau kalo ini pasti Hatchet II.

Jadi, Marybeth Dunstan (kali ini diperanin ama Danielle Harris. Gue duga demi kepentingan appeal fanboydom) ternyata berhasil jadi final-girl film pertama, gue rasa kalimat barusan bisa dibilang semacem spoiler buat mereka-mereka yg belon nonton Hatchet I...tapi hey! Life goes on right? Abis diselametin trus diusir oleh seorang petapa di tengah rawa, doski nemuin jalan balik ke Louisiana -kali ini pasca Mardi Gras- buat nyari seseorang dengan nama super keren: Reverend Zombie, pemilik toko voodoo sekaligus juragan atraksi turis yg diperanin ama sang Tony Todd. Ngapain Marybeth malah kesono bukannye ke rumah sakit? Jadi si Rev. Zombie ini tuh pemaen lama di daerah situ, & die tau lebih banyak soal hikayat Victor Crowley dari kebanyakan orang laen. Abis sebuah dongeng yg diceritain pake intonasi super-ridikulus khas dari seorang Tony Todd, Marybeth tau-tau ngidam buat balik ke dalem rawa dalam rangka praktek balas dendam. Itu impresif menimbang bahwa cerita ini nyambung langsung di belakang film pertama, jadi saat ini tuh –dalem film ini- praktis baru beda beberapa jam abis semua pembantaian di Hatchet I, doi bahkan belon pulang ke rumah tapi udah pengen bales dendam! Orang mah minum-minum dulu kek, apa kek, doski sih langsung balas dendam. Hebat. Bahkan Uma Thurman pun ngga sesemangat itu di Kill Bill.

Abis serangkaian perdebatan ngga esensial, Rev. Zombie sepakat buat nganter Marybeth balik ke rawa & matahin kutukan Vic Crowley, tapi sebelonnye die mau ngumpulin dulu para bad-ass di kota. Ngga semata-mata bakal jadi bodyguard doang, tapi juga soalnye die, diem-diem, punya rencana rahasia. Tentu ini Louisiana, maka ngga usah heran kalo semua bad-ass di situ lebh keliatan kaya sopir truk, tapi mereka tau caranye narik pelatuk &, di Lousiana, itu cukup buat bikin lo terkualifikasi sebagai bad-ass. Rev. Zombie juga nawarin 500 dollar bagi mereka yg mau nemenin die ke dalem rawa plus 1000 dollar bagi sapepun yg bisa ngasihin die kepalanye Victor Crowley, gue ngga pernah nyangka bisnis toko voodoo di Lousianan bisa ngasilin segitu banyak keuntungan buat dibagi-bagi. Maka, dengan dikawal selusin sopir truk, Rev. Zombie ama Marybeth pun balik ke rawa tempat di mana Victor Crowley berkuasa. Kaya bisa diduga, mulai dari sini Hatchet II ngikutin standar formula slasher kaya gimane Amy Winehouse ngikutin beat standar aransemen Motown.



Ide keseluruhan dari film ini tuh bikin setup untuk ngirim segerombolan orang ke rawa buat dijagal ama Victor Crowley, & begitu redneck-kaczinsky kite itu nongol, ini pun masuk ke gigi old-school-horror-massacre dalam akselerasi maksimum. 

Kampak nancep di muka, gergaji ngebelah selangkangan, muka ancur, leher coplok & sorak audiens bergemuruh tanpa henti. Hatchet II tuh tontonan campy yg sama sensasional ama pendahulunye, dengan setiap kill-scene dieksekusi secara efektif & terang-terangan demi efek chant-a-long “holy shit” penonton. Hukum overkill kaga berlaku disini dengan anggota badan dibacokin sampe putus ama badan dibelah vertikal dari atas ke bawah, pokoknye, Hatchet II dengan bangga mertahanin semua tradisi klasik film kelas B. Apa yg dilakuin film ini buat otak lo tuh sama ama apa yg dilakuin Vic Crowley ke kepala orang yg berani ngelanggar teritorinye: ngehantem itu 15 juta kali pake benda keras yg tumpul. Lo tau kan apa yg terjadi ke kepala kalo itu dihantem 15 juta kali pake benda keras tumpul?

Mungkin gue salah, tapi kayanye ini aksi pertama Danielle Harris dalem peran seorang aktris utama, & walau doi bisa mraktekin semua metode akting dari buku manual scream-queen dengan nilai A, gue tetep ngerasa kalo doski punya terlalu banyak screen-time buat dilakonin dengan kapasitasnye. Kadang doi keliatan luar biasa annoying, terutama kalo harus meragain bentuk emosi selaen takut. Tony Todd punya penampilan yg secara keseluruhan lebih solid, tapi tentunye die itu Candyman & film ini ber-setting di Louisiana, jadi apa susahnye ini buat die? Para pemeran pendukung disini justru muncul lebih atraktif dari yg gue harepin, dengan cukup kepribadian unik bagi karakter-karakter ekspendabel. Bahkan kalo cuman nongol buat, berape? 20 menit maksimal? Orang-orang ini (ok deh, sebagian darinye) ngga cuman ngelakuin hal-hal menarik, tapi juga sempet ngasih satu-dua biji one-liner keren. Kayanye Hatchet emang proyek Adam Green buat seneng-seneng, maksud gue, orang ini jelas punya kemampuan buat bikin film “beneran” (kaya die buktiin di Frozen). Tapi liat coba apaan yg die tunjukin disini? Praktis kaga ada apepun dalem Hatchet yg bisa dianggep serius, cuman banjir bandang gag ama kill-scene dateng silih berganti. Salah satu lelucon internal paling konyol disini tuh kembalinye Parry Shen buat maenin karakter yg sama ama yg mati di film pertama. Kenape Green mutusin buat ngebawa karakter cowo sefeminim itu balik adalah misteri alam, tapi yg lucu tuh alesan apaan yg dipake buat bisa nongolin orang itu lagi, yaitu dengan ngasih peran sebagai “sodaranye” yg kembar identik...asli, achterlijk ngga sih itu?    

Buat ngritik film ini tuh sama aje kaya ngritik semua film slasher dalem sejarah. Dari jaman dulu, slasher selalu jadi bahan olok-olok para kritikus (baca: douchebags) karena keminiman substansi ama nilai estetisnye. 

Kata “slasher” sendiri, sebelon itu didaulat para fans buat jadi nama subgenre, awalnye tuh label bermakna ngerendahin untuk ngedeskripsiin film-film horror yg kualitasnye dianggep satu level ama bokep. Jadi kalo lo ngga pernah nganggep ginian selaen sampah, maka silakan kasih ini rating 0 soalnye Hatchet II jelas kaga nawarin ape-ape buat ngerubah asumsi kalian. Tapi kalo asasinasi anggota cast tuh sesuatu yg ngerebut konsentrasi lo, maka silakan ikutin Rev. Zombie ke pedalaman bayou Louisiana buat ngeliat organ tubuh dicincang soalnye Hatchet II is a blast!

Gue pribadi ngarep mereka bikin lebih banyak film kaya gini.   

Rating : 
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

21 December 2010

A SERBIAN FILM

Reviewed By 'Z'

Horror-fans tuh sampah masyarakat sinema, apa yg buat orang laen menjijikan & ofensif buat kite adalah bahan lawakan, orang cuman masuk toilet buat buang hajat trus cabut tapi kite nangkring di situ, kite menikmati yg buruk & memuja yg absurd, kite nodain apaan yg sakral, ngotorin apa yg murni & ngga nerima batesan akan segala sesuatu yg tasteless. Itu adalah salah satu hal yg bikin gue bangga jadi horror-fan; kite adalah sebuah komunitas yg bad-ass!

Jadi waktu sesuatu kaya A Serbian Film muncul dengan sebuah reputasi sebagai tontonan vulgar dari kekerasan yg berlebihan, apa yg kite lakuin?

Ya jelas lah kite jadi pengen nonton.

........................................

Milos adalah seorang mantan porn-star. Dulu, die itu maestro dalem apa yg die lakuin, dulu die itu effin’ Hercules! Sekarang die idup bareng istri, anak & jutaan memori indah yg setiap bijinye terabadikan dalem bentuk DVD. Tentunye, idup itu sulit buat seorang mantan porn-star laki-laki, soalnye semua tau ekuivalensi matematis dari “mantan” + “porn star” + “laki-laki” tuh selalu = 0. Idup aja udah susah buat mantan porn-star di Amrik, sekarang bayangin kaya apa susahnye buat seorang mantan porn-star di Serbia. Yup, tragis.

Di tengah-tengah prahara ekonomi, datenglah Lejla, sendirinye juga seorang porn-star, buat nawarin Milos kesempatan maen di sebuah produksi baru bokep avant-garde nan menjanjikan. Film biru yg digadang bakal bikin porno buat diakuin sebagai sebuah bentuk kesenian tinggi yg terakreditasi, gue ngga tau kalo lo ye? Tapi kalo porno bener-bener diakuin sebagai seni, sumpah gue bakal kuliah di jurusan itu. Pemimpin dari produksi bokep cutting-edge ini sendiri adalah Vukmir, seorang seniman nyentrik yg dari awal kemunculannye udah keliatan ganjil. Untuk sebuah alesan tertentu, Vukmir tu penggemar berat Milos. Gue seumur-umur belon pernah nemuin ada cowo yg ngaku kalo die tuh penggemar berat seorang pemaen bokep cowo...tapi ya, udah gue bilang kan kalo orang ini ganjil?

Kalo pas pertama lo ngga ngeliat keanehan pada diri Vukmir, maka pada beberapa menit berikutnye semua dengan tingkat intelejensia di atas simpanse bakal bisa nyimpulin kalo die tuh bukan orang paling bagus buat diajak kerja bareng. Salah satu syarat utama dari “video art”-nye tuh sang aktor sama sekali ngga boleh tau apaan yg bakal die shoot sampe pas saatnye die lagi shooting. Ini sama aje kaya beli kucing dalem karung, cuman semuanye punya rabies & yg lo pake buat ngambilnye tuh genitalia lo! Vukmir makin bertingkah aneh pas nyodorin kontrak & secara eksplisit nganjurin Milos buat nanda tangan tanpa perlu ngebaca isinye yg setebel buku telpon. Ini keliatannye luar biasa mencurigakan, plus harusnye sebagai orang dewasa kite sadar akan bahayanye naro tanda tangan di sesuatu yg kite ngga ngerti. Tapi Milos, gue asumsiin terinspirasi ama kesuksesan kisah comeback karier Mickey Rourke, mutusin buat ngelakuin hal paling ngga bijaksana dengan ngambil pulpen & ngejual jiwanye pada Pikachu (aka Satan). Segera abis itu,120 Days of Sodom pun dimulai.


Abis nonton film “kontroversial” ini sampe abis, gue kok ngerasa kebanyakan orang-orang nganggep ini terlalu serius ye? Sederhana aje, A Serbian Film itu film eksploitasi, 

bukan yg terbaik dalem sejarah genrenye emang, tapi masih banyak yg lebih buruk. Kalo masalah kekerasan-grafik yg terlalu eksplisit...ya bukannye emang itu yg selalu dilakuin ama film eksploitasi? Buat nunjukin sesuatu dengan lebih ekstrim dari yg pernah dilakuin orang laen sebelonnye? Lagian, bukannye “kelewatan” di genre ini tuh batesan yg udah dilanggar puluhan kali? Di dunia ginian, tiap taunnye bakal ada sesuatu yg keliatan lebih gila dari ape yg pernah keluar sebelonnye tuh seusuatu yg punya kartu garansi. Itu udah bagian ngga terpisahin dari kultur horror, & waktu selalu berhasil ngebuktiin kalo apaan yg dianggep keterlaluan ama satu generasi selalu bakalan dianggep jadi biasa aje buat generasi berikutnye. Dengan penjelasan itu, gue sama sekali ngga pengen ngomong kalo ini tuh “lunak” ye? Ngga kok, A Serbian Film itu brutal. Cumaaa, gue ngerasa ngga adil aje film ini dapet nama buruk hanya gara-gara die itu keliatan brutal semata, gimane ama Guinea Pig? August Underground Mordum? Itu sama aje brutalnye kalo ngga bisa dibilang lebih. Ini emang jenis tontonan’ model gitu’ & buat tontonan model gitu, A Serbian Film tuh –sejujurnye- masih lebih bagus dari kebanyakan.

Ceritanye jauh lebih memikat daripada, contoh gampangnye, August Underground Mordum, yg sedemikian ngebosenin sampe lo praktis “nonton” dengan dicepet-cepetin buat ngecek bagian gore-nye doang. A Serbian Film mah punya cerite beneran buat diikutin, dialog yg ngga semata-mata diisi ama orang nyebutin F-words berkali-kali, ama karakter-karakter yg menarik. Ya emang sih ada banyak darah, ada banyak gorn, ama ia menyentuh titik pesakitan tingkat ekstrim lebih dari sekali, tapi ini kan sinema-eksploitasi? Harusnye sih orang udah siap buat ngeliat kaya gituan. Malah, kalo mau jujur, sutradara cukup punya “sensibilitas artistik” buat berusaha bikin audiens lebih ngerasa “nyaman” ama semua kekerasannye. Adegan-adegan paling sakit di sini semuanye terjadi off-screen ape minimal, ke blok sesuatu biar ngga keliatan gamblang di frame. Ini contoh model pendekatan kompromis yg ngga akan muncul pada Guinea Pig.    

Gue pikir salah satu hal yg paling ngerugiin film ini tuh soalnye ia dipasarin sebagai “sebuah film Serbia”, yg bikin orang-orang ngekspektasiin ini buat jadi semacem kritik-politis pada kultur kekerasan dari satu negara yg udah kelamaan dicabik ama perang sodara. 


Walau tema itu emang ada di sini, tapi pada dasarnye, itu cuman ada di background aje. Soalnye ini emang bukan sebuah dokumenter, A Serbian Film make isu di atas buat platform sementara ngegarap aspek-aspek eksploitasi di dalemnye. Jujur aje, ada banyak film horror yg juga punya isu sosial sebagai landasan ceritanye: Last House on the Left ama –bahkan- Texas Chainsaw Massacre tu ada hubungannye ama kondisi masyarakat AS pada masa perang Vietnam, Rampage aje ngomongin soal alienasi dunia modern. Tapi bedanye, ngga ada film-film itu yg dipasarin sebagai “film politis”, semuanye dianggep horror & karena itu, semua kekerasan yg ada di dalemnye ngga dianggep terlalu jadi masalah soalnye orang-orang udah tau “film horror” emang punya kecendrungan begitu. Kalo aje A Serbian Film dari awalnye udah disebut sebagai film-eksploitasi, ia bakalan tetep shocking sih, tapi ngga akan sampe se-shocking kaya ia saat ini. 

Buat sesuatu yg bikin sensasi gara-gara kebrutalannye, A Serbian Film secara mengejutkan punya banyak momen-momen menggelitik di dalemnye. Kalo menimbang faktor bagaimana itu bersanding ama sebagian visual yg intens, ini mungkin bisa didefinisiin sebagai apa yg disebut “dead baby comedy” (bentuk lebih hardcore dari black comedy). Biarpun film ini emang ngga punya niat buat ngelucu, tapi kayanye mustahil buat ngga nganggep beberapa adegannye menggelikan, terutama kalo itu udah ngelibatin Vukmir, aksi hiperbolis Sergej Trifunovic sebagai sang sutradara gila bikin die jadi MVP dari semua anggota cast. Gue suka banget kalo die udah, dengan berapi-api, nyampein visi & misi buat menuhin obsesinye untuk bikin film porno yg “artistik”, die keliatan kaya seorang sutradara Itali lagi pitching sebuah ide film giallo baru: dengan penuh semangat  berusaha naro logika pada sesuatu yg pada dasarnye ngga logis. Itu baru namanye “performa” sodara-sodara, mari kite kasih aplus buat orang ini.

Karakter kedua paling menarik jatoh ke tangan Marko, ade kandung Milos yg perannye di sini tuh jadi orang dengan pikiran kotor buat nidurin Marija, yg adalah istri sang kakak. Meski ide gitu ngga bisa dibilang orisinil, tapi kite kudu ngasih poin kepada orang ini dalam hal dedikasi. Die ngabisin malem harinye dengan nontonin video ulang taun ponakan semata-mata soalnye die punya mimpi basah ama ibunye! Tentu momen terbaiknye muncul pas die ngobrol ama Marija di dapur, nampaknye ngeliat sang ipar mengunyah apel bikin napsu libido Marko terbakar sampe die kudu minta ijin ke kamar mandi buat bisa “ngelepasin ketegangan” saat itu juga. God-damn, nyoliin kakak ipar, di atas wastafel kamar mandi doi sendiri! EPIC!!! Peran Katarina Zutic sebagai Lejla, sang porn-queen has-been, muncul demi kepentingan eye-candy penonton. Make busana yg bakal bikin kebanyakan remaja putri digampar nyokap kemanepun doski pergi, & death-scene doi bakal muasin kebutuhan mereka-mereka yg nonton ini buat nyari gorn.


Jadi, A Serbian Film emang bukan tontonan fun. Kaya Requiem for a Dream, film ini keliatan gelap & murung sampe abis, tapi ia juga ngga “semengerikan” kaya yg dibilang sebagian orang. Kalo diliat sebagai satu “film”, maka ini bisa dibilang satu yg sukses ngegarap tema sinema-eksploitasi. 

Dengan sedikit pesen sosial, sedikit pesen moral (dilakuin secara ironis, tentunye), sedikit noir, sedikit tradisi snuff Eropa Timur, ama banyaaaak shock-value. Masalah lo setuju ape kaga ama caranye sih urusan pribadi masing-masing kepala yg nonton, tapi yg pasti, dalem soal nyeritain sebuah kisah, mereka ngelakuinnye pake cara yg layak buat disimak.

Apa ini layak diliat? Kenape ngga? Gue sering liat yg lebih jelek.      

Rating : 
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic