28 June 2010

POULTRYGEIST : NIGHT OF THE CHICKEN DEAD ( 2006 )

Reviewed By 'Z'

Buat gue, cukup ada 2 alesan kenape film ini kudu ditonton:

1. Ini keluaran Troma.

2. Ini dibikin ama Llyod Kaufman...yg berarti ini keluaran Troma.

Biasanye, 2 itu selalu ngasilin hasil akhir yg sama: satu film yg jorok, menjijikan & amoral. Sangat memuaskan buat ditonton sendiri, tapi, jauh lebih memuaskan buat ditonton bareng ama temen2 lo dari kaum penggemar film berkelas. Asli, ngga ada yg lebih indah dari sebuah rilisan Troma selaen muternye bareng orang laen & nikmatin momen2 ngeliat mereka menderita! Rasanye kaya megang remote DVD dalem kamar dengan seorang SG bikinin lo popcorn, trus tiba2 ada bir jatoh dari langit2. Kira2 kaya gitu lah indahnye.


Cerita dari Poultrygeist, rilisan Troma pertama dalem 4 taun, itu berkisar pada Arbie & Wendy, sepasang muda-mudi yg "tumpang-tindih" di malem minggu, nikmatin waktu2 terakhir sebelon mereka lulus SMA & nempuh jalan idupnye masing2: Wendy pergi kuliah sementara Arbie milih buat tetep true pada tradisi-panjang tokoh-sentral film Troma dengan tinggal di kampung guna berkarier sebagai pecundang sejati. Nah, abis sebuah insiden menjijikan lalu berlanjut ke beberapa taun kemudian, Arbie ketemu Wendy dalem barisan demonstran anti-korporasi yg lagi memprotes berdirinye cabang American Chicken Bunker, sebuah gerai siap-saji, di Tromaville. Ternyata, pergaulan buruk kehidupan kampus telah ngebawa Wendy ke dalam satu jurang gelap tanpa dasar bernama “feminisme”. Tentunye ngga ada yg lebih cool dalem lingkar radikal feminis daripada jadi seorang lesbi (atau bi, atau apapun asal bukan straight) kan ? Maka disitulah Wendy berdiri, mengepalkan tangan untuk menentang tirani pasar bebas atau apalah gitu, bersama sist2-nye dari chapter lokal CLAM (Collegiate Lesbians Against Mega-Conglomerations), kabar buruk buat Arbie eh? Dan karena script film ini emang nuntut Arbie buat menderita, kini Wendy pun ngejalin hubungan ama Micki, lesbo-militan ama satu2nye cewe yg keliatannye nelen lebih banyak steroid dari Linda Hamilton di Terminator 2.

Rasa sakit hati Arbie gara2 dilepehin ama high-school sweetheart-nye demi Sarah Connor tadi ngebawa die buat ngambil aksi putus asa terakhir untuk kerja jadi "gadis" penjaga mesin counternye ACB. Ya kaya pura2 bunuh-diri lah, cuman lebih ngga pathetic aje. Nah, kayanye kite semua tau kalo, behind-the-scene, dapur restoran siap-saji itu adalah sesuatu yg udah cukup menjijikan. Dengan semua daging cincang produk dari pabrik pemotong, campuran variasi zat kimia, ama tetesan peluh pekerja yg jatoh ke pesenan tanpa kite ketahui. Sekarang tambahin itu ama imajinasi liar dari seorang Llyod Kaufman disana/sini, dan hasilnye adalah rangkaian gambar2 yg bikin seseorang bisa keilangan napsu makannye. Tak terkecuali kalo “seseorang” itu adalah Oprah Winfrey sekalipun! Nambah masalah pas ternyata outlet ACB ini didiriin di atas tanah pemakaman sakral suku Indian. Yup, mirip ama film “itu”, tau kan? Yg judulnye cuman beda 2 huruf ama yg ini.

Secara perlahan-lahan, arwah murka para Indian pun mulai menghantui ruang dapur. Awalnye Paco, seorang gay-hispanik, nyungsep ke mesin penggiling daging. Satu nasib yg umum diterima ama seorang gay di film Troma. Die kemudian beresureksi dalam bentuk sepotong sandwich yg bisa ngomong. Juga satu nasib yg umum diterima ama seorang gay di film Troma. Berikutnye giliran orang gendut, waktu Michael Hertz…um…”meledak” di WC setelah ngonsumsi telor hasil kutukan Indian kuno. Kalo lo ngga familiar ama Michael Hertz, die itu keliatan semacem kaya gimane bentuknye Preston Lacy kalo nelen Kirstie Alley bulet2, & sudut pengambilan gambar yg dipilih buat nunjukin itu bener2 bakalan ninggalin luka permanen dalem memori lo. Beneran, gue ngga becanda, adegan satu ini sumpah mengerikan.


Menyadari sepenuhnye kalo review ini bakalan lebih menjijikan dari review2 gue biasanye. Maka demi kenyamanan pengunjung setia blog ini, gue recap aje kalo abis 45-menit-penuh-semburan-dari-berbagai-variasi-cairan-ajaib-warna/ni-ke-atas-makanan kemudian, marathon jekpot pun dimulai. Jekpot ke properti umum, jekpot ke properti pribadi, orang jekpot saling ngejekpotin satu sama laen, dst, dst. Situasinye kaya keadaan di kampus gue dulu kalo lagi ada acara musik. Marathon jekpot ini kudu ditulis soalnye itu menandai transformasi para pengunjung restoran buat jadi armada zombie-ayam, yup, zombie-ayam! Lengkap dengan bulu2 yg tumbuh dari tempat2 absurd ama paruh tajem. Tentunye ini adalah bagian jualan utama film ini, waktu massa yg ”terzombifikasi” mulai ngebantai massa laen yg engga “terzombifikasi”, dan seperti biasa, Troma ngeksekusi momen itu secara fenomenal. Guts, blood, boobs, senapan mesin, semuanye tumpah-ruah di bagian ini. Sampe Arbie, Wendy ama beberapa survivor terakhir mulai terdesak & siap buat menerima ajalnye. Sebelon kemudian, Humus, sang koki wanita, mati buat kedua kalinye & protagonis kite nemuin senjata pemusnah massal ajaib guna nutup film ini pake sebuah ending yg ‘WTF’.

Fyuh! Capek gue ngereview ini…

Ape sebenernye yg bikin sebagian orang jadi zombie sementara sebagian laennye ngga? Sumpah gue kaga tau. Kenape Humus bisa mati 2 kali juga gue ngga ngerti, kemungkinannye sapepun yg nulis script film ini juga ngga ngerti. Pokoknye doski mati 2 kali, terima aje! Lagian dengan sedemikian banyak adegan splat-stick di sini, lo kaga akan peduli ama detil2 kaya gitu. Kaya semua produksi Troma laennye, Poultrygeist itu tontonan dengan nilai entertainment tinggi. Artinye, isinye dipenuhin ama hal2 menyenangkan yg sinonim ama kata entertainment, tau kan ? Bagian “guts, blood, boobs, senapan mesin” tadi. & kalo semua itu plus ratusan punchline ama toilet-humor masih ngga cukup buat lo, kali ini Kaufman punya trik ekstra: ternyata film ini juga sebuah musikal.

Gue baru tau kalo ternyata musikal itu beda sama opera. Selama ini gue pikir dua2nye tuh sama2 aje, tapi, sebagaimana bisa dijelasin ama para personelnye My Chemical Romance, keduanye ternyata punya perbedaan esensial. Musikal dipake buat ngedeskripsiin film yg sebagian scriptnye ditulis berbentuk lagu, jadi semacam acara Indonesian Idol. Nah sementara kalo opera itu semua dialognye emang dilantunin, semacem kaya yg dilakuin 50 Cents di film di mane die berperan sebagai…50 Cents. Berhubung Poultrygeist ini adalah sebuah musikal, maka lo bisa dengerin serangkaian tembang beraransemen buruk di dalemnye. Sebagian juga dilengkapin ama koreografi jenius pada battle-ballet antara General Sanders vs liga demonstran lesbian. Yup, semua lagu2nye emang achterlijk, tapi keseluruhan packaging-nye? Brilian!!

Tentunye, selera humor Troma itu cuman buat nyervis selera spesifik doang. Mayoritas orang, terutama mereka dengan fanatisme ideologi tertentu, bakalan nganggep lelucon2 film ini sebagai sesuatu yg ofensif. 

Asli, scriptnye ini emang praktis dipenuhin ama tsunami dari punchline & wordplay secara tasteless. Semua dialognye sengaja jadi set-up buat ngeledek sesuatu atau seseorang, dan mereka ngelakuinnye ke semua lapisan tanpa pandang bulu. Gue tau kalo sampe saat ini, film sering dijadiin medium buat agenda ngga tau malu dari propaganda tertentu (Avatar, anyone?), tapi yg dilakuin Poultrygeist unik dalem pengertian kalo mereka mah ngga jelas mau propagandain apaan. Semua dijelek-jelekin. Mau kiri-kanan, liberal-konservatif, amerika-etnis, bisnis gede-bisnis kecil kaga ada yg luput jadi bahan maenan. “Politik” dengan versi hantem rata gini bikin nontonnye jadi menyenangkan soalnye lo ngga ngerasa kalo ada orang yg lagi berusaha nyogokin agendanye ke lobang pantat lo.

Kerennye Troma tuh mereka selalu bikin film buat dikonsumsi ama orang idiot tanpa ngerasa perlu merlakuin penontonnye kaya orang idiot. Leluconnye tasteless, gue setuju, tapi semuanye emang beneran lucu, & ngga ada satu momen pun dalem film ini yg bikin gue ngerasa lagi digembala ke satu arah tertentu.

Gue bisa aje nulis semua kemerosotan mental yg terkandung dalem film ini, tapi itu bakalan ngabisin space, plus, kebanyakan orang bakalan nganggepnye sebagai glorifikasi fetishisme semata. Jadi, berhubung kite lagi ada dalam atmosfer piala dunia, biar gue rangkum aje ini pake kronologi update pertandingan via yahoo:

(“*” diitung sebagai menit)

* 3 - Kayanye itu hal paling menjijikan yg pernah gue liat.

* 4 - Bukan ketang, bagian yg ini jauh lebih menjijikan.

* 7 - BOOBIES!

* 11 - Lo yakin die ngomongin fried-chicken?

* 22 - Koreksi, kayanye ini nih hal paling menjijikan yg pernah gue liat.

* 27 - BOOBIES!

* 53 - Biar ngga semenjijikan yg sebelon2-nye, tapi ini masih cukup menjijikan.

* 60 - Gue bingung kenape orang2 ini ngga keabisan hal2 menjijikan buat ditunjukin.

* 71 - BOOBIES!

* 86 - Goblog, gue pikir udah selesai.

TRAILER






rating: 10/10

25 June 2010

THE BLOB ( 1958 )

Storyline :

Film dibuka dengan adegan yang ngingetin gue ama film 'Slither' ( yap, film itu kayanya terinfluence dari 'The Blob' ini ). Sepasang kekasih, Steve dan Jane sedang bercumbu di tepi hutan, ketika tiba-tiba mereka dikejutkan oleh suara ledakan yang berasal dari sebuah meteorit yang jatuh. Dengan semangat scientist-amatiran, mereka segera mencari lokasi jatuhnya meteor itu.

Namun seorang petani tua yang tinggal sendirian di tengah hutan, terlebih dahulu menemukannya.

Batu meteor sebesar buah jeruk bali itu mengeluarkan asap tipis dan menyebabkan lubang ditanah sedalam 30 cm. Karena penasaran dan bingung, sang petani-tua menyentuh meteorit itu dengan sebatang kayu. Tak disangka, batu meteor itu pecah. Dan dari dalamnya nampaklah seonggok daging-kenyal-berlendir. Semakin penasaran, sang petani mengambil daging-kenyal-berlendir itu dengan kayunya. Dia sibuk mengamati dengan seksama lendir-aneh yang menempel di kayunya, dan sebelum kebingungannya terjawab, tiba-tiba daging-kenyal-berlendir itu bergerak menyelimuti tangannya. Dia mencoba melepaskannya, namun tak bisa. Lendir itu menempel ditangannya!

Steve dan Jane yang menemukan petani malang itu, segera membawanya ke dokter.
Horror di mulai ketika ternyata lendir di tangan petani-malang itu tumbuh semakin besar dan menelan seluruh tubuhnya, bukan hanya itu, sang dokter dan perawat pun ditelan mentah-mentah ama lendir-alien yang sekarang kita sebut saja sebagai the blob. Setiap kali the blob menelan seseorang, tubuhnya semakin membesar, dan makhluk ini terus bergerak perlahan namun pasti untuk menelan apa saja yang ada di depannya.

Sekarang nasib kota kecil itu tergantung pada Steve & Jane ( dan beberapa pemuda lokal ) untuk memperingatkan para warga dan polisi akan ancaman the blob, namun seperti biasanya, tidak mudah untuk membuat mereka percaya.

Maka mereka pun mulai berpacu dengan waktu.


Review :

Di buat pada era 50-an dimana penonton sedang tergila-gila ama film sci-fi dan segala jenis monster-raksasa, The Blob hadir sebagai salah satu pioneer film Sci-fi-Alien selain 'Invasion of The Body snatchers', 'Forbidden Planet', 'Plan 9 from Outer Space' dan film2 sejenis yang banyak rilis pada era itu. Uniknya, The Blob menawarkan alien-nya dalam bentuk paling aneh dan konyol yang pernah gue liat di film. Namun, pada zamannya, konon the blob termasuk film yang mengerikan. Gue membaca di sebuah review, dimana seorang reviewer menceritakan pengalaman masa kecilnya ketika menonton film ini. Dia bercerita bahwa dia tak berani melihat kearah layar ketika The Blob muncul. Haha

Pada kenyataannya, ketika menonton film ini kemarin, gue teringat pengalaman menggelikan ketika menyaksikan semut-raksasa dalam 'Them!' (1954) ,it's stupid & ridikulus! haha Bayangin, the blob ini cuma sebentuk lendir-kenyal berwarna merah, dia nggak punya wajah, nggak punya mata, mulut, kaki atau tangan..it's just the blob! Kamu tumpahin aja sebaskom agar-agar/jelly berwarna merah kelantai, dan seperti itulah bentuk the blob. Dia bahkan praktis nggak bisa ngapa-ngapain selain menggleserkan lendirnya buat bergerak dengan kecepatan nggak lebih cepet dari bekicot. Dengan kenyataan kaya gitu, ngeliat orang-orang dalam film ini pada jejeritan histeris ngeliat the blob, bikin gue ketawa terpingkal-pingkal dengan nikmatnya. It's so terrible and it's fun to watch.

Nuansa komedi ketimbang horror, udah gue dapetin ketika gue mendengar irama opening themesong khas 50-an nya yang ceria kaya musik pesta, liriknya kaya gini :

Beware of the Blob!
It creeps and leaps
And glides and slides across the floor
Right through the door
And all around the wall
A splotch, a blotch, be careful of the Blob.

Satu-satunya yang creep dalam The Blob adalah opening-themesongnya, sekali mendengarkannya kamu pasti pengen menyanyikannya ( atau membenturkan kepala ke tembok? ) hahaha cek :





The Blob juga keluar dari kebiasaan film horror yang sering memakai warna-warna gelap/suram di dalamnya dengan tampil penuh warna cerah-meriah kaya film kartun Scooby-Doo. Perhatiin deh warna mobil Steve, properti ama baju2 yang dipake para castnye. Gue nggak ngerti ini disengaja atau mereka sedang merayakan teknologi film berwarna yang era itu baru saja ditemukan?

Aktor Steve mcQueen ( Towering Inferno -1974- ) memerankan perannya sebagai Steve dengan baik walaupun dia keliatan tua sebagai remaja, sementara yang lainnya hanya membuat gue senyum2 plus ketawa geli ngeliat aktingnya. Dalam sebuah scene-nya, seseorang berteriak 'lihat, monster itu memakan restoran' dengan ekspresi dan intonasi datar seperti seseorang mengatakan " Hai, selamat siang ", belum lagi akting para figuran yang berlarian panik sambil tertawa, dan yang paling hillarious adalah kelakuan annoying Danny, seorang anak kecil yang berusaha membunuh the blob dengan pistol mainan! hahaha. Film 'Them!' yang rilis 4 tahun sebelumnya ( walaupun semut raksasanya konyol ), jelas jauh lebih superior dan solid kalo dibandingin ama film berbudget rendah ini.


Untungnye The Blob nggak berusaha buat tampil cerdas dan rumit, bukan apa-apa, kalo nyari yang rumit gue jelas nggak akan nyarinya di judul ini hehe The Blob tetep enak diikuti sambil makan keripik kentang dengan plotnya yang terus maju ke depan secara real-time, dan ceritanya berakhir malam itu juga tanpa berganti hari. straight and simple. Bersamaan dengan berakhirnya film, kamu akan menyadari kalo otak kamu terasa lebih ringan dari sebelumnya, hehe.

Oke, sekarang kamu udah bisa ngebayangin kan film kaya apa The Blob itu. Intinye, kalo kamu interest ama sinema scifi-monster era 40-70 an dan bisa nikmatin atau ngapresiasi film-film sejenis, kaya : Tarantula, Them!, Attack of the 50 Ft Woman, Amazing Colossal Man, dll ( liat artikel 'Monsterrr' ), The Blob adalah film yang harus kamu tonton.
Buat yang belum pernah nonton film kaya ginian dan masih ragu, nggak usah ngarepin nude-scene, violence, blood atau apaan, soalnya disini kamu cuma akan ngedapetin adegan segumpal lendir-kenyal menggleserkan lendirnya, sementara orang2 disekitarnya berlarian dengan heboh. Cukup menarik buat selera-buruk mu? haha Kalo nggak, mending jauh-jauh dari film ini.

..................................

Gue pikir The Blob menjadi film yang 'good' adalah karena dia 'simple, ridiculous, stupid and too-bad', seseorang seharusnya ngebiarin dia tetep apa-adanya seperti itu, biarin The Blob tetep bahagia di genre-spesifik nya, dan gue akan meng-apresiasi-nya dengan tulus sebagai sebuah karya klasik di jagad sinema-horror-scifi-monster-b movie.

Namun, tersiar kabar kalo Rob Zombie akan me-remake film ini untuk kedua kalinya tahun depan. FYI, remake The Blob yang pertama adalah tahun 1988 yang disutradarai oleh Chuck Russel. Dan dalam pernyataannya Rob mengumumkan bahwa satu hal pertama yang akan dia lakukan untuk The Blob versi remakenya adalah, tidak akan ada lagi 'lendir-kenyal berwarna merah' itu, dia akan membuat The Blob menjadi bernuansa dark.

What?? The Blob movie without the blob? mending judulnya ganti aja...The Rob!

Yaudahlah, kita liat aja gimana haslnya tahun depan :)




rating : 6/10

21 June 2010

PET SEMATARY ( 1989 )

Reviewed By 'R'.

Storyline :

Louis Creed ( Dale Midkiff ) , seorang dokter dari Chicago, memutuskan pindah ke sebuah rumah di kota kecil Maine. Dia membawa serta istri --Rachel ( Denise Crosby )-- dan dua anaknya --Ellie dan Gage-- dan tak ketinggalan seekor kucing kesayangan Ellie, -Church-. Rumah baru itu terlihat sangat sempurna untuk keluarga Creed.

Tidak beberapa lama, mereka berkenalan dengan seorang tetangga bernama Jud Crandall ( Fred Gwynne ). Jud yang ramah segera memberitahukan keluarga Creed tentang jalan besar di depan rumah mereka.  Jalan itu tenryata sangat rawan kecelakaan, karena dilewati oleh truk besar yang sering melintas dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, di kesempatan lain, Jud juga menunjukkan  sebuah areal pekuburan hewan ( Pet Sematary ) di seberang jalan rumah mereka. Konon, hewan yang meninggal dan dikubur disitu kebanyakan adalah karena tertabrak truk besar di jalan itu.

Sementara itu, Louis mulai mendapat penampakan dan peringatan dari arwah seorang mahasiswa yang tewas karena kecelakaan ( Pascow ) " don't go on to the place where the dead walk, " kata arwah Pascow sambil menunjuk sebuah tempat diatas Pet Sematary. "the barrier was not meant to be crossed" katanya lagi. Namun Louis hanya menganggap peringatan itu sebagai khayalan atau mimpi buruk saja.

Waktu berjalan, dan suatu hari Louis mendapat berita buruk. Jud, menemukan Church ( kucing kesayangan Ellie ) tergeletak tanpa nyawa dipinggir jalan karena tertabrak truk. Louis segera dilanda kebingungan menghadapi ini, karena dia tahu Ellie sangat menyayangi Church. Melihat itu, Jud segera memberi saran
" aku punya cara yang lebih baik " katanya. Jud lalu mengajak Louis ke sebuah tempat misterius yang terletak diatas 'Pet Sematary'. Tempat itu ternyata areal bekas pekuburan suku Indian 'MicMac' ( yah bener, kaya nama permen hehe ). Jud kemudian menyuruh Louis menguburkan bangkai Church di areal itu. Louis menurutinya..dia tak menyadari bahwa sesuatu yang jahat telah siap memberinya mimpi buruk . Jrenggg!!

Yah, areal pekuburan suku Micmac itu ternyata sebuah tempat terkutuk yang bisa menghidupkan kembali apa saja yang dikubur disitu. Sayangnya, apa yang bangkit dari situ bukanlah sesuatu yang sama seperti ketika dia masih hidup.

Horror menjadi semakin memuncak ketika suatu hari, Gage ( Miko Hughes ), -putera Louis yang masih berumur 2 tahun- tewas tertabrak truk. Louis yang sangat berduka pun memutuskan untuk melakukan hal nggak rasional yang sering dilakukan tokoh film Horror lainnya. Dia menguburkan puteranya di areal pekuburan suku MicMac itu!

Sudah kita duga, Gage yang bangkit dari kubur itu sama sekali bukan seperti Gage sebelumnya...dia memegang pisau, menyeringai dan ingin bermain dengan ayahnya...wessss

Review :


Oke, gue sebenernya bukan salah satu penggemar cerita Stephen King. Gue nggak pernah baca novelnya, dan gue nggak pernah sengaja nonton film karena tercantum tulisan 'based on Stephen King novel' di posternya. Namun, banyak sekali film yang udah gue tonton, ketika di teliti ternyata ceritanya adalah berdasarkan karya Stephen King. haha Dan ternyata rata-rata film-film yang diadaptasikan dari novel King itu nggak mengecewakan, disamping ada juga yang gue emang suka ( 'Misery' atau 'Carrie' misalnya ).

Dari pengalaman nonton film-film King sebelumnya, gue nyimpulin ( correct me ) kalo King seneng mengeksplor kisah-kisah dengan karakter orang biasa. Karakter yang bisa kita temui sehari-hari. Dimana imajinasinya kemudian bekerja liar seperti ini : si A yang bekerja sebagai 'ini' bertemu dengan karakter B yang 'kaya gini', di sebuah tempat yang 'kaya gini', lalu mengalami peristiwa 'kaya gini'. Ketika udah tersusun, King lebih seneng kalo cerita dan settingnya fokus dan eksplore ke situ, nggak melebar kemana-mana. Dari situ, dia tinggal nambahin pake 'bumbu-bumbu' kreatif supaya ceritanya jadi seru. Beberapa bahkan hanya menggunakan setting sempit dalam lingkup-ruang tertentu, seperti : Misery ( rumah ), Secret Window ( rumah) , The Shining ( hotel ) , The Mist ( mini-market ), 1408 ( kamar hotel ), dll. Tentu aja nggak semua cerita King seperti itu.

Namun, 'Pet Sematary' ini adalah salah satu film adaptasi dari novel King yang kayanya ceritanya di ciptain pake rumus yang udah gue tulis diatas. Entah gue harus bilang cerita ini kreatif apa bodoh? bayangin..kuburan keramat yang bisa membangkitkan orang atau hewan yang dikuburnya..hahaha Dengan ide-cerita konyol seperti itu, pantesnya sih 'Pet Sematary' jatuhnya ke horror-komedi ala Re-Animator .

Namun, nggak..ini cerita King, cuy, dan seperti biasanya, dia memilih untuk tampil serius-dramatis dengan menyelipkan pesan tentang 'arti kematian dan merelakan sesuatu yang kita cintai' , seperti kata Jud, 'Sometimes, Dead is better.."

Film ini juga punya error-script yang biasanya mampu di minimalisir King, misalnya :

-semua yang di kubur di areal Micmac diceritain selalu bangkit kembali dengan kondisi mirip zombie lengkap dengan luka-lukanya ( Timmy Baterman, Rachel ), namun kenapa Gage tidak? Sayang, Romero dan Tom Savini gagal menyutradarai film ini, kalo nggak pasti mereka akan ngebikin Gage juga tampil layaknya zombie, so kita akan mendapat sajian zombie balita yang pastinya akan keren. hehe

- kenapa seorang dokter seperti Louis memilih sebuah rumah dengan truk besar berseliweran didepannya?

character doing stupid things or making incredibly stupid decisions.

belum lagi beberapa Major-Bloopers hasil dari editing yang kurang teliti tampil dengan begitu jelasnya di beberapa scene.

lalu untuk sebuah kisah mirip fairy-tale seperti ini, durasi 103 menit, gue pikir juga terlalu panjang . 

Mood gue sempet ngedrop oleh adegan2 awal yang membuat gue berprediksi kalo ini adalah film yang ngebosenin, ( berapa kali sih kita ngeliat adegan sebuah keluarga pindah ke sebuah rumah indah tapi misterius : kita ngleiatnya di Amityville Horror, The Shining, The House by The Cemetery , Cold creek manor, 7 Days To Live, dan semua film dengan kata 'house' dan 'haunting' dijudulnya ) sementara, adegan yang melibatkan hantu Victor Pascow itu juga gue pikir nggak perlu dan sia-sia, adegan ini nggak akan berpengaruh pada cerita seandainya dihapus.

Kita tahu, cerita King juga pernah diangkat ke sebuah film anthology berjudul 'Cat's Eye ( 1985 )' dimana 3 cerita dirangkum jadi satu dengan durasi masing2 hanya sekitar 30 menit-an, nah 'Pet Sematary' akan sangat pas kalo dimasukin di anthology itu.


Untungnya, ngimbangin kelemahan2 diatas, King selalu pinter buat bikin karakter-karakter dalam ceritanya itu jadi hidup dan bikin kita peduli. Dan dalam 'Pet Sematary' , itu diterjemahin dengan baik ke dalam bahasa gambar oleh sutradara Mary Lambert, sementara aktor-aktrisnya juga mampu memerankan perannya masing-masing.

Selain itu, 'Pet Sematary' punya atmosfir horror yang kuat, illustrasi musik yang mendukung, banyak jump-scare dan memorable-scene yang efektif buat nakut2in penontonnya ( terutama anak di bawah 12 tahun hihi ), sebut saja adegan Zelda yang creepy itu, hantu 'kepala pecah' pascow, zombie Timmy Baterman, adegan kematian Gage, psikopat balita Gage, atau zombie Rachel. Poin plus ini dalam beberapa hal berhasil bikin penonton ngelupain dan memaafkan plot-hole2 tadi. And Yeah, i love the ending :)

Gue pikir kamu yang seneng film horror-hantu2an dengan atmosfir creepy khas horror-jadul, akan menyukai film ini.

TRAILER




RATING : 6/10

+ Bonus : Salah satu band favorit King ternyata adalah The Ramones, makanya kamu akan nemuin 'Sheena is a Punkrocker' mengalun dalam salah satu scene film ini, dan ketika film berakhir jangan matikan dulu, karena ada lagu ini hehe :

The Ramones : Pet Sematary
" I don't want to be buried in a Pet Sematary,
I don't want to live my life again. " yiiihaa..hidup rambut gondrong!




16 June 2010

I SPIT ON YOUR GRAVE ( 1978 ) & 5 OTHER REVENGE MOVIE.

Written By 'R'.

Suatu hari, Meir Zarchi ( seseorang yang kelak akan menyutradarai film ini ) sedang mengemudi bersama temannya di sebuah taman di New York tahun 1974 ketika tiba-tiba mereka dikejutkan oleh seorang wanita yang merangkak keluar dari semak-semak dengan tubuh berlumuran darah dan telanjang. ( mereka kemudian mengetahui kalo perempuan ini diserang --dan mungkin diperkosa-- oleh seseorang ketika sedang mengambil jalan pintas menuju rumah cowoknya ). Meir Zarchi pun segera menolong wanita malang ini dan membawanya. Zarchi lalu berdiskusi dengan temannya apakah akan membawa perempuan ini ke kantor polisi lebih dahulu ataukah langsung ke rumah sakit. Mereka kemudian memutuskan untuk membawanya ke kantor polisi terlebih dahulu, yang mana ini ternyata sebuah kesalahan. Soalnya, petugas polisi yang di gambarkan Zarchi sebagai 'tidak pantas memakai seragam', malah memaksa perempuan malang itu untuk memberi tahu siapa yang menyerangnya meskipun rahangnya patah dan hampir tidak bisa berbicara. Akhirnya Zarchi mengambil inisiatif dan bersikeras untuk segera membawa perempuan malang itu terlebih dahulu ke rumah sakit.
Beberapa hari kemudian, Zarchi menerima surat dari ayah sang perempuan yang menyatakan rasa terima kasih dan berniat memberinya hadiah, namun dia menolaknya.

itulah salah satu Trivia tentang film ini yang bisa kamu baca di IMDB. Trivia

Sejak itulah gue lalu membayangkan Zarchi kemungkinan mengalami bermacam-macam emosi ( marah, sedih, geram dll ) berkaitan dengan peristiwa perjumpaannya dengan korban pemerkosaan itu.

Semua manusia -dalam alam bawah sadarnya- menunggu untuk melihat orang yang telah berbuat tidak adil atau kejahatan kepada orang lain --atau dirinya sendiri-- mendapat hukuman. Itulah sebab kenapa ketika kita melihat seseorang yang kita tidak suka ( karena diketahui pernah berbuat jahat dll ) mengalami kesialan, kita akan segera berteriak puas 'rasain lo!!'. Ya, kita senang akan pemenuhan rasa-keadilan seperti itu.

Sayangnya, dalam kehidupan nyata, tidak semua orang yang berbuat jahat mendapat hukuman setimpal. Kadang2 hukum tak mampu menjangkau mereka sementara  azab Tuhan pun tidak kunjung turun. Beberapa diantara mereka bahkan hidup santai dengan bebas ( contohnya para koruptor di negeri kita, right? ). ketidak adilan/kejahatan seperti ini kita saksikan setiap hari. Lewat berita TV, radio, surat kabar atau kamu bahkan menyaksikan/mengalaminya langsung. Dan banyak diantara kasus2 tersebut yang hilang begitu saja tanpa penyelesaian hukum apapun. Maka, manusia pun mencoba memenuhi rasa keadilannya lewat media lain sebagai upaya pelarian dari ketidak-berdayaannya sendiri. Media itu salah satunya adalah film. Nah, sekarang kita tahu kenapa tema balas dendam --baik itu sebagai sub-plot ataupun main-plot-- adalah salah satu tema yang paling sering kita saksikan dalam sebuah film, walaupun banyak dari film-film itu yang malah nyoba tampil bijaksana dengan nyelipin pesan tentang ' balas dendam itu nggak baik', 'maafkanlah musuhmu' dll.


Kembali ke film 'Day Of The Women' ini, keinginan untuk menghukum para pemerkosa pun mulai menghinggapi benak Meir Zarchi. Entahlah, sebelumnya Zarchi sudah pernah menonton The Last House On The Left nya Wes Craven apa belum ( soalnya film ini mempunyai banyak adegan yang sangat mirip dengan 'the last House On The Left ), namun yang pasti setelah mengalami kejadian diatas, dia kemudian punya ide buat bikin film tentang : Perempuan yang membalas dendam dengan brutal kepada para pemerkosanya! Gue nggak ngerti kenapa film yang dipilihnya sebagai media, namun ini jelas karena Meir Zarchi bukan personel Motorhead. Soalnya kalo Zarchi adalah personel Motorhead, maka yang dilakukannya adalah menciptakan lagu berjudul 'Sweet Revenge' *gapentingbangetcapedeh..

Zarchi pun mulai menulis sendiri cerita film ini.
Oke, Ceritanya sendiri bisa di ceritain dengan sebaris kalimat pendek : Jennifer Hills ( Camille keaton ) adalah seorang penulis novel yang sedang mencari inspirasi disebuah villa sunyi. Namun 4  berandal setempat ( salah satunya idiot ) memperkosanya bergiliran. Untungnya Jennifer selamat, lalu dia memutuskan untuk melakukan sebuah aksi balas dendam menyakitkan buat 4  berandal itu.

Hehe mirip cerita film eksyen lokal 80-an yang dibintangi ama Johan Saimima dan Joyce Erna bukan?
Ketika pertama kali rilis pada tahun 1978, Zarchi memberi judul filmnya dengan ' Day of The Woman'  yang sebenernya lebih pas mewakili ide Zarchi. Namun dua tahun kemudian, seorang distributor ( Jerry Gross ) memberinya judul, 'I Spit On Your Grave' , judul yang terkesan eksploitatif  dan menjual bukan?. Dan memang lewat judul inilah film mendapat publisitas yang lebih baik. Selain itu, keputusan beberapa negara untuk mem-banned film ini ( karena kandungan violent-graphicnya yang massif ) juga turut serta memberi andil buat kepopuleran film ini.

Namun jangan berharap film bertema balas dendam ini akan se-stylish 'Kill Bill' nya Tarantino, karena Meir Zarchi sendiri sebenernya bukan salah seorang sutradara yang mempunyai bakat, visi dan skill sinematografi yang kuat. Karir filmnya adalah salah satu yang paling menyedihkan. Sepanjang idup dia cuman membuat film ini dan satu film 'nggak-dianggep-ama-siapapun' berjudul 'Dont mess With my Sister!' di tahun 1985. Zarchi emang bukan seorang dengan bakat filmmaker. Dan dia cukup sadar akan itu.

Sepanjang film ini kamu juga nggak akan menemukan background musik apapun, kecuali kalo bunyi organ gereja ama Johnny maen Harmonika itu kamu anggap sebagai music-score. Selain itu karakter yang dibangun sama sekali kurang kuat, dialog yang minim dan dangkal, eksekusi kamera yang miskin, akting pas-pas an ama adegan pemerkosaan nonstop yang ngabisin durasi lebih dari 30 menit  semakin membuat I Spit on Your Grave terlihat seperti tontonan sampah yang membuat para feminis berang karena mengira para penonton menikmati sajian kesadisan yang menimpa wanita sebagai hiburan.

Maka tak pelak, kedangkalan cerita, kelemahan eksekusi dan teknis sinematografi ini menjadi bulan2an beberapa kritikus film dan audience berselera tinggi yang mempunyai interpretasi bahwa 'Day of The Women'  nggak lebih dari film tasteless-ultra-low-budget-movie dengan eksploitasi murahan-minim kreasi seni yang berniat mengeruk untung dan cuman bisa memenuhi selera para geek-freak guy yang putus asa mencari hiburan. Salah satu yang mempunyai pendapat seperti itu adalah engkong Ebert ( Ebert Review ) yang melabeli film ini sebagai 'Worst movie ever made' dan selanjutnya bersama Gene Siskel's malah mengkampanyekan menolak film-film yang menampilkan perempuan dalam bahaya di dalamnya. . 

Yah, film ini emang buruk ditinjau dari aspek teknis manapun.

.........................................................
Namun, kalo mengingat kisah perempuan malang yang gue ceritain di awal tulisan,  gue jadi punya ide bahwa Meir Zarchi sebenernya cuma pengen 'membalaskan dendam' perempuan malang tersebut lewat sebuah film! 
Dan itu bukanlah hal yang terlalu hina. Tuduhan bahwa Zarchi  ingin mengeruk keuntungan besar dengan meng-eksploitasi kesadisan/penderitaan dengan cara  murahan, bisa aja bener ( gue nggak peduli kalo itu bener ), tapi kalo ngeliat track record karirnya yang hanya menyutradarai 2 film dan memproduseri 4 film, dia terlihat tidak se eksploitatif 'BrianYuzna' atau rumah produksi terkutuk 'Platinum Dunes'!

Gue malah ngeliat Zarchi sebagai orang yang bukan siapa-siapa, mengalami sebuah pengalaman yang inspiratif, timbul ide dan kebeneran punya budget lalu mewujudkan idenya itu dalam sebuah film.

Lewat sebuah adegan pemerkosaan yang panjang dan realistic --dengan segala keterbatasannya-- Zarchi kemungkinan cuma pengen ngasih tau audience, beginilah horror sebuah pemerkosaan, sementara absennya usaha buat ngedit film atau ngasih efek-sinematik penghalang antara penonton dan kekejaman yang tersaji di layar, justru membuat adegan itu menjadi terasa mengganggu. Kita seakan berada disana dan menjadi ikut marah/depresi pada diri sendiri karena tidak bisa berbuat apapun.


Zarchi juga mencoba menggambarkan trauma macam apa yang dialami oleh korban pemerkosaan,  lalu lewat serangkaian adegan aksi bales dendam yang dilakukan Jennifer, Zarchi seakan menghamburkan kekesalannya pada kriminal yang dianggapnya harus mendapat hukuman setimpal. Terlepas dari apakah aksi main hakim sendiri kaya gini adalah hal yang bener apa nggak, yang jelas dalam beberapa momennya film ini berhasil membuat gue berteriak : RASAIN LO! Yup, ini seperti pemenuhan rasa keadilan yang selama ini di dambakan.

Jadi sekarang kalian nggak perlu heran jika ada orang yang menyukai 'I Spit On Your Grave', itu karena -seperti yang udah gue tulis diatas- film ini tanpa basa-basi mampu memenuhi keinginan bawah sadar manusia untuk melihat orang jahat mendapat hukuman nya!

Pada titik ini,  dengan mengesampingkan segala keterbatasan teknis dan eksekusinya yang emang buruk, gue anggep Zarchi berhasil memanfaatkan film sebagai media pilihannya untuk menyampaikan ekspresi dan ide yang terinspirasi dari pengalaman personalnya. Dan kita tahu, sesuatu yang personal biasanya tidak bisa menyenangkan atau dimengerti semua orang, termasuk Ebert. Ehem.

RATING : 6/10

+ Entah ini berita baik atau buruk, I Spit On Your Grave akan dirilis remake-nya pada bulan September nanti dengan sutradara Steven R. Monroe sementara Zarchi sendiri duduk sebagai produser.
+ Camille keaton ( Jennifer Hills ) sendiri sekarang sedang terlibat produksi sebuah film ' The Butterfly Room' bersama para oldschool scream-queen lainnya seperti : Erica Leerhsen ( The Texas Chainsaw massacre, Wrong turn ) , Barbara Steel ( Piranha -1978- ), Heather Langenkampf ( Nightmare on the street - 1984 ) dan  PJ Soles ( Blood bath -1976-, Carrie -1976 ). Entah film ini bercerita tentang apa, yang jelas tunggu aja..rilisnya tahun ini kok. hehe

5 OTHER RECOMMENDED REVENGE MOVIE :
Nah, sekarang gue pengen merekomendasikan 5 film laennya yang juga mempunyai tema utama balas dendam. cek :

1. STRAW DOG'S


Upon moving to Britain to get away from American violence, astrophysicist David Sumner ( Dustin Hoffman ) and his wife Amy are bullied and taken advantage of by the locals hired to do construction. When David finally takes a stand it escalates quickly into a bloody battle as the locals assault his house

2.. THE LAST HOUSE ON THE LEFT


After kidnapping and brutally assaulting two young women, a gang led by a prison escapee unknowingly finds refuge at a vacation home belonging the parents of one of the victims -- a mother and father who devise an increasingly gruesome series of revenge tactics.

3. KILL BILL


The lead character, called 'The Bride,' was a member of the Deadly Viper Assassination Squad, lead by her lover 'Bill.' Upon realizing she was pregnant with Bill's child, 'The Bride' decided to escape her life as a killer. She fled to Texas, met a young man, and on the day of their wedding was gunned down by an angry and jealous Bill (with the assistance of the Deadly Viper Assassination Squad). Four years later, 'The Bride' wakes from a coma, and discovers her baby is gone. She, then, decides to seek revenge upon the five people who destroyed her life and killed her baby.

4. OLDBOY


An average man is kidnapped and imprisoned in a shabby cell for 15 years without explanation. He then is released, equipped with money, a cellphone and expensive clothes. As he strives to explain his imprisonment and get his revenge, he soon finds out that not only his kidnapper has still plans for him, but that those plans will serve as the even worse finale to 15 years of imprisonment.

5. CAPE FEAR


Max Cady is a psychopath just released from prison for rape. He is out seeking revenge from his lawyer Sam Bowden who he believes deliberately held back important information about his case during the trial, which could have kept him out of jail. He sets off to terrorise Bowden, his wife and even goes after their 15 year old daughter

Sengaja gue kasih 5 saja hehe, yang lainnya silahkan tambahin sendiri hehe

BONUS :
2 SUCK REVENGE MOVIE : 

LAW ABIDING CITIZEN
Plot : The plot focuses on a man who, ten years after his wife and daughter are brutally murdered, returns to extract justice from the assistant district attorney who prosecuted the case against their killers. His vengeance threatens not only the man who allowed mercy to supersede justice, but also the system and the city that made it so.
Kenapa ini suck : Film ini sebenernya dari awal berjalan menarik, namun semua itu dihancurkan endingnya yang 'preachy' seperti kebanyakan  film2 mainstream-hollywood. Great idea, suck ending.

THE FINAL
Plot : Silahkan baca aja reviewnya disini Afterdark Horrorfest

LOCAL REVENGE MOVIE :
Bicara tentang tema balas dendam dalam sinema-lokal. Praktis hampir semua film hantunya Suzzana+film laganya Barry Prima mengusung tema tentang balas-dendam baik sebagai sub-plot ataupun main-plot.

Sementara untuk sinema lokal-modern ( 2000-an keatas ) yang cukup jelas mengusung tema ini adalah 'Ekskul'

EKSKUL


Siswa yang sering di-bully dan melakukan balas dendam???
Silahkan dikoreksi dan ditambahin :) gue sering lupa.

Anyway, gue bukan seorang yang pendendam kok :)
Tapi, sekarang gue sedang menunggu film yang bercerita tentang seseorang yang menghabisi satu persatu para koruptor lalu meledakkan gedung DPR/MPR. hehe

+ oiyah, thanks sekali lagi buat Budi alias Angrynerdrock hehe yang telah mengirimkan film ini.
 

10 June 2010

Spoorloos a.k.a The Vanishing ( 1988 )

Reviewed By 'R'.

Suatu kali ketika sedang jalan-kalan di dunia maya, secara tidak sengaja gue nyampe di sebuah situs Rumah Film. Dan gue segera tertarik pada salah satu feature di situ yang menampilkan artikel tentang Psikopat Paling Menakutkan dalam Sejarah Film


Menurut penulis di situs itu, psikopat dalam film yang paling menakutkan ( atau istilah yang dipakainya : 'menggelisahkan' ) adalah Raymond Lemorne dalam film Spoorloos. Wow, gue langsung bertanya-tanya, siapa itu Raymond Lemorne? film kaya apa itu Spoorloos? kejahatan macam apa yang dilakukannya sampe mampu menggeser Hannibal Lecter, John Doe, Norman Bates dkk dalam kancah perebutan gelar prestisius : 'psikopat paling menakutkan' versi subjektifnya ?

Sejak itu lah gue jadi penasaran ama si Lemorne.

Untunglah setelah sekian lama ngidam film ini, seorang teman yang sangat baik, Budi mengirimi gue file film Spoorloos ini sehingga menghindarkan gue dari kemungkinan mati-penasaran :D Thanks, pal!

Oke, langsung aja



STORY :

Sepasang kekasih Rex Hofman ( Gene Brevoets ) dan Saskia ( Johanna ter Steege ) sedang dalam perjalanan liburan. Disebuah rest-stop yang sangat ramai, keduanya berhenti.  Saskia masuk kedalam mini-market untuk membeli sesuatu, sementara Rex menunggu di mobil. Namun sejak saat itu, Saskia  tidak pernah kembali lagi. Dia hilang. Lenyap begitu saja. Seseorang menculiknya?

3 tahun kemudian, usaha pencarian Rex untuk menemukan atau setidaknya mengetahui nasib Saskia tak kunjung menemui titik terang. Di ujung keputus-asa-annya, seseorang --yang akan kita ketahui bersama adalah si Raymond Lemorne-- tiba-tiba datang padanya dan berkata : " aku lah orang yang kamu cari " katanya, sambil menunjukkan kalung Saskia. Dia lalu mengaku sebagai orang yang telah menculik Saskia.
Rex tersentak lalu bertanya " apakah dia sudah meninggal..?"
Lemorne menjawab santai " ikutlah bersamaku ke Perancis, dan aku akan menceritakan semuanya.."
" bahkan, bagaimana cara dia tewas? "
" aku menawari mu kesempatan langka ini " jawabnya tanpa rasa bersalah.
Emosi Rex meledak dan dia langsung memukuli pria dihadapannya. Ketika emosinya reda, Lemorne memperingatkan Rex, bahwa jika terjadi sesuatu pada dirinya, maka dia tak akan pernah tahu apa yang terjadi pada Saskia. 

Tak punya pilihan lain,  Rex yang sudah terobsesi ingin mengetahui nasib Saskia akhirnya memenuhi tawaran Lemorne pergi ke Perancis untuk melakukan sebuah perjalanan 'rekonstruksi' dimana Lemorne akan menceritakan ide gila dibalik pertanyaan besar di benak Rex : 'kenapa dia melakukan kejahatan ini' , sementara itu sebuah kenyataan  mengerikan sudah menunggu Rex di ujung sebelah sana.


REVIEW :

Spoorloos atau juga memakai judul 'The Vanishing' ( Untuk peredaran di Perancis diberi judul, 'l'Homme Qui Voulait Savoir' ( The Man Who Wanted to know ) ini adalah sebuah film Belanda yang di sutradarai ama George Sluizer, merupakan sebuah film adaptasi dari novel Tim Krabbe, ' The Golden Eggs'.

Karena mendapat sambutan yang hangat dari audience ( 5 tahun kemudian ), Sluizer membuat versi Holiwud nya yang di bintangi Kiefer Sutherland ama Sandra Bullock. Well, gue belum nonton tuh gimana remake-holiwud nya hehe tapi dari rating di imdb sih kayanya nggak sebagus versi orisinilnya ini deh. Whatever.

Okay, dengan berbekal high-expectation dari artikel di rumahfilm.org itu gue nonton film ini. Dan high-expectation itu biasanya seperti kutukan yang membuat film bagus  jadi keliatan jelek. Sebaliknya low-expectations kadang membuat film kancrut jadi keliatan lumayan hehe dan dalam kasus high-expectation ini, sedikit saja dia tidak memenuhi perkiraan, maka siap-siap saja sumpah serapah keluar dari mulut gue : 'This is boring and overrated!'

Tapi temen-temen...semenjak tombol play itu gue pencet, film ini ternyata berhasil membebaskan dirinya dari kutukan high-expectation dan bahkan membuat gue larut untuk terus mengikuti, "apa yang terjadi..apa yang terjadi.."

Film ini berhasil ngeraih atensi gue dari adegan awal ketika Saskia bercerita tentang mimpi buruknya terperangkap dalam sebuah telur. Dan ketika menceritakannya, secara kebetulan mobil mereka terjebak dalam sebuah terowongan panjang nan gelap karena..ehem..kehabisan bensin hehe. Ini seperti adegan metafor bahwa mimpi buruk itu bisa saja menjadi kenyataan dan sudah menunggu mereka...dari situ Sluizer mulai menggarap karakter para tokohnya untuk ngelibatin kita ikut peduli pada mereka.

Ketika Saskia hilang di sebuah mini market, tak pelak gue pun ikut merasakan kepanikan yang dialami Rex.

Lalu kita mulai dikenalin ama Raymond Lemorne ( Bernard-Pierre Donnadieu ).
'Psikopat paling menakutkan' ini ternyata hanyalah seorang ayah 2 puteri. Dia terpelajar dan cukup dikenal tetangganya sebagai seseorang yang ramah, terhormat dan mempunyai keluarga harmonis-bahagia. Yap, Lemorne emang berbeda ama psikopat lainnya yang biasanya punya masa lalu buruk, trauma, atau dendam.

Namun temen-temen, untuk menjadi seorang psikopat kita tidak melulu harus mempunyai masa lalu kelam, memakai topeng dan nenteng gergaji-mesin bukan?, kamu hanya perlu sedikit ' curiousity dan ide-sinting' .

Pemikiran sinting Lemorne itu kalo gue sederhanakan seperti ketika kamu memperhatikan seekor semut yang sedang berjalan. Lalu terbersit pertanyaan dalam benakmu,  " apakah  semut itu sudah ditakdirkan akan terus hidup dan berjalan sampai ke sarangnya? bagaimana kalo aku memencetnya? " Cret! kamu memencet semut itu sampe gepeng. " kalo begitu..dimanakah takdir sang semut?. Lalu pertanyaan dan ide Lemorne berkembang menjadi semakin jauh seperti " apakah konsep moralitas, kebaikan dan kejahatan itu sudah menjauhkan kita dari kebebasan memilih? " Dan Lemorne mencoba menjawab pemikirannya sendiri dengan melakukan kejahatan meskipun dia memilih menjadi orang baik.

Yah, Lemorne melakukan kejahatan bukan karena dendam, trauma atau bersenang-senang..tapi karena dia MAMPU melakukannya! Weird? emang.

Lemorne mulai melatih dirinya untuk melakukan kejahatan bahkan disela-sela kesibukannya sebagai ayah yang baik, melatih penggunaan chloroform ( obat bius ), mencatat dengan detil waktu yang diperlukan, mengkalkulasikan berbagai macam kemungkinan, bereksperimen dengan trial dan error, dll sampai akhirnya dia menemukan korban yang sangat ideal, Saskia..kekasih Rex.

Menjelang akhir, dua orang yang diliputi ke penasaran-an ( obsesi ) ini bertemu. Rex yang penasaran ingin mengetahui nasib yang menimpa Saskia bertemu dengan Lemorne yang juga penasaran ingin membuktikan ide-sinting nya sekali lagi.  Petemuan dua karakter ini menghasilkan thriller-psychological menarik yang membiarkan gue terpaku di depan layar monitor sambil bertanya-tanya. Dan sebelum pertanyaan itu terjawab, tiba-tiba saja gue di hadapkan pada sebuah ending horror-claustrophobic yang mengejutkan!



VERDICT :
Spoorloos adalah sebuah film yang mencoba menebar terror bukan dengan bacokan, darah dan muka seram, tapi dengan atmosfir, intriguing-scene, dan terutama eksplorasi ke aneh-an jalan pikiran manusia.
Sejak awal, gue juga sudah memperkirakan kalo film ini bakalan 'No Blood, No guts, No Boobs', jadi ketika itu emang bener, gue nggak kecewa.

Sementara tempo berjalannya film memang lambat dan ada beberapa scene yang menjadi sedikit membosankan, namun seterusnya film ini berhasil mengikat gue terutama berkat akting para pemerannya yang apa adanya, tidak berlebihan dan mampu memenuhi kebutuhan film.  Ah, ataukah mood gue yang lagi bagus? pada mood-mood tertentu gue memang bisa menikmati film seperti ini, sama seperti gue menikmati Bad Taste. hehe

Sedikit plot-hole tentu saja ketika Rex dengan tololnya mau mengikuti permainan Lemorne. Soalnya kalo gue yang jadi Rex, yang gue lakuin adalah menghajar Lemorne , mengikatnya lalu menyiksa Lemorne habis-habisan untuk memaksanya ngasih tau apa yang terjadi pada Saskia. Tapi tentu saja filmnya nggak akan menarik kalo begitu, haha maka ditampilkanlah karakter Rex yang begitu terobsesi ingin mengetahui nasib Saskia dan rela menempuh cara goblok apapun.

So, kalo kamu mau berkompromi dengan itu, maka Spoorloos akan menjadi salah satu masterpiece dalam sinema thriller-psychological.

Dan yah..buat gue Lemorne itu tidak menakutkan tapi memang....menggelisahkan. Ehem.

RATING : 7,5/10