30 November 2009

TRICK R TREAT (2008)


REVIEWED BY 'Z'

Kaya gimane film Halloween yg sempurna? Ok, dalam logika umum, semua film horror itu praktis kedefinisi sebagaii film Halloween. Tapi gue ngga pengen pake logika umum, logika umum itu ngebosenin. Gue pengen liat film dengan semangat selebrasi, festifitas, legenda urban yg bener2 mencekam. Gue pengen nonton film Halloween sesungguhnye anjiss!!

Cue Trick ‘R’ Treat, sebuah karya cinema yg diciptain berlandaskan semangat All Hallow’s Eve sejati. Gue ngomongin buah labu & permen, roh jahat & naluri iblis, mitos & tahayul. Semuanye saling melebur dalam kisah yg diceritain lewat cara seorang pendongeng mumpuni, dengan artikulasi se,purna serta penekanan intonasi tertentu di tempat2 yg tepat.

Film ini digambarin buat nyiptain kesan fairy-tale, & nunsa itu emang keliatan kentel banget. Sampe abis lo ngga pernah lupa kalo lo itu lagi nontonin sebuah dongeng, look-nye sangat kekanak-kanakan sekali & ini dilakuin tanpa perlu ngekspos dramatisasi berlebih atau over-glamorifikasi macem Pan’s Labyrinth. Trick “R’ Treat itu bukan cuma stylish, cakep, ama enak diliat, tapi juga tetep ngehargain tradisi konvensional buat bikin jari-jemarinye yg cute itu buat kotor2an maen darah kalo lagi emang diperluin. Maksud gue, dengan segala keindahan estetik paling arty-farty-nye pun, satu film horror harus tetep keliatan kaya film horror!

Ok, jadi setelah pembukaan panjang dari sudut pandang estetika yg sebenernye sama sekali ngga gue pahamin, mari kite lanjut ke topik berikutnye. Gue kayanye juga kudu ngangkat kalo film ini tuh isinye 5 cerita pendek yg saling bersinggungan satu sama laen. Semuanye ditulis dalam tradisi dongeng anak2 sejati, simpel & sederhana, dikasih sentuhan mistis ama supranatural vintage ala kisah2 hantu Charles Dickens apa Edgar Allen Poe. Lengkap dengan scare-tactics yg cuman bakalan bikin gadis2 pra-menstruasi tutup mata. Ini emang asli film anak2 yg kebetulan dibikin buat konsumsi orang dewasa. Apa ye disebutnye yg kaya gitu? Film keluarga mungkin, tentunye kalo yg ini punya rating R, jadi lo bisa yakin kalo Pixar ngga akan pernah nyampe ke level ini.

Tapi bahkan dengan rating R, kecuali lo itu jenis orang tua yg punya paranoia dalam tingkatan seorang Tipper Gore, sebenernye ini sama sekali ngga berbahaya kok buat anak2. Betul emang ada aksi kekerasan di dalemnye, tapi soalnye ini bener2 dikemas dalem bentuk komik…semua kekerasan tadi jadi berkesan komikal, campy & cenderung harmless. Trick ‘R’ Treat keliatan kaya satu film yg Tim Burton selalu pengen bikin, tapi ngga pernah bisa. Kite semua tau Tim selalu puny aide bagus buat bikin film tapi selalu ngeksekusinye dengan keburukan tipikal seorang fancy-Hollywood-director: over-produksi, simfoni musikal, storyline disneyworld, rating PG-13 umum, Johnyy Depp dalem tiap frame, etc, etc. Michael Dougherty ngambil ide yg berasal dari dunia Tim Burton & ngeksekusinye di atas benchmark Sam Raimi. Hasilnye adalah produk akhir yg ngga kurang dari sudut manapun: keliatan indah, kedengeran indah & orang2 yg nonton ngga perlu buang2 waktu mereka buat ngutukin diri karena ngeliatin film yg ditujuin buat anak umur 3 taun.

Akhirnye, gue cuman pengen dengan tulus ngerekomendasiin ini buat semua orang dari segala kalangan tanpa batasan usia. Asli ini emang sekeren itu. Anggep ini sebagai versi lebih estetis dari Tales From The Crypt, dengan si kecil Sam/Samhain ngambil singgasana yg didudukin Crypt Keeper. Trick ‘R’ Treat bakalan jadi satu DVD yg selalu dapet tempat dalem playlist-film Oktober gue mulai taun ini, back-to-back ama Michael Myers, YAAAYYYY!!!! Happy Halloween!!

DOWNLOAD TRICK R TREAT
Size : 248.28MB


THE LAST HOUSE ON THE LEFT


REVIEWED BY 'R'.

Yo, Film ini adalah remake dari film berjudul sama yang ditulis dan disutradari oleh WES CRAVEN pada tahun 1972 ( film pertama yang disutradari Wes ----sebelum ‘The Hills have Eyes’ yang akhirnya jadi legend itu-- ). Denger2 sih film ini cukup kontroversial pada zamannya karena menampilkan adegan yang dinilai terlalu disturbing ( tentu aja untuk ukuran zaman itu ).


……………………………………………

SYNOPSIS
Film dibuka dengan adegan lepasnya seorang narapidan berbahaya Krug , dia dibebaskan oleh saudaranya, Francis dan Sadie, --pacar Krug--. Sementara, polisi yang mengawal mereka dibunuh dengan brutal. Mereka pun segera menjadi buronan.

Sementara itu, keluarga Collingwood ( suami istri John dan Emma, dan puteri mereka –Mari ) baru saja tiba di sebuah ‘lake-house’ untuk berlibur. Tak berapa lama, Mari meminjam mobil ayahnya untuk menemui temannya Paige, di kota. Di sana, Paige dan Mari berkenalan dengan seorang pemuda quirkie bernama Justin. Tak lama berkenalan, Justin mengajak mereka untuk menghisap ganja di kamar motelnya.

Tragedi mulai terjadi, ketika para buronan ( Krug, Francis dan Sadie ) tiba-tiba masuk kedalam kamar Justin. ternyata Justin adalah putera dari Krug! tidak mau ambil resiko, gerombolan penjahat brutal ini segera menghajar dan menculik Mari dan Paige.

Mimpi buruk terus berlanjut ketengah hutan , ketika akhirnya Paige di bunuh oleh mereka, sementara Mari diperkosa dan nyaris mati ditembak ketika berusaha kabur lewat danau. Dia pingsan namun akhirnya berhasil selamat.

Malam tiba dan Badai datang. Krug cs mulai mencari tempat berlindung…dan satu-satunya rumah yang ada di daerah itu adalah Lake-house dimana keluarga Collingwood –ayah Mari—sedang berlibur.


Krug cs + Justin mengetuk pintu rumah keluarga Collingwood

Dengan berakting menjadi orang baik dan baru mengalami kecelakaan, Krug cs akhirnya diperbolehkan menginap di rumah mereka.

Apa yang terjadi kemudian ketika akhirnya keluarga Collingwood mengetahui bahwa tamu yang menginap dirumahnya adalah orang2 yang sudah melakukan hal buruk terhadap puterinya?

Balas dendam macam apa yang mampu dilakukan keluarga baik-baik ini kepada mereka?

REVIEW :
Well, oke gue selalu suka film2 bertema thriller-suspense-revenge. Dari balas dendamnya Charles Bronson, Barry Prima dalam ‘Jaka Sembung’, the Bride dalam Kill Bill, ampe balas dendamnya Jodie Foster dalam ‘A Brave One’. Film2 bertema revenge –yang berhasil—selalu bikin gue gemes ama penjahatnya dan bikin gue puas ketika para penjahatnya itu mati satu per satu dengan cara yang mengenaskan. kaya ML, semakin kejam pembalasan yang diterima sang penjahat semakin puas orgasme-nya hehe

Untuk genre ini salah satu faktor krusial adalah pengenalan karakter. Sekali gagal mereka ngenalin karakter yang cukup bikin kita peduli buat ngikutin sampe abis, film seperti ini akan jatuh kedalam jurang kategori ‘boring-movie’.

Untunglah dalam film ini, sutradara ‘Dennis Illiadis’ berhasil ngenalin karakter para penjahat Krug Cs yang udah bikin gue ikutan emosi hanya dengan melihat wajahnya. Adegan2 yang mengeksploitasi kekejaman mereka juga di garap baik sekali. Simak adegan ketika mereka membunuh polisi diawal film, atau tentu saja rape-scene yang cukup eksplisit. Memilukan dan real. Disisi lain penggambaran keluarga Collingwood sebagai keluarga yang ramah dan baik hati juga cukup berhasil.

Inti tentunya sebagai upaya sutradara ngelibatin emosi dan simpati penontonnya. Dan buat gue sih berhasil ( entah buat yang lain hehe ). Ide film ini emang sengaja mempertemukan karakter yang bakalan dibenci penonton ama karakter yang bakalan bikin penonton bersimpati. Juga nunjukin bahwa manusia –mau baik atau jahat—mempunyai tingkat kesadisan yang sama, kesadisan yang baru keluar ketika orang yang dicintainya dilukai. Its revenge!!

……………..

poster 'Last House On The Left' versi orisinil ( 1972)
Jika di bandingkan versi oldschoolnya, versi remake ini mengalami perubahan disana-sini menyesuaikan dengan logika penonton zaman sekarang mungkin. Salah satu perubahan yang paling keliatan adalah di bagian ‘balas dendam’ nya itu sendiri.

Di versi oldschool, setelah mengetahui tamu yang menginap dirumahnya adalah buronan yang udah memperkosa puterinya, suami-istri ini langsung melakukan aksi pembalasan yang terencana. Emma—istri John--, bahkan sampe merayu francis buat ngasih blowjob dan yang dilakukannya adalah menggigit penis francis ampe putus!!

Di versi remake, keluarga ini sebenernya nggak berencana balas dendam, mereka memilih kabur dari situ untuk membawa Mari ke rumah sakit. Namun, karena kepergok baru deh mereka kepikiran buat ngebunuh Krug Cs.

Rape-Scene versi 1972..lebih brutal!
Versi oldschool lebih hilarious, John ngebantai Krug dengan gergaji mesin layaknya tommy leatherface, versi remake hehehe kalian liat sendiri deh apa yang dilakukan John buat balas dendam...sama2 distrubing sihh.., tapi Chainsaw lebih hilarious hahaha

Yah, remake ini emang cukup berhasil, seperti Alexander Aja yang juga lumayan berhasil nge-remake ‘The Hills Have Eyes’, shoot-shoot cantik di perlihatkan ‘Dennis Illiads’ disini, namun bagaimanapun versi original-nya udah keburu menjadi classic --walau secara teknis dan akting pas-pasan--, dan remake ini nggak cukup buat melampaui versi orisinil-nya yang punya tagline meyakinkan :

“To avoid fainting, keep repeating "It's only a movie...It's only a movie..."

VERSI REMAKE-NYA (2009) BISA DI DOWNLOAD DISINI :
Size : 786.06MB


gue suka film ini.


RATING : 7,5/10

28 November 2009

TRIANGLE ( 2009 )


REVIEWED BY ‘R’.


Synopsis:
Jess ( Melissa George ), dan 5 orang temannya berniat refreshing ke tengah laut lepas dengan dengan menggunakan yacht.

Di tengah laut, cuaca mendadak berubah. Tiupan angin menghilang dan dikejauhan muncul awan hitam bergulung2 dengan petir yang menyambar-nyambar. Salah seorang mencoba menghubungi coastguard buat minta bantuan, namun sinyal begitu buruk.

Akhirnya badai besar pun datang, menghantam dan membalikkan yacht mereka.

Untunglah, beberapa saat kemudian muncul sebuah kapal besar. Mereka segera berteriak2 meminta pertolongan. Namun tak ada reaksi yang berarti.

Setelah naik ke kapal itu dengan inisiatif sendiri, mereka menyadari kalau kapal itu ternyata kosong. Kemana para penumpangnya?

Saat itulah horror-mencekam ini mulai terjadi, kapal besar itu tidak benar-benar kosong. Karena ditengah kebingungan mereka, seorang bertopeng dengan bersenjatakan shotgun mulai menyerang mereka satu persatu dengan brutal. Semuanya tewas. Dan Jess adalah sasaran yang terakhir.

Ketika nyawanya diujung tanduk, Jess melawan dan terjadi pergumulan seru. Dan hooray! Jess mampu mengalahkan pembunuh bertopeng itu.. , sayangnya sebelum Jess mengetahui identitasnya, sang pembunuh keburu terjatuh ke laut..who’s the killer? Maksudnya apa menyerang mereka?

Segala terror dan mimpi buruk seakan berakhir dengan tewasnya sang pembunuh , menghasilkan tanda tanya besar yang tak terjawab.

namun baru saja Jess mengatur nafas, dia mendengar hiruk-pikuk teriakan minta tolong dari bawah laut sana.

………….


Dan mata Jess membelalak tak percaya ketika menyaksikan dirinya sendiri dan teman2nya lah yang berteriak-teriak minta tolong kearahnya dari sebuah yacht yang terbalik!!




Review :
Well, film ini nyoba mengeksplorasi sesuatu yang baru buat genre horror-misteri. Walaupun gak baru-baru amat sih hehe

Jadi, beberapa ahli percaya kalo disuatu tempat di bumi ini mengandung magnet yang sangat kuat sehingga mampu menciptakan sebuah ‘lubang-waktu’ yang nggak kebates ama ruang. Salah satu tempat yang dipercaya mempunyai misteri waktu itu adalah, Segitiga Bermuda. Dilaporkan banyak kapal yang lenyap tanpa jejak ketika melintasinya. Dalam film ini, kaga diceritain kalo ini settingnya di Bermuda Triangle. Tapi, nama Yacht ‘Triangle’ ini udah bikin pikiran gue melayang ke sana.

Kalangan agamawan percaya kalo Segitiga Bermuda adalah tempat tinggal Dajjal, yang lain berfikir para Alien membangun basis nya di sana. Dan teori yang terakhir adalah seperti gue bilang diatas, yaitu adanya medan magnet yang amat besar. Jadi mungkin aja, kapal2 yang melintas disana nggak hilang tapi berpindah ke sebuah dimensi waktu yang lain.?

Sebelonnya ada juga beberapa film yang ngegunain ide seperti ini. Yang gue inget adalah, ‘Frequency’ dimana dalam film itu, karena terjadi insiden ‘tumbukan-waktu-yang-paralel’ , seorang anak di masa kini mampu berinteraksi lewat radio dengan ayahnya di waktu ketika ayahnya masih hidup. Film Indonesia ‘Glitch’ , juga denger2 make ide yang sama.

Kemungkinan itulah yang coba di eksplorasi sutradara Christopher Smith buat ngasih kita film horror-misteri berjudul Triangle ini. Dalam film ini, kayanya mereka terjabak dalam lobang waktu yang membuat waktu terus berputar dan berulang. Recycling, tanpa awal tanpa akhir.

Persitiwa beberapa jam yang lalu, masa sekarang, dan waktu yang akan datang berulang, muter dan bertumbuk jadi satu di sebuah kapal besar bernama ‘Aelous’. Maka dalam film ini kalian akan nemuin beberapa adegan yang sama, karakter yang sama, namun sebenarnya mempunyai dimensi waktu yang berbeda. Bertemu dan saling menyerang!

Malahan ada sebuah adegan yang memperlihatkan mayat Sally –salah satu temen Jess- yang bertumpuk-tumpuk di satu tempat yang sama. Tumpukan mayat aja udah nyeremin, gimana kalo mayat2nya adalah orang yang sama? It’s creepy!


Dan usaha main-character ( Jess ), buat memecahkan misteri, keluar dari lingkaran waktu itu, nyelametin temen2nya, pulang kerumah menemui anaknya menjadi menu utama yang bisa kita nikmati.

Beberapa scene-nya ngingetin ama ‘Ghostship’ ama ‘ The Machinist’. hehe

Lalu, gimana akhirnya? Apakah jess bisa keluar dari lingkaran waktu itu? Gue kasih tau dikit bocorannya, Jess akhirnya mampu kembali kedaratan dan pulang kerumah. How next? Nonton sendiri aja deh xp.

Gue sempet bosan dengan film ini, namun rasa ingin tahu dan twist menggoda disana-sini mampu ngalahin perasan bosan tadi.

Dan setelah menonton film ini pun gue jadi merinding buat masuk WC, takutnya disana gue ngeliat diri gue sendiri lagi be’ol beberapa jam yang lalu hehe

Well done, Mr.Director, well-act Mellisa. Like A roller coaster.. otak melintir, puyeng, tapi gue kehibur!



RATING : 7,5/10


HAVILOFA'S REVIEW



TRIANGLE (2009)

" MysteriousTaxi Driver: You Will Come Back....Won't You? "

Story: Di pagi yang cerah itu Jess (Melissa George) bersama dengan 5 orang sahabatnya sedang berlayar di laut lepas untuk sekedar refrsehing melepas penat. Namun entah kenapa perasaan cemas tanpa sebab sudah melanda Jess dari awal sebelum berangkat. Wanita beranak satu ini merasa bahwa akan ada sesuatu yang tidak beres bakal terjadi dalam perjalannya ini. Dan benar saja tidak lama kemudian entah dari mana datangya sebuah badai misterius secara tiba2 datang dengan cepat dan menghantam yatch mereka hingga terbalik.

Sama seperti kedatangannya, badai misterus itu juga secara tiba2 hilang dan meninggalkan Jes dan kawan2nya terdampar diatas perahu mereka yang terbalik sambil berharap menunggu pertolongan datang. Tidak butuh waktu lama menunggu karena kemudian mereka kembali dikejutkan dengan kedatangan sebuah kapal pesiar besar yang datang untuk memberikan pertolongan dan kejutan belum berakhir disitu, sesampainya di atas kapal itu mereka mereka menemukan bahwa tidak ada seorangpun di atas kapal besar itu. Penasaran dengan kondisi kapal yang tidak berpenghuni itu mereka kemudian menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi tanpa menyadari bahwa ada seseorang yang sudah menunggu kedatangan mereka, seseorang bertopeng misterius yang siap mengahabisi mereka semua.

Review: Dengan melihat sedikit sinopsis diatas mungkin akan terintas dibenak kita bahwa Triangle tidak lebih dari sekedar film2 bertipe slahser biasa dimana seorang pembunuh misterius akan menghabisi setiap karakter utamanya. Namun anggapan itu akan segera berubah setelah kita menontonnya. Ya, Triangle bisa dibilang adalah salah satu British horror film terbaik yang pernah dibuat oleh negara ratu Elizabeth itu. Film garapan Christopher Smith menawarkan sebuah pengalaman berbeda dari kebanyakan film2 sejenis dengan konsep cerita orisinil yang menggambungkan elemen thriller dan horror supranatural dengan balutan plot twist super rumit yang memaksa penontonnya untuk bekonsentrasi dan berpikir ekstra keras untuk dapat merangkai puzzle misteri yang ingin disampaikan film ini, jadi tidak hanya tegang namun penonton dijamin akan pensaran dengan apa yang terjadi di scene2 selanjutnya. Triangle juga didukung dengan akting meyakinkan dari Mellissa George dimana penampilannya mampu membawa emosi yang cukup besar dihampir disetiap scene pada film berdurasi 99 menit ini.

Overall, Triangle jelas bukan sekedar thriller-horror biasa, kerumitan ceritanya mungkin akan membuat sebagian penontonnya akan membenci film satu ini, dan berangapan Triangle adalah sebuah film yang tidak jelas. Namun jika mau sedikit berusaha (menonton ulang atau mencari info) niscaya kita akan menemukan penjelasan yang logis dan memuaskan tentang apa sebenarnya yang mau disampaikan film ini. Mungkin agak sedikit lebay dan subjektif penilaian dari gue, namun sekali lagi ini hanya sekedar pendapat gue sebagai seorang penikmat film biasa yang sangat enjoy menonton film ini jadi harap maklum saja kalau bagi sebagian orang penilaian gue agak overatted.

8/10



dan oh, my bad..ternyata gue salah ngereview film ini, ini bukan film tentang 'time-travel' ternyata. hehe
buat yang udah nonton dan bingung ama ceritanya, klik link di bawah ini untuk penjelasannya yang cukup rumit, buat yang belum nonton..spoiler alert!

http://www.imdb.com/title/tt1187064/board/thread/155947681


ZOMBIE STRIPPERS

REVIEWED BY 'Z'.

Kalo lo masuk ke toko dvd trus liat satu film yg judulnye “Zombie Strippers” nangkring di rak, ada ngga sih alesan logis di kepala lo buat ngga ngambilnye? Apalagi kalo ternyata Jenna Jameson ama Robert Englund yg jadi leading-rolenye! Zombie Strippers sendiri itu judul rilis internasional buat film yg pertama ditanyangin di LA Screamfest beberapa taun lalu dengan judul aslinye: “Zombie! Zombie! Zombie!” Keliatanye para produser film ini ngerasa kalo judul itu kurang komersil & mutusin buat ngasih judul yg lebih to-the-point buat ngangkat daya jualnye di mata para pervert sedunia. Harus gue akuin kalo itu strategi marketing yg brilian, buktinye gue jadi beli…& gue sama sekali ngga nyesel!

...................................

Pada sebuah rumah sakit di sebuah kota kecil, militer AS ngelakuin praktek eksperimen rahasia buat nyiptain tentara yg sempurna: satu yg ngga kenal takut, cuman punya kemampuan otak buat ngebunuh & bisa nyebarin virus ke mereka yg kena gigit, secara notabene artinye: zombie! Seperti biasa, ada sesuatu yg salah pada eksperimen ini & rumah sakit tadi lepas kendali, maka para penulis skenario film ini ngelakuin apa yg dilakuin ama jutaan penulis skenario film laen & ngirim satu kompi pasukan elite khusus buat ngambil balik kontrol, pintu kreatifitas masih belon kebuka soalnye meskipun kompi tadi keliatan sangat kompeten, mereka ngga berhasil sepenuhnye meredam kontaminasi. Salah satu anggotanye (yg paling culun, lagi2 bisa ditebak) kena infeksi & buat ngindarin nasib dieksekusi di tempat ama kameradnye sendiri atas nama loyalitas pada bangsa & negara, die milih buat bikin “security breach” dengan cara kabur dari tembok rumah sakit untuk masuk ke….

sebuah klub dewasa illegal! Brilian, sodara2 sekalian, nampaknye para penulis skenario yg disebut diatas berhasil nemuin pewahyuan buat akhirnye ngebuka kran kreatifitas mereka. Dibuka lebar2 malahan, soalnye begitu settingnye dipindahin ke tempat yg jauh lebih menarik film ini langsung pindah gigi ke alur plot, karakter, ama eksyen/komedi yg dashyat. Genre ini telah menginvasi panggung pole-dancing dengan kekuatan penuh, lengkap dengan pemilik klub mata duitan yg diperanin dalam tingkat keidiotan fenomenal yg cuma mungkin dibawain ama seorang Robert Englund (juga mungkin Bruce Campbell) serta persaingan internal khas perempuan antara para penari, epidemik horror kita telah mencapai sebuah stadium baru.

...............................

Zombie Strippers itu tipe zombie-spoof murahan yg luar biasa keren. Kalo gue bilang Dance of the Dead itu bagus maka yg ini secara keseluruhan lebih bagus: lebih fun, lebih ngawur, lebih hiperbolis, lebih campy ama jauh lebih kotor. Dengan adegan stripper2 dalam make-up mayat joget di panggung strip berlatar belakang musik industrial kacangan yg bakalan bikin Rob Zombie iri. Catet Rob: di film kaya gini ini harusnye lo naro bakat2 alamiah kaya Ken Foree ama Sid Haig! Hiperbola camp horror 80-an dengan sentuhan komedi parodi yg ngga dipaksain, gue cuman butuh satu kata buat ngedeskripsiin ini: "true"!

Kaya semua shot cleavage yg ngga punya alasan apapun selaen buat ngekspos cleavage, film ini diproduksi ngga pake alasan apapun selaen buat mroduksi tontonan kitsch yg eksploitatif aje...kenapa? Soalnye emang itu yg pengen gue liat!!


Zombie.Strippers.2008.PPV.DSRip.XviD-aAF.avi
Size : 697.46MB



MEAT GRINDER (2009) / COMING SOON (2008)


MEAT GRINDER (2009)

Synopsis:
Film ini bercerita tentang Buss, perempuan miskin yang mempunyai latar belakang kehidupan yang traumatik. Hal itu membuatnya menjadi pribadi yang tertutup dan introvert. Untuk bertahan hidup, dia berjualan mie ayam keliling. Namun, usahanya ini rupanya tidak cukup untuk menopang kehidupannya. Dagangannya sepi dan dia tetap terlilit hutang pada rentenir.

Sampai suatu hari, ada sebuah aksi demonstrasi-massa yang berujung pada kerusuhan. Polisi memburu para demonstran.

Buss pun segera pulang menyelamatkan diri. Dan beberapa saat kemudian dia terkejut, ketika menemukan sesosok mayat tergeletak dalam gerobak mie-nya. Itu adalah mayat salah satu korban aksi demonstrasi.

Dan ide psychotic pun mulai terbersit dari benaknya, yaitu membuat mie dengan bahan dari daging mayat tersebut…

Review :
Well, awalnya saya cukup menikmati film ini, akting Mai Charoenpura cukup menghayati perannya sebagai Buss. Gory-scene dan efek- nya juga bagus. Cipratan darah , leher digorok, mayat termutilasi, mata ditusuk dihadirkan dengan meyakinkan dalam film ini. Adegan pembantaian para rentenir itu yang paling saya suka hehe.

Hanya saja usaha sang sutradara untuk membuat film nya se-‘nyeni’mungkin, malah bikin berantakan mood saya. Ampe saya punya pikiran, udah lah.. gore mah gore aja, ga usah nyeni-nyeni-an. biarin orang gila, --Tim Burton-- aja yang ngerjain kaya ginian. hehe

Film dengan plot crossover 'Sweeney Todd' dan 'Frontiere's' ini sih pengennya melesat setinggi langit dengan menyajikan kengerian yang artistik, namun baru nyampe atmosfir, udah nyungsep duluan karena kelebihan onderdil yang kaga penting. hoho

Overall, rating saya 6 dari 10.

buat yang penasaran dan punya akses Internet cepet, filmnya bisa di download disini :
download CD 1
download CD 2
download subtitle (English)


COMING SOON (2008)

Synopsis :
Karakter sosok hantu/penjahat ---seorang nenek gila yang menculik anak-anak kemudian mencongkel matanya---dalam sebuah film bioskop tiba-tiba keluar ke dunia nyata dan mulai membunuh para penontonnya. Cara ngebunuhnya sama, mata korban dicongkel.

Ternyata karakter hantu itu memang ada di dunia nyata, ceritanya juga memang pernah terjadi. setelah di telusuri , ---nenek yang dalam film diceritain tewas di gantung ramai-ramai oleh penduduk---, ternyata masih hidup dan sekarang berada di RSJ.

Jadi hantu siapakah yang menteror para penonton film itu??

Review :
Film Thailand kali ini nyoba ngasih kita twist, hehe yah lumayanlah usahanya, sayangnya saya berhasil nebak siapa hantunya..hehe semua tahu twist yang ketebak adalah twist yang gagal. . selain itu, film ini kaga ngasih saya hiburan berarti. Formula-formula horror buat ngagetin penontonnya ya sama aja kaya ribuan film horror lainnya.

Ini juga bikin saya bingung, saya pengennya horror yang kaya apa sih?? Jangan2 ini sayanya aja yang lagi bosen yah hahaha tapi, nggak kok kemaren saya nonton ‘Last House On The Left’ versi jadul dan versi remake-nya, dan masih bisa saya bilang keren hehe


Padahal lagi nih, di backcovernya ada tulisan yang ngejanjiin bahwa film ini berbeda dari film horror lainnya, yaitu dengan disajikannya adegan déjà vu. But wait, maksudnya mau ngasih adegan unik apa ngasih adegan yang bikin penonton merinding? Kalo unik sih emang unik, tapi kok saya gak merinding yah?? Malahan saya masih lebih merinding pas maenin game ‘Silenthill’ di mana di game itu ada juga scene dejavu juga disorientasi ruang dan waktu.

So, film ini hanya 'another horror movie' yang gampang dilupain, bukan selera saya lebih tepatnya hehe walau gitu, saya tetep ngasih apresiasi atas usaha sutradaranya kok. Terutama untuk make-up sang hantu, jalan cerita dan ending yang lumayan kreatif hehe.

Rating : 6 dari 10.

………………….

Sepanjang hidup, film horror Asia yang udah gue tonton bisa keitung dengan jari ( yang keinget ). pertama ‘Audition’ –keren--, ‘The Eye’—berkesan, karena ditengah film, gue malah ML untuk pertama kalinya—, ‘Three’—adegan potongan mayat dalam tas masih keinget--,’Alone’—twist nya bagus, ‘JU-ON’—kocak, gue ketawa mulu liat hantunya-- ‘REC ‘ (Korea)—bego banget karena gue pikir ini REC versi Asia,

dan terakhir 2 film Thailand diatas..teknisnya semakin maju tapi tetep kaga mampu bikin terkesan.. ---btw, kaga ada salahnya kalian coba nonton filmnya, mungkin kalian mempunyai pendapat yang berbeda dengan gue. -----

Ah, skeptis gue ama ‘Phobia’. Someone, please review these movie hehe.


23 November 2009

GONE (2007) /THE LAST RESORTS ( 2009)


REVIEWED BY 'R'

Horror sebagai sebuah genre film dalam prosesnya akhirnya melahirkan subgenre-subgenre yang ( buat gue ) nggak kalah menarik buat ditonton. Salah satunya dari sub-genre Horror itu adalah Thriller. Ada yang bagus, namun banyak juga yang mengecewakan.
Kemarin gue baru saja nonton beberapa film dengan genre Thriller--- yang karena tema-nya rada mirip satu sama lain--- akhirnya gue gabungin jadi split aja reviewnya :D
……..

GONE

SYNOPSIS:
Film ini bercerita tentang seorang pemuda Amerika –Jack-- yang pergi ke Australia untuk mengunjungi pacarnya, Sophie dan berencana akan melakukan sebuah perjalanan ‘adventuring-what-so-ever-lah’ disana. Di Australia, Jack bertemu dengan Taylor, pemuda yang sangat ramah dan menyenangkan. Taylor pun akhirnya ikut dalam perjalanan itu. Tanpa mereka duga ( namun dengan mudah kita duga Image and video hosting by TinyPic ) , perjalanan bersenang-senang itu berubah menjadi mimpi buruk berdarah. Dan itu terjadi di sebuah padang gersang pedalaman Australia. Middle Of Nowhere.

REVIEW :
Awalnya gue mengira ‘Gone’ akan menjadi sebuah film yang lumayan. Pengambilan gambar yang sering menggunakan teknik long-shot/aerial-shot untuk mengekspos kecantikan alam Australia itu cukup bikin mata seger. hehe dengan soundtrack yang juga lumayan fresh lah. Ngingetin sedikit sih ama Dawson’s Creek hahaha

namun ketika film berjalan dengan begitu lambat tanpa mengarah ke sesuatu yang surprisingly , kata ‘lumayan’ itu agak berlebihan untuk film ini. Boring. Alurnya mudah ditebak. So cliché. Kita bisa dengan mudah menyebut film2 yang mempunyai alur sama seperti film ini, ‘The Ruins’, ‘Dead Calm’, ‘Turistas’ ‘The Hitchhicker’, ‘Perfect Getaway’..and list still go on. dan sayangnya Gone nggak nawarin sesuatu yang baru... bahkan, ampe lebih dari separo film, nggak nunjukin barang secuil kalo ini adalah sebuah thriller-horror. Cuman intrik2 dalam sebuah perjalanan aja .

Di menit2 akhir, drama-petualangan ini barulah berubah drastis menjadi tipikal horror-psycho-slasher yang juga ngebosenin. Satu-satunya alasan yang bikin gue nonton film ini ampe 2 kali adalah : ‘Amelie Werner!’ ( berperan jadi Sophie disini ) OMG! Doski cantik banget disini, gue aja ampe jatuh cinta..dan lebih keren lagi disalah satu scene-nya dia topless!

Dan film ini pun naik lagi peringkatnya menjadi kembali ke ‘lumayan’ setelah mengetahui bahwa sang sutradara ‘Ringan Ledwidge’ ternyata melakukan debut penyutradaannya di film ini. Hehe jadi untuk sutradara newbie..oke, lumayan. Besok2 kalo filmnya kaya gini lagi, mending bikin film bokep aja lah..bintangnya Amelie Werner



THE LAST RESORTS

SYNOPSIS :
5 orang cewek montok-seksi memutuskan pergi berhura-hura ke Meksiko merayakan salah satu temannya yang akan menikah. Di Meksiko, mereka terpisah. 1 orang ( Sophia) memilih tiduran aja di hotel, ngewe sama cowok yang baru dikenalnya. Sementara 4 lainnya, memutuskan jalan-jalan ke pantai dengan mobil sewaan.
Namun naas, mereka dirampok oleh tour-guidenya sendiri dan ditinggalkan begitu saja di ‘middle of nowhere’. Satu-satunya tempat di daerah itu adalah sebuah resort tua yang tidak berpenghuni. Ketempat itulah, 4 cewek naas ini menuju.
Tanpa mereka sadari resort itu mempunyai kutukan masa-lalu yang dapat membuat seseorang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri.
Lalu dapatkah, Sophia menyelamatkan teman2nya?


REVIEW :
Wew! Ini film yang sempurna! Tentu aja buat kamu yang lagi susah tidur. Dalam 20 menit kamu akan mendengkur dengan nikmat.

Gue terus terang aja nyewa film ini karena ngeliat kovernya yang menjanjikan. Cewek pake bikini yang memegang belati hehehe psikopat di film itu keren, apalagi kalo psikopatnya seorang cewek montok berbikini. Haha Bakalan banyak adegan berdarah2 yang diselingi pameran tete nihh..namun shit! Sepanjang film hanya satu adegan topless yang itupun sialnya--- nipple-nya--- ketutupan ama rambut. ..Selebihnya nonsense. .
Adegan ML di film ini mirip adegan ngeseks nya Ibra Azhari dalam ‘Gairah 100%’ yang busuk itu. dumb! Selain tete, gue kaga ngarepin apa-apa lagi. gue juga kaga peduli pada apa yang akan terjadi pada para karakternya.
Everything in this flick is predictable. Acting buruk, music buruk, plot yang full of cliché, penuh goofs disana-sini, scene-gory yang jelek, dan very low-low-low budget. Budget nya mungkin abis buat ngebayar 5 chicks ini yang gobloknya kaga di eksploitasi dengan bener sama pembuatnya.


Jadi, apa sebenernya yang ditawarin film ini? Kaga ada. Namun seperti gue bilang , kita bisa mengambil hikmah dari sesuatu yang jelek. Contohnya film ini, biarpun jelek tapi bisa membuat mu tertidur dengan nyenyak dalam 15 menit.
………………………

Hohoho..Setelah 2 film ini gue jadi trauma nonton film bertema ‘piknik-yang-berdarah-darah’ lagi. Apakah ‘Long Weekend’ se-konyol ini? Dan bagaimana dengan ‘Air Terjun Pengantin’? hahahaha

RATING
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

19 November 2009

LESBIAN VAMPIRE KILLERS

REVIEWED BY 'Z'

Ok lah, jujur aje, satu2nye alesan kenape film ini gue tonton tu emang gara2 judulnye doang. Kayanye kenape sesuatu dengan judul kaya “Lesbian Vampire Killers” itu menarik buat diliat adalah hal yg udah ngga perlu dijelasin lagi. Simpel aja, biarpun kentel ama tendensi ambigu, susunan kata2 kaya gitu tetep aja punya nilai komersil yg tinggi. Apa ini film soal vampir lesbian? Apa justru soal sepasang lesbian pembunuh vampir? Sape yg peduli, pokoknye asal di dalemnye ada yg lesbian, ya beres perkara.


Sekitar beberapa ratus tahun silam, hiduplah seorang ratu vampir bernama Carmilla. Nah, dalam beberapa menit pertama kite langsung dikasih tau kalo doski tu ratu-vampir-lesbian, jadi kite semua bisa tersenyum puas. Kaya semua lesbian laen, Carmilla memangsa gadis2 muda montok di daerah sekitar & ngerubah mereka semuanye jadi lesbian. Kebetulan salah satu korban doski itu calon istri dari seorang ksatria Templar dengan nama yg ngga bisa gue inget, tapi gue cukup yakin kalo itu pasti semacam “Lancelot” apa sesuatu yg similar. Tentunye, si Lancelot ini keki berat kekasihnye mendadak kehilangan interes seksual ke laki2 & dengan kemurkaan Arthurian sejati, die pun ngedatengin Carmilla buat nebas kepala bondon itu sampe putus. Sayangnye, dengan ngelakuin itu die juga naro kutukan vampir kuno, yg ngebikin semua gadis di daerah tersebut bakalan bertransformasi jadi vampir lesbi begitu mereka ngerayain ulang tahun ke 18, & ini akan berlangsung sepanjang jaman sampe keturunan garis darah langsung dari si Lancelot tadi dateng buat matahin kutukan tersebut.

Dan itu, adalah bagian terbaik dari fim ini…

Fast forward ke masa kini, Jimmy (James Corden) diputusin lagi ama cewenye pada waktu yg bersamaan ama sohibnye, Fletch (Matthew Horne) dipecat dari kerjaannye. Sama2 ngerasa idup ini ngga adil, 2 sahabat ini mutusin buat berkelana dalam misi mulia guna mencari makna sejati dari kehidupan, alias nidurin sebanyak mungkin cewe cakep yg mereka temuin di jalan. Dengan budget terbatas, tangan2 takdir yg kasat mata menuntun mereka ke lo-tau-kemana, dimane mereka ketemu ama segerombol cewe silikon dengan aksen Eropa kentel di tengah hutan. Waktu mereka berenti pada kabin kecil, serangkaian lo-tau-apaan pun terjadi, & Jimmy menemukan garis keturunannye dari lo-tau-sape untuk memenuhin takdirnye buat lo-tau-ngapain.

Yg mengecawakan, Lesbian Vampire Killers ini ternyata bukan film vampir lesbian. Maksud gue, iye sih, emang disini betebaran eye-candy adegan topless ama gadis2 vampir saling “bersilat lidah” satu sama lain, tapi ini sama sekali ngga ada hubungannye ama sub-genre lesbo-vamp sinema eksploitatif masa lalu. Buat sesuatu yg gue harepin sebagai tontonan murahan dengan semangat retro ke masa kejayaan Ingrid Pitt, ini malah lebih cenderung jatoh ke teritori parodi tolol dari softcore-porn. Itu bisa dianggep pujian, mengingat fakta sederhana bahwa gue cukup menikmati softcore-porn, tapi kalo ini emang softcore-porn juga gue tetep bakalan kecewa soalnye semua aksi “lesbian” disini ngga pernah cukup erotis buat sekedar muasin rasa ingin tau dari bocah 8 taun dalam diri gue sekalipun. Untuk sesuatu yg dipasarin dalam balutan judul menantang gini, LVK kerasa luar biasa hambar ama kelewat vanilla. Bahkan “adegan panas” di seri American Pie pun bisa dianggep lebih eksplisit dari ini.

Ok, jadi ini ngga seksi. Tapi lucu ngga? Sedihnye…ngga juga. Sutradara Phil Claydon bukan cuma ngga tau caranye bikin film horror yg bisa memancing ereksi, tapi die juga gagal ngebikin ini jadi sebuah komedi, mungkin soalnye die emang pada dasarnye ngga pernah tau sebenermye pengen bikin apaan. Lelucon2 (yg ngga terlalu pinter) film ini terlalu keterlaluan repetitif kalo ngga bisa dibilang luar biasa annoying. Satu contoh sempurnanye tu joke soal “the sword of Dialdo”, mestika pembunuh vampir dalam bentuk pedang bergagang genital pria, lelucon garing soal ini diulang-ulang melulu sepanjang film sampe kedengeran memuakan. Yayaya, itu sword of Di(a)ldo, we fucking get it the first time kok!! Sepertinye Claydon ama sapepun yg bikin script ngga bisa nyari lawakan laen buat ngisi kuota durasi 109 menit filmnye, jadi mereka kudu we terus bikin referensi2 pathetic ke gimmick kojonye itu…yg sebenernye ngga lucu2 amat.

Ini emang jenis film yg kaga pernah punya tujuan jelas, kurang hiperbolis buat jadi campy tapi juga terlalu dangkal buat bisa dianggep serius. Terlalu over-produksi buat tontonan murahan tapi juga kelewat komikal buat bisa nyiptain atmosfer tertentu. Sementara itu para “lesbian”nye kekurangan determinasi buat maenin peran mereka secara all-out, ngejelasin absensi wajah2 mereka dari sirkuit porno internasional. Dengan semua fakta dipertimbangin, ini asli keliatan kaya usaha desperade dari satu program di Syfy Channel buat nebeng kesuksesan komersil Shaun Of The Dead, dengan vampir cewe ngisi peranan zombie & kata lesbi diadopsi sebagai manuver-marketing. Produksinye sendiri cukup profesional (yawn) & glossy, tapi semuanye kerasa “salah” aje, penuh pretensi ama berkesan terlalu “palsu” buat bisa bener2 ngehibur. Kata blunder ngga bisa lebih cocok daripada waktu mereka nampilin sosok Carmilla, buat vampir ningrat yg ngambil namanye dari karya klasik Joseph Sheridan Le Fanu, di ujung film doski malah beresureksi dalam bentuk yg dicolong dari tokoh komiknye Neil Gaiman, itu jelas salah. Seorang ratu vampir, gue koreksi, seorang ratu-vampir-lesbian ngga keliatan kaya antagonis androgini di Mirrormask! Ini kan film vampir, bukan videonye Annie Lennox. Tapi absurditasnye ngga berakhir di situ, dengan akumulasi tingkat apatisme gue pada film ini mendekati klimaksnye, tibalah adegan pertempuran akhir, dimana gue bagaikan ngeliat Ziggy Stardust berduel lawan Richard Dean Anderson dalam ending yg bikin gue ngerasa lagi nonton satu episode Stargate SG-1, ampuuunn.

Jadi, kalo lo punya secuil ekspektasi apapun buat ini, lupain aje lah!! Menyedihkannye, film ini adalah produk gagal dari segi manapun lo ngeliatnye. Semua yg kenal gue tau kalo standar film gue teramat-sangat rendah, tapi buat sekedar menuhin standar itu pun ini kaga mampu. 109 menit dari total buang2 waktu percuma, Lesbian Vampire Killers adalah film yg ngga pernah nawarin apapun yg menarik…selaen dari judulnye doang.

(taro rating paling rendah versi lo disini)


yang penasaran download filmnya disini
Lesbian.Vampire.Killers.DVDSCR.XviD-DoNE.avi
Size : 699.69MB



17 November 2009

INGLOURIOUS BASTERDS (2009)


REVIEWED BY 'M'.

Oke, saya tumbuh besar dengan film2 Quentin Tarantino.

Pertama kali nonton Pulp Fiction umur 13 tahun, tergila-gila dengan Kill Bill waktu SMA dan mengumpulkan semua DVD film2nya waktu duduk di bangku kuliah [sekarang, maksudnya. Hehehe]. Saya udah nunggu lama untuk nonton film terbaru Tarantino, setelah Death Proof yg kemaren itu nggak bisa dibilang ‘serius’ karena sebenernya tuh film emang dibikin buat tribute film2 kelas B favoritnya aja. Kalo ada sutradara yg selalu saya ikutin film2nya dan malahan saya pelajari karakter filmnya segala, barangkali cuma Tarantino.

Saya udah denger tentang pembuatan skrip Inglourious Basterds ini dari dulu banget dan heran kenapa filmnya nggak keluar2 juga…?
Saya berekspektasi tinggi sama film ini ---yg kalo dia bilang sih, ini masterpiece-nya--- meskipun deg-degan juga karena menurut saya, bikin film tentang Nazi adalah ide buruk untuk sutradara se-eksentrik dan sejenius Tarantino.
But, okay, we’ll see.

Hasilnya, saya keluar bioskop dengan ekspresi yg biasa2 aja. Nggak ada ketakjuban berlebih kayak abis nonton Kill Bill atau kemuakan maksimum kayak abis nonton Death Proof. Biasa aja. Kalo mau jujur sih, kecewa berattt!
Huhuhuhu. Keren sih. Cuman, apa ya….it’s just…fucking boring. Really. Nggak tau deh, semuanya kayak udah Tarantino banget, dan dia kayak nyaris nggak menawarkan apapun yg baru. Ya begitu aja, udah. Saya juga berkali-kali menguap sepanjang film ---yg mungkin cuma saya lakuin sepanjang 45 menit pertama nonton Death Proof --- nggak tau juga, karena saya emang nontonnya malem2 kali ya, hehehe.

Oh yeah, kita tau, semua film Tarantino adalah tentang balas dendam. Film ini juga gitu kok.
Kita mulai dengan ceritanya dulu aja ya: sekelompok tentara Amerika keturunan yahudi yg dikomandoi oleh Letnan Aldo Raine [Brad Pitt] ---dengan julukan Aldo The Apache --- memiliki misi untuk memburu dan membunuh sebanyak-banyaknya Nazi, yg saat itu sedang menduduki Prancis. Mereka menamakan dirinya The Basterds. Target mereka saat ini adalah mengumpulkan 100 kulit kepala Nazi [hahahaha!]. Aldo ditemani oleh Sersan Donny Donowitz [Eli Roth], asal Boston dan hobi menghabisi para Nazi dengan tongkat baseball tanpa ampun, yg terkenal sebagai The Bear Jew di kalangan Nazi dan sanggup membuat Nazi manapun gentar. Nggak cuma itu, Aldo juga merekrut psycho keturunan Jerman yg aneh dan nggak banyak omong, tapi sangat terkenal akan kebrutalannya dalam membantai para Gestapo, bernama Hugo Stiglitz [Til Schweiger].

Sementara itu, seorang gadis yahudi, Shosanna Dreyfus [Melanie Laurent] berhasil melarikan diri dari pembantaian keluarganya yg dilakukan oleh Kolonel SS, Hans Landa [Christoph Waltz], yg terkenal sebagai Jew Hunter, pemburu para yahudi di seluruh pelosok Prancis. Sosok yg romantis, menghipnotis, pemerhati detail yg tajam dan seorang jenius linguistik [Waltz berbicara semua bahasa yg ada di film ini!] dengan insting luar biasa. Shosanna pun berganti identitas menjadi pemilik sebuah bioskop di Paris. Tanpa diduga, bioskop Shosanna digunakan untuk premier film propaganda Jerman terbaru Joseph Goebbels, menteri Nazi, atas rekomendasi Fredrick Zoller, pahlawan perang Jerman yg masih muda dan menjadi bintang film dalam film tentang dirinya sendiri yg dibesut si Goebbels itu, “Stolz der Nation” [Nation of Pride]. Shosanna ngeliat ini sebagai peluang untuk balas dendam. Rencananya: menghabisi 300 orang Jerman yg hadir di bioskop tersebut ketika premier, termasuk si menteri dan De Fuhrer alias Adolf Hitler sekalian! Caranya: mengunci seluruh pintu bioskop dan meledakkannya dengan perbekalan film nitrat yg dia punya [catatan: film nitrat adalah film yg sangat mudah terbakar, jauh lebih cepat terbakar dibandingkan kertas!]. Di luar sana, Letnan Aldo juga sedang membuat rencananya sendiri untuk membunuh Hitler, dan oh yeah, militer Inggris ternyata ikutan juga dengan mengutus Archie Hicox [Michael Fassbender] yg bekerja sama dengan aktris Jerman yg cantik dan seksi yg bekerja sebagai mata-mata, Bridget von Hammersmark [Diane Kruger]. Berhasil nggak ya? Tonton sendiri ajalah! Yang jelas, Hitler mati di film ini! Hahahaha, spoiler banget yak gw? Biarin, weee! :P

Nggak bisa dipungkiri, Tarantino adalah orang yg doyan becanda. Banyak banget komedi terselubung di film ini yg bikin saya ngakak. Cerita perang dunia ke-2 yg harusnya tragis dan menyedihkan, diplesetin habis-habisan olehnya, menjadi cerita yg kocak dan sangat menghibur. Sejarah udah dijungkirbalikkan di sini, tentu aja tetep dengan style Tarantino yg western berattt itu dan dialog2 fantastis yg tajam [dan kali ini ada berbagai macam bahasa yg dipake: Jerman, Perancis, Inggris, bahkan Italia!]. Keren film ini. Saya menikmatinya, beneran deh. Film ini seru, lucu, cerdas. Dan dia juga berhasil membawa saya ke tensi yg tinggi sekaligus tertawa keras-keras. He IS brilliant, really. Ayo tepuk tangan dulu buat dia :).
Oke, udahan dulu puja-pujinya.

Pengambilan gambar dan dialog
Seperti khasnya Tarantino, banyak pengambilan gambar dan pergerakan kamera yg aneh dan bikin saya terkagum-kagum, tapi…kerasa nggak penting. Hahaha. Maksudnya, buat apa ya dia nge-shoot krim yg diolesin ke roti, ngasih liat adegan minum susu dari mulai nuang susu sampe Hans Landa kelar minumnya, nyalain rokok, atau ngebahas sepatu sampe seperempat jam sendiri. Hahaha. Tapi ya emang gitu, film2 dia selalu penuh detail yg nggak usah dipikirin buat apaan, dan emang dibikin sebagai bagian penting filmnya. Ada juga tuh yg keren waktu Hans Landa ngobrol sama Mr. LaPadite di adegan2 awal, kameranya gerak muter gitu, wihh canggih dah! Masih bertebaran juga pengambilan gambar yg Tarantino banget, contohnya kayak: shoot dari atas ruangan, ngikutin pergerakan tokoh dari atas ruangan ke bawah ruangan, pengambilan gambar dari bawah atau sisi orang yg akan dibunuh/dihabisi. Banyak deh adegan yg ngingetin saya sama Kill Bill, contohnya kayak waktu di bioskop-nya Shosanna.

Udah gitu, penuh dengan dialog yg nggak penting dan bertele-tele. Meskipun begitu, masih banyak dialog cerdas yg dibikin Tarantino di sana-sini. Kalo di Kill Bill ada percakapan tentang Superman antara Bill dan The Bride, kali ini di adegan2 awal ada percakapan tentang tikus antara Hans Landa dan Mr. LaPadite, coba simak baik-baik deh! Nggak cuma itu, lelucon tebak-tebakan kartu bertuliskan ‘King Kong’ itu juga lucuuu banget, selera humornya kasar sekaligus cerdas, menggambarkan isu rasial yg lagi buruk2nya di Amerika saat itu. Smart ass!

Barbarisme & Rasisme
Masih penuh adegan kekerasan dan berdarah-darah [saya nggak tau apakah ada sutradara lain yg lebih haus darah dibandingkan Tarantino], gruesome tapi juga kocak: pengelupasan kulit kepala Nazi yg digambarin dengan jelas, yuckkk! Lalu gimana Letnan Aldo ‘mencelupkan’ jarinya ke dalam kaki Von Hammersmack yg terluka, sampai adegan tembak-tembakan buah zakar di bar itu! Hilarious berat! Apalagi ‘pengukiran’ logo Nazi di jidat ituuu. Nyaris bikin saya terjungkal dari kursi. Hahahahahah. Saya juga seneng sama karakter Hugo Stiglitz yg nggak banyak omong tapi barbar bangettt, terus Donny yg selalu teriak2 berasa menangin pertandingan baseball di Boston setelah ngehajar personel Nazi pake tongkat baseball itu. Kocak deh! Nggak cuma itu, karena film ini perpaduan berbagai macem negara dan budaya [termasuk bahasa], ada isu rasial juga yg turut serta. Mulai dari orang jerman ke orang yahudi [ini mah udah jelas!], orang perancis ke orang jerman, orang jerman ke orang negro, orang amerika ke orang negro, gitu deh! Tapi tetep, LUCU :D.

Alur Cerita
Kali ini Tarantino ngasih alur cerita yg linier [tumben ya? Heheh], meskipun seperti biasa…masih terbagi dalam chapter-chapter. Ada beberapa flashback, tapi nggak bikin kita sampe muter cerita ke awal lagi. Cukup ramah deh buat penonton yg nggak terbiasa dengan style-nya. Yang paling lucu, tentu aja cara Tarantino mengenalkan tokoh-tokohnya dengan sangat khas, yaitu melalui pemberian nama yg dramatis [liatin deh font-nya, nyaris nggak berubah sama yg di Kill Bill! Kenapa sih tuh orang???] dan porsi adegan yg nyempil dan tiba2 dengan tujuan untuk mendeskripsikan si tokoh. Nice!

Tokoh-tokoh yg banyak BANGET dan cameo di sana-sini
Perhatiin deh tokoh yg bejibun, segitu banyaknya dengan nama-nama asing yg ribetnya minta ampun [baik dihapal atau disebutin], dan semuanya pake SERAGAM. Plis lah, gw mana hapal yg mana nazi yg mana amerika yg mana Inggris, semuanya kelihatan sama aja! Udah gitu, nggak penting juga kegunaannya buat apaan…? Maksudnya apaan siihh…??? Penting nggak sihhh segitu banyak cameo nongol…??? Nggak ngerti deh. Nggak ada karakter yg bener2 distingtif dan memorable [bahkan di Kill Bill, karakter yg numpang lewat kayak Gogo Yubari aja bisa nempel banget di kepala gw!]. Untung aja ada karakter Hans Landa, si Jew Hunter, yg berhasil nyelametin film ini supaya saya nggak ketiduran. Hail to Christoph Waltz yg udah dengan jenius memerankan Landa! Saya nggak pernah ngeliat Waltz sebelumnya di film apapun, tapi dia bener-bener ‘membawa’ film ini. Sangat membius dan sensasional! Dia berhasil mencuri perhatian siapapun yg menonton film ini! Cuma dia yg penampilannya TANPA CELA. Kalo peran Hans Landa ini diperanin sama orang yg ‘salah’, barangkali cara saya ngeliat film ini juga bakal beda. Dialah bintang sesungguhnya dari film ini. Dia berhasil membuat Hans Landa jadi villain favorit saya tahun ini, hehehe. Pokoknya Oscar bakalan kualat kalo nggak ngasih dia piala!
Dan Brad Pitt…oh Tuhan, tidak. Saya curiga, ini adalah penampilan terburuk Brad Pitt sepanjang sejarah perfilmannya. Suara, cara ngomong dan aksen-nya itu…sangat mengganggu. Fucking annoying. Kumisnya juga jelek, nyebelin. Saya nggak tau Tarantino dapet inspirasi dari mana untuk maenin Pitt buat peran ini. Maksain lah, nggak cocok pisan!Seperti biasa, semua tokoh dalam film Tarantino sangatlah penting dan unik, meskipun ujung-ujungnya mati juga. Hehehe. Ada banyak cameo maupun bukan, yg merupakan. Lihat Mike Myers yg jadi cameo, memerankan Jenderal Ed Fenech. Seberapa pentingnya sih dia jadi cameo? Nggak ada alasan memainkan dia sebagai cameo selain emang dia harus jadi cameo di film ini. Hahaha.

Dan, awww…I love Eli Roth! Lucuuu banget. Dia bisa keliatan hot, barbar tapi juga komikal. Lagian jarang2 saya nonton film dimana dia berperan jadi aktor! Soal keterlibatan dia, saya udah nggak heran sih, dia emang bisa dibilang anak buahnya Tarantino, setelah ngeliat obsesinya terhadap film horror di penyutradaraan debutnya yg keren, Cabin Fever, dan film fenomenal yg diproduseri Tarantino: Hostel. Plus, Eli emang salah satu sutradara horror angkatan kini favorit saya selain Alexander Aja [sutradara remake The Hills Have Eyes dan film horror yg bisa jadi cult: High Tension atau Haute Tension dalam judul aslinya]. Nice, Eli!
Oiya, Enzo Castellari, sutradara Inglourious Bastards versi aslinya [Italia] jaman dulu yg jadi inspirasi film ini, jadi cameo juga loh! Dan dia memerankan dirinya sendiri! Hehehe.

Score
Ada beberapa lagu yg nyomot dari Kill Bill dan selebihnya adalah lagu-lagu favorit Tarantino. Score yg dipake sepanjang film juga keren, menyatu banget sama tiap-tiap adegan, terutama ketika adegan Shosanna tembak-tembakan sama Zoller sampe modar itu. Udah, nggak ada komentar, bagian ini sih udah manteb.

Yang Mengganggu…
Hal yg paling menyebalkan dari menonton film tentang bales dendam adalah ketika si tokoh utama nggak berhasil membalaskan dendam dengan mata-kepala-tangannya sendiri! Hehehe. Tarantino sendiri bilang, kalo di film ini, Shosanna bakal selalu jadi pemeran utama. Kita udah ngarepin dendam si Shosanna terbalaskan dengan penuh rasa kepuasan ketika dia menghabisi Landa [sama kayak kepuasan The Bride setelah membunuh musuh2nya dan girangnya cewek2 Death Proof ketika menghabisi si stuntman sialan]. Kenyataannya? Kagak!
Yang ngeganggu lagi, Hans Landa yg udah diceritain superior banget dari awal, ternyata jreng jreng jreng….berhasil dikerjain sama Aldo di akhir cerita. Ahh, pokoknya aneh deh bisa segampang itu! Dia yg udah keliatan jenius sepanjang film, masa iya bisa tiba2 jadi tolol begitu? Kerasa too good to be true dah!

Well, keliatan banget ceritanya juga keliatan ditulis dengan sungguh-sungguh dan niaatt. Craftmanship Tarantino masih belom ilang sih, tapi gimana yah, it’s just…it doesn’t fit. Nggak pas gitu di hati. Ceileehh, hahahaha. Seneng sih bisa nonton satu lagi film keren tahun ini. this one could be classic! Tapi sebagai fans berat Tarantino, kayaknya saya biasa aja deh, hehehe. Saya pernah bilang, film terbaik yg saya tonton tahun ini adalah Water Lilies [Celine Sciamma] dan sampai sekarang pun nggak berubah.

Membunuh Bill bisa jadi ide yg brilian, tapi membunuh Adolf Hitler? It won’t work, for god’s sake!
Nggak ada pesan khusus untuk menonton film ini kecuali siapkan konsentrasi-super-tinggi untuk menghapal nama-nama tokoh di dalamnya, dan tentu saja, ENJOY!

And good luck!

.......................................................................

DOWNLOAD INGLORIOUS BASTERDS
Title : Inglourious Basterds (2009) - CAM - 350MB
Size : 349.64MB



* klick button diatas, kemudian click button 'Click Me --Supported By IDWS'

DOWNLOAD SOUNDTRACK 'INGLORIOUS BASTERDS'

TRACKLIST




Tracklist:
01- Nick Perito - the Green Leaves of Summer [01:56]
02- Ennio Morricone - the Verdict [dopo La Condanna] [01:13]
03- Charles Bernstein - White Lightning [02:54]
04- Billy Preston - Slaughter (Album Version) [04:24]
05- Ennio Morricone - the Surrender [la Resa] [02:48]
06- The Film Studio Orchestra - One Silver Dollar [un Dollaro Bucato] [02:03]
07- Zarah Leander - Davon Geht Die Welt Nicht Unter [02:05]
08- Samantha Shelton and Michael Andrew - the Man with the Big Sombrero [01:49]
09- Lilian Harvey & Willy Fritsch - Ich Wollt Ich Waer Ein Huhn [02:44]
10- Jacques Loussier - Main Theme from Dark of the Sun [03:10]
11- David Bowie - Cat People [putting Out the Fire] [04:11]
12- Lalo Schifrin - Tiger Tank [01:18]
13- Ennio Morricone - Un Amico [02:35]
14- Ennio Morricone - Rabbia E Tarantella [03:54]





* klick button diatas, kemudian click button 'Click Me --Supported By IDWS'


POSTER 'INGLOURIOUS BASTARDS' VERSI OLDSCHOOL


16 November 2009

DEAD SNOW


REVIEWED BY 'Z'

Baru sketsa ide dasar dari film ini aje udah bisa bikin gue kerayu: zombie2 Nazi yg jahat, ngeburu sekelompok anak muda horni yg teler & bikin mereka semua kebunuh dengan cara yg mengerikan. OK tuh!! Gue ngga ngerasa perlu buat nutupin fanatisme gue ke zombie. Dan kalo mereka dilengkapin kemampuan militer buat ngebantai segerombol civitas akademika yg tetep bertingkah kaya lagi di dalem rumah fraternitas waktu ada di dunia luar. Kematian mereka jadi sinonimus ama apa yg kedefinisi sebagai “hiburan”.

Gue udah nonton & nulis soal Cold Prey kemaren2, sekarang abis liat Dead Snow kayanye mulai keliatan deh ada modus2 similar dari gimana caranye orang2 Norwegia nakut2in anak kecil:
1.Tunjukin sekelompok pemuda/i 20 taunan pergi ke pegunungan terpencil buat ngisi akhir pekan.
2.Nyiptain kondisi dimane pemuda/i 20 taunan tadi jadi terjebak dalam lokasi yg terisolir dari peradaban.
3.Pastiin pemuda/i 20 taunan itu buat secara konstan mengkonsumsi alkohol sambil bikin referensi2 soal horror Amrik dalam percakapan mereka.
4.Bikin salah satu karakternye ngalemin apa yg keliatanye kaya kejadian yg berpotensi ninggalin cacat permanen…cuman buat ngeliat karakter yg sama kembali beraksi tanpa kekurangan fisik berarti beberapa saat kemudian.
5.Sama pastiin, kalo semua usaha buat ngelakuin hubungan seks selalu berujung dengan tragedi.

Jadi, apa bedanye 2 film itu? Kalo mau jujur sih, praktis kaga ada. Cold Prey mungkin lebih “serius” ama “profesional” pada sentuhan post-pronye, tapi intinye mah dua2nye didasarin pada ide yg sama. Kalo emang kite kudu-musti-ngga-bisa-engga ngejejerin mereka sebelahan, garis tipis perbandingan 2 film ini tinggal ditentuin ama yg mane yg punya penjahat lebih serem aje. Di sudut Cold Prey ada pembunuh bertanda-lahir Gorbachev yg macul2in orang pake kampak ski. Kampak ski tuh benda phallic-esque tajam yg mengerikan, plus kebacok sesuatu hampir bisa dipastiin buat selalu kerasa sakit. Sementara di sudut Dead Snow, lo punya segerombolan zombie ber-swastika yg sanggup buat, secara literal, nyabik2 badan orang pake tangan kosong. Itu juga kedengaranye cukup menyakitkan. Susah harus milih satu dari 2 opsi yg kaya gini.

Dengan 450 liter darah yg, katanye mah, ditumpahin para kru selama proses syuting, ngga aneh kalo rangking gore film ini ada di level eksesif. Lo ngeliat banyak organ tubuh ama isi perut yg berjatohan di salju, zombie2 beterbangan kesana kemari, ama anak2 muda ngejerit2 sambil dimutilasi. Kaya nonton slasher2 campy 80-an lah rasanye, yg kerasa makin kentel tiap kali sutradara Tommy Wirkola nyelipin parodi2 nostalgia pada momen2 emas dari era yg udah lalu, mirip2 ama apa yg dilakuin Adam Green di The Hatchet.

Secara keseluruhan, kalo lo masih punya semangat buat sesuatu yg “old-school”, ngerasa kuduuuu aja ngeliat kekerasan dalem apapun yg lo tonton (biarpun itu komedi), gede di era b-movie 80-an, ama suka liat orang dalam seragam Nazi ngebantai & dibantai. Berarti, yaudah, ini emang dibikin buat kepuasan lo. Titik.

13 November 2009

DOGHOUSE

REVIEWED BY 'Z'

“What kind of virus only affects women?”

“Bird flu”

Pada taun 2005, sutradara Inggris Jake West nyuri hati gue waktu die bikin film yg cukup layak buat jadi penantang modern bagi para klasik untuk kehormatan nangkring di tahta splat-stick. Itu adalah Evil Aliens, sebuah cult-classic instant yg bakal selamanye dikenang para penggemar film genre buat keberhasilannye nyampurin sci-fi, komedi ama gore dalam level para mahakarya agung masa lalu. Itu 2005…sekarang 2009 & Jake West kembali ke kursi sutradara dalam proyek yg bakalan jadi paling ber-budget gede dalam kariernye. Ceritanye soal orang2 tolol, kota kecil, ama eksperimen biologis yg nyiptain satu populasi betina2 kanibal anti-pria! Ok, jadi ini Jake West bikin film zombie? NICE!! Dengan naro harapan gede kalo ini bakalan padat diisi dengan unsur2 lesbianisme eksplisit, gue pun ngga sabar nungguinnye.

Seperti biasanye, West ngejadiin sekelompok orang idiot buat jadi karakter utama filmnye & formasi “protagonis” yg tereksklusifkan untuk kaum pria disini dikepalai ama Vince, mantan playboy dalam depresi akibat diceraiin istrinye. Jadi, guna ngehibur sobat lama, sekaligus menemukan kembali kejantanan mereka yg hilang, sohib2 Vince yg ada dalam wujud2 model playboy kabel, suami takut istri, horror-freak yg ngga bisa nyari temen kencan, kepala rumah tangga diambang depresi, gay metroseksuil & pecundang total pun memutuskan buat liburan ke satu kota di tengah hutan belantara yg konon, populasi cewe-cowonye ada dalam rasio 4:1. Dan meskipun itu emang keliatan kaya ruang lingkup yg sempurna bagi segerombolan oom-oom dengan girl-problem buat memperbaiki kepercayaan diri mereka, sebuah eksperimen rahasia tertentu telah terjadi di desa impian para jagoan kite tadi. Serta-merta ngerubah semua penghuni wanitanye jadi zombie2 ganas pembenci pria, siap ngegerogotin apapun yg mengandung sperma sampe seluruh dunia ada dalam pelukan posesif insting maternalistiknye. Sederhananye, jagoan kite telah menemukan jalan ke ovarium sarang feminis-radikal!! Bedanye yg ada di sini punya kemampuan mengerikan buat, secara harafiah, menguliti kaum pria dari harga dirinye yg terakhir…kalo dipikir-pikir, itu bikin mereka makin mirip ama feminis-radikal yg sebenarnye!! Dan layaknye semua pria laen saat berhadapan ama feminis-radikal, geng “good time boys” kite ini pun kudu berjuang sampe titik darah terakhir guna mempertahankan hak buat mraktekin warisan patriarkisnye.


Abis ngeliat ini, bisa ditarik kesimpulan sederhana kalo Jake West lagi nyobain buat napak tilas jalan setapak yg pernah dirintis ama seorang Peter Jackson: ngejer pangsa-pasar lebih luas dari audiens genre spesifik die biasanye. Hal ini terutama keliatan mencolok dari aksinye buat ngilangin unsur brutal-slapstick-gore & ngegantinye pake komedi yg di-script. Sangatlah transparan di sini kalo West ngambil keputusan buat ngehalusin naluri humornye biar bisa lebih diterima ama selera masyarakat umum, & biarpun gue ngga ngerasa perlu buat ngekrusifikasi die buat jadi total sell-out, tetep aja kalo nonton ini para penggemar yg lebih hardcore bakalan keilangan momen2 di mana mereka mengapalkan tinju ke udara, tereak “hell yeaaahhh” dalam satu unison waktu potongan organ tubuh beterbangan ke seluruh penjuru kamera. Biarpun begitu, mereka yg politically incorrect diantara kite masih bisa ketawa geli ngedenger lelucon2 misoginistis yg betebaran di sini, sedikit ironis sih sebenernye ngeliat gituan di film yg, ceritanye, pengen dibikin buat konsumsi umum. Gue pribadi nganggep kalo tipe lelucon model gini punya kans lebih gede buat kena ke kalangan tipe2 penonton dari karyanye yg dulu, soalnye kemungkinannye bagi audiens umum ini mah bakal dianggep total seksis.

Apapun tujuannye, masih kudu diakuin kalo Doghouse bisa mengangkat dagunye tinggi2 sebagai film yg dibikin ama seorang Jake West. Yg paling mencolok adalah waktu yg diabisin buat ngerancang individualitas zombie2 feminisnye (selanjutnye bakal disebut “zominis”). Praktis semua zominis muncul dengan karakteristik khusus yg unik. Mulai dari zominis berkorset yg bawa pedang, zominis tukang cukur dari salon kecantikan (diperanin tak lain & tak bukan oleh Emily Booth dari Evil Aliens!!), zominis obesitas, zominis dokter gigi, zominis tukang daging, sampe nenek zominis bergunting rumput semua keliatan khas dengan pribadinye masing2. Ngga semua film zombie ngerancang antagonisnye sedetil ini & gue bisa ngebayangin Doghouse bakalan punya setumpuk action-figure yg dashyat nantinye, tapi balik ke filmnye, biarpun sangat kekurangan gore hiperbolis ala judul2nye terdahulu, toh West masih bisa bikin momen2 keren yg bakalan dikenang ama orang. Diantaranye adalah adegan pas jagoan2 kite pertama kali ngelangkah masuk ke kota zominis ini, shotnye dibikin dalam nuansa memoir pada film2 western kuno, lengkap dengan theme ala Django diputer sebagai latar belakang. Ngga tau kenape, adegan itu adalah yg paling berkesan buat gue, mungkin soalnye itu jadi ngebawa kenangan sentimentil tertentu pada From Dusk Till Dawn & Tuhan tau betapa rindunye gue ama DVD satu itu. Sapapun yg ngilanginnye asli bener2 asshole sejati!!

Sekarang, mari kite liat ini sudut objektif. Dengan ngesampingin fanatisme buta gue ke Evil Aliens, yg secara ngga langsung nyiptain empati subjektif tertentu ke Jake West, bisa ngga gue ngasih ini penilaian yg adil? Bersih dari ekspektasi & reminisme? Susah sih. 

Biarpun gue bisa, ngga tau gimane caranye, pura2 kalo Evil Aliens tuh ngga pernah ada, tetep aja jenis hybrida horror/komedi gini udah eksis dari dulu & meskipun film ini masih jauh dari label “kegagalan total”, tapi sebagai tontonan yg menekel subjek semacam ini die kurang ngekspos kemungkinan potensialnye secara optimal. 

Ini sangat ketara terutama dalam endingnye, asli itu bukan cara paling bagus buat nutup sebuah film. Ya gue tau kalo ada semacam koneksi supranatural yg terjadi antara West ama klasik western, tapi sebuah ending throwback ke Butch Cassidy and the Sundance Kid gini ngga ninggalin impresi apapun selaen kecurigaan kalo West udah keabisan bahan bakar di ujung trus ngga tau lagi cara gimane nutup filmnye dengan efektif. Tambahin itu ama pertumpahan darah minimal ama fakta menyakitkan kalo di sini sama sekali ngga ada adegan lesbianisme (unbelievable!!) adalah 3 talak yg ngejatohin film ini.

Jadi, vonis apa yg cocok buat Doghouse? Engga kok, ini sama sekali ngga jelek. Kalo Jake West kudu diandaikan sebagai Rob Zombie, Doghouse masih lebih bagus dari Halloween (& Halloween pun ngga keitung jelek2 amat di mata reviewer ini), tapi kaya juga Rob Zombie, apa yg dibikin West dulu jelas bakalan bikin yg sekarang jadi kebanting kalo dibandingin. Emang bukan hal yg gampang buat bikin sebuah masterpiece 2 kali, & kalo gue pikir lagi sekarang…kalopun ini ada dalam bentuk splatterfest, meskipun die berakhir pake sebuah ending dengan tingkat kejeniusan yg dicolong langsung dari Feast III, serta walaupun emang fenomena yg terjadi dalam film ini adalah satu2nye penjelasan rasional buat ngejelasin kelakuan2 absurd cewe yg gue deketin 4 taun lalu. Tetep ada sebuah fakta mutlak yg ngga akan bisa dirubah…yaitu bahwa ini ngga akan bisa berdiri sejajar ama Evil Aliens!!!




...................

DOWNLOAD 'DOGHOUSE' DVDRip (2009)